Home » PHP » Number dan Constant di PHP: Perbedaan dan Contoh Codenya

Number dan Constant di PHP: Perbedaan dan Contoh Codenya

by Bagus Dharma Iswara
by Bagus Dharma Iswara

Numbers PHP

Satu hal yang perlu diperhatikan tentang PHP adalah ia menyediakan konversi tipe data otomatis. Jadi, jika Anda menetapkan nilai integer ke variabel, jenis variabel itu secara otomatis akan menjadi integer. Kemudian, jika Anda menetapkan string ke variabel yang sama, jenisnya akan berubah menjadi string. Konversi otomatis ini terkadang dapat merusak kode Anda.

Integer PHP

Bilangan bulat atau integer adalah angka tanpa bagian desimal apa pun. 2, 256, -256, 10358, -179567 semuanya adalah bilangan bulat. Sedangkan 7.56, 10.0, 150.67 adalah float. Jadi, tipe data integer adalah bilangan non-desimal antara -2147483648 dan 2147483647. Nilai yang lebih besar (atau lebih rendah) dari ini, akan disimpan sebagai float, karena melebihi batas integer. Hal penting lainnya untuk diketahui adalah bahwa meskipun 4 * 2.5 adalah 10, hasilnya disimpan sebagai float, karena salah satu operandnya adalah float (2.5).

Berikut beberapa aturan untuk bilangan bulat atau integer di PHP:

  • Bilangan bulat harus memiliki setidaknya satu digit
  • Bilangan bulat tidak boleh memiliki titik desimal
  • Bilangan bulat bisa berupa positif atau negatif
  • Bilangan bulat dapat ditentukan dalam tiga format: desimal (berbasis 10), heksadesimal (berbasis 16 – diawali dengan 0x) atau oktal (berbasis 8 – diawali dengan 0)

PHP memiliki fungsi berikut untuk memeriksa apakah tipe variabel adalah integer:

  1. is_int ()
  2. is_integer () – alias dari is_int ()
  3. is_long () – alias dari is_int ()

Float PHP

Float adalah angka dengan titik desimal atau angka dalam bentuk eksponensial. 2.0, 256.4, 10.358, 7.64E + 5, 5.56E-5 semuanya float. Tipe data float biasanya dapat menyimpan nilai hingga 1.7976931348623E + 308 (bergantung platform), dan memiliki presisi maksimum 14 digit. PHP memiliki fungsi berikut untuk memeriksa apakah tipe variabel adalah float dengan cara:

  • is_float ()
  • is_double () – alias dari is_float ()

Infinity PHP

Nilai numerik yang lebih besar dari PHP_FLOAT_MAX dianggap tak terbatas. Namun, fungsi PHP var_dump () mengembalikan tipe dan nilai data. PHP memiliki fungsi berikut untuk memeriksa apakah nilai numerik terbatas atau tak terbatas:

  • is_finite ()
  • is_infinite ()

NaN PHP

NaN adalah singkatan dari Not a Number. NaN digunakan untuk operasi matematika yang mustahil. PHP memiliki fungsi berikut untuk memeriksa apakah suatu nilai bukan angka yaitu fungsi is_nan ()

String Numeric PHP

Fungsi PHP is_numeric () dapat digunakan untuk menemukan apakah suatu variabel numerik. Fungsi mengembalikan nilai benar jika variabel adalah angka atau string numerik, salah jika sebaliknya. Catatan penting yaitu Dari PHP 7.0: Fungsi is_numeric () akan mengembalikan FALSE untuk string numerik dalam bentuk heksadesimal (misalnya 0xf4c3b00c), karena tidak lagi dianggap sebagai string numerik.

PHP Casting Strings dan Floats to Integers

Terkadang Anda perlu memasukkan nilai numerik ke tipe data lain. Fungsi (int), (integer), atau intval () sering digunakan untuk mengonversi nilai menjadi integer.

Math PHP

PHP memiliki seperangkat fungsi matematika yang memungkinkan Anda melakukan tugas matematika pada angka. PHP menyediakan banyak konstanta dan fungsi matematika yang telah ditentukan sebelumnya yang dapat digunakan untuk melakukan operasi matematika.

Berikut ini adalah beberapa metode fungsi yang ada pada library Math di PHP, untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada Tabel Berikut

