Home » Jaringan Komputer » Internet » 3 Cara Lihat Stalker Instagram : Via Web dan Tanpa Aplikasi

3 Cara Lihat Stalker Instagram : Via Web dan Tanpa Aplikasi

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Semenjak dirilisnya media sosial facebook tahun 2004 lalu. Membuat semakin banyak munculnya media sosial lain yang dirilis oleh pengembang dengan fungsi, kegunaan dan tampilan yang beragam jenis.

Bila media sosial pendahulu yang sempat populer adalah Friendster dengan tampilan ‘microbloginngya’. Namun kini media sosial yang paling banyak di gunakan pengguna adalah facebook dengan fitur ‘update statusnya’, twitter dengan fitur ‘hastag trendingnya’ dan Instagram dengan fitur ‘foto dan videonya’.

Semua media sosial tersebut memiliki kelebihan masing-masing dalam setiap fitur layanannya. Walau memiliki fungsi utama yang hampir sama yaitu sebagai media komunikasi antara pengguna secara online.

Dalam kegiatan komunikasi online itu tak jarang ada beberapa teman atau follower di media sosial kita yang diam-diam mengintip profil akun kita. Tentunya itu menjadi hal menarik yang membuat kita ingin tahu siapa saja yang pernah mengintip akun media sosial kita entah itu fans atau haters namun kita tak tahu caranya. Sebelum kita membahas caranya pada kali ini kami akan menjelaskan apa itu stalker.

Lalu Apa itu Stalker?
Stalker adalah Sebuah Istilah atau sebutan yang ditujukan untuk orang-orang yang sering mengunjungi akun media sosial pengguna lain secara diam-diam karena (rasa penasaran, ingin tahu, dan kepo) tentang kehidupan, info dan keadaan terbaru dari akun pengguna lain seperti (teman, gebetan, mantan, pacar, hater dan lainnya) tanpa di ketahui oleh pengguna yang bersangkutan. Sedangkan kegiatannya sendiri biasa disebut dengan Stalking.

Setelah kita mengetahui apa itu stalker. Pada kali ini kami akan coba menjelaskan jenis-jenis tipe stalker di media sosial seperti di bawah ini.

Jenis- Jenis Tipe Stalker

  1. Stalker Pendiam dan Pemalu. Tipe Stalker ini biasanya menyasar akun media sosial yang tidak memiliki fitur notifikasi bagi siapapun yang melihat akun pengguna lain seperti (facebook, instagram, twitter dan yang lainnya) Sehingga sang stalker dengan bebas dan leluasa mengintip akun pengguna tersebut dengan bermacam keperluan.
  2. Stalker Pemberani dan Cuek. Tipe stalker yang satu ini kebalikannya dari tipe stalker diatas. Dimana tipe stalker ini tetap terus melakukan stalking walau situs media sosial tersebut akan memberi notifikasi bila ada yang mengintip akun medsos pengguna. Situs media sosial yang dimaksud adalah situs Patch. Hal ini tentunya membuat pengguna patch risih dan tak jarang langsung memblokir akun yang bersangkutan bila di rasa sudah sangat mengganggu.

Setelah kita mengetahui jenis-jenis dan tipe stalker. Pada kali ini kami akan membahas ciri-ciri pengguna medsos yang layak disebut seorang stalker. Seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Ciri-Ciri Stalker

