5 Cara Menghapus Akun Twitter Secara Permanen Dengan HP

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi kian pesat, hampir semua informasi dari manapun dan dari siapapun dapat dengan mudah kita dapatkan kapanpun dan dimanapun, bahkan informasi mengenai aktifitas pribadi seseorang.

ads

Cukup mengerikan bila membayangkan betapa privasi masyarakat modern saat ini seolah menjadi bias (samar) ketika ia tergantung pada media sosial atau jejaring sosial dalam kegiatan sehari-harinya, di tempat kerja – update status, liburan – update status, olahraga – update status, bahkan ada masalah dengan pasangan (suami / isteri) ia tak segan menceritakan perasaannya di “status-nya”.

Sebut saja sosial media Facebook, Google+, Instagram, Path, LinkedIn, Twitter dan masih banyak lagi, memang setiap layanan sosial media menawarkan layanan unggulan yang berbeda, misalnya salah satu manfaat Facebook adalah promosi Online Shop, bahkan sekarang hampir setiap jejaring sosial dapat terintegrasi dengan jejaring sosial lain, misalnya Facebook dapat terintegrasi dengan Instagram dan lain sebagainya.

Keberadaan sosial media sebenarnya sangat bermanfaat untuk media informasi dan komunikasi jika kita pandai mem-filter informasi apa yang layak dan tidak, informasi mengenai kemacetan, cuaca, sosialisai dari pemerintah dan lain sebagainya sebenarnya akan sangat membantu masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Jika Anda pengguna yang aktif di sosial media, alangkah baiknya bila kini Anda sudah bisa mempertimbangkan sosial media mana yang bermanfaat dan yang tidak bermanfaat, membuat skala prioritas dapat menjadi salah satu cara untuk mendukung pertimbangan Anda.

Dalam pembahasan kali ini DosenIT akan membahas cara menghapus akun twitter lewat HP (handphone atau smartphone), jika akun Twitter Anda “di bajak” atau di ambil alih orang lain, Anda tetap dapat menghapusnya dengan cara menghapus akun Twitter yang di ambil alih orang lain.

Atau jika akun yang ingin Anda hapus adalah akun Facebook, Anda dapat memblokir akun facebook Anda dengan  cara memblokir akun Facebook sendiri lewat HP, Anda juga dapat menghapus akun Instagram walaupun Anda lupa password dengan cara menghapus akun Instagram tapi lupa password.

  1. Download dan install web browser Google Chrome di smartphone Anda

Langkah pertama dari cara menghapus akun twitter lewat HP adalah dengan mendownload dan menginstal web browser Google Chrome di smartphone Anda, jika di smartphone Anda telah terinstal web browser Google Chrome, abaikan langkah ini.

Untuk pengguna smartphone dengan sistem operasi Android Anda dapat mendownload dan menginstal Google Chrome dari Google Play Store, jika Anda belum memiliki akun Google Play Store, buat akun dengan cara membuat akun Google Play Store baru, Anda harus memiliki akun Google, jika Anda belum memiliki akun Google, buat dengan cara cara mendaftar akun Google langsung dari smartphone Anda.

Google Chrome memiliki fitur untuk me-“request desktop site” yang akan menampilkan situs twitter.com versi desktop (layar komputer) bukan mobile site (layar smartphone), hal tersebut di lakukan karena fitur untuk menonaktifkan akun Twitter hanya tampil di situs Twitter versi dektop, dan sampai saat ini Saya belum menemukan web browser yang dapat menampilkan situs twitter.com versi desktop (di smartphone) selain Google Chrome.


  1. Buka twitter.com (mobile.twitter.com)

Saat Anda mengetik https://www.twitter.com (“https://www.” bisa di abaikan dan cukup ketik “twitter.com” saja) pada web browser Google Chrome di smartphone Anda, biasanya web browser akan me-redirect URL ke mobile.twitter.com atau https://mobile.twitter.com, tak perlu heran karena itu merupakan “kebijakan” dari Twitter sendiri (seperti halnya m.facebook.com untuk Facebook versi web browser mobile / smartphone).

Jika Anda belum pernah membuka Twitter pada web browser tersebut maka Anda akan di minta untuk login, silahkan login terlebih dahulu.

