10 Cara Memperbaiki Tombol Spasi Laptop Paling Mudah

Keyboard merupakan salah satu bagian penting yang digunakan pada laptop atau komputer untuk berinteraksi dan juga memasukkan data atau perintah tertentu ke komputer. Fungsi tombol keyboard pada komputer ataupun laptop adalah sesuatu yang esensial untuk membuat komputer bekerja sesuai keinginannya kita. Jadi apabila salah satu fungsi dari tombol ini tidak dapat berfungsi maka kita akan kesulitan dalam melakukan komunikasi ataupun melakukan pekerjaan yang memerlukan bantuan laptop komputer. Jika salah satu tombol seperti tombol spasi pada laptop anda rusak ini dapat menjadi ciri – ciri keyboard laptop rusak.

ads

Sebagai salah satu perlengkapan yang esensial bagi komputer satu atau dua tombol yang bermasalah pada keyboard sebenarnya masih dapat membuat komputer anda digunakan untuk melakukan pekerjaan tertentu. Akan tetapi apabila tombol keyboard spasi anda menjadi rusak maka pekerjaan anda mungkin akan menjadi tambah bermasalah karena tombol spasi merupakan tombol yang sering juga digunakan pada keyboard untuk memasukkan input data.

Dengan tombol spasi keyboard laptop yang tidak berfungsi sebenarnya anda masih bisa menggunakan laptop anda dengan menggunakan alternatif yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Solusi alternatifnya anda bisa menggunakan on screen keyboard. Akan tetapi solusi ini sangatlah tidak efisien dan hanya akan membuat pekerjaan anda menjadi bertambah lama. Untuk itu kali ini saya ingin berbagi tentang cara memperbaiki tombol spasi laptop yang tidak berfungsi.

Penyebab Kerusakan atau Permasalahan pada Tombol Spasi Laptop

Secara umum banyak faktor yang dapat membuat tombol pada keyboard baik itu pada laptop maupun pada keyboard menjadi rusak atau bermasalah. Jenis kerusakan keyboard laptop dapat bervariasi mulai dari kerusakan yang ringan seperti tombol yang longgar hingga permasalahan berat dimana terjadi kerusakan papan sirkuit yang ada papan tombol keyboard. Faktor – faktor yang dapat membuat kerusakan atau permasalahan pada keyboard laptop dapat berupa kelalaian pengguna, lingkungan sekitar yang kotor karena berdebu, serta penggunaan keyboard secara kasar. Faktor – faktor tadi merupakan penyebab tombol keyboard komputer tidak befungsi.

Permasalahan yang sering dialami oleh pengguna keyboard baik itu pada komputer maupun pada laptop adalah keadaan dimana tidak berfungsinya salah satu tombol pengguna dari keyboard baik itu laptop ataupun pada komputer.

Cara Memperbaiki Tombol Spasi Laptop yang Tidak Berfungsi

Tombol keyboard khususnya tombol spasi sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan dengan tombol keyboard lainnya yang ada pada tombol keyboard lainnya yang ada pada papan keyboard. Oleh karena itu biasanya untuk dapat melakukan proses perbaikannya juga tidak terlalu jauh berbeda dengan memperbaiki tombol keyboard biasa. Yang membedakannya adalah penggunaan batang key retainer yang ada dua dimana bila dibandingkan tombol keyboard lainnya yang hanya menggunakan satu batang key retainer.

Seringkali tombol spasi yang tidak berfungsi disebabkan oleh permasalahan dari mekanisme tombol keyboardnya yang tidak dapat bekerja dengan baik. Ini juga merupakan penyebab keyboard laptop rusak.

Memperbaiki Tombol Spasi yang Tidak Berfungsi Akibat Tombol Keyboard yang Longgar

Tombol keyboard spasi yang longgar juga merupakan penyebab umum yang membuat tombol keyboard tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Tombol keyboard secara umum yang ada pada berbagai jenis laptop memiliki tiga buah komponen yakni key cap, key pad, dan key retainer. Jika salah satu dari tiga komponen ini hilang atau rusak maka, tidak akan ada cara lain untuk memperbaiki tombol keyboard selain membeli keyboard yang baru atau menemukan komponen yang hilang tadi.

