10 Cara Memperbaiki Colokan Headset Yang Rusak

Handphone dan headset seperti dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Apalagi jika Anda adalah seorang yang memiliki hobi mendengarkan musik. Beberapa aplikasi musik akan bekerja dengan baik dengan menggunakan headset. Misalnya saja aplikasi karaoke pada android, aplikasi untuk mengedit video, aplikasi android untuk mengedit lagu, dan sebagainya. Fungsi teknologi, informasi, dan komunikasi dalam kehidupan memang sudah merambah ke dunia seni yang dilandasi oleh kemajuan teknologi. Ada pula pemanfaatan aplikasi piano untuk laptop, software untuk karaoke di laptop, dan sebagainya.

ads

Selain itu, headset pada beberapa handphone juga berguna sebagai antena ketika mendengarkan radio. Bisa dibayangkan bagaimana jengkelnya jika tiba-tiba headset kesayangan Anda tidak berfungsi dengan baik. Misalnya suara yang tiba-tiba hilang atau putus-putus.

Kerusakan headset banyak terjadi, seperti halnya headset tidak terdeteksi di laptop. Apalagi jika penggunaannya sembarangan, misalnya sembarangan meletakkan headset. Karena jika headset terkena air, bisa saja mengalami kerusakan. Selain itu headset yang terjepit dan seringkali penggunanya menarik secara paksa dapat mengakibatkan patah headset tersebut patah. Jika headset Anda masih belum mengalami kerusakan yang parah misalnya suara tiba-tiba hilang atau putus-putus, silahkan coba tips ara memperbaiki colokan headset yang rusak ini:

Mencari Letak Masalah

Sebelum memperbaiki headset Anda, carilah dari mana masalah headset anda sehingga tidak bisa meneruskan suara ke telinga dengan normal.

  • Dengarkan dengan headset sambil menekuk kabel. Untuk mengecek bagian mana yang bermasalah, langkah pertama yang mudah adalah gunakan headset anda dengan menekuk kabelnya. Carilah apakah suara yang terdengar berubah ubah ketika Anda melakukan itu.
  • Periksa colokan audionya. Jika audio muncul ketika anda menekan colokan kabel headset dengan keras, maka bisa dipastikan colokan kabelnya yang bermasalah.
  • Cek lubang suara dengan menggunakan lubang suara headphone yang lain. Tidak ada salahnya mengecek headset dengan menggunakan headset yang lain. Anda bisa meminjamnya dari teman anda. Colokkan ke lubang suara yang berbeda, apakah headset kembali berfungsi? Jika Anda mendengarkan suaranya, berarti lubang suara yang bermasalah.
  • Menggunakan multimeter. Jika masalah headset belum ditemukan, gunakanlah multimeter. Multimeter memang digunakan untuk mengetahui kabel yang tidak bekerja dengan baik. Misalnya mendeteksi kerusakan adaptor pada laptop. Anda bisa meminta tolong saudara atau orang yang mengerti penggunaan multimeter. Jika anda ingin memeriksa sendiri, ikut langkah berikut :
  • Anda akan membutuhkan pisau tajam unutk mengupas kulit kabel. Kupaslah kulit kabel di dekat colokan sedikit saja dan kupaslah di kabel dekat lubang suara.
  • Kikis pelan-pelan lapisan kabel tipis yang masih tersisa dengan pisau tajam tersebut. Hati-hati mengikisnya, karena kabel headset sangat tipis, Anda bisa saja memutusnya jika tidak berhati-hati.
  • Sentuh salah satu kawat kabel yang telah terkelupas tadi dengan multimeter yang berwarna hitam. Sentuh kawat yang lain dengan ujung multimeter yang berwarna merah.
  • Jika berbunyi bip, kemungkinan colokan atau lubang suara yang bermasalah. Karena bunyi tersebut menunjukkan bahwa kabel tidak bermasalah.
  • Jika tidak berbunyi bip, maka kabel headset anda bermasalah. Anda bisa memeriksa bagian tengah kabel dengan cara yang sama. Yaitu mengelupasnya dan mengeceknya dengan multimeter.
  • Proses memeriksa kabel bisa lebih dari 1 tempat. Lakukan hal di atas dengan berpindah tempat hingga anda menemukan bunyi bip pada multimeter.

