Home » Tutorial » 13 Cara Belanja di Alibaba Dengan Rupiah Terjamin Aman

13 Cara Belanja di Alibaba Dengan Rupiah Terjamin Aman

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Beberapa tahun ke belakang nama Jack Ma semakin mendunia setelah dirinya mampu menjadi salah satu orang terkaya di China karena bisnis perusahaan e-commerce alibaba group yang ia dirikan berkembang pesat hingga ke seluruh dunia. Walaupun dia awalnya hanyalah seorang guru bahasa inggris dengan gaji yang kecil.

Pada awalnya Jack Ma hanya mendirikan perusahaan ritel dalam skala kecil di negeri Tiongkok. Namun ternyata untuk mendapatkan lokasi yang pas untuk perusahaan ritel miliknya sangat sulit saat itu. Dari situ mulailah tercetus ide untuk membuat toko daring (online). Terlebih saat dirinya pertama kali membuka google dan mengetikan kata kunci “Beer” ternyata yang muncul di google hanyalah bir eropa dan tak ada bir tradisional asal tiongkok.

Mulai dari situlah perusahaan Jack Ma mendirikan website ritel online bernama alibaba.com pada tahun 1999 yang memiliki layanan toko grosir online, dengan transaksi jual beli ke seluruh dunia. Perusahaan ini pun semakin maju setelah masuknya modal investasi senilai jutaan dolar dari perusahaan Yahoo dan Temasek Holding asal Singapura.

Walau kini Alibaba merupakan e-commerce yang populer di seluruh dunia, namun tidak semua orang di Indonesia tahu dan pernah melakukan transaksi jual beli di situs Alibaba.com. Hal ini di karenakan situs alibaba.com hanya melakukan transaksi jual beli grosiran dalam jumlah yang banyak dengan harga grosiran pula.

Selain itu yang membuat pengguna ragu menggunakan layanan e-commerce alibaba adalah transaksi jual beli yang berjalan menggunakan mata uang dollars dan barang yang di beli biasanya juga akan di kenakan pajak impor karena mayoritas berasal dari luar negeri.

Untuk itulah kini pengguna e-commerce Indonesia lebih memilih e-commerce yang mampu melakukan transaksi jual beli eceran seperti Shopee, Buka Lapak, Lazada, Tokopedia dan lainnya yang sudah memiliki kantor dan gudang sendiri di Indonesia. Sehingga barang bisa di pantau dan pengguna merasa aman.

Namun begitu layanan alibaba masih banyak penggunanya khususnya bagi kalangan pengusaha supplier yang melakukan transaksi dalam jumlah besar. Sebelum kami menjelaskan cara belanja di e-commerce alibaba. Pada kali ini kami akan membahas apa itu alibaba.

Lalu Apa itu Alibaba?

Alibaba adalah sebuah grup perusahaan yang didirikan oleh Jack Ma pada tahun 1999 dengan spesialisasi di bidang e-commerce, ritel, internet, system kecerdasan buatan dan teknologi. Perusahaan ini menyediakan layanan penjualan (konsumen-ke-konsumen), (bisnis-ke-konsumen) dan (bisnis-ke-bisnis) melalui portal web dan juga aplikasi Alibaba.

Selain itu Alibaba juga menyediakan layanan pembayaran elektronik bernama Alipay, mesin pencarian bernama hanguang 800 dan layanan penyimpanan online berbasis awan bernama Alibaba Cloud. Perusahaan ini memiliki dan mengoperasikan berbagai bisnis di seluruh dunia dengan berbagai sektor dan membuat Alibaba menjadi perusahaan paling di kagumi di dunia oleh Majalah Fortune.

Sejarah Singkat Alibaba

  1. Pada tahun 1999 Jack Ma dan 18 temannya mendirikan perusahaan ritel bernama Alibaba dengan skala kecil. Seiring berjalannya waktu perusahaan memiliki situs toko daring bernama alibaba.com
  2. Pada tahun 2004 Alibaba membuat system pembayaran sendiri bernama Alipay yang bisa di integerasikan dengan situs e-commerce alibaba.com sehingga pengguna yang ingin belanja bisa mengisi saldo dahulu di akun Alipay
  3. Pada tahun 2007 Alibaba masuk bursa saham Hongkong yang membuat mereka mendapatkan investor-investor besar termasuk modal investasi dari perusahaan raksasa dunia Yahoo senilai 13 miliar dollar hongkong
  4. Pada Tahun 2014 Alibaba melebarkan sayapnya ke Pasar Internasional dengan masuk ke bursa saham New York dan membangun kantor cabang di seluruh dunia. Selain itu alibaba juga mengembangkan sayapnya dengan perusahaan Financial lain dan mendapatkan lisensi sebagai perusahaan fintech dunia

Produk Alibaba di Indonesia

Selain menjual berbagai barang dan produk dari china & luar negeri. Alibaba juga ternyata menjual berbagai produk dari Indonesia. Adapun daftar produk terlaris asal Indonesia yang di jual di layanan e-commerce alibaba adalah Kopi Kapal Api, Indomie, Biskuit Recheese, Papatonk Premium, Shrimp Crackers, dan Sarang Burung Walet.

Gudang Alibaba di Indonesia

Salah satu pertanyaan konsumen saat ingin melakukan transaksi jual beli di alibaba adalah apakah alibaba memiliki gudang penyimpanan dan penyortiran sendiri di Indonesia. Maka jawabannya adalah tidak.

