Home » Software » Sistem Operasi » Andoid » 7 Fitur Tersembunyi HP Samsung yang Masih Jarang Dipakai

7 Fitur Tersembunyi HP Samsung yang Masih Jarang Dipakai

by Elang Hendy Subrata

Penggunaan Andaroid saat ini sudah didapat digunakan oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sudah dapat menikmati fasilitas yang terdapat di dalam smartphone. Salah satu produsen smartphone yang banyak disukai oleh beberapa orang adalah Samsung.

Hal ini tidak mengherankan karena Brand Samsung merupakan brand smartphone pertama yang menggunakan sistem Android. Akan tetapi, meskipun band ini banyak digunakan orang, masih banyak yang tidak tahu fitur tersembunyi di dalamnya. Jika Anda pengguna smartphone dari Samsung, berikut ulasan Fitur Tersembunyi HP Samsung tersebut.

1. Geser tombol kontak untuk kirim pesan

Fitur Tersembunyi HP Samsung yang pertama adalah Anda dapat mengirim pesan pada seseorang hanya melalui kontak. Umumnya saat kita mengirim pesan, maka kita harus masuk terlebih dahulu pada aplikasi pesan, lalu tulis pesan dan barulah kita cara kontaknya. Namun, pada smartphone Samsung, terutama seri Galaxy S4, Anda dapat mengirim pesan lebih cepat. Caranya sendiri Anda tinggal masuk ke dalam kontak, lalu cari nomor yang akan dikirim pesan. Setelah itu, geser kontak tersebut ke kiri atau ke kanan. Jika Anda ingin mengirim pesan, maka tinggal menggesernya ke kiri. Sebaliknya, jika Anda ingin mengirim pesan, maka Anda tinggal menggeser nomor kontaknya ke kanan.

2. Memiliki Mode Sarung Tangan

Umumnya saat menggunakan smartphone, jari kita tidak boleh tertutupi oleh benda apapun. Hal ini dikarenakan sistem pada android hanya dapat mendeteksi sensivitas kulit manusia. Uniknya, di dalam smartphone Samsung ini, kita tetap dapat mengoperasikannya meskipun menggunakan sarung tangan. Caranya sendiri masuklah ke bagian setting lalu aturlah sensitivitas smartphone menjadi lebih tinggi. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan smartphone dengan tidak menangkalkan sarung tangan.

3. Dapat melakukan screenshot dengan mengusapkan tangan

Umumnya jika kita ingin melakukan screenshot, kita harus menginstal aplikasi tertentu atau menekan tombol power serta tombol volume down secara bersama-sama. Nah, pada smartphone Samsung Anda dapat melakukan screenshot hanya dengan mengusapkan tangan saja pada bagian layar. Fitur ini sangat praktis untuk Anda yang sedang berkendara sepeda motor atau sepeda ontel.

Untuk dapat mengaktifkan fitur ini, Anda harus mengaturnya terlebih dahulu pada setting, lalu masuk ke bagian Motion and Gesture atau pada bagian Palm Motion. setelah itu, klik pada bagian Capture Screen. Fitur ini terdapat pada  Samsung seri Galaxy Note 3 serta Galaxy S series.

4. Fitur Easy Mode

Fitur ini umumnya sering ditemukan pada ponsel kelas menengah hingga kelas atas. Fungsi dari easy mode ini memudahkan pengguna yang usianya sudah lanjut usia. Maka dari itu, ikon yang digunakan pun lebih besar serta pengopeasiannya sangat sederhana. Untuk dapat mengaktifkan fitur ini, Anda masuk ke bagian setting. Selanjutnya, gantilah bagian home screen menjadi easy mode. Secara otomatis, saat Anda kembali ke menu utama, tampilan smartphone sudah diganti dengan versi easy mode.

5. Fitur kunci layar menggunakan sidik jari

Untuk tipe-tipe smartphone kelas atas dari Samsung, terdapat sebuah fitur kunci layar yang menggunakan sistem sidik jari. Sistem sidik jari ini diklaim memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan sistem pola atau menggunakan pin. Sebab, sidik jari setiap orang berbeda-beda sehingga tidak bisa sembarangan orang dapat membongkar kunci layar yang menggunakan sistem sidik jari ini.

Untuk dapat mengaktifkan fitur ini, Anda masuklah ke bagian setting. Setelah itu, carilah Lock Screen and Security atau langsung ke bagian fingerprints. Di bagian itu, Anda bisa langsung ikuti arahan yang diberikan oleh sistem. Saat ini, hanya beberapa ponsel Samsung saja yang telah disematkan sistem sidik jari ini, khususnya untuk smartphone kelas atas.

6. Membuka dua aplikasi sekaligus

Fitur ini sangat berguna untuk Anda yang menginginkan multitasking pada sebuah Android. Pada Samsung tipe flagship, terdapat fitur tersebut sehingga Anda dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus pada satu layar. Untuk saat ini, jenis Samsung Galaxy S series sudah disematkan fitur ini.

Untuk mengaktifkan fitur ini, masuklah ke bagian setting. Setelah itu, lihatlah ke bagian display atau bisa ke bagian My Device. Carilah MultiWindow dan aktifkan. Apabila di aktifkan, maka ponsel sudah dapat melakukan multitasking.

7. Fitur Smart Stay

Fitur satu ini sangat bermanfaat untuk Anda yang sering memandang layar. Fitur ini akan membuat layar smartphone redup secara otomatis ketika Anda tidak melihatnya. Akan tetapi, layar smartphone akan langsung menyala jika Anda melihat layar. Dengan begini, Anda tidak perlu menekan tombol power untuk menghidupkan layar.

Itulah 7 fitur tersembunyi HP Samsung yang jarang diketahui. Apabila Anda ingin mencoba fitur-fitur yang terdapat pada smartphone Samsung ini, cobalah untuk mempertimbangkan terlebih dahulu perbedaan Exynos dengan Snapdragon, kelebihan chipset hisilicon kirin, perbedaan layar IPS dan Android Amoled, sebelum membeli HP Samsung. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca semuanya.

You may also like