Segala Hal tentang Kursor Laptop Tidak Bergerak (Penyebab dan Cara Mengatasinya)

Mungkin, setelah Anda membaca judul artikel ini, Anda memiliki pertanyaan, apa itu kursor? Jadi kursor itu adalah penunjuk pada layar laptop atau komputer Anda. Nama lain dari kursor adalah pointer. Lalu, seperti apa wujudnya? Jika Anda menggerak-gerakkan mouse Anda, Anda akan melihat tanda panah yang bergerak kan? Nah tanda panah itulah yang dinamakan kursor.

ads

Ketika Anda sedang fokus untuk mengerjakan tugas, atau mungkin sedang asyik bermain game di laptop Anda, lalu tiba-tiba kursornya tidak bergerak sama sekali. Hal tersebut tentu bikin Anda bete kan? Nah, pada kesempatan kali ini, kami punya informasi untuk menyelesaikan masalah tersebut, yaitu masalah kursor laptop tidak bergerak. Informasi yang kami sampaikan ini berupa penyebab dan cara mengatasinya. Baiklah, mari kita mulai pembahasannya.

Ada berbagai penyebab kursor mouse tidak bergerak secara tiba-tiba. Yang pasti, semua penyebabnya berkaitan dengan mouse atau touchpad laptop Anda. Hal tersebut mengingat kedua komponen tersebut adalah beberapa dari perangkat input dan output komputer yang sering dipakai oleh pengguna komputer. Nah, berikut ini penyebab-penyebabnya:

1. Mencabut mouse terlalu kasar

Pernah ga Anda mencabut mouse yang tersambung di laptop Anda secara kasar? Cara kasar yang dimaksud ini adalah Anda menarik kabel mouse untuk melepaskan sambungan mouse pada port USB laptop. Cara tersebut bisa mengakibatkan putusnya kabel tembaga yang berada di dalam kabel mouse tersebut. Putus kabel inilah yang membuat kursor mouse bisa tidak bergerak tiba-tiba ketika digunakan.

2. Touchpad terkena pukulan atau benturan yang cukup keras

Apakah touchpad laptop Anda pernah terkena pukulan yang cukup keras? Baik tidak sengaja atau disengaja (lagian siapa juga yang mau mukulin touchpad?) Jika pernah, bisa jadi penyebab kursor laptop tidak bergerak adalah kerusakan touchpad yang diakibatkan oleh pukulan atau benturan yang cukup keras tersebut.

3. Touchpad atau mouse dinonaktifkan

Poin ini berlaku jika Anda menggunakan touchpad atau mouse wireless. Jika kursor laptop Anda tidak bergerak, bisa jadi touchpad laptop atau mouse wireless Anda tidak diaktifkan. Hal tersebut mungkin bisa terjadi karena Anda tidak sengaja menekan tombol untuk menonaktifkan touchpad laptop, atau mungkin karena Anda lupa untuk menyalakan kembali mouse wireless Anda setelah dinonaktifkan.

4. Mouse tidak tersambung dengan benar

Jika Anda sudah menyambungkan mouse Anda ke laptop, tetapi kursor laptop tidak bergerak, bisa jadi hal tersebut karena koneksi mouse pada port mouse laptop Anda tidak tersambung dengan baik. Hal tersebut biasanya terjadi pada laptop atau mouse (berkabel) yang sudah cukup lama dipakai.

Oh iya, port untuk koneksi mouse dengan laptop hanya tersedia dalam port USB saja. Meskipun jenis-jenis port pada komputer cukup banyak, namun untuk mouse, biasanya ada dua jenis port yang digunakan, yaitu port PS/2 dan USB.

5. Touchpad kotor

Yup, sebagai perangkat yang sering bersentuhan dengan jari manusia, maka touchpad rawan terkena kotor dari jari tangan Anda. Contohnya saja seperti minyak, air, atau keringat pada jari Anda. Selain itu, touchpad yang jarang dibersihkan pada bagian dalamnya akan rawan terkena debu yang berpotensi bisa mengakibatkan adanya hubung singkat pada papan PCB touchpad di laptop Anda.


6. Driver touchpad tiba-tiba hilang

Kasus ini memang jarang terjadi. Namun, bisa saja driver dari touchpad Anda tiba-tiba menghilang karena Anda menginstal sebuah software yang ternyata berdampak pada driver touchpad laptop Anda. Meskipun keliatannya fatal, namun sekali lagi, kasus ini jarang terjadi dalam hal penyebab kursor laptop tidak bergerak.

Atau bisa jadi, Anda menginstal driver touchpad yang tidak sesuai dengan laptop Anda. Hal ini jelas mengakibatkan touchpad Anda tidak terbaca oleh laptop karena biasanya setiap driver touchpad memiliki pengaturan sendiri yang disesuaikand dengan touchpad aslinya.

7. Kesalahan pengaturan touchpad

Adanya kesalahan pada pengaturan touchpad ternyata bisa berdampak pada tidak bergeraknya kursor laptop Anda. Kesalahan tersebut bisa terjadi karena ketidaktahuan pengguna atau karena adanya pengaturan touchpad yang sengaja diatur oleh software lain di laptop Anda. Software tersebut bisa jadi adalah software berbahaya karena mengubah pengaturan hardware tanpa sepengetahuan pengguna laptop tersebut. Jika touchpad Anda sering tidak bergerak setelah Anda menginstal software pada laptop Anda, Anda patut waspada terhadap software yang baru Anda instal tersebut.