  1. Mengetahui Jadwal Kita. Bila kita sedang berpergian ke suatu tempat seperti cafe, mall, tempat wisata dan lainnya. Namun tiba-tiba ada seseorang yang selalu hadir di tempat tersebut secara bersamaan. Maka orang tersebut bisa di sebut stalker karena sering mengintip jadwal dan kegiatan dari di media sosial kita
  2. Membuat Website dan Akun Cloning. Bila kita melihat ada sebuah fake akun media sosial dan website yang isinya sama percis dengan akun media sosial resmi milik kita. Maka bisa disebut orang yang membuat akun cloning tersebut adalah stalker. Tentunya hal itu terkadang membuat risih  terlebih bila akun tersebut telah menghasilkan uang atau mencemarkan nama baik dengan membawa-bawa nama kita. Hal itu tentunya bisa kita laporkan ke pihak media sosial bersangkutan untuk dilakukan take down
  3. Menyukai dan Mengomentari Postingan Lama. Bila di media sosial kita tiba-tiba muncul sebuah notifikasi (pemberitahuan) baru tentang like dan komentar dari seseorang di postingan lama kita. Tentunya orang tersebut bisa di sebut sebagai stalker. Karena dirinya kepo dengan status, foto dan kiriman milik kita yang telah lama di simpan
  4. Mengirim Sesuatu atau Barang. Saat di momen menyenangkan tertentu seperti hari ulang tahun, acara kelulusan, dan juga momen saat kita sedih seperti saat sedang di rumah sakit. Lalu ada seseorang yang sering mengirimkan bingkisan secara tiba-tiba walau tak terlalu kenal. Maka orang itu bisa disebut stalker baik dari kalangan fans maupun pemuja setia. Stalker jenis ini tentunya bisa menjadi dampak positif bagi pengguna
  5. Terus Mengubungi Kita. Bila saat kita sedang melakukan kegiatan di suatu tempat lalu ada orang yang terus menurus mengubungi kita baik itu lewat sambungan telepon atau melalui pesan singkat (sms & whatsapp). Maka orang itu bisa dikatakan sebagai stalker. Hal itu tentunya membuat kita risih dan tak nyaman. Lalu selanjutnya kita bisa melakukan pemblokiran terhadap akun yang bersangkutan.
  6. Meneror Kita. Bila kita mendapatkan sebuah perlakuan tak menyenangkan dari seseorang baik berupa ancaman melalui pesan singkat, pengrusakan barang-barang yang kita simpan dan hal tak menyenangkan lainnya. Maka orang itu bisa dikatakan sebagai stalker. Maka tindakan pertama yang bisa dilakukan adalah memblokir akun yang bersangkutan. Dan bila dirasa ada kerugian yang cukup besar maka kita bisa melapokannya ke pihak kepolisian

Setelah kita mengetahui Ciri-ciri seorang stalker di media sosial kita. Pada kali ini kami akan membahas cara mengetahui stalker di media sosial instagram. Caranya sendiri ada beberapa jenis yang akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

3 Cara Mudah Melihat Stalker di Instagram

Section Artikel

1. Dari Aplikasi Langsung

Untuk dapat melihat stalker profil akun kita di media sosial instagram. Maka kita bisa menggunakan fitur bawaan dari Instagram bernama Instagram Insight. Instagram Insight sendiri adalah sebuah fitur dari instagram yang memberikan informasi tentang segala hal yang berkaitan dengan akun profil Instagram kita.

Nantinya fitur ini akan memberitahu jumlah interaksi yang telah terjadi pada akun instagram milik kita seperti melihat Jumlah like dan komentar postingan  hingga bisa di simpan di Instagram feed. Memberitahu data diri dari follower kita seperti (Usia, Jenis kelamin, Lokasi dan Geografi). Melihat interaksi pada instagram stories kita seperti (jumlah tanggapan dan viewer).

Namun untuk menggunakan fitur Insagram Insight Kita harus merubah setelan akun Instagram kita dari yang bersifat Pribadi (Personal) menjadi Instagram for Business (Profesional). Adapun caranya akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Cara Merubah Akun Personal Instagram Menjadi Akun Profesional

  1. Pertama-tama kita Login ke Akun instagram kita
  2. Lalu kita Klik Menu Profil kita
  3. Kemudian kita Klik Tanda Panah di sudut atas layar
  4. Setelah itu kita Pilih Menu Pengaturan
  5. Lalu kita Klik Menu Akun
  6. Kemudian Kita Klik Opsi Beralih Ke Akun Profesional
  7. Lalu kita Pilih Opsi Kreator untuk Akun Pribadi dengan tujuan non business
  8. Kemudian Muncul Detail Info tentang Kelebihan dari Akun Kreator. Lalu kita Klik Opsi Selanjutnya
  9. Selanjutnya kita Pilih Kategori sesuai dengan minat dan bakat kita. Lalu kita Klik Tombol Selesai
  10. Selesai. Kini akun Instagram kita berubah menjadi Akun Business

Setelah Akun Instagram kita berubah jadi Profesional barulah kita bisa menggunakan fitur Instagram Insight dengan cara seperti di bawah ini.

