Cara Memblokir Akun Facebook Sendiri Lewat HP Paling Mudah

Facebook merupakan media sosial yang telah digunakan oleh banyak orang semenjak pertama kali dirilis. Hingga saat ini Facebook masih menempati puncak teratas dari jajaran media sosial dengan pengguna terbanyak. Hal ini tidak lepas dari manfaat Facebook yang telah diterima oleh banyak penggunanya.

ads

Facebook adalah situs media sosial yang membuat baik itu individu maupun orang banyak menjadi lebih mudah untuk saling berkomunikasi dan berbagi entah itu dengan keluarga atau teman anda secara online. Awalnya Facebook hanya didesain untuk para pengguna Mahasiswa yang ada di Universitas di Inggris,

Facebook dibuat ditahun 2004 oleh Mark Zuckerberg sewaktu ia menjalankan perkuliahannya di Harvard University. Nantinya pada tahun 2006, pengguna Facebook mulai menyebar secara luas ke seluruh dunia. Saat ini Facebook merupakan salah satu media sosial terbesar yang pernah ada, dengan 1 juta pengguna aktif yang tersebar di seluruh dunia. Pada waktu ini juga banyak orang yang sudah mulai mengenal tentang dampak postif dan negatif sosial media.

Banyak yang menggunakan Facebook sebagai sarana untuk saling berkomunikasi dengan teman – teman lama mereka yang telah terpisah ataupun hanya untuk sekedar eksis di dunia maya. Hal yang membuat Facebook menjadi unik adalah kemampuannya untuk menghubungkan dan membagikan konten dari orang – orang yang telah berhubungan dengan anda pada platform ini.

Bagi sebagian besar orang, memiliki akun Facebook saat ini merupakan salah satu hal yang esensial untuk bisa tetap aktif di dunia maya. Ini serupa dengan keadaan memiliki email anda sendiri. Dikarenakan kepopulerannya, banyak website yang telah mencari cara untuk melakukan integrasi dengan Facebook. Hal ini membuat anda dapat menggunakan Facebook sebagai sarana untuk login ke berbagai layanan yang ada di Internet yang telah terintegrasi dengannya.

Tentu menggunakan Facebook tidak terlepas dari segala permasalahan. Jika penggunanya lalai, maka akun berharga dari Facebook mereka bisa saja diambil oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab. Ini dulu merupakan kejadian yang sangat sering ditemui pada awal perilisan dari Facebook. Akan tetapi seiring dengan perkembangannya permasalahan ini sedikit demi sedikit mulai diatasi.

Untuk itu perlu diingat bahwa menggunakan Facebook juga dapat memberikan dampak positif dan negatif Internet yang bergantung pada bagaimana penggunanya memanfaatkan aplikasi ini.

Mengatasi hal – hal negatif yang dapat dapat muncul dari penggunaan Facebook secara negatif tentu akan membuat kualitas konten yang dihasilkan dari platform ini juga nantinya akan meningkat.  Dengan perkembangan zaman bisa dikatakan bahwa Facebook juga telah memberikan dampak positif dan negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi kepada orang banyak.

Dalam pengaturannya Facebook mengeluarkan pilihan untuk mengijinkan anda menghapus Facebook milik anda secara permanen ataupun memblokir atau menonaktifkan akun ada secara sementara. Maksud dari memblokir akun anda berarti akun tersebut tidak akan dapat diakses, dikunjungi, ataupun dihubungi oleh orang lain yang menggunakan Facebook dalam jangka waktu tertentu.

Sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya, sangat dianjurkan bagi anda untuk membuat cadangan mengenai data-data penting yang berkaitan dengan akun anda. Sehingga apabila anda ingin menggunakannya kembali atau ingin memanfaatkan informasi yang anda miliki pada akun Facebook tersebut, anda tidak akan mengalami kesulitan nantinya.


Banyak alasan yang dipilih oleh orang untuk melakukan proses pemblokiran akun Facebook sendiri. Mulai dari akun Facebook yang telah lama tidak digunakan karena telah dihack oleh orang lain, rasa lelah/ bosan menggunakan media sosial Facebook. Ataupun keinginan untuk menyelesaikan pekerjaan yang selalu tertunda akibat kecanduan penggunaan media sosial.

