Beginilah 10 Cara Menghapus Akun Twitter tanpa Log In

Siapa masyarakat masa kini yang tidak mengenal media sosial? Media sosial kini sudah menjadi tren sosial tersendiri bagi masyarakat. Berselancar di media sosial rasanya sangat menyenangkan. Dengan media sosial, kita bisa mengakses banyak informasi yang berkembang dengan sangat cepat melalui media sosial.

ads

Perkembangan media sosial tak serta merta mengubah perilaku masyarakat masa kini. Perkembangan media sosial dimulai ketika Friendster hadir di dunia internet. Seiring perkembangan zaman, berbagai media sosial baru pun bermunculan dan mulai digandrungi oleh masyarakat. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Path, Pinterest, hingga media sosial berbasis video seperti Tik Tok, Musical.ly, dan lainnya.

Jumlah pengguna media sosial pun menunjukan tren yang meningkat setiap tahunnya. Menurut data dari We Are Social, dalam jangka waktu 2015 hingga 2016, jumlah pengguna internet di Indonesia mengalami kenaikan sekitar 15%. Data ini masih akan terus bertambah dari tahun ke tahun, seiring penggunaan media sosial melalui smartphone meningkat sebesar enam persen dari tahun-tahun sebelumnya.

Hal tersebut berbanding lurus dengan pertumbuhan penduduk yang menggunakan smartphone atau telepon seluler. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), dari total penduduk Indonesia tahun 2018 yang mencapai 265,2 juta jiwa, 58,3 persennya telah menggunakan telepon seluler atau smartphone dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan, penduduk yang menggunakan internet sebanyak 51,8 persen.

Hal senada juga dikemukakan oleh data yang dirilis oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). 48% dari pengguna internet di Indonesia adalah masyarakat yang mengonsumsi internet secara harian. Itu artinya, masyarakat Indonesia tidak bisa terlepas dari yang namanya gadget dan internet untuk mengakses media sosial setiap harinya.

Manfaat Facebook dan media sosial lainnya memang banyak dirasakan oleh masyarakat. Mulai dari menjalin komunikasi dengan teman lama, kemudahan dalam berjualan, menggalang dana aksi sosial, berkumpul dengan orang dengan minat yang sama, dan lainnya.

Jika tidak digunakan secara baik, media sosial juga bisa berdampak negatif bagi penggunanya. Banyak tindakan kejahatan yang dapat diakibatkan dari penggunaan media sosial yang sembarangan. Mulai dari penculikan, pencurian data digital, penipuan, pemerkosaan, berita bohong (hoax), penghasutan, dan lainnya.

Berbicara soal media sosial, pasti Anda akan memiliki nama akun yang digunakan di media sosial tersebut, begitupun dengan passwordnya. Ketika Anda melakukan login ke akun media sosial Anda, nama akun dan password tersebut harus sesuai dengan data pengguna yang terdaftar di situs media sosial yang Anda gunakan. Jika tidak, Anda tidak bisa mengakses akun Anda tersebut.

Orang-orang tidak bisa mengakses akun media sosial miliknya karena berbagai alasan, kebanyakan sih karena lupa password. Bisa juga karena lupa nama akun (username) yang digunakan. Bisa juga karena akun media sosial Anda telah diambilalih oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, atau istilah lainnya adalah dihack. Biasanya, hacker menggunakan akun Anda untuk melakukan cara mendapatkan banyak follower di Twitter.

Untuk mengembalikan akun media sosial tersebut, Anda bisa saja mengajukan permohonan reset sandi ke alamat e-mail Anda yang digunakan untuk mendaftar akun tersebut. Namun, bagaimana jika hacker akun media sosial Anda sudah mengubah alamat e-mail yang digunakan untuk mendaftarkan akun media sosial Anda?


Mau tidak mau, Anda tidak bisa menggunakan akun tersebut dan harus menghapusnya agar tidak menimbulkan dampak yang tidak diinginkan. Hal tersebut untuk menjaga agar nama baik Anda tidak tercoreng akibat tindakan yang tidak dilakukan oleh Anda.

Atau mungkin Anda sudah jenuh dengan media sosial dan ingin menghapusnya. Namun, Anda malas untuk sekedar masuk ke pengaturan akun media sosial Anda. Maka, Anda bisa mengajukan permohonan menghapus akun media sosial Anda tanpa perlu login ke akun Anda.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi seputar cara menghapus akun Twitter tanpa log in. Cara-cara yang kami sampaikan ini memang mirip dengan cara menghapus akun Twitter yang lupa password pada artikel yang kami tulis sebelumnya. Bedanya, hanya pada kalimat permohonan yang disampaikan kepada pihak Twitter.

