Home » Software » 2 Cara Buat Meme Lucu Online di Hp Android

2 Cara Buat Meme Lucu Online di Hp Android

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Perkembangan dunia internet di masa kini membuat semuanya serba terbuka. Termasuk yang berkaitan dengan informasi di bidang jurnalistik seperti berita. Semuanya kini dapat diakses bukan hanya melalui perangkat elektronik seperti tv dan radio tapi juga bisa di akses melalui gadget kita dengan sambungan internet.

Karena faktor mudah dan cepatnya informasi yang sampai ke pengguna. Membuat berita kini jadi lebih cepat popular atau biasa di sebut viral. Sehingga berita tersebut menjadi pembahasan para pegiat media sosial (netizen).

Saat ada berita viral lalu munculah beberapa meme berupa gambar, tulisan, atau video dengan tujuan tertentu seperti sebagai bahan sindiran, lucu-lucuan dan lainnya. Saat kita melihat banyak meme yang bertebaran di internet. Lalu kita juga ingin membuatnya namun bingung cara membuatnya.

Untuk itu di sini kami akan menjelaskan cara membuatnya. Dan fitur apa saja yang harus di gunakan untuk membuat meme. Sebelum itu kami akan menjelaskan tentang pengertian meme dan manfaat melihat meme di Internet.

Apa itu Meme Internet?
Meme Internet adalah sebuah Literasi bahasa yang tersebar luas dan populer di internet yang bisa berupa foto, video dan tulisan. Dengan maksud dan tujuan tertentu seperti kalimat sindiran dalam bentuk sarkas, kritik sosial atau juga untuk sekedar lucu-lucuan semata.

Setelah kita mengetahui apa itu pengertian Meme. Lalu apa Tujuan dan Kegunaan Meme?

Tujuan dan Kegunaan Meme Internet

  1. Sebagai Penghibur diri. Saat kita tengah dilanda kesibukan dengan rutinitas pekerjaan di kantor yang membuat stress. Dengan melihat meme saat jam istirahat tentunya bisa menjadi pelentur otot-otot yang tegang sehingga kita bisa relaks lagi.
  2. Sebagai penyebar kebahagiaan.Bila kita sedang bermain media sosial lalu kita melihat gambar meme dan membagikannya tentu orang yang lihat juga akan tertawa. Sehingga kita bisa menyebarkan kebahagiaan dan pikiran positif
  3. Menjadi pribadi humoris. Bila kita sering menyebarkan meme dengan foto yang lucu di media  sosial tentunya teman lama dan teman baru kita akan mengakui bahwa kita adalah pribadi yang humoris. Terlebih bila meme itu membuat mereka tertawa terbahak bahak.
  4. Sebagai Kritik Sosial. Meme tidak hanya membahas tentang hal yang lucu-lucu saja. Namun Meme juga bisa menjadi kritik sosial dengan keadaan dan keresahan yang dialami oleh masyarakat. Baik itu berupa foto, gambar, spanduk, video maupun dalam bentuk mural (lukisan tembok)
  5. Sebagai alat sindir politik. Saat memanasnya hubungan antara tokoh politik yang berseteru. Tidak jarang para pelaku politik membuat sebuah meme sebagai alat sindir. Terlebih meme efektif dan sering di gunakan oleh kubu penguasa dan kubu oposisi.
  6. Sebagai Alat debat. Saat para pegiat media sosial (netizen)  sedang berdebat tentang suatu hal di media sosial baik itu tentang politik, olahraga, dan entertainment. Mereka biasanya akan membuat meme sebagai senjata yang elegan untuk menyindir dan memenangkan perdebatan. Dibanding bila kita harus mengeluarkan kata-kata kasar yang merendahkan martabat diri sendiri

Setelah kita mengetahui Tujuan dan kegunaan Meme lalu Bagaimana cara membuat meme yang lucu di internet? Membuat meme sendiri dapat kita lakukan melalui aplikasi di hp android atau juga dengan langsung menggunakan tool di situs online yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Untuk membuat Meme di aplikasi android kita bisa menggunakan aplikasi bernama Meme Generator.

Lalu Apa itu Meme Generator?
Meme Generator adalah Sebuah Layanan berupa aplikasi android dan tool situs online yang digunakan untuk membuat meme lucu berupa foto dan teks yang bisa di bagikan oleh pengguna ke media sosial.

Setelah kita tahu apa itu Meme Generator lalu apa saja fitur yang bisa di gunakan oleh pengguna pada layann Meme Generator?

