Home » Software » Microsoft » Apa itu Microsoft Azure ?

Apa itu Microsoft Azure ?

by Wahyu Saputra S.Kom
by Wahyu Saputra S.Kom

Cloud computing mendefinisikan ulang bagaimana aplikasi modern dirancang. Disamping membuat aplikasi sebagai monolit, teknologi cloud telah memungkinkan untuk dipecah menjadi layanan mikro yang lebih kecil dan terdesentralisasi. Setiap layanan berkomunikasi satu sama lain melalui antarmuka pemrograman aplikasi (API) atau pesan asinkron.

Jenis arsitektur ini juga memungkinkan aplikasi untuk melakukan proses skalabilitas menjadi lebih nyaman, menambahkan contoh layanan baru setiap kali permintaan meningkat (penskalaan) dan menghapus contoh layanan setiap kali permintaan berkurang (penskalaan).

Tidak mengherankan, aplikasi dan platform cloud computing telah tumbuh sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir, merevolusi bagaimana bisnis bekerja dan menciptakan aliran pendapatan baru. Diperkirakan lebih dari 77 persen bisnis menggunakan beberapa solusi cloud level enterprise dalam infrastruktur komputasi mereka.

Apa itu Microsoft Azure ?

Ada banyak platform cloud computing di market, tetapi Microsoft Azure adalah salah satu yang terbesar. Microsoft Azure adalah platform cloud yang banyak dipilih di level perusahaan dan digunakan oleh 95 persen perusahaan Fortune 500.

Microsoft Azure, sebelumnya dikenal sebagai Windows Azure, dirilis pada tahun 2010 oleh Microsoft sebagai platform layanan cloud publik di mana pengguna dapat membangun, menguji, menerapkan, dan mengelola aplikasi mereka menggunakan pusat data berbasis cloud Microsoft. Server yang membentuk pusat data ini tersebar di 140 negara dan terus berkembang. Melalui Azure, Microsoft menawarkan sejumlah layanan pada domain yang berbeda, seperti Komputasi, Database, Content Delivery, dan Jaringan.

Pengaplikasian Micrososft Azure

Solusi yang dapat dibangun perusahaan di Microsoft Azure meliputi :

  • Infrastructure as a Service (IaaS)
  • Platform as a Service (PaaS)
  • Software as a Service (SaaS)

Azure adalah platform cloud yang cepat, fleksibel, dan yang lebih penting bagi perusahaan yaitu platform cloud yang terjangkau. Tapi apa sebenarnya yang bisa kita lakukan dengan azure ? Di bawah ini adalah beberapa contoh solusi Azure yang bisa digunakan untuk :

  • Pengembangan Aplikasi

Pengguna dapat membuat hampir semua aplikasi web di Azure

  • Hosting Aplikasi

Setelah pengembangan, Kita kemudian dapat meng-hosting aplikasi di Azure

  • Software Testing

Pengguna juga dapat menguji aplikasi di Azure

  • Pembuatan Virtual Machine

Menambahkan mesin virtual ke infrastruktur TI Kita menggunakan Azure

  • Virtual Hard Drives

Perluas armada mesin virtual Kita dengan hard drive virtual (atau penyimpanan berbasis cloud)

  • Integrasi dan Sinkronisasi

Azure memungkinkan Kita mengintegrasikan aplikasi berbasis cloud dengan infrastruktur TI yang ada

  • Kecerdasan Bisnis

Azure adalah alat kecerdasan bisnis canggih yang memungkinkan Kita menangkap dan menyimpan metrik penting yang mengukur aktivitas aplikasi Kita

Solusi ini juga tersedia di platform cloud lainnya, termasuk Amazon Web Services (AWS). Namun, Azure memiliki beberapa fitur unik yang membuat pelatihan arsitektur Azure atau sertifikasi Azure menjadi bermanfaat.