Setelah masuk ke akun Twitter Anda, Anda perlu merubah tampilan halaman Twitter ke mode desktop, ingat Anda sedang mengakses https://mobile.twitter.com yang merupakan mode mobile dan di peruntukkan bagi pengguna mobile / smartphone untuk antarmuka yang optimal. Tampilannya mirip dengan antarmuka aplikasi Twitter bukan?

Pada mode mobile, Anda tidak akan menemukan fitur untuk menghapus akun Twitter, sama halnya ketika Anda mengakses Twitter melalui aplikasi Twitter (dari Google Play Store untuk smartphone Android).

  1. Beralih ke situs versi dektop

Dengan beralih ke halaman Twitter versi desktop, Anda dapat mengases semua menu seperti halnya ketika Anda membuka situs twitter.com pada layar komputer, memang agak sedikit merepotkan karena layar smartphone yang relatif kecil harus mengakses halaman versi dektop.


Pada google chrome, klik burger menu (sudut kanan – atas), klik item “Request desktop site” pastikan opsi tersebut tercentang (checked), URL https://mobile.twitter.com akan redirect ke https://www.twitter.com dan halaman Twitter pada layar smartphone akan berubah ke versi desktop.

Jika web browser Google Chrome tidak otomatis mer-redirect URL https://mobile.twitter.com akan redirect ke https://www.twitter.com, silahkan akses / ketik twitter.com (pada address bar) secara manual, setelah fitur “Request desktop site” pada web browser Google Chrome di aktifkan biasanya URL tidak akan di redirect ke https://mobile.twitter.com seperti pada langkah ke-2 di atas.

  1. Buka pengaturan Twitter dan nonaktifkan akun Twitter Anda.

Membuka halaman Twitter versi dektop di smartphone / mobile memang memiliki konsekuensi di antaranya tampilan halaman yang terlalu kecil (karena layar smartphone relatif lebih kecil dari layar desktop), perbesar bila perlu.

Klik foto profil (sudut kanan atas halaman Twitter), klik Settings atau pengaturan, pada halaman Settings atau Pengaturan silahkan Anda scroll ke bagian paling bawah halaman, Anda akan menemukan tombol “Deactive my account” atau “Nonaktifkan akun Saya”, klik tombol tersebut.

Anda akan di konfirmasi untuk mengantisipasi Anda mengklik tombol tersebut karena ketidak sengajaan atau semacamnya, pada halaman konfirmasi klik tombol “Nonaktifkan @username” (@username menyesuaikan dengan nama akun Twitter Anda).

Akan muncul form keamanan, Anda akan di minta untuk memasukkan password Twitter Anda (untuk mengantisipasi akun Twitter Anda di nonaktifkan oleh orang lain), silahkan masukkan password Twitter Anda dan klik tombol “Nonaktifkan akun”.

Jika muncul pop up, biasanya apabila di smatphone Anda terdapat lebih dari satu web browser dan / atau terdapat aplikasi Twitter, Anda akan di minta untuk memilih men-submit form keamanan tadi menggunakan aplikasi yang mana, pilih saja Google Chrome kemudian klik “Just once” agar pilihan tersebut tetap muncul di kemudian hari.

  1. Akun telah nonaktif dan akan terhapus permanen.

Akun Twitter Anda telah di nonaktifkan, namun jika Anda berubah pikiran Anda masih bisa mengaktifkannya kembali selama akun Twitter Anda belum di hapus permanen secara otomatis oleh sistem Twitter, akun Twitter Anda akan di hapus secara permanen setelah 20 hari ke depan, artinya sebelum akun Twitter Anda di hapus permanen, status akun Twitter Anda masih “nonaktif” dan masih bisa di aktifkan kembali.

Demikian cara menghapus akun Twitter lewat HP yang dapat kami sajikan, cara di atas dapat di terapkan di semua jenis HP (smartphone bahkan feature phone) yang di dukung Google Chrome, sampai saat ini Saya pribadi belum menemukan web browser (untuk mobile) yang memiliki fitur serupa dengan “Request desktop site” pada Google Chrome, namun bukan berarti tidak ada, Anda dapat mencoba salah satu web browser terbaik lain yang menyediakan fitur serupa.

Semoga bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan, teruslah berkembang dengan mengikuti perkembangan teknologi informasi namun jangan sampai Anda “diperbudak” oleh teknologi informasi itu sendiri, tetaplah bijak dalam memanfaatkan teknologi informasi khususnya sosial media, walau bagaimanapun terdapat beragam dampak positif dan negatif sosial media yang Anda gunakan selama ini, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

, ,