Cara Membersihkan Case HP Berwarna yang Kotor Paling Mudah

Handphone adalah alat terpenting untuk sebagian besar masyarakat. Sesuai dengan namanya, alat ini selalu diusahakan berada di genggaman, dimanapun seseorang berada. Alat yang berawal sebagai media komunikasi ini telah memiliki banyak fitur. Handphone menawarkan berbagai jenis spesifikasi sesuai dengan kebutuhan seseorang. Jika anda penyuka game, maka handphone haruslah memiliki RAM yang cukup untuk memainkan game. Berbeda lagi dengan anda yang menyukai editing. Banyak aplikasi edit foto maupun aplikasi edit video yang bisa didownload gratis dan dapat diinstal setiap saat di handphone. Karena itu penyuka editing selalu mendambakan handphone dengan RAM dan kapasitas memori lebih banyak. Jika anda penyuka media sosial, maka bisa dipastikan anda akan memilih handphone dengan spesifikasi yang bagus untuk kecepatan internetnya.

ads

Sangat bervariasinya handphone yang beredar di pasaran membuatnya memiliki beragam jenis model dan warna. Ketika anda memiliki handphone yang cocok untuk kebutuhan anda, maka perawatan handphone menjadi yang utama. Perawatan handphone yang paling minimal adalah melindunginya dari kotoran, goresan, dan gesekan di lingkungan tempat handphone berada. Maka memasang case handphone adalah suatu kewajiban bagi seorang pengguna handphone.

Saat anda membeli handphone baru pun, banyak counter atau perusahaan handphone memberikan free case handphone sesuai dengan yang dibeli. Case bonus ini biasanya berupa jelly case dengan warna yang bening. Walaupun sederhana, ternyata case ini paling banyak penggunanya. Selain karena tidak menghalangi pandangan terhadap body handphone, jelly case nyaman dipegang. Terlebih lagi, jelly case original dari perusahaan handphone biasanya memiliki ketahanan yang baik dan tidak mudah kendur.

Namun adanya case jelly tersebut tidak menghalangi anda untuk membeli case handphone sesuai dengan keinginan anda. Ada banyak toko yang menyediakan jelly case dengan berbagai variasi model sesuai kegemaran anda. Pemaikaian case handphone sangat efektif untuk melindungi handphone dari kotoran. Namun konsekuensinya yaitu case handphone menjadi mudah kotor. Kotornya case handphone ini tentu saja banyak penyebabnya. Beberapa penyebab case handphone anda kotor adalah :

  • Bahan. Jelly case biasanya terbuat dari silikon. Karena itulah sering juga disebut sebagai silikon handphone.  Bahan silikon memiliki pori-pori yang besar sehingga kotoran mudah sekali masuk dan menempel. Jadi jelly case biasanya kehilangan warna aslinya setelah pemakaian beberapa bulan.
  • Terkena lotion di tangan. Tangan sebagai organ tubuh yang paling sering bersentuhan dengan handphone memegang peran penting dalam kebersihan silikon handphone. Bahkan lotion yang menempel di tangan anda pun bisa menyebabkan case handphone anda lama-lama berubah warna.
  • Sinar Ultraviolet. Sinar UV bisa berasal dari handphone anda sendiri maupun sinar matahari. Jadi sebenarnya, jelly case selalu tambah kotor jika dibiarkan karena sinar UV dari handphone sendiri mampu merubah warna case handphone.

Itulah beberapa penyebab case handphone anda kotor. Selain itu, kotoran-kotoran di meja serta di tempat anda biasanya meletakkan handphone juga menjadi penyumbang terbesar penyebab case handphone kotor. Tapi jangan kesal, karena ternyata membersihkan case handphone bisa dilakukan dengan mudah. Dengan beberapa bahan di rumah anda, anda bisa mengembalikan case handphone kesayangan anda kembali seperti baru. Inilah beberapa cara membersihkan case handphone berwarna :


a. Membersihkan dengan cairan pembersih.