Cara Menggunakan Fitur Instagram Insight

  1. Melalui Beranda. Kita bisa lihat fitur Instagram Insight saat kita sudah masuk ke Beranda Instagram. Adapun caranya seperti dibawah ini :
    • Pertama kita Login ke Akun Instagram bisnis kita
    • Lalu Klik Icon grafik batang yang ada di pojok kanan atas
    • Selesai. Tampilan Instagram Insight pun terbuka dan berisi statistik interaksi di instagram kita
  2. Dari Postingan. Kita juga bisa menggunakan fitur Instagram Insight saat kita membuka postingan instagram kita (foto & video). Adapun caranya seperti dibawah ini :
    • Pertama-tama kita Login Akun Instagram kita
    • Lalu Buka Postingan (foto & video) di instagram yang kita ingin analisa
    • Lalu kita Klik Tombol Insight yang berada di pojok kiri bawah postingan
    • Selesai. Kini data informasi dan interaksi pada Instagram Insight pun dapat dilihat
  3. Melalui Instagram Story. Fitur Instagram Insight juga hadir saat kita membuat Instastory. Adapun caranya seperti dibawah ini :
    • Pertama-tama kita Login ke Instagram kita.
    • Kemudian Buka Instastory kita di atas layar.
    • Lalu Klik Tombol Insight yang ada di bagian pojok kiri bawah.
    • Selesai. Kini jumlah interaksi (tanggapan dan viewer) di story kita dapat dilihat melalui fitur Instagram Insight 

2. Melalui Situs jnckmedia.com

Kita juga bisa melihat stalker pada akun instagram kita melalui tool yang ada di website online. Salah satu website penyedia tool stalker adalah jnckmedia.com. Nantinya di situs ini kita bisa menggunakan beberapa layanan melalui tool yang di sediakan seperti mesin like dan follower IG otomatis, tiktok tools, twitter tools, instagram tools dan tool lainnya. Adapun cara menggunakannya seperti di bawah ini.

Fitur di Situs jnckmedia.com

  1. Dashboard. Dengan fitur ini kita bisa menampilkan lembar kerja pada situs tersebut
  2. Free and Flac Music. Dengan fitur ini kita bisa mendownload dan mengubah format musik berbentuk FLAC (Free Lossless Audio Codec) yang merupakan format musik yang dihasilkan dari proses kompesi
  3. Free Foll and Like IG. Dengan fitur ini kita bisa menambah jumlah like postingan dan jumlah follower instagram dalam waktu yang sangat singkat
  4. Twitter Thread Reader. Dengan fitur ini kita bisa menambah jumlah reader pada twit di twitter kita dalam waktu yang sangat singkat
  5. Instagram Tools. Dengan fitur ini kita melakukan optimasi pada akun instagram kita melalui beberapa tool yang telah disediakan seperti Likes Panel, Stories downloader, IGTV downloader, Live Downloader, Check Stalker, Check User dll
  6. Tiktok Tools. Dengan fitur ini kita melihat dan menganalisa statistik yang terjadi pada video di akun tiktok kita seperti Money Calculator dan Video Score. Sehingga kita bisa menghitung berapa pendapatan dan score dari video yang telah kita upload di aplikasi Toktok
  7. Twitter Tools. Dengan fitur ini kita bisa menambahkan fitur agar twitter lebih optimal seperti Quotes Reply Finder. Sehingga twit yang kita bagikan akan banyak di retwit oleh orang lain

Cara Melihat Stalker di Instagram Melalui Situs jnckmedia.com

  1. Pertama-tama kita Buka Situs https://jnckmedia.com di browser Hp kita
  2. Bila sudah Masuk ke Homepage kita Klik Tombol 3 Garis Vertikal di Pojok Kiri Atas Layar
  3. Lalu Munculah beberapa Tools. Kita Pilih Menu Instagram Tools
  4. Setelah itu akan muncul beberapa opsi seperti Stories Downloader, IGTV downloader dan check stalcker. Kita Pilih Opsi Check Stalkers untuk melihat siapa stalker kita di instagram
  5. Lalu Ketikan Username Instagram kita dan pastikan settingan privasi akun Instagram kita dalam keadaan Public
  6. Kemudian kita Centang pada Kolom I’m Not a Robot
  7. Setelah itu kita Klik Tombol Submit
  8. Proses Identifikasi akun di situs pun berjalan hingga selesai
  9. Selesai. Hasil Identifikasi Stalker kita bisa kita lihat di kolom Result. Kita juga bisa melihat profil dari stalker melalui tombol Visit Profile