FungsiDeskripsi
Fungsi abs()Fungsi abs () mengembalikan nilai absolut dari angka yang diberikan. Ini mengembalikan nilai integer tetapi jika Anda melewati nilai floating point, itu mengembalikan nilai float.
Fungsi pi()Fungsi pi () mengembalikan nilai PI
Fungsi min() dan max()Fungsi min () dan max () dapat digunakan untuk menemukan nilai terendah atau tertinggi dalam daftar argumen
Fungsi sqrt()Fungsi sqrt () mengembalikan akar kuadrat dari sebuah angka
Fungsi round()Fungsi round () membulatkan bilangan floating-point ke bilangan bulat terdekat
Fungsi rand()Fungsi rand () menghasilkan nomor acak, Untuk mendapatkan lebih banyak kendali atas bilangan acak, Anda dapat menambahkan parameter min dan maks opsional untuk menentukan bilangan bulat terendah dan bilangan bulat tertinggi yang akan dikembalikan
Fungsi ceil()Fungsi ceil () membulatkan pecahan ke atas.
Fungsi floor()Fungsi floor () membulatkan pecahan ke bawah.
Fungsi decbin()Fungsi decbin () mengubah bilangan desimal menjadi biner. Ini mengembalikan angka biner sebagai string.
Fungsi dechex()Fungsi dechex () mengubah angka desimal menjadi heksadesimal. Ini mengembalikan representasi heksadesimal dari angka yang diberikan sebagai string.
Fungsi decoct() Fungsi decoct () mengubah bilangan desimal menjadi oktal. Ini mengembalikan representasi oktal dari angka yang diberikan sebagai string.
Fungsi base_convert()Fungsi base_convert () memungkinkan Anda mengonversi bilangan dasar apa pun menjadi bilangan dasar apa pun. Misalnya, Anda dapat mengonversi bilangan heksadesimal ke biner, heksadesimal ke oktal, biner ke oktal, oktal ke heksadesimal, biner ke desimal, dan lainnya.
Fungsi bindec()Fungsi bindec () mengubah bilangan biner menjadi desimal.
Fungsi exp()Fungsi exp () Ini digunakan untuk menghitung eksponen e.
Fungsi pow()Fungsi pow () Digunakan untuk mengembalikan x yang dipangkatkan dari y.
Fungsi getrandmax ()Fungsi getrandmax () Digunakan untuk mengembalikan nilai maksimum dengan menggunakan rand ().
Fungsi log()Fungsi log () Ini digunakan untuk mengembalikan logaritma natural sebuah bilangan.
Fungsi sin()Fungsi sin () Ini digunakan untuk mengembalikan sinus sebuah angka.
Fungsi cos()Fungsi cos () Ini digunakan untuk mengembalikan cosin sebuah angka.
Fungsi tan()Fungsi tan () Ini digunakan untuk mengembalikan tangen sebuah angka.

Constant PHP

Konstanta adalah nama atau pengenal untuk nilai sederhana. Nilai konstan tidak dapat berubah selama eksekusi skrip. Secara default, konstanta peka huruf besar / kecil. Secara konvensi, pengenal konstan selalu menggunakan huruf besar. Nama konstanta dimulai dengan huruf atau garis bawah, diikuti dengan sejumlah huruf, angka, atau garis bawah. Jika Anda telah mendefinisikan sebuah konstanta, itu tidak akan pernah bisa diubah atau tidak ditentukan.

Untuk mendefinisikan sebuah konstanta Anda harus menggunakan fungsi define () dan untuk mengambil nilai sebuah konstanta, Anda hanya perlu menentukan namanya. Berbeda dengan variabel, Anda tidak perlu memiliki konstanta dengan $. Anda juga bisa menggunakan fungsi konstanta () untuk membaca nilai konstanta jika Anda ingin mendapatkan nama konstanta secara dinamis.

Konstanta PHP adalah nama atau pengenal yang tidak dapat diubah selama eksekusi skrip kecuali untuk konstanta ajaib, yang sebenarnya bukan konstanta. Konstanta PHP dapat didefinisikan dengan 2 cara:

  1. Menggunakan fungsi define ()
  2. Menggunakan kata kunci const

Konstanta mirip dengan variabel kecuali setelah ditentukan, konstanta tidak akan pernah dapat ditentukan atau diubah. Mereka tetap konstan di seluruh program. Konstanta PHP mengikuti aturan variabel PHP yang sama. Misalnya, dapat dimulai dengan huruf atau garis bawah saja. Secara konvensional, konstanta PHP harus didefinisikan dalam huruf besar. Catatan penting Tidak seperti variabel, konstanta secara otomatis bersifat global di seluruh skrip.

Fungsi constant()

Seperti yang ditunjukkan oleh namanya, fungsi ini akan mengembalikan nilai konstanta. Ini berguna saat Anda ingin mengambil nilai konstanta, tetapi Anda tidak tahu namanya, yaitu disimpan dalam variabel atau dikembalikan oleh fungsi. PHP memperkenalkan kata kunci const untuk membuat konstanta. Kata kunci const mendefinisikan konstanta pada waktu kompilasi. Ini adalah konstruksi bahasa, bukan fungsi. Konstanta yang ditentukan menggunakan kata kunci const peka huruf besar kecil.

Ada cara lain untuk mencetak nilai konstanta menggunakan fungsi constant () daripada menggunakan pernyataan echo. Sintaks yang dapat dibuat yaitu dengan kode berikut

constant (name)  

Fungsi define()

Gunakan fungsi define () untuk membuat konstanta. Ini mendefinisikan konstan pada waktu berjalan. Mari kita lihat sintaks dari fungsi define () di PHP yaitu

define(name, value, case-insensitive)  
  1. name yaitu Ini menentukan nama konstan.
  2. value yaitu Ini menentukan nilai konstan.
  3. case-insensitive yaitu Menentukan apakah sebuah konstanta tidak case-sensitive. Nilai default salah. Artinya peka huruf besar / kecil secara default.