8. Hardware touchpad atau mouse sudah rusak

Di dunia ini tak ada yang sempurna dan abadi, termasuk juga touchpad laptop atau mouse yang Anda gunakan (baik mouse berkabel ataupun wireless). Sewaktu-waktu, perangkat Anda tersebut pasti akan mengalami saat dimana sudah tidak bisa kembali digunakan. Jika mouse atau touchpad laptop Anda sudah berumur lama dan sudah menunjukkan gejala kerusakan, bisa jadi sudah saatnya bagi Anda untuk menggantinya dengan yang baru.

Nah, setelah Anda mengetahui berbagai penyebab mengapa kursor laptop Anda tidak bergerak, sekarang mari kita simak cara untuk mengatasi masalah kursor laptop tidak bergerak ini. Berikut ulasannya:

1. Bersihkan touchpad

Cara ini berguna untuk mengatasi penyebab kursor laptop tidak bergerak poin 5, yaitu touchpad yang kotor. Touchpad laptop harus berada dalam kondisi bersih agar tidak mengganggu sensitifitas sentuhan dari jari ke touchpad. Cara untuk membersihkannya adalah mengusapkan kain lap bersih ke touchpad laptop. Untuk membersihkan bagian dalamnya, Anda harus membongkar dulu casing laptop yang terhubung dengan keyboard laptop Anda, baru Anda bisa membersihkan debu-debu yang ada di dalam touchpad laptop Anda.

2. Download driver touchpad resmi

Agar touchpad laptop Anda bisa beroperasi secara optimal, sebaiknya Anda mendownload driver touchpad yang dirilis oleh produsen laptop Anda. Hal tersebut karena produsen laptop Anda telah menyesuaikan laptop produksi mereka dengan komponen touchpad yang dikeluarkan oleh produsen touchpad laptop.

Bagaimana jika ternyata produsen laptop Anda tidak merilis driver touchpad di situs mereka? Tenang, Anda masih bisa menggunakan software pencari driver tanpa koneksi internet. Caranya cukup masukkan CD aplikasi ke CD Drive laptop Anda, lalu mulai proses instalasi driver melalui aplikasi tersebut.

3. Atur kembali pengaturan touchpad

Jika Anda mengalami salah pengaturan touchpad, maka atur kembali pengaturan touchpad Anda agar bisa kembali beroperasi secara normal. Lah, kan kursor laptop saya tidak bergerak, gimana caranya untuk mengatur kembali? Anda bisa mengakalinya menggunakan mouse (baik berkabel ataupun wireless) pinjaman atau Anda bisa menggunakan keyboard sebagai navigasi sementara pada laptop Anda.

4. Pasang kembali mouse dengan benar

Pastikan mouse yang Anda hubungkan ke laptop Anda telah tersambung dengan benar. Hal ini berlaku baik untuk mouse berkabel dan juga mouse wireless (nirkabel). Cara mengetahui mouse Anda telah tersambung dengan laptop adalah buka Control Panel > Device Manager. Cek pada bagian “Human Interface Devices” atau “Mice and other pointing devices”, apakah ada nama perangkat mouse Anda.

5. Aktifkan kembali mouse wireless atau touchpad Anda

Untuk mengaktifkan mouse wireless atau touchpad pada laptop Anda, caranya ada berbagai macam. Untuk mengaktifkan mouse wireless, Anda ubah posisi switch mouse wireless dari OFF menjadi ON. Sedangkan untuk mengaktifkan touchpad pada laptop, Anda tekan kombinasi tombol pada keyboard yang disesuaikan dengan merek laptop Anda. Berikut beberapa kombinasi tombol keyboard dari tiap merek laptop:

  • Mac menggunakan tombol Fn + F2
  • Acer menggunakan tombol Fn + F7
  • Toshiba menggunakan Fn + F9 atau pada laptop jenis tertentu terdapat tombol khusus touchpad di sisi touchpad
  • Asus menggunakan Fn + F3 atau Fn + F7
  • Dell menggunakan Fn + F7
  • Lenovo menggunakan Fn + F6
  • HP menggunakan tombol atau area khusus untuk mengaktifkan touchpad

6. Ganti dengan yang baru

Jika ternyata touchpad atau mouse Anda sudah rusak, mau tak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru. Jika kerusakan terjadi pada touchpad, Anda bisa menggantinya dengan mouse. Macam-macam mouse sudah banyak kok yang dijual di pasaran, baik yang berkabel maupun yang wireless. Sedangkan jika yang rusak adalah mouse, Anda bisa membeli mouse yang baru.


7. Bawa ke Service Center

Jika mouse Anda masih ada harapan untuk diperbaiki, Anda bisa kok melakukan beberapa cara memperbaiki mouse yang pernah kami terbitkan di situs ini. Namun, jika touchpad laptop Anda masih bisa untuk diperbaiki, segeralah bawa laptop Anda ke service center yang terpercaya. Karena touchpad merupakan komponen yang menyatu dalam laptop, maka Anda harus membackup data-data pada laptop Anda jika Anda tetap ingin menjaga produktifitas pekerjaan Anda selama laptop Anda diperbaiki.

Anda memang bisa melakukan beberapa cara memperbaiki touchpad laptop. Namun jika laptop Anda masih dalam masa garansi, sebaiknya Anda gunakan masa tersebut untuk melakukan perbaikan di service center resmi dari produsen laptop Anda.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan seputar kursor laptop yang tidak bergerak, mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya. Semoga artikel kami kali ini bisa membantu Anda untuk mengatasi kursor yang tidak bergerak pada laptop Anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Troubleshooting