Cairan pembersih yang dimaksud di sini adalah cairan pembersih baju atau deterjen. Selain menghilangkan noda di kain, ternyata deterjen mampu menghilangkan noda di case handphone anda. Beginilah langkah-langkah membersihkan case hp dengan deterjen :

  1. Bahan yang diperlukan pertama adalah air hangat. Siapkan air hangat dalam wadah yang tidak terlalu besar, cukup untuk memasukkan case hp di dalamnya.
  2. Masukkan deterjen ke dalam air hangat sehingga bercampur.
  3. Rendam case hp anda beberapa saat dalam campuran air hangat berdeterjen tersebut. Jika kotoran membandel, anda bisa merendamnya lebih lama.
  4. Gosok case hp anda yang kotor dengan sikat gigi hingga noda menghilang.
  5. Bilas case hp anda setelah selesai membersihkan. Kini case hp anda tampak kinclong seperti baru.

b. Membersihkan dengan baking soda.

Baking soda yang dimaksud adalah bahan pembuat kue. Ternyata bahan-bahan yang terkandung dalam baking soda mampu menghilangkan noda pada peralatan tertentu, misalnya adalah case handphone. Caranya adalah :

  1. Siapkan air hangat.
  2. Campurlah baking soda dengan air hangat yang telah anda siapkan.
  3. Rendam case handphone anda pada air hangat bercampur baking soda tersebut.
  4. Gosok case handphone dengan sikat gigi.
  5. Gosoklah hingga noda berkurang.
  6. Bilas case handhphone dengan air bersih dan keringkan dengan lap kering.

c. Membersihkan dengan cairan pemutih

Selain deterjen, ternyata cairan pemutih untuk baju juga bisa menghilangkan noda membandel pada case handphone. Tapi cairan pemutih ini hanya bisa digunakan untu case handphone yang bening. Biasanya case handphone bening seperti bawaan handphone yang baru saja dibeli baru. Beginilah caranya :

  1. Sediakan air hangat.
  2. Campurkan cairan pemutih ke dalam air hangat.
  3. Rendam case handphone beberapa saat. Agar noda kusam atau kotorannya hilang, rendamlah cukup lama.
  4. Gosok case handphone anda hingga bersih.
  5. Bilas case handphone dengan air bersih dan dingin.
  6. Case handphone anda yang bening berubah kinclong seperti baru lagi.

d. Membersihkan dengan cairan pencuci piring.

Case handphone rupanya memang benar-benar benda yang mudah dibersihkan. Jika pemutih, baking soda, tidak ada di rumah anda, anda bisa menggunakan cairan pencuci piring yang pasti dimiliki setiap rumah. Inilah langkah-langkah membersihkan case hp berwarna dengan cairan pencuci piring :


  1. Gunakanlah air hangat. Siapkan air hangat di dalam mangkok.
  2. Campurlah cairan pencuci piring ke dalam air hangat.
  3. Rendam case handphone untuk beberapa saat. Untuk noda yang membandel, anda bisa merendamnya lebih lama.
  4. Gunakan sikat gigi untuk menggosok case handphone anda.
  5. Setelah digosok dan dirasa bersih, bilaslah case handphone dengan air bersih.
  6. Lap case handphone dengan lap kering.

Itulah beberapa cara membersihkan case hp berwarna. Cara membersihkan case hp berwarna memang tidak jauh berbeda dengan cara membersihkan hp case putih. Untuk case silikon, anda bisa pula membersihkan case silikon dengan minyak kayu putih. Sebaiknya anda membersihkan case handphone secara rutin agar tidak ada kotoran yang membandel. Membersihkan case handphone kesayangan akan lebih irit bukan daripada membeli case yang baru karena case yang lama kotor.  Selain membersihkan case handphone, tidak ada salahnya juga mempelajari cara untuk menghilangkan goresan pada handphone anda agar handphone terlihat seperti baru kembali.

, , ,