Cara Agar WA Tidak Bisa Diblokir Paling Mudah Dilakukan

Penggunaan Whatsapp sebagai alat aplikasi berkirim pesan kini telah menjadi kebutuhan para pengguna smartphone. Keunggulan Whatsapp dibanding dengan aplikasi yang lain telah terbukti. Dengan bobot aplikasi yang ringan, Whatsapp tidak membutuhkan lama loading untuk menggunakannya. Selain itu, pengguna Whatsapp semakin menyeluruh ke seluruh penjuru negeri. Ini karena Whatsapp bisa bekerja hanya dengan sinyal yang minimal. Bahkan banyak pengguna menyambungkan Whatsapp dengan laptop. Sehingga berkirim pesan lebih mudah.

ads

Whatsapp kini dilengkapi dengan fitur story atau status yang bertahan selama 24 jam, layaknya instagram. Anda bias berbagi cerita tentang kegiatan atau hal-hal yang ingin anda share berupa tulisan, gambar, bahkan video. Unggulnya, dengan fitur tambahan ini, Whatsapp masih memiliki bobot yang ringan. Selain itu, cara mendaftar Whatsapp di handphone baru juga lumayan mudah.

Dengan kelengkapan fitur seperti sekarang ini (kemungkinan juga akan terus berkembang), Whatsapp telah menjadi media sosial layaknya aplikasi lain seperti instagram, facebook, dan sebagainya. Walaupun fungsi utama aplikasi ini adalah bertukar pesan, tapi kini anda bisa mengkomentari status dari teman anda.

Sebagai media sosial, Whatsapp menggunakan nomor telpon sebagai ID pengguna. Karena aplikasi ini adalah aplikasi untuk berkomunikasi, maka Whatsapp dilengkapi dengan pengaturan privasi layaknya aplikasi yang lain. Pengaturan privasi memungkinkan kita mengatur siapa saja yang bisa berkomunikasi dengan kita. Selain itu, anda juga bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat story atau status WA kita.

Pembatasan privasi biasanya terjadi dengan seseorang yang sedang menghindari orang lain. Ada banyak alasan seseorang menghindari orang-orang tertentu dalam hidupnya. Tentu saja alasan-alasan tersebut bukanlah alasan yang menyenangkan. Meskipun undang-undang komunikasi elektronik telah berlaku, namun hubungan antar manusia masih tetap sama. Ada yang bermusuhan, ada yang menyukai, ada banyak pula yang mengabaikan.

Untuk menghindari orang-orang yang tidak menyamankan, biasanya seorang pengguna Whatsapp melakukan blokir pada orang-orang tersebut. Tujuannya adalah supaya tidak ada lagi gangguan dari orang yang tidak diharapkan itu. Lalu bagaimana jika kita menjadi orang yang tidak diharapkan tersebut? Adakah cara agar WA tidak bisa diblokir? Sekarang coba ingat kembali apakah ada kemungkinan anda mungkin menjadi orang yang diblokir untuk seseorang? Jika anda memiliki hubungan yang tidak begitu baik dengan seseorang, ada baiknya anda mengecek apakah anda diblokir dari oleh orang tersebut? Berikut ini cara memeriksa apakah ada orang yang memblokir nomor Whatsapp kita :

  1. Periksa status Whatsappnya. Kalau biasanya orang itu aktif membuat status, dan beberapa lama kemudian anda tidak mendapati status-statusnya kembali, patut dicurigai bahwa orang tersebut telah memblokir anda. Namun, ini bukan satu-satunya hasil untuk memeriksa apakah anda diblokir atau tidak. Karena ada pengaturan tersendiri tentang privasi status pada Whatsapp.
  2. Profil picture yang tak pernah lagi update. Ini menjadi salah satu ciri bahwa nomor anda telah diblokir. Profil picture yang tidak pernah di update, bisa juga profil picture yang hanya berupa gambar abu-abu atau tidak ada.
  3. Last seen yang menunjukkan waktu yang sudah lama. Bisa saja last seen juga tidak terlihat oleh anda.
  4. Chat yang tidak pernah sampai. Ada kemungkinan jika anda mencoba mengirim pesan pada orang yang telah memblokir anda. Kemungkinan pertama, pesan anda hanya centang 1 yang artinya pesan anda tidak diterima oleh orang tersebut. Kemungkinan kedua, pesan anda telah centang dua tapi tidak berwarna biru dan tidak adan respon.
  5. Tidak bisa melakukan panggilan. Jika anda menelpon orang yang memblokir anda, tidak pernah diangkat. Ini karena di WA orang tersebut, panggilan anda tidak terlihat. Sayangnya ini anda tidak tahu karena pada saat memanggil, anda tetap terhubung ke nada sambung.

