3 Cara Mengetahui Password Email Yang Lupa dengan Mudah

Siapa yang tidak memiliki email sekarang ini? Mendaftarkan email bisa dikatakan sama pentingnya seperti memiliki nomor handphone. Banyak pengguna handphone yang tidak lagi mengandalkan sms untuk berkirim pesan, melainkan mulai mencari cara membuat email baru. Kelebihan penggunaan email memungkinkan untuk mengirim berbagai jenis file, berkali-kali dan lebih hemat. Tentu saja ini jika dibandingkan dengan sms atau mms era 2000an yang lalu. Memang, ada kelebihan dan kekurangan email namun email tetap menjadi sarana yang lebih praktis dan lebih umum digunakan di era digital ini.

ads

Pada umumnya para pengguna perangkat untuk mengakses internet dan fungsinya seperti halnya smartphone android, diharuskan memiliki akun google untuk mengakses handphone. Mereka harus memahami cara mendaftar akun Google. Memiliki akun google pada smartphone seperti memasukkan nyawa pada sebuah handphone. Hal ini tidak berbeda seperti saat menyematkan kartu SIM pada handphone. Karena pentingnya sebuah akun google, maka perusahaan yang termasuk terbesar di dunia itu memiliki fitur keamanan untuk akun google yang dibuat.

Setiap pembuatan akun google yang juga sebenarnya berlaku untuk setiap akun di banyak website, selalu harus disertakan kata sandi. Tentu saja ini untuk melindungi privasi di pemilik akun. Masalah yang paling sering terjadi tentang sandi akun adalah melupakannya. Lupa sandi google account, adalah masalah yang paling umum yang bisa dialami setiap orang yang memiliki akun google. Apalagi untuk mereka yang baru saja mengenal internet, smartphone, dan tidak terlalu peduli dengan pentingnya akun google. Ini juga sering terjadi pada mereka yang sangat biasa ganti atau membuat akun google yang baru.

Untuk masalah lupa kata sandi, sebenarnya bisa diselesaikan dengan memanfaatkan fasilitas google itu sendiri. Jika Anda telah lupa kata sandi google account anda, inilah beberapa tips untuk mengingat kata sandi google account :

  1. Gantilah kata sandi Anda dengan nomor handphone. Tentu saja ini bisa Anda lakukan dengan syarat, nomor telepon yang anda masukkan harus selalu aktif. Karena setiap orang cenderung hanya menghafal nomor telepon yang masih aktif. Jika Anda menggunakan nomor handphone anda yang lama sebagai password, besar kemungkinan akan lupa lagi.
  2. Ubah password google account dengan email pemulihan. Pada saat pendaftaran akun, ada kolom untuk menuliskan email Anda yang lain. Gunakan email anda tersebut untuk kata sandi sehingga Anda mudah mengingatnya.
  3. Reset password Anda dengan pertanyaan keamanan. Pertanyaan keamanan ini juga disertakan ketika Anda mendaftarkan akun google anda. Pertanyaan ini bervariasi, mulai tentang hobi hingga hewan peliharaan. Anda bisa memilih pertanyaan yang paling menggambarkan diri Anda, sehingga ketika Anda lupa password dan diharuskan menjawab pertanyaan keamanan, Anda tinggal menjawab yang sebenarnya tanpa mengingat-ingat kembali.
  4. Mengetahui password dengan browser google chrome.
  5. Mengetahui password dari aplikasi google playstore.

Selanjutnya adalah penjelasan dari cara mengetahui password email yang lupa berdasarkan 5 cara di atas.

  • Melihat Kata Sandi dengan Verifikasi Nomor Handphone

Untuk cara ini, disarankan Anda menggunakan nomor telepon yang selalu aktif. Karena setiap saat Anda bisa menerima sms di nomor handphone tersebut.