Fitur Utama Meme Generator

  1. 1000 High Quality Template. Pada Meme Generator kita bisa menggunakan 1000 macam template meme dengan kualitas terbaik. Yang dilengkapi dengan banyaknya contoh caption (keterangan) yang lucu
  2. Custom Meme. Dengan fitur ini kita bisa membuat meme dari berbagai macam gambar di Hp kita yang disesuaikan
  3. Deep Fry. Dengan fitur ini kita bisa membuat berbagai efek lucu pada gambar meme kita
  4. Share Memes. Dengan fitur ini kita bisa membagikan meme kita ke media sosial atau juga di simpan di galeri Hp kita
  5. Custom Sticker. Dengan fitur ini kita bisa memasukan sticker pada gambar meme kita
  6. Adjust Text. Dengan fitur ini kita bisa membuat teks pada gambar meme kita dengan warna dan ukuran tertentu dengan menggunakan 60 jenis huruf yang tersedia
  7. Combine Meme. Dengan fitur ini kita bisa menggabungkan dua meme menjadi Satu
  8. Crop Images.Dengan fitur ini kita bisa melakukan crop pada gambar meme kita sehingga gambar cocok dengan format yang berbeda
  9. Border. Dengan menggunakan fitur ini kita bisa membuat bingkai pada gambar meme kita

Setelah kita mengetahui apa saja fitur yang di miliki oleh meme generator. Lalu bagaimana cara membuat Meme di Meme Generator? Membuat Meme Generator bisa dilakukan menggunakan aplikasi atau juga dengan menggunakan tool yang di sediakan di situs online yang akan kami jelaskan kedua caranya d bawah ini.

Cara Membuat Meme Menggunakan Aplikasi Android

  1. Pertama kita buka aplikasi google playstore di Hp kita
  2. Lalu cari aplikasi Meme Generator di kotak pencarian
  3. Setelah ketemu Instal dan Download Aplikasi Meme Generator
  4. Selesai di instal Buka Aplikasi Meme Generator
  5. Lalu kita masuk ke halaman utama dengan beberapa pilihan kategori  template meme.
  6. Kemudian kita pilih salah satu Kategori. Contohnya Kategori Populer
  7. Setelah itu akan muncul beberapa template meme popular. Kita pilih salah satunya
  8. Setelah kita memilih template Meme Kita klik edit teks bagian meme dengan cara Klik Template Teks. Tulisan pertama yang muncul pada meme yaitu Sentuh disini untuk menambahkan teks
  9. Lalu kita ketik di bagian atas gambar meme tersebut dengan tulisan yang diinginkan. Teksnya sendiri bisa berjumlah 3 Teks.
  10. Bila kita sudah selesai membuat teks pada gambar meme kita klik simpan
  11. Lalu kita beri nama meme tersebut pada jendela Pop Up yang muncul
  12. Setelah Selesai kita klik Ok
  13. Selesai. Kini Meme kita pun sudah jadi dan bisa di simpan di galeri atau di bagikan ke media sosial

Selain membuat meme di aplikasi meme generator. Kita juga bisa membuat meme langsung dari situs online dengan menggunakan tool yang di sediakan didalamnya. Caranya akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara Membuat Meme di Layanan Situs Online

  1. Pertama-tama kita Buka browser di Hp atau komputer kita (Chrome)
  2. Kemudian kita masuk ke situs http://www.memecreator.com
  3. Setelah itu kita pilih menu create meme now yang ada di bagian tengah layar
  4. Lalu pilih gambar yang ingin di jadikan meme
  5. Setelah itu tambahkan teks yang akan dipasang pada gambar meme (diatas dan bawah)
  6. Setelah kita selesai memasukan teks dan meme sudah jadi. Klik tombol generate meme yang ada dibawah kanan layar
  7. Setelah itu klik tombol save image as dan tentukan nama memenya agar meme bisa di download dan disimpan di galeri hp kita
  8. Selesai. Meme kita sudah jadi dan bisa di buka di perangkat kita secara offline
  9. Kita juga bisa membagikan meme yang telah kita buat dengan cara klik tombol share dengan beberapa panel media sosial pilihan seperti facebook, twitter dll.

Demikianlah penjelasan tentang apa itu Meme, tujuan dan kegunaan meme dan cara membuat meme lucu di aplikasi android dan situs online.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas tentunya kini kita tak bingung lagi untuk membuat meme lucu. Dan bisa membagikan meme secara langsung di media sosial sehingga orang yang melihat meme kita tertawa terbahak-bahak karena kelucuannya.





You may also like