Diblokir adalah sesuatu yang pasti tidak diinginkan oleh siapapun. Namun, orang memblokir seseorang bukan tanpa alasan. Coba koreksi diri anda, apakah anda melakukan hal-hal yang memicu pemblokiran nomor WA anda seperti di bawah ini :

  1. Mengirim terlalu banyak pesan. Ini biasanya jika anda merupakan pengelola olshop. Bisa jadi untuk memasarkan barang dagangan anda, anda mengirim pesan setiap saat yang dianggap mengganggu bagi orang lain.
  2. Sering mengirim spam. Jika anda melakukan hal ini, pasti anda menjadi kandidat utama orang yang diblokir oleh beberapa orang. Spam bisa berupa broadcast yang sangat mengganggu teman-teman WA anda.
  3. Melanggar aturan Term of Servise. Bagaimana bentuk pelanggarannya? Bisa berupa iklan, spam, status yang melanggar aturan, dan sebagainya.
  4. Memiliki hubungan yang tidak begitu baik dengan seseorang. Banyak kasus pemblokiran terjadi diantara mantan kekasih. Selain itu, bisa jadi ada beberapa orang yang memang secara pribadi tidak nyaman dengan anda.

Adakah cara agar WA tidak bisa diblokir? Caranya masih sama dengan cara membuka Whatsapp yang diblokir teman. Yaitu dengan cara menghapus akun dan atau mengganti nomor WA anda.

Menghapus Akun

  1. Ketuk tiga titik di pojok kanan atas Whatsapp.
  2. Pilih Setelan/setting
  3. Klik Akun.
  4. Kemudian pilihlah HAPUS AKUN SAYA.
  5. Ikuti langkah-langkah selanjutnya hingga akun anda benar-benar terhapus. Ingat, sebelum menghapus akun anda, baiknya lakukanlah back up data dahulu, terutama simpanlah nomor orang yang telah memblokir anda.
  6. Setelah beres menghapus akun, hapus WA dari handphone anda.
  7. Restart smartphone anda.
  8. Download kembali aplikasi Whatsapp.
  9. Instal Whatsapp di handphone anda.
  10. Masukkan kembali nomor anda, back up data yang memungkinkan.
  11. Sekarang anda bisa memeriksa apakah tanda-tanda pemblokiran masih terjadi.

Selain menghapus akun anda, anda juga bisa mengganti nomor WA anda. Tapi konsekuensinya, teman-teman anda yang lain akan kehilangan nomor anda. Jika hanya ingin menghilangkan blokir, anda bisa mengembalikan nomor WA anda ke nomor semula setelah menggantinya dengan nomor yang lain.


Mengganti Nomor WA

  1. Masuk ke setelan akun seperti menghapus akun.
  2. Pilihlah GANTI NOMOR.
  3. Masukkan nomor lama, nomor baru, dan sebagainya.
  4. Tuntaskan perintah-perintah selanjutnya.
  5. Sekarang anda bebas blokir.

Jika kita menggunakan Whatsapp dengan bijaksana, sebenarnya anda tidak akan terblokir atau diblokir oleh orang lain. Kecuali memang anda memiliki hubungan yang tidak terlalu baik dengan seseorang. Memblokir atau tidak memang urusan pribadi. Namun alangkah baiknya jika kita bisa berkomunikasi dengan orang lain dengan normal. Hindari hal-hal berikut agar terhindar dari blokir :

  1. Mengirim banyak pesan, spam, iklan, dan sebagainya yang sifatnya mengganggu.
  2. Membuat grup dengan anggota yang tidak ada dalam kontak anda. Atau membuat grup yang anggotanya sebenarnya tidak menginginkannya. Otomatis akan ada banyak orang yang keluar grup WA dengan permanen.
  3. Berkata tidak pantas di grup, maupun di status WA.
  4. Bermusuhan dengan terang-terangan dengan orang tertentu.

Itulah beberapa hal yang bisa anda jadikan referensi cara agar WA tidak bisa diblokir. Semoga berhasil.

, ,