3 Cara Melihat Seri Laptop dengan DirectX

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan laptop. Yup, perangkat ini sekarang hampir menjadi barang kebutuhan bagi kebanyakan orang, khususnya pelajar. Saat ini, laptop telah dimiliki oleh banyak orang. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa laptop dapat mempermudah berbagai jenis pekerjaan serta menghasilkan banyak produk dan karya, layaknya komputer. Kemampuannya untuk mengerjakan pekerjaan komputer secara mobile adalah keunggulan terbesarnya.

ads

Berbicara soal laptop, maka kita tak bisa lepas dari perkembangan komputer. Jika dilihat dari sejarah perkembangan komputer, ceritanya dimulai dari komputer generasi awal, dimana komputer pada generasi tersebut membutuhkan sebuah ruangan besar dan khusus hanya untuk satu unit komputer. Dan kini, perkembangan teknologi telah memunculkan berbagai jenis dan varian dari komputer. Salah satu perkembangan komputer terbesar adalah munculnya produk yang disebut sebagai Personal Computer (PC).

PC pun mengalami perkembangan hingga muncul laptop. Meskipun bersifat portable, tingkat popularitas laptop saat ini sudah mengalahkan pendahulunya, yaitu PC yang CPU dan monitornya terpisah. Hal tersebut bisa dibilang wajar karena seperangkat PC dengan CPU yang cukup besar akan sangat merepotkan untuk dibawa pergi kemana-mana. Mana ada orang yang mau bawa monitor dan CPU besar kemana-mana? Itulah sebabnya, mayoritas orang beralih menggunakan laptop untuk menunjang produktifitas mereka.

Di pasaran, berbagai macam varian dan merk laptop kini hadir dengan keunggulan masing-masing. Mulai dari Toshiba, Acer, Asus, HP, Dell, Zyrex, Compaq, dan masih banyak lagi. Selain itu, dalam satu merk tersebut terdapat puluhan bahkan ratusan jenis laptop yang berbeda-beda, tergantung perusahaan yang membuatnya. Nah, perbedaan inilah yang biasa kita sebut dengan tipe laptop.

Mungkin diantara Anda ada yang sudah lama memiliki laptop namun kurang mengetahui tipe dari laptop Anda itu. Apakah Anda salah satunya?

Bagi mayoritas orang, mungkin hal tersebut tidak terlalu penting. Tetapi, bagi orang-orang yang sering melakukan instal ulang laptop sendiri tanpa membawanya ke tempat servis, mungkin tipe laptop adalah salah satu hal penting untuk diketahui saat instal ulang. Hal tersebut karena tipe laptop diperlukan ketika seseorang hendak mencari driver laptop.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai cara mengetahui seri laptop. Cara-caranya cukup mudah kok. Anda juga ga perlu menyiapkan peralatan khusus. Yang Anda siapkan cukup laptop Anda saja. Baiklah, berikut ini kami jelaskan cara-caranya:

1. Akses DirectX Diagnostic Tool menggunakan Run

Untuk mengetahui seri laptop yang Anda gunakan, Anda bisa menggunakan fitur yang tersedia secara default di Windows, yaitu DirectX Diagnostic Tool. DirectX adalah serangkaian komponen di Windows yang memungkinkan perangkat lunak, terutama dan khususnya game, untuk dapat langsung digunakan bersama perangkat keras video dan audio Anda.  Game yang menggunakan DirectX dapat menggunakan akselerator multimedia bawaan perangkat keras Anda dengan lebih efisien, yang akan meningkatkan pengalaman multimedia secara keseluruhan.

Untuk mengakses fitur DirectX ini, Anda bisa menggunakan beberapa cara. Salah satu caranya yaitu dengan menekan ikon Windows + R. Kombinasi keyboard tersebut berfungsi untuk memunculkan jendela Windows Run. Pada kolom isian, ketik “dxdiag” (tanpa tanda kutip), lalu tekan Enter pada keyboard.

Selanjutnya, tampilan DirectX Diagnostic Tool akan terbuka pada layar laptop Anda. Jika anda menjumpai jendela berupa pilihan, Anda bisa pilih tombol Yes.


2. Akses DirectX Diagnostic Tool dari Start Menu

Cara kedua untuk mengakses DirectX Diagnostic Tool adalah melalui Start Menu. Caranya, buka Start Menu pada Windows Anda. Lalu ketik “dxdiag” (tanpa tanda kutip). Cara ini bisa diterapkan pada laptop yang diinstal OS Windows Vista, 7, 8, 8.1, dan 10.

