Home » Software » 7 Aplikasi Alkitab Terlengkap dan Terbaik

7 Aplikasi Alkitab Terlengkap dan Terbaik

by gilfen
by gilfen

Arus informasi dan teknologi digital yang kian pesat saat ini memberikan kemudahan dalam melakukan berbagai aktivitas manusia. Banyak hal yang diotomatisasi, banyak hal pula yang didigitalisasi. Kegiatan pembelajaran, bisnis, komunikasi, hingga dalam beribadah pun terbantu dengan hadirnya teknologi internet dan digital ini.  

Sebagai umat beragama, tentunya tidak lepas dari kitab suci. Firman Tuhan menjadi pedoman dalam menjalani kehidupan. Untuk membaca ayat-ayat dalam Alkitab, sekarang ini bisa hanya melalui smartphone. Sudah banyak aplikasi Alkitab dan kidung yang bisa diunduh, sehingga bisa membaca ayat-ayat-Nya kapan pun dan di mana pun.

Di bawah ini rekomendasi 7 aplikasi Alkitab lengkap dan gratis yang bisa menjadi pilihan:

1.   Alkitab (SABDA)

Aplikasi Alkitab SABDA
Aplikasi Alkitab SABDA

Aplikasi yang pertama ada aplikasi Alkitab dari SABDA yang berisi Alkitab serta Kidung Jemaat. Aplikasi ini tersedia untuk PC dan juga terdapat pula untuk diunduh di smartphone Android.

Aplikasi Alkitab SABDA ini memiliki kelebihan dalam fiturnya yaitu berupa terjemahan dalam beragam bahasa. Tentunya termasuk Bahasa Indonesia modern dan kuno, bahasa daerah/suku, dan juga dalam bahasa asli Alkitab serta bahasa-bahasa lainnya.

Dengan aplikasi ini, pengguna juga bisa membuat catatan pribadi pada ayat-ayat tertentu sesuai pilihan pengguna. Terdapat akses pada renungan harian, juga lengkap dengan buku-buku kidung lagu rohani. Sebagian besar isi kidung yang diambil dari kidung jemaat gereja protestan.

2.   Alkitab & Kidung (KJ, PKJ, NKB)

Aplikasi Alkitab & Kidung (KJ, PKJ, NKB)
Aplikasi Alkitab & Kidung (KJ, PKJ, NKB)

Sebuah aplikasi Alkitab yang ringan dengan ukuran 11 MB saja dapat menjadi pilihan untuk diunduh pada smartphone Android, yaitu aplikasi Alkitab & Kidung (KJ, PKJ, NKB). Aplikasi dari Rilix Technology ini berisi ayat-ayat dan kidung jemaat yang lengkap serta merupakan keluaran langsung dari Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS).

Aplikasi Alkitab dan kidung yang sudah diunduh oleh lebih dari 500 ribu pengguna ini memiliki desain dan tampilan yang sederhana. Meski demikian enak dilihat, mudah digunakan, serta sangat mudah dalam mengakses ayat-ayat pada Alkitab. Pengguna baru sekalipun tidak akan kesulitan dengan aplikasi ini.

3.   Alkitab (Yuku)

Aplikasi Alkitab YUKU
Aplikasi Alkitab YUKU

Aplikasi Alkitab yang dirilis oleh YUKU ini merupakan Alkitab Kristen Protestan. Aplikasinya dihadirkan dalam versi yang bermacam-macam, memiliki fitur lengkap, dan dapat diunduh secara gratis oleh pengguna smartphone Android. 

Terdapat terjemahan Alkitab dengan lebih dari 300 bahasa. Di antaranya Bahasa Indonesia, beberapa bahasa daerah atau suku, berbagai bahasa asing, juga bahasa asli Alkitab yakni bahasa Yunani dan Ibrani.

Dalam aplikasi Alkitab dari YUKU ini dapat pula ditemukan fitur history yang menyimpan ayat-ayat terakhir yang dibaca oleh penggunanya. Serta aplikasinya dapat dibuka secara offline, sehingga pengguna tetap dapat membaca Alkitab meski berada di tempat dengan sinyal yang minim.

