8 Cara Mendinginkan Motherboard Paling Mudah

Seperti namanya, motherboard adalah papan utama dari sebuah CPU atau laptop. Papan yang juga disebut mainboard ini terdiri dari banyak sirkuit yang memungkinkan terjadi hubungan ke segala komponen di dalam CPU atau laptop. Jika dibayangkan, motherboard seperti stop kontak dengan banyak colokan untuk memungkinkan terjadinya arus listrik, namun tentu saja motherbiard lebih kompleks. Apalagi motherboard dikemas lebih kecil dan disematkan ke dalam sebuah CPU atau laptop.

ads

Membayangkan begitu rumitnya susunan motherboard, akan terjadi banyak pertukaran energi di dalam papan ini. Energi dalam suatu komponen kelistrikan dan komputer tidak lepas dari timbulnya energi panas, walau ini sama sekali tidak diinginkan. Lalu bagaimana ini bisa terjadi? Ada beberapa penyebab CPU panas, yang tentu saja bisa berhubungan sebab akibat dari motherboard yang panas. Jika terlalu panas, kadang CPU mati sendiri.

Mengetahui pentingnya motherboard sebagai sebuah salah satu komponen  bagian bagian CPU maka motherboard hendaknya dijaga untuk tetap dalam kondisi yang baik. Menjaga motherboard untuk tidak terlalu panas juga merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan motherboard. Akibat kerusakan motherboard bisa sangat kompleks karena alat ini benar-benar memiliki fungsi yang sangat penting untuk sebuah komputer dan laptop. Dan tentu saja harganya yang lumayan mahal jika anda harus mengganti motherboard anda.

Inilah beberapa cara untuk mendinginkan motherboard yang panas :

1. Memberikan aliran udara

Cara pertama ini harus anda lakukan terlepas dari motherboard anda yang sudah terlanjur panas atau belum. Memberikan aliran udara pada CPU dan laptop menjaga komponen lain agar tidak mengalami kenaikan suhu juga. Jangan menggunakan laptop di atas kasur.

Sedangkan untuk komputer, usahakan ruangan komputer anda tidak memiliki suhu yang panas. Jika itu terjadi, AC akan sangat membantu untuk menjaga kestabilan suhu komputer anda. Desain casing CPU umumnya sudah memungkinkan terjadinya aliran udara yang keluar masuk CPU. Anda hanya perlu menjaga suhu ruangan anda.

2. Gunakan casing tertutup

Banyak yang beranggapan bahwa dengan membuka casing CPU akan memperlancar aliran udara dan mendinginkan CPU pada saat digunakan. Aliran udara memang akan sangat lancar, tetapi aliran udara ini tidak lagi tersaring oleh casing. Sehingga banyak kotoran yang masuk dan menempel pada komponen yang ada di dalam CPU anda. Jika kotoran ini menempel dan membandel, kinerja komputer akan terhambat dan sangat mungkin suhu komponen komputer akan naik karena aliran udara terhalang oleh kotoran yang membandel.

3. Jaga kebersihan komputer

Di dalam CPU terdapat kipas yang berfungsi memberi aliran udara supaya CPU anda tidak panas. Celah aliran udara pada CPU juga berfungsi sama, yaitu memberikan aliran udara saat komputer digunakan. Tetapi ternyata celah ini juga bisa menjadi jalan masuknya kotoran dan debu ke dalam CPU anda.  Kotoran yang masuk ini biasanya memiliki kipas sebagai sasarannya.

Jika sampai kipas CPU kotor, maka kinerjanya tidak lagi maksimal sehingga aliran udara tidak lancar. Inilah salah satu penyebab motherboard komputer panas. Maka membuat jadwal untuk membersihkan komputer juga penting untuk mencegah panasnya motherboard anda. Tidak perlu setiap hari, seminggu sekali cukup untuk perawatan komputer anda.


4. Letakkan komputer di tempat yang tepat

Posisi dan letak komputer sangat mempengaruhi kinerja komputer. Jangan meletakkan komputer anda di tempat yang membaut kinerja komputer semakin berat. Misalnya meletakkannya di tempat yang panas atau kotor. Jika memungkinkan, pasanglah AC pada ruangan komputer anda. Ini akan mengurangi panas yang ditimbulkan motherboard komputer anda. Selain itu, banyaknya kabel di sekitar komputer juga mempengaruhi suhu komputer. Aturlah serapi mungkin kabel-kabel komputer anda. Selain mengurangi panasnya CPU anda, kerapian kabel komputer juga mengurangi bahaya untuk orang atau benda di sekitar komputer anda.

5. Stop Overclocking

Overclocking adalah pemakaian komputer dalam waktu yang sangat lama. Penggunaan komputer memiliki batas tergantung spek masing-masing komputer. Jangan sampai komputer anda menyala lebih dari 24 jam tanpa istirahat jika komputer anda bukan komputer khusus. Lama penggunaan komputer mempengaruhi suhu dalam motherboard CPU. Semakin lama penggunaan, maka panas akan bertahan semakin lama pula. Jika memang anda membutuhkan komputer dalam waktu yang lama, bijaknya istirahatkan dahulu walau satu atau dua jam untuk mendinginkan komponen pada komputer anda.

6. Memasang water cooling kit

Air di dalam komputer? Sepertinya terdengar tidak wajar. Tapi anda jangan membayangkan CPU anda akan dibasahi dengan air ini. Water cooling kit adalah peralatan yang berguna untuk mendinginkan CPU termasuk motherboardnya. Peralatan ini dibuat sedemikian rupa sehingga alliran air dingin hanya lewat di pipa atau saluran, jadi CPU anda tidak basah. Water cooling kita didesain untuk menyerap panas dengan air dingin yang mengalir dalam saluran tersebut.

7. Perhatikan keadaan power supply

Power supply memiliki pengaruh yang penting dalam menyumbang suhu panas komputer. Jika power supply anda sudah lama usianya, maka anda perlu mengganti yang baru sehingga alat tersebut tidak merubah banyak energi menjadi kalor.


Selain itu, kipas pada power supply berfungsi penting untuk mendinginkan komponen CPU. Perhatikan apakah alat ini masih bekerja dengan baik. Sayangnya, jika kipas power supply rusak, anda tidak dapat menggantinya. Anda harus membeli power supply yang baru.

8. Menggunakan koin

Mendinginkan komputer dengan koin? Terdengar aneh, tapi tahukah anda, ini adalah cara mendinginkan CPU termasuk motherboard anda dengan alami. Namun koin yang digunakan tidak sembarang koin, melainkan koin yang terbuat dari tembaga. Bahan ini ada pada koin 500 rupiah berwarna kuning. Jika memungkinkan, buatlah tempat khusus untuk koin dalam CPU anda. Tembaga koin akan menyerap kalor yang ditimbulkan oleh CPU anda. Jadi mulai sekarang, jika anda memiliki 500 rupiah kuning, sebaiknya anda simpan untuk mendinginkan komputer anda.

Itulah beberapa cara mendinginkan motherboard anda dari suhu yang panas. Pada dasarnya, panas motherboard akan mempengaruhi suhu CPU secara keseluruhan. Itu pun terjadi sebaliknya. Jika komponen dalam CPU anda panas, maka motherboard mau tidak mau ikut panas juga.

Pemakaian komputer dengan wajar akan membuat komputer anda tetap dalam keadaan yang normal. Kecuali memang komputer sudah tua atau berumur banyak. Rawatlah komputer anda dengan baik sehingga anda tidak mudah kehilangan biaya untuk komputer anda.

, ,