Arsitektur Microsoft Azure

Seperti platform cloud lainnya, Microsoft Azure bergantung pada teknologi yang disebut virtualisasi, yang merupakan emulasi perangkat keras komputer dalam perangkat lunak. Ini dimungkinkan oleh fakta bahwa sebagian besar perangkat keras komputer bekerja dengan mengikuti serangkaian instruksi yang dikodekan langsung ke dalam silikon. Dengan memetakan instruksi perangkat lunak untuk meniru instruksi perangkat keras, perangkat keras virtual dapat menggunakan perangkat lunak untuk berfungsi seperti perangkat keras “nyata”.

Penyedia cloud memelihara beberapa pusat data, masing-masing memiliki ratusan (jika tidak ribuan) server fisik yang menjalankan perangkat keras virtual untuk pelanggan. Arsitektur Microsoft Azure berjalan pada kumpulan besar server dan perangkat keras jaringan, yang, pada akhirnya, meng-hosting kumpulan aplikasi kompleks yang mengontrol operasi dan konfigurasi perangkat lunak serta perangkat keras virtual di server ini.

Orkestrasi kompleks inilah yang membuat Azure begitu kuat. Hal ini memastikan bahwa pengguna tidak lagi harus menghabiskan waktu mereka memelihara dan meningkatkan perangkat keras komputer karena Azure mengurus semuanya di balik layar.

Fitur Microsoft Azure

Berikut adalah beberapa fitur dari Microsoft Azure yaitu :

Microsoft Azure menawarkan fleksibilitas, pemulihan situs tingkat lanjut, dan integrasi bawaan. Sifat Azure berbasis cloud membuatnya sangat fleksibel, memungkinkan Kita untuk mencadangkan data milik Kita dalam hampir semua Bahasa pemrograman, sistem operasi, atau lokasi apa pun. Azure juga memungkinkan Kita untuk mengatur jadwal backup setiap hari, mingguan, bulanan, atau pada jadwal apa pun yang Kita inginkan.

Di sisi lain, fitur pemulihan situs Microsoft Azure dapat meningkatkan sistem pencadangan tape Kita dengan menyediakan replikasi di luar lokasi dan retensi data selama beberapa dekade dengan biaya pemeliharaan dan operasional di lokasi yang minimum. Azure juga menyimpan tiga cadangan data Kita di tiga lokasi berbeda di data center, ditambah tiga cadangan lainnya di remote data center.

  • Pengembangan dan Hosting Aplikasi Web dan Mobile

Azure adalah platform yang ideal untuk mengembangkan, menghosting, dan mengelola aplikasi web dan seluler, menjadikannya otonom dan adaptif melalui fitur seperti manajemen patch otomatis, AutoScale, dan integrasi untuk aplikasi lokal.

Manajemen patch otomatis pada mesin virtual Kita membebaskan waktu yang Kita habiskan untuk mengelola infrastruktur serta memungkinkan Kita untuk fokus pada peningkatan fitur inti aplikasi milik kita. Sementara itu, AutoScale, fitur yang terintegrasi ke dalam Azure Web Apps, secara otomatis menyesuaikan ambang batas sumber daya yang dimiliki berdasarkan lalu lintas pengguna, menghemat uang Kita di luar jam sibuk. Akhirnya, Azure menautkan aplikasi web milik Kita ke aplikasi lokal, yang memungkinkan para stakeholder mengakses sumber daya dalam firewall Kita.

  • Terintegrasi Dengan Active Directory

Microsoft Azure dapat berintegrasi dengan active directory milik kita, melengkapi kemampuan akses dan identitas yang ada. Proses ini juga memberi kita DNS untuk meningkatkan keamanan, jangkauan di seluruh dunia, dan manajemen terpusat.

Salah satu hal yang membuat Azure unik adalah kemampuannya untuk memperluas jangkauan lingkungan Active Directory milik Kita secara global sambil mempertahankan kontrol langsung. Tidak ada platform cloud lain yang dapat memperluas jangkauan pengontrol domain Kita dan mengonsolidasikan manajemen Active Directory.

Dan jika Kita memiliki beberapa situs atau menggunakan aplikasi cloud seperti Office 365, integrasi Azure dengan Active Directory memberi Kita tools terpusat untuk mengelola dan memelihara akses ke rangkaian tools milik kita.

You may also like