Home » Software » 5 Cara Cek Saldo BRI : Via SMS, Aplikasi HP, Online dan ATM

5 Cara Cek Saldo BRI : Via SMS, Aplikasi HP, Online dan ATM

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Semenjak didirikannya Bank di Indonesia tahun 50’an. Membuat masyarakat memiliki pilihan alternatif dalam hal penyimpanan uang tabungan. Dimana di era sebelumnya masyarakat tradisional masih menggunakan celengan sebagai media untuk menyimpan uang tabungan.

Terlebih setelah diperkenalkannya sistem transaksi perbankan melalui mesin ATM tahun 80’an. Hal itu membuat semakin meningkatnya jumlah nasabah Bank di Indonesia karena kemudahan dan kecepatan proses transaksi perbankan di mesin ATM.

Bila sebelumnya pengguna harus mengantri berjam-jam di loket Bank untuk melakukan transaksi perbankan. Namun dengan kehadiran mesin ATM, para nasabah cukup memasukan kartu ATM ke mesin ATM yang sudah tersedia di Bank dan beberapa pusat keramaian seperti (Pasar, Mall, Minimarket) dll. Lalu proses transaksi pun bisa selesai dalam hitungan menit.

Lalu dengan semakin majunya teknologi internet membuat dunia perbankan juga ikut memanfaatkan teknologi internet untuk melayani para nasabah. Salah satu fitur layanan yang dibuat oleh Bank menggunakan teknologi internet adalah layanan internet banking.

Internet Banking sendiri baru masuk dan diterapkan di Indonesia pada tahun 2001. Dan Bank pertama yang memperkenalkan layanan internet banking adalah BCA melalui layanan situs Klik BCA. Yang kemudian diikuti oleh bank lainnya karena kecanggihan fiturnya.

Dengan menggunakan internet banking para nasabah bisa melakukan transaksi perbankan secara online tanpa harus pergi ke mesin ATM atau ke kantor cabang bank terdekat. Adapun pada kali ini kami akan menjelaskan salah satu fitur dari layanan internet banking yaitu cek saldo di Bank BRI.

Lalu Apa itu BRI (Bank Rakyat Indonesia?
PT. Bank Rakyat Indonesia adalah salah satu perusahaan perbankan milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Bank ini didirikan oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja di purwokerto pada 16 Desember 1895.

Setelah kita mengetahui apa itu Bank BRI. Lalu bagaimana sejarah terciptanya Bank BRI hingga bisa sepopuler dan di gunakan oleh jutaan nasabah di seluruh Indonesia seperti sekarang?

Sejarah BRI (Bank Rakyat Indonesia)

  1. Pada 16 Desember 1895 BRI didirikan oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama awal Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto. Sebuah Lembaga Keuangan yang khusus melayani orang-orang Berkebangsaan Indonesia (pribumi)
  2. Pada tahun 1946 paska kemerdekaan, BRI di tetapkan sebagai Bank milik Pemerintah pertama di Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah No.1 tahun 1946 Pasal 1
  3. Pada tahun 1960 Melalui PERPU No.41 tahun 1960 di bentuklah BKTN (Bank Koperasi Tani dan Nelayan) yang merupakan Peleburan dari Bank Tani nelayan, BRI dan NHM (Nederlandsche Maatschappjj)
  4. Pada tahun 1992 Status BRI berubah menjadi Perseroan Terbatas berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 21 Tahun 1992 dimana diawal kepemilikan masih milik pemerintah 100%. Barulah pada tahun 2003 Pemerintah Indonesia melepas 30 % saham ke publik dan mengubah nama resmi menjadi PT. Bank Rakyat Indonesia (persero)Tbk. Yang bertahan hingga kini
  5. Pada tahun 2019 BRI mengakuisisi Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur (BRINS) sebagai bagian dari rencana perusahaan untuk masuk ke bisnis asuransi umum

Setelah kita mengetahui bagaimana sejarah BRI (Bank Rakyat Indonesia) tercipta hingga bisa sepopuler sekarang. Lalu apa keuntungan bila kita menjadi nasabah BRI di bandingkan menjadi nasabah lain?

