Home » Hardware » 6 Fitur Tersembunyi Amazfit Bip pada Smartwatch Xiaomi

6 Fitur Tersembunyi Amazfit Bip pada Smartwatch Xiaomi

by Elang Hendy Subrata

Saat ini tren penggunaan smartwatch cukup banyak digunakan oleh beberapa kalangan. Tidak hanya sekadar untuk bergaya saja. penggunaan smartwatch juga dapat memberikan banyak manfaat untuk penggunanya. Salah satu smartwatch yang begitu diminati oleh banyak orang adalah Xiaomi Amazit Bip.

Smartwatch tersebut banyak dipiih karena dari sisi harganya cukup terjangkau dibandingkan beberapa smartwatch lainnya. Ditambah lagi, di dalam smartwatch ini terdapat beberapa fitur rahasia yang bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda. Beberapa fitur rahasia tersebut adalah sebagai berikut.

1. Auto lock

Di dalam fitur smartwatch ini, terdapat sebuah menu rahasia yang bisa memberikan auto lock pada smartwatch. Fitur autolock ini sangat berguna ketika Anda sedang berpergian sehingga smartwatch tidak mudah diutak-atik saat bersentuhan dengan benda lain.

Cara untuk masuk ke dalam meu pun cukup mudah, Anda harus menekan tombol yang ada dibagian kanan. Tekanlah satu kali dan Anda dapat masuk ke dalam menu yang ada di dalam smartwatch ini. jika Anda ingin kembali ke menu awal, maka tinggal tekan tombol kanan lagi karena tombol tersebut dapat digunakan sebagai tombol back.

2. Mode Do Not Disturb (DND)

Mode Do Not Disturb ini sangat berguna untuk Anda saat sedang sibuk atau dalam keadaan tidak boleh ada gangguan dari suara-suara yang berasal dari smartwatch. Untuk dapat masuk ke dalam pengaturan DND ini, kita tidak perlu masuk terlebih dahulu ke menu pengaturan. Ada cara cepat yang bisa Anda praktekan.

Caranya sendiri adalah dalam keadaan non autolock, Anda usapkan jari Anda ke bawah. Secara otomatis, kita dapat masuk ke dalam mode Do Not Disturb atau DND. Di dalam mode ini, kita tetap dapat menerima notifikasi seperti sms, telepon, dan beberapa fitur lainnya. Hanya saja kita tidak akan mendengarkan suara maupun getaran saat ada notifikasi karena telah kita matikan.

3. Masuk ke menu SMS

Fitur selanjutnya yang sangat berguna dan cepat adalah masuk ke menu SMS. Umumnya pada smartwatch lainnya kita harus masuk dulu ke menu dengan menekan tombol menu. Akan tetapi, pada smartwatch Amazit Bip ini, kita bisa masuk ke dalam menu pesan tanpa harus mencarinya terlebih dahulu.

Pertama buka dulu autolock pada smartwatch dengan menekan tombol di sebelah kanan. Setelah itu, usaplah ke atas dan Anda akan langsung masuk ke dalam menu pesan. Hebatnya lagi dari smartwatch ini adalah kita bisa membaca isi pesan tersebut. Berbeda dengan smartwatch kebanyakan yang hanya menyajikan notifikasi saja.

4. Melihat status pada smartwatch

Saat kita ingin mengetahui apa saja status smartwatch selama kita gunakan, biasanya kita akan masuk ke dalam menu dan mencari menu status. Akan tetapi, di dalam smartwatch ini, kita dapat masuk ke dalam menu status tanpa harus scroll terlebih dahulu.

Caranya adalah usapkan saja jari Anda ke sebelah kiri setelah autolock dimatikan. Saat Anda mengusapnya ke sebelah kiri, maka Anda akan masuk ke dalam menu status. Di dalam menu status ini, Anda dapat melihat informasi seperti langkash yang telah dilalui, detak jantung, jarak yang sudah dikonversi, jumlah kalori yang terbakar, dan juga informasi idle time.

5. Device Bluetooth

Kelebihan yang juga termasuk sangat berguna dari smartwatch ini adalah kita dapat menghubungkan bluetooth pada banyak perangkat secara bersamaan. Bisa diikatakan, fungsi bluetooth ini sudah mendekati fungsi bluetooth pada ponsel, smartphone dan juga komputer pada umumnya. Kita juga dapat melihat perangkat mana saja yang telah terhubung dengan smartwatch kita.

Cara untuk melihatnya adalah masuk ke bagian setting atau pengaturan. Lalu carilah kata “About” yang berada di dalam setting lalu tekan. Di sana Anda akan menemukan firmware version dari smartwatch yang Anda gunakan serta beberapa perangkat bluetooth yang sudah terkoneksi dengan smartwatch kita.

6. Ganti watch face

Pernahkah Anda melihat smartwach lain dapat berganti-ganti tampilannya? Nah, pada smarwatch Xiaomi ini, kita dapat mengganti tampilan smartwatch sesuai dengan keinginan kita. Tampilan pada smartwatch ini bisa menampah gaya pada smartwatch saat berpergian.

Untuk cara menggantinya, pertama masuklah ke bagian settings. Setelah itu, carilah kata-kata “Watch face” di dalamnya. Setelah berhasil menemukannya, selanjutnya adalah tekan “Watch Face” tersebut. Di sana Anda akan melihat beberapa pilihan tampilan yang berbeda-beda dan tentunya memiliki keunikan masing-masing. Setelah Anda menemukan background yang cocok, maka selanjutnya pilih “OK” dan smartwatch telah berhasil menggunakan background yang telah dipilih. Anda bisa melihat hasilnya saat masuk ke menu utama.

Itulah 6 fitur tersembunyi Amazit Bip pada smartwatch Xiaomi. Untuk dapat menghubungkan antara smartwatch dengan perangkat Android, dibutuhkan sebuah aplikasi khusus dari Xiaomi. Anda bisa pelajari cara mengganti akun Mi cloud pada Xiaomi dengan mudah atau cara membuat akun MI baru. Semoga bermanfaat.

You may also like