Home » Java » Sintaks Java Dasar – Installasi dan Kode pada Java

Sintaks Java Dasar – Installasi dan Kode pada Java

by Bagus Dharma Iswara
by Bagus Dharma Iswara

Sebelumnya kita sudah mempelajari mengenai Pengertian pemrograman java dan contoh kode simple pada java dalam membuat aplikasi hello world menggunakan kode berikut.

public class MyClass {
  public static void main(String[] args) {
    System.out.println("Hello World");
  }
}

Setiap baris kode yang berjalan di Java harus berada di dalam sebuah kelas. Dalam contoh kami, kami menamai kelas diatas dengan MyClass. Kelas harus selalu dimulai dengan huruf besar pada awalannya (CamelCase).

Catatan: Java sangat peka terhadap huruf besar kecil atau biasa kita sebut dengan Case Sensitive: MyClass dan myclass disini memiliki arti yang berbeda.

Nama file java harus sesuai dengan nama kelas. Saat menyimpan file, simpan dengan nama kelas dan tambahkan ekstensi “.java” di akhir nama file. Untuk menjalankan contoh di atas pada komputer Anda, pastikan bahwa Java telah diinstal dengan benar.

Metode Main() pada Java

Metode main () sangat diperlukan dan Anda akan melihatnya di setiap program Java yaitu dengan menuliskan kode

public static void main(String[] args)

Kode apa pun di dalam metode main () akan dieksekusi. Anda tidak harus memahami kata kunci sebelum dan sesudah main. Anda akan mengenal mereka sedikit demi sedikit saat membaca tutorial ini.

Untuk saat ini, ingatlah bahwa setiap program Java memiliki nama kelas yang harus cocok dengan nama file, dan setiap program harus berisi metode main ().

Metode System.out.println()

Di dalam metode main (), kita dapat menggunakan metode println () untuk mencetak sebaris teks ke layar fungsi ini sama seperti fungsi pada echo pada pemrograman PHP dengan menuliskan kode berikut

public static void main(String[] args) {
  System.out.println("Hello World");
}

Kalau teman-teman belum menginstall java, maka kita akan menjelaskan cara untuk menjalankan bahasa pemrograman java pada environment local kita dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut

Java SE tersedia secara gratis dari situs resmi Java dan dapat diinstal secara gratis. Anda dapat mengunduh versi berdasarkan sistem operasi Anda saat ini. Ikuti petunjuk yang ada untuk mengunduh Java dan menjalankan .exe untuk menginstal Java di komputer Anda.

Setelah Anda menginstal Java di komputer Anda, Anda perlu mengatur variabel environment agar mengarah ke direktori instalasi yang benar

Setting Path atau lokasi Pada Windows

Kita berasumsi Anda telah menginstal Java di direktori c: \ Program Files \ java \ jdk. Maka setelah itu kita dapat menjalankan

  1. Klik kanan pada My Computer dan pilih Properties.
  2. Klik tombol Environment variables yang berada dibawah tab Advance.
  3. Sekarang, Lihat pada variabel Path sehingga ini juga berisi path ke Java yang dapat dieksekusi. Contoh, jika path saat ini disetel ke C: \ WINDOWS \ SYSTEM32, maka kita dapat mengubah path Anda menjadi C: \ WINDOWS \ SYSTEM32; c: \ Program Files \ java \ jdk \ bin.

Setting Path atau lokasi Pada Linux, UNIX, Solaris, FreeBSD

Environment variabel PATH pada Linux, UNIX, Solaris maupun FreeBSD harus disetel agar mengarah ke tempat biner dari Java yang telah dipasang. Lihat dokumentasi shell Anda, jika Anda kesulitan melakukan ini.

Contoh, jika Anda menggunakan bash sebagai shell Anda, maka Anda akan menambahkan baris berikut di akhir pada .bashrc: export PATH = / path / to / java: $ PATH.

Text Editor pada Java

Untuk menulis program pada Java, Anda memerlukan sebuah text editor. Ada beberapa jenis IDE yang lebih canggih yang tersedia di pasaran atau di internet. Namun untuk saat ini, Anda dapat mempertimbangkan salah satu hal berikut

  1. Notepad – Pada sistem operasi Windows, Anda dapat menggunakan editor teks sederhana seperti Notepad, ataupun TextPad.
  2. Netbeans – IDE Java yang open-source dan gratis yang dapat diunduh secara langsung pada situs resmi netbeans.
  3. Eclipse– IDE Java yang open-source dikembangkan oleh komunitas eclipse dan gratis yang dapat diunduh secara langsung pada situs eclipse.

