Home » Software » DBMS » Mysql » Macam Macam Query Mysql di Dalam Database

Macam Macam Query Mysql di Dalam Database

by Elang Hendy Subrata
by Elang Hendy Subrata

Berbicara mengenai MySQL, maka hal tersebut sangat berhubungan dengan sebuah bahasa pemrograman dan database. MySQL merupakan sebuah pengatur dalam membuat sebuah database untuk suat program. Dengan adanya sebuah MySQL, pengelolaan database akan jauh lebih mudah.

MySQL sendiri sangat dikenal untu orang-orang yang berkecimpung di dunia telekomunikasi dan informasi. Pada dasarnya, MYSQL adalah salah satu cara yang mumpuni untuk menerapkan sistem manajemen basis data untuk ruang yang lebih mini. Tentunya kelebihan dan kekurangan Mysql Server akan selalu menjadi pertimbangan dari programmer apakah akan menggunakan MySQL atau tidak. namun, untuk jika untuk sistem yang sederhana, MySQL ini sangat cocok dipakai.

Nah, di dalam sebuah MySQL, terdapat sebuah query untuk dapat mengatur database seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Query MySQL merupakan sebuah perintah atau juga instruksi agar dapat mengatur database yang ada di dalam MySQL. Query sendiri sering disebut sebagai SQL. SQL adalah kepanjangan dari Structured Query Language yang memiliki tugas untuk dapat mengakses data di dalam basis data.

Di dalam query MySQL ini, ada berbagai macam-macamnya, untuk dapat mengetahuinya, berikut ulasannya.

Macam-macam query SQL

Pada dasarnya SQL memiliki tiga komponen penting untuk dapat memaparkan, memanipulasi dan juga sebagai pengatur data di dalam sebuah database. Komponen-komponen itu di antara lain adalah sebagai berikut.

Data Definisi Language (DDL)

DDL adalah suatu perintah atau bahasa di dalam SQL yang memiliki tugas agar dapat memaparkan sebuah data. Contohnya saja seperti menulis, menghapus dan juga mengontrol atau mengubah suatu data. Perintah-perintahnya antara lain:

  • CREATE

Fungsi CREATE dipakai untuk membuat sebuah data di dalam database, membuat sebuah tabel, view, dan dapat membuat sebuah Index. Membuat tabel merupakan tindakan untuk membuat database dalam bentuk tabel. Membuat view adalah salah satu bentuk alternatif di dalam penyajian sebuah data. Selain itu, data juga dapat disederhanakan untuk dapat memudahkan para user. Terakhir membuat indeks merupakan sebuah metode yang memiliki fungsi untuk membuat sebuah index.

  • DROP

Fungsi DROP di dalam sebuah SQL bukan berarti “turun”. Fungsi DROP di dalam sebuah SQL merupakan sebuah perintah yang dipakai agar dapat menghapus berbagai data-data yang telah di simpan pada bagian database. Fungsi DROP ini memiliki tiga jenis. Pertama adalah Drop tabel. Drop tabel ini dipakai untuk menghapus sebuah tabel. Kedua adalah Drop View. Drop View berfungsi untuk menghapus data view yang telah dilihat. Terakhir adalah Drop Index. Drop index berfungsi untuk menghapus bagian index di dalam SQL.

  • ALTER

Berikutnya yang terakhir adalah fungsi ALTER. ALTER ini digunakan untuk dapat mengubah atribut pada suatu tabel di dalam SQL.

Data Maniputation Language (DML)

Bagian kedua adalah Data Maniputation Language atau disingkat DML. Pada tipe Query ini, ada empat fungsi yang digunakan. Antara lain:

  • INSERT

Fungsi INSERT merupakan sebuah fungsi yang memiliki tugas untuk menambahkan atau memasukan nilai pada bagian tabel di dalam SQL.

  • UPDATE

Fungsi berikutnya adalah UPDATE. Fungsi dari UPDATE ini adalah bertugas untuk mengubah suatu nilai atau pun data yaga ada di dalam suatu kolom.

  • DELETE

Berikutnya adalah fungsi DELETE. Pada bagian fungsi DELETE ini, tugas yang dapat dilakukan adalah menghapus sebuah data atau juga nilai yang ada di dalam suatu kolom di tabel tertentu saja.

  • SELECT

Bagian terakhir adalah SELECT. Fungsi SELECT ini merupakan sebuah perintah yang dipakai agar dapat menyajikan berbagai nilai maupun data yang ditunjukan.

Data Control Language (DCL)

Komponen terakhir dari Query MYSQL adalah DCL atau jika diuraikan merupakan Data Control Language. Pada DCL terdapat dua fungsi yang digunakan, dua fungsi tersebut antara lain.

  • GRANT

Fungsi yang pertama adalah GRANT. Fungsi yang satu ini memiliki fungsi agar dapat memberikan izin akses untuk user. \

  • REVOKE

Fungsi yang terakhir adalah REVOKE. Fungsi ini merupakan kebalikan dari REVOKE. Tugas dari REVOKE ini adalah dapat mencabut sebuah izin akses untuk user.

Itulah macam-macam quaery MySQL di dalam database. Query tersebut merupakan perintah standar yang ada di dalam sebuah database agar dapat stabil dan berjalan dengan baik. Tentunya buat kamu yang ingin menjadi seorang programmer wajib hukumnya untuk mengetahui hal tersebut.

You may also like