  1. Bukalah akun google Anda di browser. Anda bisa menggunakan google chrome, mozila, opera ataupun apa saja browser yang tersedia di handphone Anda.
  2. Masukkan alamat email atau nomor handphone Anda yang lupa sandi, kemudian klik ‘selanjutnya’
  3. Anda akan disuguhkan kolom pengisian kata sandi, pilihlah ‘lupa kata sandi’ pada bawah kolom.
  4. Sekali lagi Anda akan dipandu untuk mengisi kata sandi pada kolom yang ditampilkan. Pilihlah ‘coba pertanyaan lain’
  5. SetelahAnda mengklik untuk pertanyaan lain, maka google akan menampilkan ‘Apakah ponsel Anda berada di dekat Anda? Google akan mengirim notifikasi login untuk memastikan pengguna tersebut adalah Anda.’ Nah, jika ponsel Anda sedang berada di dekat anda, pilihlah kirim.
  6. Setelah itu akan muncul kolom untuk mengisi nomor handphone anda dengan tiga digit terakhir adalah nomor handphone yang Anda daftarkan pada akun google tersebut. Isikan nomor handphone Anda, kemudian klik ‘kirim sms’.
  7. Beberapa saat kemudian Anda akan menerima sms dari google. Selanjutnya, anda tinggal mengikuti perintah sesuai dengan sms yang anda terima. Masukkan kode enam digit angka yang di sms pada Anda ke google account kembali. Klik ‘berikutnya’.
  8. Setelah itu anda akan melihat kolom isi sandi yang baru. Anda bisa mengisi kata sandi yang baru dan benar-benar harus mengingatnya. Simpan kata sandi Anda pada catatan dan simpan di handphone Anda.

Itulah cara yang dapat digunakan untuk membuka kata sandi google account yang lupa dengan menggunakan verifikasi nomor handphone. Selanjutnya jika Anda menggunakan email pemulihan, begini caranya.


  • Melihat Kata Sandi dengan Email Pemulihan

Langkah pembukaan kata sandi dengan email pemulihan hampir sama seperti verifikasi dengan nomor telepon. Lakukan langkah nomor 1 hingga nomor 4 sama dengan cara di atas.

  1. Pilih ‘coba pertanyaan lain’ ketika google menyuruh Anda memverifikasi dengan nomor handphone.
  2. Setelah itu akan ditampilkan email pemulihan. ‘Google akan mengirimkan email berisi kode verifikasi satu kali ke …….@gmail.com’. Klik ‘kirim’.
  3. Pastikan email yang Anda tuliskan adalah email yang masih aktif dan bisa Anda akses saat itu juga.
  4. Bukalah inbox pada email Anda, kemudian masukkan kode verifikasi pada google account Anda.

Itulah dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengganti password google account yang lupa. Selanjutnya adalah cara bagaimana melihat kata sandi kita di google. Anda bisa menggunakan aplikasi google chrome di smartphone.

  • Melihat Kata Sandi di Google Chrome

Google chrome adalah aplikasi milik google, yang memungkinkan pengguna harus memiliki akun google. Dengan demikian, kita bisa melihat akun google di chrome. Inilah salah satu kelebihan google chrome dibanding yang lain.

  1. Langkah pertama tentu saja anda harus membuka google chrome pada handphone anda.
  2. Masuk ke menu setelan atau setting pada pojok kanan atas.
  3. Pada halaman setelah, langsung muncul ‘sandi’. Pilihlah menu tersebut.
  4. Di sana akan muncul banyak akun yang anda simpan. Seperti facebook, gmail, yahoo mail, dan sebagainya yang pernah anda tulis. Pilihlah google account.
  5. Klik ‘perlihatkan sandi’. Ini bisa Anda lakukan dengan mengklik gambar mata di samping kolom sandi.

Demikianlah cara untuk melihat sandi Anda pada google account dan cara mengetahui password email yang lupa. Setelah melihat kata sandi Anda, lebih baik simpanlah sehingga anda tidak lupa. Jika kata sandi anda terlalu susah untuk diingat, rubahlah ke kata sandi yang mudah diingat. Mengetahui pentingnya akun google dan berbagai media sosial bagi pengguna smartphone, hendaklah Anda berhati-hati dengan password-password akun Anda. Anda juga perlu memahami manfaat mempelajari ilmu komputer dan dampak positif dan negatif internet lainnya agar dapat waspada terhadap segala resiko.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Internet