3. Melalui Aplikasi Follower Analyzer For Instagram

Cara ketiga untuk melihat stalker di akun instagram kita adalah melalui aplikasi di Hp android bernama Follower Analyzer For Instagram. Dengan aplikasi ini kita bisa melihat siapa pengguna yang sering mengomentari postingan instagram pacar kita. Menambah pengetahuan tentang interaksi di akun instagram milik kita dan kita bisa membuka banyak rahasia dari akun instagram milik pengguna lain seperti teman kita. Saat menggunakan aplikasi ini kita juga bisa menggunakan fitur lain seperti di bawah ini

Fitur Aplikasi Follower Analyzer For Instagram

  1. Stop Following and New Follower. Dengan fitur ini kita bisa melihat siapa saja pengguna instagram lain yang berhenti mengikuti akun instagram kita, siapa saja pengikut baru dan siapa saja yang menjadi penggemar di akun instagram kita
  2. Like Follower. Dengan fitur ini kita bisa melihat siapa saja pengikut instagram kita yang sering menyukai postingan IG kita dan siapa saja yang tidak pernah menyukai postingan instagram kita
  3. Comment Follower. Dengan fitur ini kita bisa melihat siapa saja pengikut kita yang sering mengomentari postingan IG kita dan siapa yang tidak pernah mengomentari postingan instagram kita
  4. Popular Post. Dengan fitur ini kita bisa melihat daftar postingan mana saja yang paling banyak di sukai dan di komentari oleh pengguna lain di akun instagram milik kita
  5. Tag. Dengan fitur ini kita bisa melihat siapa saja orang yang sering di tandai di postingan instagram kita
  6. Populer Video. Dengan fitur ini kita bisa melihat daftar video yang sering kita tonton
  7. Statistik. Dengan fitur ini kita bisa melihat statistik yang terjadi pada akun pribadi maupun akun instagram pengguna lain. Seperti jumlah comment, like, viewer, tag, stalker dll yang nantinya hasilnya bisa kita analisa dan bandingkan dengan akun milik kita

Syarat dan Ketentuan Aplikasi Follower Analyzer For Instagram

  1. Agar kita bisa menggunakan aplikasi ini kita harus memliki minimal satu akun instagram
  2. Aplikasi ini bisa digunakan secara optimal bila kita memiliki RAM ponsel di hp kita dengan kapasitas minimal 2GB
  3. Aplikasi ini nantinya akan meminta izin untuk mengakses memori penyimpanan (Kartu SD) bila gambar yang di hasilkan dari aplikasi ingin kita share (bagikan)
  4. Aplikasi ini juga akan melakukan penagihan bila kita menggunakan fitur tambahan pada mode aplikasi premium. Nantinya dengan mode ini fitur yang sebelumnya terkunci akan terbuka pada aplikasi dengan biaya tertentu

Setelah kita mengetahui fitur apa saja yang bisa digunakan pada aplikasi follower analyzer for instagram beserta persyaratannya. Lalu bagaimana cara melihat stalker pada akun instagram kita. Berikut ini akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Cara Melihat Stalker Melalui Aplikasi Follower Analyzer For Instagram

  1. Pertama-tama kita Buka Aplikasi Google Playstore di Hp android kita
  2. Lalu kita Cari Aplikasi Folower Analyzer For Instagram di Kolom Search
  3. Setelah ketemu kita Download dan Instal Aplikasi tersebut
  4. Selesai di Download kita Buka Aplikasi Follower Analyzer for Instagram
  5. Setelah di buka kita Login dengan Username dan Password pada akun instagram kita
  6. Kemudian kita tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan statistik tentang siapa saja yang paling banyak menyukai dan mengometari postingan kita. Termasuk akun mana saja yang paling sering melakukan stalking pada akun instagram kita.

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu stalker, jenis-jenis tipe stalker, ciri-ciri pengguna stalker dan cara melihat pengguna yang sering melakukan aktifitas stalking ke akun profil instagram milik kita. Baik melalui tool di situs online, menggunakan aplikasi pihak ketiga maupun menggunakan fitur Instagram Insight.

Dengan membaca penjelasan di atas tentunya kita kini mengenal lebih banyak tentang para stalker dan cara mengatasinya bila para stalker dianggap sudah sangat mengganggu. Selain itu kita juga bisa melakukan deteksi dini tentang siapa saja yang sering melakukan stalker sehingga kita bisa menindak lanjuti tentang akun stalker tersebut. Apakah akun tersebut akan di biarkan atau harus kita blokir demi keamanan dan kenyamanan saat kita sedang bermain media sosial instagram.






You may also like