Mencari Solusi

Jenis kerusakan pada headset ada pada tiga komponen penting yaitu pada kabel, lubang suara, dan colokannya. Kali ini penulis akan menguraikan cara memperbaiki colokan headset yang rusak :

  1. Membeli colokan baru. Hal pertama yang dilakukan ketika colokan headset rusak adalah membeli yang baru. Colokan headset tidak semahal headset asli, jadi jangan khawatir tentang budget yang dikeluarkan, karena tujuan memperbaiki benda adalah agar budget perbaikan lebih terkontrol. Anda bisa membeli colokan ini di toko kabel atau di internet. Pastikan Anda memilih bahan yang bagus dengan koneksi stereo dan pegas. Pastikan juga ukurannya sesuai dengan handphone Anda. Umumnya colokan berukuran 3,5 mm.
  2. Melepas colokan yang lama. Ada dua jenis colokan headset. Ada yang bisa dilepas langsung dengan cara memutarnya, ada pula yang menyambung dengan kabel sehingga harus memotong kabel headset. Setelah melepas colokan, potong kabel beberapa cm dari colokan.
  3. Kupas kabel. Anda bisa melakukannya dengan tang khusus untuk mengupas kabel. Setelah terkelupas, akan ada kawat yang disebut arde, dan dua kawat sebagai penghantar dinyal kiri dan kanan. 

  4. Ketiga kawat yang berada di dalam kabel headset tentunya memiliki fungsi yang berbeda. Puntir ujung ketiga kawat sendiri-sendiri untuk disambung dengan bagian yang berbeda.
  5. Kawat yang telanjang dihubungkan dengan logam terpanjang yang berada di terminal utama. Jika tidak ada, maka bisa langsung disambungkan dengan isolator bergaris.
  6. Dua kabel yang lain disambungkan ke kedua pin yang berbentuk cincin. Tidak ada kode warna untuk dua kabel ini. Jika Anda salah pasang, maka suara kanan dan kiri akan terbalik. Tapi headphone tetap bisa digunakan dengan baik.
  7. Menjepit kawat ke pin. Anda bisa menggunakan klip kecil untuk menjaga posisi kawat agar tetap pada tempatnya. Jangan sampai ketiga kawat saling bersentuhan.
  8. Solder kawat ke steker. Sebelum mensolder kawat, kasarkan ujung kawat dengan ampelas. Ini dilakukan agar kawat mudah disolder. Anda bisa mensolder pin untuk melelehkan timah. Lakukan pada masing-masing kawat.
  9. Tutup steker headset. Langkah yang terakhir adalah menutup kembali penutup colokan. Anda bisa menutupnya dengan memutar colokan anda. Setelah itu cobalah kembali headset Anda.
  10. Jika masih terdapat masalah, mungkin karena kawatnya bersentuhan. Anda bisa membuka penutup colokan dan kembali memisahkan kawat.

Itulah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk cara memperbaiki colokan headset yang rusak. Jika kerusakan terletak pada kabel, Anda bisa memutus kabel yang bermasalah kemudian menyambungkan kabel headset kembali. Setelah Anda melakukan langkah di atas, hendaknya anda menjaga headset agar tetap pada posisi yang aman. Jangan biarkan kabel headset anda berada di sembarang tempat karena bisa saja tercantol dan menimbulkan kerusakan yang lain. Kerusakan headset original tentu saja sangat disayangkan, karena headset original tetaplah berkualitas bagus dibanding Anda harus menggunakan headset murah yang banyak dijual di pasaran. Itulah mengapa sekarang banyak tersedia headset bluetooth maupun wireless yang bisa bekerja tanpa kabel. Jika Anda mahir cara menggunakan headset dengan bluetooth, Anda bisa berpindah ke headset tersebut untuk meminimalisir kerusakan. Berbagai manfaat IPTEK sangat penting Anda kuasai untuk dapat menangani berbagai masalah seperti cara memperbaiki colokan headset yang rusak sendiri saja.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Hardware