10 Cara Memperbaiki Baterai HP Yang Soak Paling Mudah

Handphone bisa dikatakan adalah alat terpenting bagi seseorang. Dengan handphone, seolah semua bisa dilakukan dalam genggaman. Tak hanya sekedar berkomunikasi, handphone bisa memanjakan penggunanya lebih dari itu. Handphone terus mengalami perkembangan. Dari pertama kali alat komunikasi genggaman ini keluar, hanya bisa digunakan untuk telepon dan sms saja. Lama kelamaan handphone bisa digunakan untuk mengirim file selain pesan teks dan telepon. Kini handphone telah menjadi smartphone. Bahkan keperluan telepon dan sms menjadi fitur yang jarang digunakan.

ads

Berkomunikasi lewat internet, media sosial, dirasa lebih efektif dibanding berkomunikasi dengan telepon dan sms. Karena selain lebih hemat, file yang bisa dishare juga lebih bervariasi dan lebih bebas. Inilah salah satu keuntungan media sosial. Bukan hanya untuk bermedia sosial, handphone juga dapat menjadi benda entertainment sendiri bagi seseorang. Game, editing video, editing foto, editing lagu, bisa dilakukan pada benda kotak bernama smartphone. Banyak aplikasi yang memungkinkan anda melakukan hobi anda. Misalnya, aplikasi untuk edit foto .

Begitu pentingnya handphone bagi seseorang, maka performanya dituntut untuk kuat dan tahan. Apalagi untuk mereka yang tidak bisa lepas dari handphone. Bahkan kegiatan mencharge handphone bisa menjadi hal yang menyebalkan untuk mereka yang tidak pisah dengan alat komunikasi tersebut. Banyak yang mengabaikan kegiatan mengecharge handphone ini. Banyak yang tetap menggunakan handphone ketika sedang dicharge. Padahal itu sama sekali tidak disarankan karena bisa membuat baterai handphone soak.

Lalu apa saja yang membuat baterai handphone soak dan bagaimana cara memperbaiki baterai HP yang soak?

Penyebab baterai handphone soak

  1. Pemakaian yang melebihi batas wajar. Handphone rata-rata digunakan sekitar kurang lebih 12 jam sehari. Sebenarnya semua tergantung jenis handphone dan tingkat ketahanannya. Biasanya ketahanan handphone sudah tertera di box atau ada keterangannya di internet. Jika handphone anda bertahan 24 jam, maka jangan sampai menggunakan handphone 24 jam tanpa jeda.
  2. Menggunakan handphone yang sedang dicharge. Pada saat pengisian baterai, muatan listrik akan terisikan ke baterai. Jika saat pengisian ini baterai dipakai, maka baterai tidak bisa terisi dengan maksimal terus menerus. Ini yang menyebabkan kapasitas baterai berkurang bahkan hingga menyebabkan baterai cepat habis.
  3. Membiarkan baterai handphone hingga 0%. Ini salah satu kesalahan fatal jika anda lakukan. Walaupun akhirnya baterai bisa di charge, membiarkan handphone anda mati karena kehabisan baterai bisa menurunkan kinerja baterai handphone anda. Jika baterai anda tidak rusak, bisa dikatakan anda beruntung. Karena setelah terjadi handphone mati karena kehabisan baterai, biasanya baterai handphone tersebut langsung tidak bisa bekerja dengan maksimal.
  4. Menggunakan charge yang tidak sesuai dengan handphone. Misalnya anda memiliki handphone bermerk samsung, tapi anda menggunakan charge milik oppo, ini bukan hal yang disarankan. Walau terlihat sepele, menggunakan charge yang tidak sesuai dengan handphone akan membuat baterai tidak bekerja dengan maksimal. Walaupun colokannya sama, charge yang tidak sesuai tidak bisa melakukan pengisian penuh dengan handphone yang tidak sesuai. Apalagi jika pada saat pengecasan handphone menjadi panas, itu adalah tanda bahwa charge dan handphone tidak sesuai.

