Home » Software » Microsoft » 5 Fitur Tersembunyi Microsoft Word yang Jarang Diketahui

5 Fitur Tersembunyi Microsoft Word yang Jarang Diketahui

by Elang Hendy Subrata

Microsoft Word merupakan sebuah aplikasi yang sangat umum digunakan banyak orang untuk membuat dokumen di Komputer. Umumnya jika kita membuat surat, skripsi, dokumen, dan tulisan-tulisan lainnya, maka Microsoft Word ini sering digunakan. Tahukah Anda bahwa Microsoft Word ini memiliki beberapa jalan pintas untuk memudahkan Anda dalam pembuatan dokumen? Untuk lebih memahaminya, berikut beberapa Fitur Tersembunyi Microsoft Word.

1. Fitur “Find and Replace”

Fitur Find and Replace biasanya digunakan untuk mencari kata-kata lalu menggantinya dengan cepat. Akan tetapi, kita bingung kalau fitur ini tidak dapat mengubah format tulisan. Hal tersebut kini bisa dilakukan dengan menggunakan Fitur yang terdapat pada Find and Replace. Caranya adalah buka fitur Replace pada Toolbar. Setelah dibuka, klik bagian “More”. Di sanalah baru Anda dapat mengubah kata maupun kalimat bersamaan dengan format tulisan pada Word.

2. Fitur scrolling cepat

Saat kita membuat tugas yang banyak seperti skripsi, pastinya kita pusing untuk mencari halaman yang kita inginkan. Contohnya saja, saat kita memiliki jumlah halaman pada dokumen yang mencapai 200 halaman sedangkan kita perlu melakukan pengeditan atau penambahan pada halaman 50. Biasanya untuk dapat menuju halaman tersebut, kita akan melakukan scrolling sampai menuju halaman tersebut.

Nah, sebetulnya ada satu cara cepat agar kita dapat langsung menuju halaman yang diinginkan tanpa harus melakukan scrolling. Caranya adalah dengan menekan tombol “Shift + F5” secara berbarengan. Ketika kita berhasil menggunakan shortcut tersebut, maka kita dapat berpindah-pindah bagian di dalam word tanpa harus menggunakan mouse untuk scrolling.

3. Fitur memasukan link

Pada saat kita membuat dokumen, kita membutuhkan beberapa referensi terpercaya untuk menguatkan teori yang kita buat. Salah satu cara yang menambah referensi tersebut adalah dengan menggunakan fitur Hyperlink. Biasanya saat kita ingin memasukkan tautan pada file word, maka kita harus melakukan cara yang cukup ribet, yakni klik “insert” lalu pilih “hyperlink”.

Akan tetapi, cara tersebut kurang efektif, karena kadang-kadang kita selalu salah mengeklik fitur lain jika kita sedang terburu-buru. Maka dari itu, untuk lebih mempercepat waktu, kita bisa menggunakan tombol shortcut dari keyboard, yakni menggunakan tombol “CTRL + K” secara bersamaan. Untuk caranya sendiri pun cukup mudah. Anda bisa langsung menggunakan shorcut tersebut, maka tautan dapat muncul pada dokumen. Begitu juga jika Anda memasukkan tautan pada sebuah kata atau kalimat. Caranya adalah dengan blok terlebih dahulu kata-kata atau beberapa kalimat yang dituju, lalu langsung gunakan “CTRL +K”. Nantinya akan muncul halaman hyperlink, masukan tautannya dan kilk “OK”. Secara otomatis, kata-kata atau kalimat yang dituju sudah terdapat tautan referensi.

4. Mengubah ukuran kata atau kalimat pada dokumen

Jika kita ingin mengubah suatu huruf menjadi kapital, biasanya kita akan lebih banyak menggunakan tombol Capslock. Namun, bagaimana jika kita ingin mengubah kata maupun kalimat dengan kapitalis semua atau kecil semua? Apalagi jika kita salah menulis kata maupun kalimat yang seharusnya kecil menjadi kapitalis maupun sebaliknya. Jika kita menghapus kata-kata maupun kalimat tersebut, tentunya akan memakan waktu. Untunglah ada jalan pintas yang lebih praktis yakni memanfaatkan shortcut “CTRL + Shift + A”  secara berbarengan.

Untuk caranya sendiri cukup mudah, Anda tinggal blok saja kata-kata maupun kalimat yang diinginkan. Setelah itu, barula tekan tombol “CTRL + Shift + A” pada keyboard. Maka secara otomatis kata-kata maupun kalimat yang kecil akan menjadi kapitas semuanya dna begitu juga sebaliknya. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa saat fungsi ini diaktifkan maka atulisan akan terus menerus menjadi kapital. Untuk menghentikannya, Anda harus menekan kembali “CTRL+Shift+A”.

5. Kertas Portrait dan Landscape secara bersamaan

Ketika kita akan mengetik teks, umumnya kita akan melakukan format kertas satu jenis saja. Contohnya, saat kita menggunakan layout portrait, maka saat di print kita hanya bisa menggunakan format portrait saja. Sedangkan jika kita ingin menggunakan versi landscape, maka kita harus menggunakan file baru. Akan tetapi, sebenarnya kita bisa melakukan dua jenis layout dalam satu file dengan memanfaatkan pengaturan pada page setup.

Untuk caranya sendiri, pertama Anda harus masuk ke Page Layout-> masuk ke Page Setup->pilih Margin lalu klik Custom Margin. Jika sudah, maka Anda pilih saja pada bagian orientation apakah ingin menggunakan versi portrait atau versi Landscape. Setelah di atur, lihatlah pada bagian “Apply to”. Pilihlah “Selected Text”.

Selain melalui Page Setup, Anda juga dapat mengatur layout dokumen melalui fitur “Break”. Caranya sendiri cukup mudah, klik Bagian Page Layout di Toolbar, kemudian, kilk “Breaks”. Setelah itu, pilihlah pada bagian “Section Breaks” cara ini juga dapat digunakan cara memberi halaman pada Microsoft Word.

Itulah 5 fitur tersembunyi Microsoft Word yang dapat membantu Anda. Jika Anda masih mencari referensi lainnya mengenai Microsoft Word, Anda bisa pelajari cara membuat brosur dengan Microsoft Word, atau cara membuat daftar isi pada Microsoft Word. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

You may also like