Home » Ilmu Komputer » Troubleshooting » 5 Cara Membersihkan File Sampah di PC dengan Mudah

5 Cara Membersihkan File Sampah di PC dengan Mudah

by Elang Hendy Subrata

Setiap detik saat kita menggunakan PC, secara tidak sadar, kita telah menumpukan sampah di dalam PC. Hal tersebut bisa terjadi karena terdapat penumpukan file-file sisa yang ditinggalkan oleh program aplikasi yang telah dihapus sebelumnya seperti temporary, cache, dan lain-lain.

Jika file-file tersebut terus menerus ditumpuk, maka memori harddisk kita akan semakin penuh. Maka dari itu, perlu beberapa cara untuk membersihkan file sampah di PC. Sebenarnya ada dua cara yang harus digunakan, yakni menggunakan software dan tanpa software. Untuk cara-caranya sendiri, Anda bisa lihat dibawah ini.

Tanpa software

  • Menggunakan fungsi Run

Cara yang pertama adalah menggunakan fungsi Run pada PC. Dengan menggunakan fungsi ini, kita dapat mencari folder temp yang umumnya terdapat file-file sementara atau temporarily. File-file pada folder temp ini memang tidak dapat terhapus secara otomatis dan hanya bisa dilakukan dengan cara manual. Untu lbih jelasnya, berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka program Run dengan cara melalui Start-> All Program->Accesories-> Run. Anda juga dapat menggunakan shortcut pada keyboard, yakni “Windows + R”.
  2. Setelah program Run berjalan, selanjutnya adalah ketik “%temp%” dan tekan “Enter” atau OK.
  3. Berikutnya kita akan dibawa ke sebuah folder direktori yang isinya adalah berbagai aplikasi sampah yang tersimpan. Anda bisa menghapus berbagai file di dalamnya.
  4. Apabila ada beberapa file dan folder yang tidak bisa dihapus, maka bisa jadi ada beberapa aplikasi yang masih berjalan di komputer. Anda bisa melakukan skip terlebih dahulu.
  5. Jika file temporary sudah dihapus, langkah selanjutnya adalah menghapus file emporray pada Windows. Caranya sendiri buka kembali aplikasi Run, lalu ketiklah “temp” dan klik OK atau tekan “Enter”.
  6. Langkah selanjutnya kita akan masuk ke dalam direktori temporary Windows. Hapuslah semua file yang berada di dalamnya dan langsung keluar.
  7. File-file temporary yang telah dihapus sebelumnya, tidak benar-benar terhapus secara permanen, semua file yang telah kita hapus akan masuk ke dalam recycle bin.
  8. Masuklah ke dalam recycle bin untuk menghapus semua filenya secara manual atau menggunakan cara klik kanan pada ikon recycle bin lalu pilih empty recycle bin.
  9. Setelah itu, Anda bisa melihat sendiri perbedaannya pada jumlah memori harddisk sebelum dihapus dan setelah dihapus filenya.
  • Menggunakan Disk Cleanup

Disk cleanup adalah salah satu fitur yang sudah disediakan oleh Windows saat kita menginstal sistem operasi Windows. Fungsi utama dari Disk Cleanup ini adalah membersihkan PC dari berbagai macam sampah seperti cacche, temporary, recycle bin, dan berbagai macam file sampah lainnya. Untuk langkah-langkahnya sendiri, bisa kita lihat berikut ini.

  1. Bukalah Disk Cleanup dengan cara klik tombol Start -> All Programs -> Accesories -> System Tools-> Disk Cleanup.
  2. Setelah jendela pada bagian Drive sudah terbuka, pilihlah Drive C lalu klik OK.
  3. Jika sudah, tunggulah proses scanning sampai benar-benar selesai.
  4. Kemudian sentanglah pilihan yang akan dihapus dan tekan “OK” untu membersihkannya.
  5. Apabila muncul pertanyaan “Are You Sure You Wany to Permanently delete these files?”, maka Anda tinggal klik tombol delete files.
  6. Setelah itu, komputer dapat terbebas dari berbagai macam file sampah.

Menggunakan Software

Cara selanjutnya adalah menggunakan software. Beberapa contoh software yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut.

  • Ccleaner

Aplikasi yang satu ini cukup ampuh digunakan sebagai software pembersih sampah yang terkenal pada Sistem Operasi Windows. Di dalam software ini, Anda dapat membersihkan file-file sampah di komputer dengan cepat serta tepat. Contohnya seperti cara menghapus cacche di chrome PC, atau cara memperbaiki laptop yang lemot. Anda pun dapat menggunakan Ccleaner ini di situs resminya.

  • Glary Utilities

Aplikasi selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah Glary Utilities. Aplikasi satu ini memiliki 5 fungsi utama yang bisa Anda gunakan, yakni clean and repair, optimize, privacy and security files and folders, dan juga system tools. Fitur-fitur tersebut dapat membersihkan file sampah yang mengendap pada PC ataupun laptop Anda.

  • Slim Cleaner

Aplikasi selanjutnya yang bisa menjadi andalan bernama Slim Cleaner. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menguninstal program yang tidak kita inginkan. Hal ini tentunya sangat memudahkan kita dalam membersihkan beberapa aplikasi yang tidak terpakai dengan sampah-sampah file.

Itulah 5 cara membersihkan file sampah pada PC dengan mudah. Pada dasarnya, kita harus rajin dalam membersihkan PC yang kita gunakan. Tidak hanya bersih dari sisi hardwarenya saja, tetapi juga harus dibersihkan secara softwarenya. Jika Anda memiliki laptop yang memiliki banyak file sampah, maka Anda bisa pelajari cara membersihkan laptop dari file sampah secara permanen dan beberapa tutorial lainnya yang berada di internet. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak sekali manfaat untuk Anda dan pembaca budiman semua.

You may also like