Itulah beberapa penyebab baterai anda soak. Baterai handphone dari dulu hingga sekarang terus mengalami perkembangan. Dulu baterai handphone bisa melendung ketika sudah rusak. Sekarang baterai handphone sudah lebih canggih dan tahan lama. Apalagi jika handphone anda dilengkapi dengan baterai tanam. Baterai tanam diketahui memiliki kapasitas yang lebih besar dan lebih tahan terhadap kerusakan daripada baterai portable. Tapi bukan berarti anda bisa seenaknya sendiri dengan melakukan 3 hal di atas. Secanggih-canggihnya handphone, jika penggunanya tidak menggunakan dengan baik, baterai handphone bisa menjadi korban.

Lalu jika baterai handphone sudah soak, bagaimana cara mengatasinya?

Cara memperbaiki baterai HP yang soak :

  1. Matikan handphone anda dan ambilah baterainya. Ini adalah langkah yang bisa diterapkan pada handphone dengan baterai portable. Karena yang sering bermasalah pada baterainya adalah handphone dengan baterai portable.
  2. Bungkus baterai handphone dengan plastik. Usahakan membungkusnya dengan rapat, kencang, dan tidak menyisakan ruang sedikitpun. Untuk menghindari adanya udara yang masuk, pakailah selotip untuk membungkusnya dengan plastik.
  3. Masukkan baterai yang telah dibungkus ke dalam freezer dan aturlah freezer anda pada mode paling dingin.
  4. Dinginkan baterai anda di freezer selama 12 jam.
  5. Jika sudah 12 jam, keluarkan baterai anda dan bukalah pembungkusnya.
  6. Diamkan baterai anda selama kurang lebih 2 sampai 3 jam.
  7. Kemudian masukkan kembali baterai anda ke dalam handphone.
  8. Setelah tersemat baik ke dalam handphone, charge baterai anda selama 6 jam. Proses charge ini dilakukan tanpa menyalakan handphone kembali.
  9. Selanjutnya setelah 6 jam, anda bisa mencabut charger dan menyalakan handphone anda kembali.
  10. Baterai anda akan kembali dengan kapasitas yang lebih baik.

Perlu diketahui bahwa langkah-langkah di atas tidak bisa mengembalikan kapasitas baterai yang sudah soak kembali pada keadaan 100%. Bisa dikatakan langkah cara memperbaiki baterai hp yang sudah soak diatas hanya mengembalikan kemampuan baterai kurang lebih 75% saja. Bagaimanapun baterai yang sudah lama akan berbeda dengan baterai yang baru. Yang bisa dilakukan hanya memaksimalkan performa baterai, bukan merubahnya menjadi baru kembali.


Agar baterai handphone anda terhindar dari kerusakan, lakukan tips di bawah ini :

  1. Aturlah intensitas kecerahan handphone pada tingkat minimal, selama anda bisa menggunakannya dengan baik.
  2. Jangan bermain game terlalu lama, apalagi jika handphone anda tidak memiliki baterai dengan kapasitas besar dan ram yang handal.
  3. Matikan wifi jika sedang tidak menggunakannya.
  4. Pada saat tidak ada sinyal internet, matikan saja data internet anda. Jika anda terus menyalakan data, makan handphone akan kehabisan tenaga untuk mencari sinyal terus-terusan.
  5. Masih tentang sinyal, sebaiknya sesuaikan sinyal dengan dengan pengaturan handphone. Jika anda berada di wilayah bersinyal 3G, maka aturlah jaringan handphone anda menjadi 3G juga.
  6. Istirahatkan handphone. Jangan menggunakan handphone melebihi kapasitas hoursnya. Selain mengistirahatkan handphone, ini juga mengistirahatkan mata anda dari cerahnya layar handphone.
  7. Hindarkan dari suhu yang panas. Jika anda berada di ruangan yang panas, sebaiknya minimalkan penggunaan handphone. Handphone bisa saja terkontaminasi untuk mengeluarkan energi kalor berlebih sehingga mengurangi energi listrik dari baterainya.

Demikian beberapa tips yang bisa anda terapkan demi kesehatan baterai handphone anda. Cukup menggunakan handphone dengan wajar, maka baterai handphone juga akan terhindar dari kerusakan. Lakukanlah cara memperpanjang usia baterai android anda. Karena jika handphone selalu dalam keadaan maksimal, anda akan tetap nyaman menggunakannya.

, ,
Oleh :
Kategori : Baterai