4.   Alkitab TSI

Aplikasi Alkitab TSI
Aplikasi Alkitab TSI

Aplikasi Alkitab selanjutnya adalah aplikasi Alkitab TSI yang dibangun oleh Global Bible Apps (Faith Comes By Hearing / FCBH). Dengan aplikasi gratis ini, pengguna dapat membaca, mendengarkan, dan merenungkan ayat-ayat alkitab dalam Bahasa Indonesia setiap hari. Penggunaannya pun cukup mudah, untuk mendengarkan audio cukup dengan mengetuk ayat yang ingin didengarkan.

Fitur-fitur menarik lainnya dari aplikasi Alkitab TSI antara lain:

  • Dapat menandai dan menyorot ayat-ayat favorit
  • Dapat menambahkan serta mencari kata-kata dalam Alkitab
  • Terdapat pengingat harian dan ayat harian
  • Bisa membuat wallpaper ayat Alkitab yang bagus dan indah menggunakan ayat-ayat favorit yang dilengkapi foto latar belakang yang menarik, dan kemudian dapat dibagikan di media sosial.

5.   Alkitab (Gulbers)

Aplikasi Alkitab Gulbers
Aplikasi Alkitab Gulbers

Aplikasi Alkitab yang satu ini sudah diunduh lebih dari satu juta kali. Gulbers sebagai developer pembuat aplikasi ini memang tidak tanggung-tanggung dalam mengembangkannya. Sehingga aplikasi Alkitab Gulbers sangat cocok berada dalam deretan aplikasi yang diunduh pada smartphone, untuk memudahkan dalam merenungkan ayat-ayat Alkitab setiap waktu.

Pada aplikasi Alkitab Gulbers, terdapat lebih dari 1000 versi Alkitab. Dilengkapi juga dengan terjemahan ratusan bahasa, termasuk Bahasa Indonesia di dalamnya. Kidung jemaat serta lagu-lagu rohani pun tidak ketinggalan terdapat di aplikasi ini.

Ada pula fitur untuk menambahkan catatan pribadi yang bisa dibuat pada ayat-ayat tertentu. Lalu renungan tersedia dalam lebih dari 40 bahasa. Dapat juga menambahkan gambar ayat, serta fitur-fitur lain.

Semua fitur ini dapat dinikmati oleh pengguna secara gratis.

6.   Alkitab Bible.is

Aplikasi Alkitab Bible.is
Aplikasi Alkitab Bible.is

Aplikasi Alkitab Bible.is mengklaim menjadi salah satu sarana yang dapat membuat penggunanya menemukan cara baru dalam berinteraksi dengan firman Tuhan. Telah diunduh lebih dari 5 juta kali di Play Store, menunjukkan bahwa aplikasi ini cukup populer. 

Pengguna aplikasi Alkitab Bible.is memiliki kebebasan untuk mengakses Alkitab yang mendukung lebih dari 1.300 bahasa. Setiap bulannya selalu ditambahkan bahasa baru. Secara otomatis aplikasi ini menyesuaikan teks dengan bahasa yang digunakan pada smartphone. 

Terdapat fitur-fitur lainnya seperti dapat mencari kata-kata kunci, nama buku, serta ayat-ayat tertentu. Dapat pula menandai, memberi sorotan, serta menambahkan catatan guna menghafal dan mengilhami kitab suci. Dan masih banyak lagi fitur-fitur menarik yang bisa dinikmati penggunanya. 

7.   Alkitabku: Alkitab & Renungan

Aplikasi Alkitabku
Aplikasi Alkitabku

Aplikasi Alkitabku: Alkitab & Renungan ini dikembangkan oleh Icon Media Software. Dengan ukuran aplikasi 14,37 MB, namun memiliki keragaman fitur yang sangat bermanfaat. 

Alkitabku merupakan aplikasi Alkitab Indonesia yang memiliki fitur-fitur seperti Alkitab offline, bookmark dan share ke media sosial, renungan harian, KJ, PKJ, NKB dalam lirik maupun MIDI, serta widget ayat Alkitab harian. 

Aplikasi Alkitab ini juga tersedia dalam beberapa versi di antaranya:

  • Alkitab Indonesia terjemahan baru
  • Alkitab Indonesia sehari-hari
  • King James version
  • American Standard version,
  • World English version,
  • dan lain-lain lagi.

You may also like