Keuntungan Menjadi Nasabah BRI (BritAma)

  1. Biaya Buka Rekening Murah. Bila kita ingin membuka rekening tabungan di BRI (BritAma) maka cukup dengan uang Rp. 250.000 kita pun sudah terdaftar menjadi nasabah BRI dan bisa menggunakan semua fasilitas perbankan yang ada seperti Kartu ATM, Buku Rekening, Internet Banking dll
  2. Asuransi Kecelakaan. Dengan minimal saldo yang mengendap sebesar Rp. 500.000 kita sudah otomatis akan mendapatkan asuransi kecelakaan sebesar 250 persen dari jumlah saldo akhir atau maksimal sebesar Rp 250 juta
  3. Kartu Debit. Dengan kita menyimpan dana menggunakan tabungan BRI, maka kita akan mendapatkan kartu Debit di seluruh jaringan ATM BRI, ATM Bersama, ATM Prima, ATM Link, Cirrus, dan Maestro. Baik di dalam dan luar negeri. Sehingga Kartu ATM dapat di gunakan di banyak mesin ATM
  4. Real Time Online. BRI merupakan Institusi milik pemerintah yang memiliki Infrastruktur yang kuat. Dengan 10 ribu unit kerja (Outlet Real Time Online), 22 ribu mesin ATM dan jumlah jaringan Bank BRI yang luas membuat para nasabah mendapatkan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi perbankan
  5. Fasilitas E-Banking.  BRI juga menyediakan layanan E-Banking sehingga memberikan kemudahan dalam transaksi perbankan bagi para nasabah BRI. Adapun salah satu layanannya adalah mobile banking (BRImo) yang bisa diakses nasabah melalui telepon seluler atau smartphone. Sehingga para nasabah tak perlu lagi datang ke Bank atau mesin ATM untuk melakukan transaksi perbankan
  6. Transfer Otomatis. Setiap Nasabah BRI dapat langsung melakukan transfer dana dari tabungan BritAma dengan memanfaatkan fasilitas transaksi otomatis seperti Account sweep, Automatic Grab Fund (AGF), dan Automatic Fund Transfer (ATF)
  7. Mendapatkan Promo. Para nasabah BRI juga bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan promo-promo menarik di merchant yang telah bekerja sama dengan Bank BRI

Setelah kita mengetahui keuntungan dan apa saja yang bisa kita gunakan pada fitur layanan Bank BRI. Pada kali ini kami akan membahas tentang salah satu fitur di Bank BRI yaitu Cek Saldo.

Sebelumnya bila kita ingin mengecek saldo tabungan di Bank kita harus datang ke mesin ATM lalu setelah kartu ATM di masukan barulah kita mengetahui sisa saldo kita berapa. Padahal untuk mengecek jumlah saldo di Bank BRI ada beberapa cara seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini.

5 Cara Cek Saldo di Bank BRI

1.Melalui Layanan SMS Banking

Cara Pertama agar kita mengetahui berapa sisa saldo rekening kita di tabungan BRI adalah melalui fitur SMS Banking. Namun untuk menggunakan fitur layanan ini para nasabah harus mendaftarkan nomor ponsel pada saat pertama kali membuka rekening tabungan BRI. Atau bisa juga mendatangi customer service di kantor cabang BRI dengan membawa berkas identitas beserta nomer ponsel nasabah.