3. Cek tab System

Jika Anda sudah melakukan salah satu dari kedua cara di atas, maka akan muncul jendela DirectX Diagnostic Tool. Ketika terbuka, DirectX Diagnostic Tool akan langsung menampilkan tab Syste. Pada tab ini, Anda bisa melihat seri laptop Anda pada bagian System Manufacturer dan bagian System Model. Pada kedua bagian tersebut, tertulis merek dan juga seri dari laptop yang sedang Anda gunakan saat ini. Tab system ini juga adalah salah satu cara cek RAM laptop Anda.

Untuk mengecek komponen-komponen lainnya, khususnya perangkat pengolah grafis, suara, dan perangkat masukan komputer lainnya. Anda bisa mengecek pada bagian Video, Sound, dan Input.

Mungkin Anda penasaran, apa fungsi DirectX pada Windows Anda. Begini penjelasannya:

DirectX merupakan penghubung interface (antarmuka) antara hardware (perangkat keras) dalam komputer dengan sistem operasi Windows, yang merupakan bagian dari Windows API (Application Programming Interface). Penerapannya dilakukan saat developer game ingin memutar file suara, maka mereka hanya perlu “memanggil” dari library yang sesuai. Pada waktu game berjalan, game tersebut memanggil DirectX API, yang selanjutnya akan memutar file suara.

Artinya, developer game tidak perlu tahu jenis sound card apa yang dipakai oleh pengguna, apa yang dapat dilakukan pada sound card tersebut, atau bagaimana melakukan integerasi dengan sound card. Microsoft telah menyediakan DirectX, dan semua produsen sound card telah menyediakan driver yang memiliki kemampuan DirectX. Jadi developer cukup menanyakan suara apa yang ingin dimainkan. Hal ini berlaku untuk semua jenis komputer yang diinstalkan OS Windows. Tak hanya untuk audio saja, DirectX ini juga berguna untuk orang-orang yang hendak menginstal macam-macam software grafis. Apalagi, jika yang hendak diedit adalah gambar tiga dimensi atau animasi.

Pada laptop yang diinstalkan Linux, ada fitur yang mirip dengan DirectX, yaitu OpenGL. Namun, prinsip kerjanya sama kok dengan DirectX-nya Windows.

Bagaimana jika komputer Anda tidak memiliki DirectX? Anda tak perlu khawatir, karena fungsi komputer akan tetap berjalan seperti biasa dan tidak akan ada kerusakan.

Bicara mengenai cara kerja DirectX, DirectX memiliki beberapa komponen yang saling melengkapi untuk bisa mengoptimalkan kinerja perangkat keras pada laptop atau komputer Anda, diantaranya:

  • DirectX Graphics, merupakan salah satu komponen dalam DirectX yang menangani integrasi sistem operasi dengan perangkat keras yang berkaitan dengan grafis. Biasanya, komponen ini sangat dibutuhkan oleh software game yang akan Anda mainkan. Beberapa fitur dalam komponen ini terdiri dari Direct Draw (Grafis 2 Dimensi ) sampai Direct 3D (grafis 3 dimensi). Jika Anda tahu cara cek VGA laptop ini, maka Anda akan tahu versi dari Direct Draw dan Direct 3D yang laptop Anda punya.

  • DirectX Input, yaitu salah satu komponen pada DirectX yang menangani bagian peripheral perangkat input dan output komputer, khususnya untuk keperluan game. Contohnya seperti mouse, keyboard, joystick, dan lainnya.
  • DirectX Sound, adalah komponen dasar DirectX yang berisikan konfigurasi audio pada komputer. Kebanyakan macam macam software multimedia, khususnya media player, mewajibkan adanya fitur DirectX Sound ini, misalnya seperti VLC Player dan Winamp.

Dari cara kerja yang telah kami bahas di atas, selain untuk mengecek seri laptop, DirectX juga bisa dibilang sebagai cara melihat spesifikasi komputer atau laptop yang Anda gunakan, baik untuk mengecek perangkat suara, gambar, dan masukan lainnya yang ada di laptop Anda. Hal ini tentu berguna untuk memastikan agar komponen perangkat keras pada laptop Anda terbaca oleh sistem operasi Windows yang Anda instalkan pada laptop Anda.

Sekian artikel kami kali ini mengenai cara melihat seri laptop. Ternyata, cara-caranya cukup mudah bukan? Semoga artikel kami kali ini dapat membantu Anda untuk mengetahui seri laptop yang Anda gunakan.

, , , ,
Oleh :