Variabel pada Java

Variabel adalah wadah yang menyimpan nilai saat program Java dijalankan. Variabel pada java harus diberikan dengan tipe data pendukungnya. Variabel adalah nama lokasi memori pada java. Ada tiga jenis variabel di java yaitu

  1. Variabel Lokal yaitu variabel yang dideklarasikan di dalam tubuh metode disebut variabel lokal. Anda dapat menggunakan variabel ini hanya dalam metode itu dan metode lain di kelas bahkan tidak menyadari bahwa variabel itu ada. Variabel lokal tidak dapat ditentukan dengan kata kunci “statis”.
  2. Instance Variable yaitu variabel yang dideklarasikan di dalam kelas tetapi di luar tubuh metode, disebut variabel instance. Itu tidak dinyatakan sebagai statis. Ini disebut variabel instance karena nilainya spesifik instance dan tidak dibagikan di antara instance
  3. variabel Statis yaitu variabel yang dideklarasikan sebagai statik disebut variabel statik. variabel ini tidak bisa berjalan pada lokal. Anda dapat membuat satu salinan variabel statis dan berbagi di antara semua instance kelas. Alokasi memori untuk variabel statis hanya terjadi sekali ketika kelas dimuat di memori.

Kemudian terdapat dua tipe tipe data di Java yaitu primitif dan non-primitif. Variabel adalah nama area yang disimpan dan dialokasikan dalam sebuah memori. Dengan kata lain, ini adalah nama lokasi memori dan merupakan kombinasi dari Vary dan able yang berarti nilainya yang dapat diubah. Contoh dari variabel pada java seperti

int data=50; //ini merupakan sebuah contoh variabel pada java yaitu tipe integer dengan nama variabel data yang berisi nilai 50. 

Contoh Lain mengenai Variabel pada Java

public class A{  
     int data=50;//instance variable  
     static int m=100;//static variable  

     void method(){  
        int n=90;//local variable  
     }  
}//end of class 
public class Simple{  
       public static void main(String[] args){  
          int a=10;  
          int b=10;  
          int c=a+b;  
       System.out.println(c);  
      }
}  // output yang dihasilkan ada 20

Basic Sintaks pada Java

Ketika kita mempertimbangkan membuat sebuah program Java, itu bisa didefinisikan sebagai kumpulan objek yang berkomunikasi melalui dengan cara saling memanggil metode. Sekarang mari kita lihat secara singkat apa arti variabel kelas, objek, metode, dan contohnya

  • Object yaitu sebuah objek yang memiliki status dan perilaku. Contoh dari sebuah objek adalah Seekor anjing memiliki keadaan – warna, nama, ras serta perilaku seperti menggoyangkan ekornya, menggonggong, makan. Objek adalah turunan dari sebuah kelas.
  • Class yaitu dapat didefinisikan sebagai template atau cetak biru yang mendeskripsikan suatu perilaku atau status yang didukung oleh objek jenisnya.
  • Methods pada dasarnya adalah perilaku. Kelas dapat berisi banyak metode, ini adalah metode di mana logika ditulis, data dimanipulasi dan semua tindakan dieksekusi.
  • Instance Variables merupakan setiap objek memiliki kumpulan variabel instance yang unik. Status objek dibuat oleh nilai yang diberikan ke variabel instan ini.

