Home » Jaringan Komputer » Internet » Inilah 5 Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan CMD

Inilah 5 Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan CMD

by Elang Hendy Subrata

Penggunaan komputer dengan internet seperti dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Hal tersebut juga tidak terlepas dari perkembangan jaringan komputer. Dengan semakin majunya perkembangan internet dan komputer membuat berbagai bidang mengalami perubahan. Contohnya saja di dunia pendidikan. Saat ini ujian sekolah lebih banyak menggunakan komputer dan jaringan internet sebagai media untuk melaksanakan ujian.  

Dari contoh tersebut telah membuktikan bahwa perkembangan komputer dan jaringan internet telah memberikan banyak dampak yang signifikan. Akan tetapi, meskipun jaringan internet sudah dianggap sebagai kebutuhan pokok manusia, nyatanya masih ada beberapa daerah yang kecepatan internetnya lambat. Hal tersebut memang banyak faktor yang menjadi pemicunya.

Namun, kamu tidak perlu kahawatir mendapatkan kecepatan internet yang lambat. Sebab, sebenarnya ada rahasia agar kecepatan internet bisa ditingkatkan lagi. Rahasia tersebut ada di Command Prompt. Fungsi Command Prompt pada umumnya adalah sebagai program komputer untuk cek aktivasi windows, jcek jaringan internet, dan mengetahui aktivitas yang ada di dalam komputer maupun laptop.

Akan tetapi, ternyata dengan menggunakan perintah-perintah khusus, kamu dapat menaikan kecepatan internet menjadi lebih lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Untuk tahapan-tahapannya, bisa disimak berikut ini.

1.Buka Command Prompt

Untuk dapat membuka Command prompt, ada dua cara yang bisa dilakukan. Cara pertama menggunakan kotak “search” dan yang kedua menggunakan “Run”. Untuk menggunakan fitur “search”, kamu tinggal buka Menu, setelah itu kamu bisa melihat kotak “Serach” dan ketik “CMD” lalu enter atau klik ikon kaca pembesar. Setelah itu kamu akan diarahkan ke program CMD lalu kliklah CMD tersebut.

Untuk versi program “Run”, caranya pun cukup mudah. Pertama bukalah menu terlebih dahulu. Setelah itu carilah program dengan nama “Run”. Setelah menemukannya, kamu akan arahkan ke halaman “Run”. Masukan kata kunci “CMD” dan kamu akan dapat langsung membuka program Command Prompt.

2.Cek kecepatan internet

Pertama-tama saat membuka Command Prompt adalah cek terlebih dahulu kecepatan internet yang berhasil dicapai oleh komputer atau laptop. untuk mengetahuinya caranya adalah dengan mengetik perintah “ipconfig/all” di dalam Command Prompt lalu tekan enter. Nantinya kamu akan menemukan berbagai macam informasi yang berhubungan dengan jaringan yang digunakan. Pada bagian ini lihatlah pada “Default gateway”. Di bagian tersebut adalah alamat IP yang harus kamu catat.

Setelah kamu mencatat alamat IP-nya, selanjutnya adalah ketik kembali “ping” lalu diikuti alamat IP dan diakhiri “-t”. Contohnya seperti ini “ping (spasi) alamat IP (spasi)-t”. Setelah itu, kamu akan melihat berbagai periode waktu dari paket yang dierima. Perhhatikanlah pada bagian “time”. Semakin berkurang “time”-nya maka semakin cepat internet yang diterima.

3.Melepas alamat IP yang dibatasi

Pada saat ada perangkat melakukan koneksi ke sebuah internet, maka biasanya ada bagian alamat IP yang dibatasi untuk perangkat tersebut. Pada umumnya kecepatan akan diberikan batas untuk IP yang telah digunakan. Oleh sebab itu, pada bagian ini kita akan mengganti alamat IP lama dengan alamat IP baru. Cara untuk mengubahnya cukup dengan ketik “ipconfig/renew”. Setelah itu, tunggulah sebentar sampai proses selesai.

4.Hapus bagian DNS

Pada dasarnya, sebagian sistem operasi serta DNS akan secara otomatis bertindak untuk menyimpan alamat IP serta penelusuran DNS. Hal tersebut bisa terjadi agar panggilan pada nama host yang mirip dapat dilakukan lebih cepat. Maka dari itu, kamu harus membersihkan hasil-hasil simpanan tadi agar koneksi dengan bagian server yang diinginkan dapat terjalin dengan baik.

Apabila tidak dibersihkan, maka koneksi internet bisa menjadi lambat kembali. Cara untuk membersihkannya adalah dengan mengetik “ipconfig/flushdns”. Tunggulah beberapa saat sampai muncul kalimat “Successfully flushed……”. Setelah kalimat tersebut berhasil muncul, maka cara tadi sudah berhasil.

5.Gunakan Netsh

Pada bagian terakhir adalah menggunakan Netsh. Pada nets ini ada dua macam perintah yang bisa dilakukan. Perintah pertama adalah dengan menggunakan “netsh interface tcp set global autotuning=disable” dan kedua tinggal mengganti bagian “set global autotuning-disable” menjadi “ set heuristics disabled”. Kamu boleh menggunakan cara yang mana saja dari kedua perintah tersebut. Setelah kamu menggunakan kata perintah tersebut, tunggulah sampai muncul kata “OK”. Jika kata “OK” sudah muncul, maka perintah sudah berhasil.

Selanjutnya adalah mengecek lagi koneksi pada bagian default gateway. Caranya adalah kembali mengetik “ping” jika semua metode tadi berhasil dijalankan dengan benar maka koneksi internet akan berubah menjadi lebih cepat.

Pada umumnya Command Prompt memiliki banyak keunggulan yang tidak terlihat oleh beberapa pengguna komputer maupun laptop. contohnya seperti cara menghapus virus dengan CMD. Oleh sebab itu, kita harus lebih mempelajari komputer atau laptop melalui program Command Prompt atau CMD ini. semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan lebih pada anda dan kia semua.

You may also like