Setelah nomor ponsel terhubung dengan akun rekening.  Barulah kita bisa menggunakan fasiltas dari layanan sms banking seperti cek saldo, transfer uang, beli pulsa, pembayaran tagihan dll. Adapun cara cek saldo menggunakan layanan sms banking pada Bank BRI akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Cara Cek Saldo BRI Melalui SMS Banking

  1. Pertama-tama kita Buka menu Pesan di HP kita
  2. Kemudian kita Pilih Menu Tulis Pesan
  3. Lalu Ketikan teks berikut saldo<spasi>pin ATM dan Kirim pesan tersebut ke nomor 3333. Contoh : saldo 12345 Kirim ke 3333
  4. Setelah itu kita akan mendapatkan sms balasan dari pihak BRI berupa jumlah saldo yang tersisa pada rekening tabungan BRI kita.
  5. Perhatikan pula sebelum kita mengirim pesan ke pihak BRI. Pastikan pulsa biasa kita mencukupi untuk kirim sms

2. Menggunakan Aplikasi BRI Mobile

Pada saat pertama kali kita membuka rekening tabungan baru di Bank BRI, biasanya sang customer service juga akan memberikan layanan mobile banking pada nasabah dengan memasukan beberapa identitas diri nasabah beserta registrasi dan aktivasi BRI Mobile. Adapun cara aktivasi BRI Mobile akan kami jelaskan seperti di abawah ini.

Cara Aktivasi BRI Mobile

  1. Pertama-tama kita Menuju Mesin ATM BRI terdekat dan Masukan Kartu ATM BRI ke Mesin ATM BRI
  2. Setelah Kartu ATM Masuk kita Masukan Pin Atm
  3. Setelah itu kita Pilih Menu Transaksi Lain dan Lanjut tekan Menu Pilihan lainnya
  4. Kemudian kita Pilih Menu Registrasi dan Pilih Mobile Banking
  5. Lalu kita Masukan Nomer Ponsel yang aktif
  6. Setelah itu kita Buat Pin Baru Mobile Banking dengan jumlah 6 Digit
  7. Selesai. Mesin ATM pun mengeluarkan Struk Registrasi mobile banking yang telah berhasil dibuat dan customer service Bank BRI akan melanjutkan proses registrasi finansial

Nantinya untuk menggunakan layanan mobile banking nasabah harus mendownload aplikasi BRI Mobile di Playstore atau App Store. Sehingga HP nasabah terpasang aplikasi dan dapat menggunakan layanan mobile banking melalui HP seperti cek saldo, transfer uang, beli pulsa, pembayaran tagihan dll. Adapun cara cek saldo menggunakan Aplikasi BRI Mobile akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Cara Cek Saldo BRI Melalui Aplikasi BRI Mobile

  1. Pertama-tama kita Buka Aplikasi BRI Mobile di HP kita
  2. Kemudian Pilih Mobile Banking BRI
  3. Setelah itu Kita Pilih Menu Info
  4. Lalu Pilih Menu Info Saldo
  5. Masukan Pin Mobile Banking yang sebelumnya di registrasi
  6. Lalu Muncul Notifikasi Mobile Banking BRI akan melakukan transaksi melalui SMS. Kemudian kita Pilih OK jika setuju
  7. Selesai. Info sisa saldo kita di rekening BRI pun akan di tampilkan di kotak masuk SMS HP kita

3. Menggunakan Internet Banking BRI

Cara Ketiga agar kita bisa mengecek saldo rekening di tabungan BRI adalah melalui layanan Internet Banking BRI. Kelebihan layanan ini adalah kita tak perlu menginstal aplikasi BRI karena cukup buka link situs BRI di peramban browser HP atau laptop kita. Nantinya kita harus memasukan User ID dan Password akun internet banking yang telah dibuat. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Cara Cek Saldo BRI Melalui Internet Banking

  1. Pertama-tama kita Buka Situs https://ib.bri.co.id/ib-bri/ di browser Hp atau laptop kita (Chrome)
  2. Kemudian kita Login dengan User ID dan Password yang telah kita buat saat proses aktivasi akun Internet banking
  3. Setelah Login kita akan masuk Ke halaman Homepage situs BRI. Kemudian kita Pilih Menu Informasi Rekening untuk Cek Saldo
  4. Selesai. Sisa saldo kita pun dapat diketahui
  5. Setelah menggunakan layanan internet banking jangan lupa Klik tombol Logout agar akun internet banking kita tidak diretas oleh orang lain.