Sintaks Dasar

Pada Pemrograman Java kita perlu untuk memahami mengenai poin-poin berikut

  1. Case Sensitive yaitu java sangat peka terhadap huruf besar dan kecil, yang berarti kata Hello dan hello akan memiliki arti berbeda di Java.
  2. Class Names yaitu untuk semua nama kelas, huruf pertama harus menggunakan Huruf Besar. Jika beberapa kata digunakan untuk membentuk nama kelas, huruf pertama setiap kata dalam harus menggunakan Huruf Besar contohnya adalah class TutorialJavaClass.
  3. Method Names yaitu semua nama metode harus dimulai dengan huruf Kecil. Jika beberapa kata digunakan untuk membentuk nama metode, maka huruf pertama setiap kata dalam harus menggunakan Huruf Besar. contoh penamaan metode adalah public void getCustomer().
  4. Program File Name yaitu sebuah nama file program harus sama persis dengan nama kelas. Saat menyimpan file, Anda harus menyimpannya menggunakan nama kelas (Ingat Java peka huruf besar kecil) dan tambahkan ‘.java’ di akhir nama (jika nama file dan nama kelas tidak cocok, program Anda tidak akan dikompilasi ). Tetapi harap dicatat bahwa jika Anda tidak memiliki kelas publik yang ada di file, maka nama file dapat berbeda dari nama kelas. Juga tidak wajib memiliki kelas publik di file tersebut. Contoh lebih mudahnya adalah asumsikan TutorialJavaClass adalah nama kelas. Kemudian file tersebut harus disimpan sebagai TutorialJavaClass.java
  5. public static void main(String args[]) yaitu Pemrosesan program java dimulai dari metode main () yang merupakan bagian wajib dari setiap program Java.

Identifier pada Java

Semua komponen Java membutuhkan nama. Nama yang digunakan untuk kelas, variabel, dan metode disebut identifier. Di Java, ada beberapa hal yang perlu diingat tentang identifier adalah sebagai berikut

  • Semua pengidentifikasi harus dimulai dengan huruf (A sampai Z atau a sampai z), karakter mata uang ($) atau garis bawah (_).
  • Setelah karakter pertama, identifier dapat memiliki kombinasi karakter apa pun.
  • Kata kunci tidak dapat digunakan sebagai identifier.
  • Identifier peka terhadap huruf besar dan kecil.
  • Contoh identifier yang benar adalah usia, $ gaji, _value, __1_value.
  • Contoh identifier yang kurang benar adalah 123abc, -salary.

Modifier pada java

Seperti bahasa lain, dimungkinkan untuk memodifikasi kelas, metode, dll., Dengan menggunakan pengubah. Ada dua kategori modifier yaitu

  • Access Modifiers yaitu default, public , protected, private.
  • Non-access Modifier yaitu final, abstract, strictfp.

Array pada java

Array adalah objek yang menyimpan banyak variabel dengan tipe yang sama. Namun, array itu sendiri adalah objek pada heap. Kita akan melihat bagaimana mendeklarasikan, membangun, dan menginisialisasi pada penjelasan selanjutnya.

Java Enums

Enum diperkenalkan mulai pada Java 5.0. Enum membatasi variabel untuk memiliki salah satu dari sedikit nilai yang telah ditentukan. Nilai-nilai dalam daftar yang disebutkan ini disebut enum. Dengan penggunaan enum, dimungkinkan untuk mengurangi jumlah bug dalam kode Anda.

Misalnya, jika kita mempertimbangkan aplikasi untuk toko jus segar, maka akan mungkin membatasi ukuran gelas menjadi kecil, sedang, dan besar. Ini akan memastikan bahwa itu tidak akan memungkinkan siapa pun untuk memesan ukuran apa pun selain kecil, sedang, atau besar.

Contoh penggunaan enum pada java

class FreshJuice {
   enum FreshJuiceSize{ SMALL, MEDIUM, LARGE }
   FreshJuiceSize size;
}

public class FreshJuiceTest {

   public static void main(String args[]) {
      FreshJuice juice = new FreshJuice();
      juice.size = FreshJuice.FreshJuiceSize.MEDIUM ;
      System.out.println("Size: " + juice.size);
   }
} // kode program ini akan memunculkan hasil yaitu : Size : MEDIUM

Catatan – Enum dapat dideklarasikan sebagai milik mereka atau di dalam kelas. Metode, variabel, konstruktor dapat didefinisikan di dalam enum juga.

Membuat Comment pada Java

Java mendukung komentar satu baris dan banyak baris yang sangat mirip dengan C dan C ++. Semua karakter yang tersedia di dalam komentar apa pun diabaikan oleh kompiler Java. contoh membuat komentarpada java adalah sebagai berikut

public class MyFirstJavaProgram {

   /* This is my first java program.
    * This will print 'Hello World' as the output
    * This is an example of multi-line comments.
    */

   public static void main(String []args) {
      // This is an example of single line comment
      /* This is also an example of single line comment. */
      System.out.println("Hello World");
   }
} // maka hasilnya adalah Hello World

You may also like