Magic Constant

Konstanta ajaib adalah konstanta yang telah ditentukan sebelumnya di PHP yang dapat diubah berdasarkan penggunaannya. Mereka mulai dengan garis bawah ganda (__) dan diakhiri dengan garis bawah ganda. Konstanta serupa dengan konstanta lain yang telah ditentukan, tetapi karena nilai tersebut berubah sesuai konteks, konstanta tersebut disebut konstanta ajaib.

Ada sembilan konstanta ajaib di PHP. Di mana delapan konstanta ajaib dimulai dan diakhiri dengan garis bawah ganda (__). PHP menyediakan sejumlah besar konstanta yang telah ditentukan sebelumnya ke skrip apa pun yang dijalankannya. Misalnya, nilai LINE bergantung pada baris yang digunakan di skrip Anda. Konstanta khusus ini tidak peka huruf besar / kecil dan sebagai berikut

Beberapa konstanta PHP “ajaib” atau magic yaitu dapat dilihat pada bagian di bawah ini

  1. __LINE__ yaitu Nomor baris file saat ini. Ini mengembalikan nomor baris file saat ini, di mana konstanta ini digunakan.
  2. __FILE__ yaitu Path lengkap dan nama file dari file tersebut. Jika digunakan di dalam sebuah penyertaan, nama dari file yang disertakan dikembalikan. Sejak PHP 4.0.2, FILE selalu berisi jalur absolut sedangkan di versi lama itu berisi jalur relatif dalam beberapa keadaan. Konstanta ajaib ini mengembalikan jalur lengkap dari file yang dieksekusi, tempat file disimpan. Jika digunakan di dalam include, nama file yang disertakan dikembalikan.
  3. __FUNCTION__ yaitu Nama fungsi. (Ditambahkan dalam PHP 4.3.0) Sejak PHP 5, konstanta ini mengembalikan nama fungsi seperti yang dideklarasikan (case-sensitive). Dalam PHP 4 nilainya selalu huruf kecil. Ini akan kembali kosong jika digunakan di luar fungsi apa pun.
  4. __CLASS__ yaitu Nama kelas. (Ditambahkan dalam PHP 4.3.0) Mulai PHP 5, konstanta ini mengembalikan nama kelas seperti yang dideklarasikan (case-sensitive). Dalam PHP 4 nilainya selalu huruf kecil. Konstanta CLASS juga bekerja dalam sebuah Trait.
  5. __TRAIT__ yaitu Konstanta ajaib ini mengembalikan nama sifat, di mana ia digunakan.
  6. __METHOD__ yaitu Nama metode kelas. (Ditambahkan dalam PHP 5.0.0) Nama metode dikembalikan seperti yang dideklarasikan (case-sensitive). Ini mengembalikan nama metode kelas di mana konstanta ajaib ini disertakan.
  7. __DIR__ yaitu Ini mengembalikan jalur direktori lengkap dari file yang dieksekusi. Path yang dikembalikan oleh konstanta ajaib ini setara dengan dirname (_ FILE_). Konstanta ajaib ini tidak memiliki garis miring kecuali itu adalah direktori root.
  8. __NAMESPACE__ yaitu Ia mengembalikan namespace saat ini di mana ia digunakan. Catatan penting yaitu kita harus ingat namespace harus menjadi pernyataan pertama atau setelah panggilan deklarasi dalam skrip, jika tidak maka akan menghasilkan kesalahan Fatal.
  9. ClassName::class yaitu Konstanta ajaib ini tidak dimulai dan diakhiri dengan garis bawah ganda (__). Ini mengembalikan nama yang sepenuhnya memenuhi syarat dari ClassName. ClassName :: class ditambahkan di PHP 5.5.0. Ini berguna dengan kelas dengan namespace.

Perbedaan Antara Constant dan Variabel

Untuk perbedaan antara konstanta dan variabel yang ada pada PHP dapat dilihat pada tabel dibawah ini

ConstantVariabel
Setelah konstanta ditentukan, ia tidak akan pernah bisa didefinisikan ulang.Variabel bisa tidak didefinisikan dan juga didefinisikan ulang dengan mudah.
Konstanta hanya dapat didefinisikan menggunakan fungsi define (). Itu tidak dapat didefinisikan dengan tugas sederhana apa pun.Variabel dapat didefinisikan dengan operator assignment (=) sederhana.
Tidak perlu menggunakan tanda dolar ($) sebelum konstanta diberikan sebuah assignment atau penugasan.Untuk mendeklarasikan variabel, selalu gunakan tanda dollar ($) sebelum variabel.
Konstanta tidak mengikuti aturan pelingkupan variabel apa pun, dan dapat ditentukan serta diakses di mana saja.Variabel dapat dideklarasikan di mana saja dalam program, tetapi mereka mengikuti aturan pelingkupan variabel.
Konstanta adalah variabel yang nilainya tidak dapat diubah selama program.Nilai variabel dapat diubah.
Secara default, konstanta bersifat global.Variabel bisa lokal, global, atau statis.

You may also like