Home » Tekno » Kelebihan dan Kekurangan Kamera Polaroid Wajib Dipahami, Sebelum membelinya

Kelebihan dan Kekurangan Kamera Polaroid Wajib Dipahami, Sebelum membelinya

by Elang Hendy Subrata

Penggunaan kamera digital saat ini lebih mudah kita temukan. Hal tersesbut juga tidak terlepas dari perkembangan zaman di dunia teknologi. Tentunya kita tahu apa saja kelebihan yang dimiliki kamera digital dibandingkan kamera analog. Selaoin dari sisi kepraktisan, ukurannya pun bahkan bisa lebih kecil dari ukuran smartphone.

Akan tetapi, meskipun sudah ada kamera yang secanggih DSLR, masih ada beberapa orang yang mengincar kamera polaroid. Kamera polaroid sendiri merupakan jenis kamera yang fotonya dapat langsung diproses secara langsung pada kamera. Jadi, ketika  kita memoto menggunakan kamera ini, maka hasilnya akan langsung kita dapatkan. Pastinya kamu penasaran apa yang merik dari kamera jenis polaroid ini sehingga diburu beberapa orang. untuk mengetahuinya, berikut ulasannya.

Kelebihan kamera polaroid

  • Cepat dalam mencetak foto

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kamera polaroid ini dapat langsung mencetak foto saat kita mengambil gambar. Maka, bisa dikatakan jika kita menginginkan hasil foto yang cepat jadi, kamera ini lebih unggul dibandingkan kamera lainnya. Kalau kita menggunakan kamera digital, kita harus menggunakan komputer dan prnter agar bisa mendapatkan hasil cetak foto.

  • Pas digunakan untuk pemula

Untuk kamu yang merasa kesulitan menggunakan kamera digital ataupun sejenis DSLR, maka kamera polaroid ini bisa menjadi pilihan. Kamu tidak perlu mengatur apapun seperti pada kamera digital, cukup jepret sekali saja, maka hasilnya akan langsung bisa didapatkan.

  • Desainnya menarik

Jika kita melihat kamera polaroid dari sisi desain, kita tahu bahwa bentuknya selalu berbeda-beda, ada yang bentuknya gemuk, berwarna-warni, bahkan ada yang menggunakan bentuk karakter tertentu. Hal ini tentunya membuat kita merasa tertarik dibandingkan jenis kamera lainnya.

  • Lebih berkesan

Karena hanya dapat mencetak satu foto pada saat pemotretan, maka ada kesan ekslusif di dalamnya. Apalagi jika foto yang kita gunakan dilakukan pada saat momen-momen tertentu, maka kesan berharga dan berkesan akan semakin dirasakan.

  • Sangat cocok untuk kegiatan di luar ruangan

Kamera polaroid ini akan sangat cocok digunakan untuk pemotretan di luar ruangan atau outdoor. Misalnya jika kamu sedang melakukan kegiatan kemping, atau sedakar bertamasya ke alam yang luas. Momen-momen semacam itu akan jauh lebih sempurna jika menggunakan kamera polaroid untuk menyimpan kenangan.

Kekurangan Kamera Polaroid

  • Isi ulang kertas foto yang terbatas

Salah satu kekurangan yang sangat dirasakan ketika menggunakan kamera jenis ini adalah isi ulang kertas foto yang terbatas. Pada umumnya, kamera polaris ini hanya dapat menggunakan sekitar 10 kertas foto saat digunakan. Maka dari itu, kita harus menyiapkan foto kertas cadangan yang cukup banyak.

  • Harga kertas foto yang mahal

Selain jumlahnya yang terbatas, harganya pun juga termasuk cukup mahal. Untuk 10 lembar kertas foto, kamu harus merogoh kocek lebih dari Rp 100.000. harga tersebut belum termasuk jenis kerta dengan motif-motif tertentu. Maka dari itu, kamu harus menghemat kertas foto dengan cara memoto momen-momen spesial saja.

  • Kualitas foto yang seadanya

Kekurangan lainnya adalah kualitas foto menggunakan kamera polaroid akan nampak seadanya. Berbeda dengan kamera digital yang kuaitas fotonya dapat kita atur sesuai dengan keinginan. Ditambah lagi, jika kita menggunakan kamera digital, maka foto yang kurang baik dapat dihapus. Sedangkan pada kamera polaroid, kualias foto buruk tidak dapat diubah. Bahkan kita bisa membuang-buang banyak kertas foto.

  • Kurang baik saat kekurangan cahaya

Karena kamera polaroid tidak terdapat lampu flash, maka kamera ini tidak coock digunakan pada tempat yang kondisi cahayaya sedikit. Bisa kamu coba saat memoto di tempat kurang cahaya, maka hasil foto hanya berupa foto kotak warna hitam. Meskipun menggunakan bantuan cahaya lampu, pastika harus menggunakan cahaya yang cukup terang. Jika menggunakan cahaya yang redup, tetap saja hasilnya akan buruk.

  • Resolusi foto yang tidak bisa diubah

Saat kamu memoto menggunakan kamera polaroid ini, maka kamu harus menyadari bahwa ukuran foto tidak bisa kita utak-atik sesuka hati. Hasil foto akan tetap menggunakan ukuran foto yang sama. Hal ini berbeda dengan kamera digital yang bisa kita atur ukuran fotonya sesuai dengan keinginan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan kamera polaroid. Bisa dikatakan saat ini kamera ini menjadi salah satu primadona bagi beberapa orang. khususnya bagi orang yang menyukai dunia  foto.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin mengetahui contoh perbedaan teknologi analog dan digital, kamera polaroid ini bisa menjadi contoh bagus di zaman sekarang. Sebab, seperti yang telah kita ketahui perkembangan jaringan komputer telah membuat sebagian barang elektronik analog digantikan dengan barang eletronik digital.

Jadi, untuk kamu yang ingin bernostalgia atau sekadar ingin mengetahui seperti apa sistem teknologi yang digunakan pada teknologi analog, kamera polaroid ini bisa menjawab keinginan kamu. Semoga artikel ini dapat menjadi salah satu referensi terbaik untuk Anda.

You may also like