Home » Software » Sistem Operasi » Andoid » Cara Buat Dokumen WPS Office di Hp Android

Cara Buat Dokumen WPS Office di Hp Android

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Dahulu untuk membuat sebuah dokumen, biasanya kita menggunakan software Microsoft office untuk membuatnya. Di ketik dengan keyboard pada komputer, dan bila sudah selesai file word document berekstensi (.doc ) kita simpan di floppy disk, harddisk, atau flashdisk.

Namun seiring perkembangan zaman. Kini untuk membuat dokumen tidak hanya dapat dilakukan di komputer atau laptop saja. Namun bisa juga dilakukan di gadget/hp kita baik Sistem operasi Android atau pun IOS.

Selain itu dokumen yang selesai kita buat bisa langsung di kirim ke internet dari gadget kita dengan bantuan aplikasi. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat dokumen di gadget/hp kita adalah WPS Office.

Apa itu WPS Office?
WPS (Writer Presentation Spreadsheet) Office adalah sebuah layanan paket aplikasi perkantoran yang di kembangkan oleh perusahaan perangkat lunak bernama Kingsoft dan bisa digunakan untuk beberapa platform seperti Microsoft windows, OS Android, IOS dan Linux.

Setelah kita tahu pengertian apa itu WPS Office lalu apa kelebihan WPS Office dibandingkan dengan Microsoft office?

Kelebihan WPS Office

  1. Terhubung ke Cloud Storage. Dokumen dari wps office bisa langsung terhubung ke penyimpanan online berbasis awan (cloud storage) seperti pada layanan google drive, dropbox, one drive.
  2. Tampilan Penuh. Bila kita biasanya menulis dokumen pada Microsoft office ada bagian layar yang terpotong di bagian tepi, namun di wps office tidak bahkan layar dokumen bisa diperbesar.
  3. Ukuran Ringan. Bila kita menggunakan Microsoft office membutuhkan media penyimpanan besar dengan ukuran software ratusan Mb hingga 1 Gb saat sudah di instal. Sedangkan menggunakan wps office ukurannya sangat kecil hanya sekitar 50 mb saja.
  4. Tampilan Buku. Pada saat kita menggunakan wps office kita bisa mengubah menu tampilan layout seperti buku.
  5. Convert to Pdf. Saat dokumen yang kita buat sudah jadi file berformat (.doc) bisa langsung di convert ke format (.pdf) tanpa bantuan aplikasi tambahan (converter).
  6. Font User Friendly. Walau hanya berukuran 50 mb namun aplikasi ini memiliki jenis font yang user friendly sehingga nyaman digunakan.
  7. Dapat disimpan dengan banyak format. Dengan ukuran yang hanya 50 mb, namun dokumen di wps office dapat di simpan di banyak format seperti doc, txt, xls, ppt dll.

Setelah kita mengetahui banyaknya kelebihan saat menggunakan wps office di bandingkan aplikasi pembuat dokumen lain, lalu bagaimana cara membuat dokumen dengan wps office di hp android?

Cara Buat Dokumen WPS Office di HP Android

  1. Unduh (download) terlebih dahulu aplikasi wps office di google playstore
  2. Setelah selesai di download buka aplikasi wps office
  3. Di halaman depan wps office klik tombol (+) berwarna merah di sebelah kanan bawah layar
  4. Muncul beberapa pilihan tipe dokumen yang akan kita buat. Klik dan Pilih logo berwarna biru bila ingin membuat dokumen berformat (.doc) word document
  5. Lalu muncul beberapa pilihan template background pada lembar kerja dokumen. Pilih yang kosong bila tak ingin ada background di lembar kerja dokumen
  6. Lalu terbukalah lembar kerja dokumen kita. Ketikan apa saja yang akan kita tulis.
  7. Setelah kita selesai menulis dokumen kita bisa menyimpannya dengan cara klik tombol berlogo simpan (disket) yang terletak di atas aplikasi
  8. Lalu halaman menjelajah lokasi tempat penyimpanan. Pilih lokasi penyimpanannya. Bisa di kartu memori (microSD) atau di internal telepon
  9. Lalu pilih folder untuk menyimpan dukumen dan beri nama dokumennya
  10. Klik tombol simpan
  11. Selesai. Dokumen yang kita buat pun sudah disimpan

Setelah dokumen selesai disimpan kita pun bisa mendiamkan dokumen itu untuk dilihat nanti, mencetaknya di printer atau juga bisa langsung di kirim ke server penyimpanan online (cloud storage) seperti google drive agar kita memiliki backupnya (file cadangan).

Demikianlah penjelasan kami tentang Cara Buat Dokumen WPS office di HP Android. Dengan banyaknya fitur yang dimiliki tentu aplikasi ini sangat bermanfaat terutama bagi kita yang sering berpergian (mobile). Cukup dengan buka gadget kita, dokumen pun selesai dibuat dan bisa langsung di kirim ke internet.

You may also like