4. Menggunakan Mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri)

Cara Keempat untuk cek sisa saldo di rekening tabungan BRI kita adalah melalui mesin ATM. Cara ini adalah cara yang biasa digunakan nasabah bila selesai melakukan proses transfer dan tarik tunai di mesin ATM. 

Dengan cukup mengikuti intruksi yang ada tentu cara ini cukup mudah digunakan. Namun agar cek saldo tidak dikenakan biaya admin maka kita harus menggunakan ATM BRI bukan ATM lain. Adapun cara cek saldo dimesin ATM akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Cara Cek Saldo BRI Melalui Mesin ATM

  1. Pertama-tama kita Pergi ke Mesin ATM BRI terdekat dan jangan lupa bawa kartu ATM BRI milik kita
  2. Kemudian Masukan Kartu ATM ke Slot kecil di mesin ATM yang ada di sebelah kanan
  3. Setelah kartu ATM Masuk kita Ketikan 6 Digit Pin ATM kita
  4. Setelah kita berhasil masuk ke Menu Utama kita Pilih Menu Informasi Rekening
  5. Lalu kita Pilih Menu Cek Saldo Tabungan
  6. Selesai. Sisa saldo di rekening tabungan BRI kita pun muncul di layar mesin ATM
  7. Setelah Sisa saldo BRI diketahui kita bisa Mencetak Jumlah Saldo menggunakan struk yang ada
  8. Setelah selesai kita Pilih Tombol Cancel di mesin ATM untuk menyelesaikan proses transaksi dan kartu ATM kita pun keluar secara otomatis dari mesin ATM

5. Mendatangi Kantor Cabang BRI Terdekat

Cara terakhir untuk mengecek sisa saldo di rekening tabungan BRI milik kita adalah dengan mendatangi langsung kantor cabang BRI di sekitar tempat tinggal kita. Hal ini biasa dilakukan bila seseorang selesai melakukan proses tarik dan setor tunai melalui teller dan customer service di kantor BRI.

Namun untuk menggunakan cara ini kita harus mengambil nomor antrian sehingga prosesnya lebih lama dari cara yang diatas. Walau begitu cara ini tetap sering dilakukan terutama bagi orang yang masih awam tentang teknologi. Adapun caranya seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara Cek Saldo BRI dengan Mendatangi Kantor Cabang BRI Terdekat

  1. Pertama-tama kita Pergi menuju Kantor Cabang Bank BRI terdekat dan jangan lupa membawa Kartu ATM BRI, Buku Tabungan BRI dan Identitas diri (KTP)
  2. Setelah sampai kita Masuk ke Kantor cabang BRI dan mengambil nomor antrian yang telah tersedia di depan loket
  3. Setelah lama menunggu nomor antrian kita pun di panggil dan kita menuju customer service yang memanggil nomer antrian kita
  4. Setelah itu kita sampaikan apa keperluan kita. Lalu customer service meminta nomor rekening kita dan nantinya customer service mencocokan data rekening kita. Setelah data rekening terlihat jumlah saldo pun akan diketahui dan bisa di print
  5. Selesai. Kini jumlah sisa saldo kita di rekening BRI pun telah diketahui

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu Bank BRI, Sejarah Bank BRI Tercipta hingga bisa menjadi sepopuler sekarang, Keuntungan Menjadi Nasabah BRI dan 5 Cara Cek saldo Rekening BRI. Melalui SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, Mesin ATM dan datang langsung ke kantor cabang Bank BRI.

Dengan membaca penjelasan diatas tentunya kini kita mengenal lebih jauh tentang Bank BRI. Selain itu kita tak akan kebingungan lagi bila harus mengecek sisa saldo di rekening tabungan BRI kita karena banyaknya pilihan yang tersedia.

Dengan banyaknya keuntungan yang di miliki nasabah BRI tentunya kita tertarik untuk menjadi nasabah BRI. Selain itu dengan kemudahan pada fitur layanan yang ada membuat kita bisa mengecek sisa saldo dengan cepat. Hal itu sangat membantu khususnya bagi nasabah Bank BRI yang selama ini masih belum melek tekhnologi.





You may also like