Home » Software » Sistem Operasi » Andoid » Cara Mengatasi Aplikasi Android Update Sendiri (Otomatis)

Cara Mengatasi Aplikasi Android Update Sendiri (Otomatis)

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Saat ini hampir semua orang memiliki gadget HP dengan sistem operasi Android. Di HP Android ini kita bisa menggunakan beberapa fitur aplikasinya seperti bermain game, video call, direct messages, bermain media sosial dan yang lainnya.

Selain memiliki aplikasi dan game bawaan dari pabriknya, HP android juga memiliki Aplikasi-aplikasi tambahan sebagai pendukung kebutuhan kita. Untuk mendapatkan aplikasi tambahan itu kita harus mendownload nya di market digital android seperti appstore dan google playstore. Ada yang gratis ada pula yang premium (berbayar).

Setelah kita download kita pun bisa memainkannya. Dan bila usia aplikasi atau game itu sudah lama maka kita bisa update aplikasinya melalui google playstore untuk mendapatkan fitur baru. Namun ada beberapa aplikasi yang justru tanpa kita sadari update sendiri (otomatis) sehingga menyedot kuota internet kita. Hal itu tentu tidak mengenakan terlebih bila aplikasi itu memiliki resource besar dan jumlahnya banyak. Untuk itu disini kami akan memberitahu cara mengatasi aplikasi android update sendiri (otomatis).

Apa itu Update Aplikasi?
Update aplikasi adalah sebuah fitur layanan aplikasi yang berfungsi untuk mendapatkan pembaruan data terbaru dan melakukan sinkronisasi dengan versi terbaru pada suatu aplikasi.

Setelah kita tahu apa itu update aplikasi, lalu apa manfaat melakukan update aplikasi di HP android kita?

Manfaat Update Aplikasi

  1. Mencoba fitur baru
    Dengan melakukan update kita bisa mendapatkan fitur baru pada aplikasi atau game seperti senjata baru (diamonds) pada game atau fitur tambahan pada aplikasi
  2. Peningkatan performa
    Dengan melakukan update kita bisa meningkatkan performa suatu game atau aplikasi seperti tampilan game yang lebih jernih atau aplikasi yang lebih cepat di akses saat digunakan
  3. Memperbaiki bug
    Saat kita menggunakan aplikasi atau memainkan game ada kalanya game dan aplikasi tersebut tiba-tiba keluar sendiri tanpa sebab yang jelas. Itulah yang biasa dinamakan bug. Dengan melakukan update berkala aplikasi game pun bisa berjalan dengan lancar

Meskipun update aplikasi bermanfaat namun ada beberapa aplikasi yang jarang kita gunakan juga sering update sendiri. Tentunya itu tak berguna dan hal yang tidak diharapkan. Untuk itu disini kami akan menjelaskan cara mengatasi aplikasi android update sendiri (otomatis).

Cara Mengatasi Aplikasi Android Update Sendiri (Otomatis)

  1. Buka Aplikasi Google Playstore di hp kita
  2. Tekan tombol garis tiga vertikal (burger) yang ada di sudut kiri atas
  3. Lalu gulir ke bawah dan klik menu Setelan
  4. Lalu munculah beberapa pilihan menu salah satunya adalah Update aplikasi secara otomatis. Klik menu tersebut
  5. Muncul jendela pop up dengan tiga pilihan. Pilih tombol Jangan update aplikasi secara otomatis
  6. Selesai. Kini hp kita pun tidak melakukan update secara otomatis lagi

Demikianlah penjelasan cara mengatasi aplikasi hp android update sendiri (otomatis). Dengan melakukan cara diatas kita pun bisa menghemat kuota internet dan resource penyimpanan hp kita pun tidak terbebani sehingga kapasitas memori kita masih aman dan performa hp kita tetap terjaga.

You may also like