Ketiga komponen pada keyboard inilah yang membuat keyboard dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

  • Jika key cap pada laptop longgar tapi masih dapat menempel dengan laptop, biasanya dapat diselesaikan permasalahannya dengan menekan keyboard yang bermasalah.
  • Jika key capnya telah tersambung kembali nantinya akan ada bunyi klik yang menunjukkan key capnya telah tersambung kembali  dengan papan keyboard yang ada pada lptop.

Apabila solusi tadi tidak dapat menyelesaikan permasalah yang ada pada tombol spasi laptop anda yang tidak berfungsi anda dapat mencoba metode selanjutnya. Untuk melakukan perbaikan dengan menggunanakan metode selanjutnya anda bisa melakukan proses melepaskan tombol spasi pada keyboard anda dan coba untuk memasangnya kembali. Jika anda tidak tahu harus memulai dari mana anda bisa mencoba untuk mengikuti langkah – langkah berikut ini.


  1. Lepaskan tombol keyboard dari papan keyboard anda. Untuk melakukan proses tersebut anda bisa menggunakan ujung dari obeng kecil atau sejenisnya untuk mencungkil dan juga melepaskan tombol keyboard dari papan keyboard.
  2. Pasang kembali key retainer yang mungkin terlepas pada laptop keyboard anda. Bentuknya seperti kail kecil yang ada pada tombol papan keyboard anda. Kebanyakan tombol spasi pada papan keyboard memiliki kail ini. Akan tetapi untuk keyboard jenis lama dan juga murah biasanya kail atau batangan ini dapat dengan mudah terlepas dan membuat keyboard menjadi tidak berfungsi.
  3. Atur kembali posisi tombol keyboard yang ada pada papan keyboard tersebut.
  4. Jika terdapat debu atau kotoran yang berupa benda asing silahkan bersihkan kotoran atau debu tersebut dengan menggunakan kuas kering atau sejenisnya. Perhatikan perangkat yang anda gunakan agar tidak merusak sirkuit keyboard yang ada pada papan keyboard.
  5. Berbeda dengan kebanyakan tombol – tombol lain pada keyboard tombol spasi pada keyboard memerlukan langkah tambahan untuk dapat memasangnya kembali. 

  6. Sebelum memasangnya kembali pada tempatnya perhatikan juga batangan kecil yang ada pada keyboard yang harus dilepaskan dengan cara memasukkan sebuah obeng kecil dibawahnya dan angkat pelan – pelan ke atas.
  7. Setelah dilakukan barulah anda bisa memasang tombol spasi pada papan keyboard.
  8. Ketika anda sudah memasangnya jangan lupa utnuk memasangnya kembali dengan cara yang tepat dan tekan kembali tombol spasi untuk melihat apakah tombolnya sudah dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
  9. Jika anda sudah mencoba untuk melepaskan dan memasang kembali tombol spasi yang bermasalah tadi ke tempatnya akan tetapi tombol spasi anda masih belum dapat berfungsi dengan baik. Hal ini berarti besar kemungkinan ada permasalahan pada bagian papan sirkuit keyboard.
  10. Jika permasalahan keyboard anda terletak pada tidak berfungsinya papan sirkuit keyboard, maka satu – satunya solusi yang terbaik yang dapat anda lakukan adalah dengan mengganti keseluruhan keyboard untuk dapat membuat tombol keyboard tadi berfungsi dengan baik. Dengan kata lain membeli keyboard yang baru pada toko komputer ataupun tempat – tempat lainnya.

Itu tadi pembahasan mengenai cara memperbaiki tombol spasi yang tidak berfungsi. Semoga pembahasan ini dapat membantu anda dalam memperbaiki permasalahan yang ada pada laptop anda. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Keyboard