Mengapa kami membahas Twitter? Alasannya, media sosial berlambang burung warna biru ini masih digunakan oleh pengguna internet di Indonesia, walaupun jumlahnya sudah berkurang seiring munculnya media sosial baru. Berikut ini akan kami sampaikan cara-caranya:

  1. Untuk menghapus akun Twitter, Anda harus membuka situs Twitter melalui web browser. Anda tidak bisa meminta penghapusan akun menggunakan situs Twitter versi mobile atau aplikasi Twitter untuk smartphone. Jadi, buka alamat “www.twitter.com” pada kolom alamat browser Anda.
  2. Klik tombol “Masuk” atau “Login” di sebelah kanan halaman Twitter.
  3. Pada halaman login, klik “Lupa kata sandi?” atau “Forgot password?”
  4. Di halaman selanjutnya, Anda akan menemukan kolom dimana Anda bisa mengisinya dengan alamat e-mail, username, atau nomor handphone yang pernah Anda daftarkan di Twitter. Jika Anda lupa alamat e-mail yang digunakan, setidaknya Anda masih ingat username Twitter Anda, atau nomer handphone yang digunakan untuk mendaftar Twitter. Masukkan salah satu diantaranya, kemudian klik “Cari”.
  5. Selanjutnya akan muncul nama username yang cocok dengan data yang Anda masukkan ke Twitter. Pada tahap ini, Anda jangan menekan tombol “Lanjutkan”. Klik tulisan “Saya tidak memiliki akses ke salah satunya”. Dengan mengklik tulisan tersebut, berarti Anda memberitahu Twitter bahwa Anda lupa password Twitter Anda dan Anda tidak memiliki akses ke alamat e-mail yang terdaftar.
  6. Kemudian browser akan memunculkan form deskripsi masalah dari Twitter, kemudian klik tulisan “Masih memerlukan bantuan?”.
  7. Selanjutnya, Anda akan dihadapkan dengan sebuah form untuk menjelaskan masalah rinci ketika Anda berusaha login ke akun Twitter Anda. Deskripsikan masalah Anda kepada Twitter, lalu masukkan alamat e-mail yang bisa Anda akses, kemudian centang kotak di sebalah tulisan “I’m not robot”. Jika diminta untuk memasukkan kode captcha, masukan saja kode yang diminta.
  8. Untuk penjelasan masalah yang ditulis di dalam form, sebenarnya bisa menggunakan bahasa yang Anda pahami. Namun, inti dari deskripsi masalahnya bisa dituliskan sebagai berikut: “Saya ingin menghapus akun Twitter saya yang saya daftarkan lewat akun e-mail GMail / Yahoo / Hotmail / lainnya, tetapi saya tidak bisa masuk ke akun Twitter saya karena lupa password dan alamat e-mailnya.  Mohon pihak Twitter untuk bisa menghapus akun saya.” Anda bisa menuliskannya dalam bahasa Indonesia, namun sebaiknya ditulis dalam bahasa Inggris.
  9. Biasanya setelah dua hari, pihak Twitter akan membalas pengajuan Anda melalui e-mail. Cek kotak masuk e-mail Anda yang masih aktif. Jika Anda mengalami kendala ketika hendak masuk kotak masuk e-mail Anda, khususnya bagi Anda pengguna GMail, baca cara memulihkan akun Google yang lupa kata sandi di situs kami ini.
  10. Lakukan instruksi yang diberikan oleh pihak Twitter. Biasanya pihak Twitter akan mengirimkan link untuk mengupload foto identitas diri Anda, bisa berupa KTP, SIM, ataupun paspor.

Setelah semua langkah di atas dilakukan, langkah selanjutnya adalah Anda tinggal menunggu konfirmasi dari pihak Twitter. Jika pihak Twitter telah mengkonfirmasi permintaan penghapusan akun yang Anda ajukan, itu artinya cara menghapus akun Twitter yang Anda lakukan telah berhasil Anda lakukan.

Sekian artikel kami kali ini seputar cara menghapus akun Twitter tanpa login yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Jika akun Twitter Anda sudah terlanjur diambilalih oleh orang lain, tenang Anda masih bisa menghapusnya kok. Baca aja cara menghapus akun Twitter yang diambil alih orang lain di situs kami ini. Semoga berhasil dan semoga sukses.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Internet