Proses pembuatan cadangan data atau membackup data – data yang anda miliki pada Facebook dapat dilakukan dengan mudah. Anda dapat mencari tahu informasi tentang hal tersebut dengan mudah dengan menggunakan mesin pencari Google.

Jika anda telah mempersiapkan diri anda, mari kita mulai pembahasan tentang cara memblokir Facebook sendiri lewat hp pada pembahasan – pembahasan selanjutnya.

Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen 

Menghapus akun Facebook secara permanen bisa dikatakan cara untuk menhilangkan atau memblokir akun Facebook yang anda miliki secara permanen. Dalam melakukan proses cara menghapus akun Facebook secara permanen penting untuk diingat bahwa anda tidak bisa membuka akun Facebook yang telah anda hapus dalam jangka waktu 14 hari sejak proses penghapusan akun anda dimulai.

Jika anda membuka akun tersebut didalam jangka 14 hari yang sudah disebutkan sebelumnya proses penghapusan dari akun Facebook anda akan dibatalkan. Ini merupakan kebijakan yang diberikan oleh pihak Facebook dalam menghapus akun Facebook secara permanen. Berikut merupakan langkah – langkah untuk melakukan hal tersebut.

  1. Langkah pertama buka akun Facebook yang anda miliki pada HP anda.
  2. Setelah itu pergi ke halaman “Bantuan”, kemudian pilih bagian “Hapus akun”
  3. Lakukan login kembali apda akun Facebook bila diminta dengan memasukkan email dan password yang anda miliki.
  4. Setelah itu pilih bagian “Hapus akun saya”
  5. Pada langkah terakhir untuk memblokir akun Facebook dan juga untuk menghapusnya secara permanen, anda perlu memasukkan password akun yang anda miliki. Ini dilakukan untuk mengkonfirmasi proses penghapusan akun tersebut.
  6. Setelah itu tunggu selama 14 hari untuk melewati persyaratan dari kebijakan FB. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Cara Memblokir Akun Facebook Sendiri Lewat HP.

Dalam melakukan proses Facebook sendiri ini akan membuat akun Facebook anda dinonaktifkan selama selang waktu tertentu. Hal tersebut tergantung dari waktu yang anda masukkan. Untuk mengembalikan akun yang telah melalui proses pembloiran, anda hanya perlu melakukan login kembali ke akun Facebook yang telah anda blokir.

Langkah- langkah untuk melakukan hal tersebut adalah sebagai berikut.


  1. Sama seperti cara sebelumnya anda perlu untuk membuka akun Facebook yang ingin anda blokir lewat HP anda.
  2. Untuk membukanya anda bisa menggunakan aplikasi Facebook ataupun browser yang biasanya anda gunakan.
  3. Setelah login dan dengan terbukanya halaman utama Facebook. Pilih Menu “Setting” yang biasanya terletak di pojok kanan atas.
  4. Kemudian pilih opsi “Pengaturan Akun”.
  5. Dari sana pilih tab yang memiliki tulisan “Keamanan”.
  6. Setelah itu lihat menu “Akun” yang biasanya terletak di bagian paling bawah.
  7. Pilih menu “Tutup” yang ada di sebelah kanan dari “Akun”
  8. Selanjutnya anda akan dimintai keterangan tentang alasan anda menonaktifkan akun Facebook anda. Pilihlah sesuai alasan anda melakukan proses pemblokiran akun Facebook milik anda sendiri.
  9. Setelah itu anda akan secara otomatis keluar dari akun Facebook anda.

Dibalik kemudahan dan manfaat dari penggunaan Facebook sangat penting mengingat waktu untuk mengistirahatkan diri anda dari penggunaan aplikasi tersebut. Jangan sampai anda memiliki ketergantungan dari penggunaan Facebook baik itu pada HP maupun pada komputer. Jangan sampai anda mendapatkan bahaya komputer terhadap mata anda.

Itu tadi proses cara memblokir akun Facebook sendiri lewat HP. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Internet