Walau Alibaba tidak memiliki kantor cabang dan gudang di Indonesia namun Alibaba menjalin kerja sama dengan perusahaan e-commerce lokal seperti Tokopedia dan Lazada sejak tahun 2016 silam dengan nilai investasi sebesar US$ 1 Miliar.

Sehingga barang yang di kirim dari luar negeri oleh supplier bisa di tampung terlebih dahulu di gudang milik lazada dan tokopedia sebelum di kirim ke konsumen. Atau bisa juga di tampung di gudang perusahaan jasa pengiriman international yang ada di Indonesia seperti gudang Fedex dan DHL yang berlokasi di Jakarta dan Cibitung Bekasi.

Setelah kita mengetahui semua seluk beluk mengenai layanan e-commerce Alibaba. Pada kali ini kami akan menjelaskan cara belanja di Alibaba dengan mata uang rupiah yang terjamin aman. Adapun caranya seperti di bawah ini.

13 Cara Belanja di Alibaba Indonesia dengan Rupiah Terjamin Aman

Membuat Akun di Website Alibaba

Cara Pertama yang akan kami jelaskan untuk belanja online di Alibaba Indonesia dengan rupiah yang tejamin aman adalah dengan membuat akun alibaba terlebih dahulu. Cara ini tentunya merupakan hal lumrah yang di lakukan saat kita ingin melakukan transaksi jual beli di e-commerce dan online shop.

Karena cara ini juga biasa di terapkan pada e-commerce lokal seperti Tokopedia, Lazada dan Buka Lapak. Dimana dengan menggunakan akun, pengguna bisa melihat data transaksi yang telah di lakukan beserta metode pembayaran yang akan di pilih.

Selain itu pengguna juga harus memilih apakah ingin membuat akun sebagai penjual atau pembeli di layanan Alibaba. Adapun cara membuat akun alibaba akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Membuat Akun di Website Alibaba

  1. Pertama-tama Buka Situs https://m.alibaba.com/? melalui browser laptop atau ponsel kita (Chrome)
  2. Setelah situs terbuka. Lalu kita Klik Menu MyAlibaba yang berada di Pojok Kanan Bawah layar ponsel
  3. Selanjutnya Kita Klik Tombol Sign In or Register yang ada di Kanan Atas Layar
  4. Kemudian Munculah Halaman Sign in. Karena kita belum memiliki akun kita Klik Tombol Register di kanan tengah layar ponsel untuk mendaftar
  5. Setelah berada di halaman Register, kita di sediakan lima pilihan untuk membuat akun alibaba. Apakah melalui Facebook, Google, Twitter, Linkedin atau melalui Email
  6. Bila kita ingin membuat akun melalui email silahkan Isikan Informasi yang di butuhkan seperti Asal Negara, Alamat Email, Password, First Name, Last Name dan Company Name pada kolom yang tersedia
  7. Setelah semua data di isi lalu kita Klik Tombol Slide to Submit
  8. Selanjutnya Aplikasi Alibaba Akan mengirimi Link Konfirmasi ke alamat email milik kita
  9. Kemudian Buka tautan email alibaba di kotak masuk email
  10. Selanjutnya kita akan di Arahkan ke Halaman Baru dimana kita harus mengisi beberapa informasi tambaham seperti nomor telepon, jenis akun yang ingin di buat (Supplier, Buyer atau Both) dan password konfirmasi
  11. Selanjutnya kita Klik Tombol Confirm
  12. Selesai. Setelah itu kita akan di arahkan ke home page website dan muncul tulisan “Congratulations Your Registration is Complete” yang berarti proses pembuatan akun alibaba kita berhasil dan sukses

Mencari Produk

Langkah ke dua yang akan kami jelaskan untuk belanja di Alibaba adalah mencari produk yang ingin kita beli. Untuk mencari produk dan barang yang ingin kita beli ada beberapa cara yaitu mencari produk berdasarkan kategori atau bisa juga melalui fitur pencarian.

Bila kita ingin mencari produk berdasarkan kategori kita bisa klik menu produk yang ada di kiri atas layar. Selanjutnya tampilah daftar menu kategori produk seperti Customer Electronics, Apparel, Beauty and Personal Care, Home & Garden, Sport & Entertaiment dll di mana bila salah satu kategori di klik maka munculah daftar gambar produk yang di jual.

Sedangkan bila kita ingin mencari produk yang ingin di beli melalui fitur pencarian. Maka kita bisa mengetikan nama produk yang ingin di beli di kolom pencarian yang berada di tengah atas layar dan Klik Tombol Search. Setelah itu munculah beberapa produk yang kita cari dari berbagai supplier.

Agar kita tidak tertipu dengan produk yang di jual, maka pastikan data yang tampil sudah terverifikasi. Adapun data yang di maksud seperti Lisensi, Sertifikasi Produk, Hak Milik Produk, Kualitas, Gambar dan Video Produk, dan Kontak Supplier untuk menanyakan produk yang ingin kita beli.

Filter Hasil Pencarian

Langkah ke tiga yang akan kami jelaskan untuk belanja di e-commerce alibaba adalah dengan menerapkan filter terhadap hasil pencarian produk yang kita cari. Hal ini di karenakan Alibaba merupakan e-commerce yang menjangkau seluruh dunia, sehingga bila hasil pencarian tidak di filter maka hasil produk yang muncul akan terlalu banyak hingga ratusan ribu produk.

Sehingga untuk mengatasinya kita bisa memfilternya dengan cara mengetikan kata kunci yang lebih spesifik dan asal Negara supplier. Contoh bila kita ingin membeli kemeja kantor, maka kita bisa mengetikan kata kunci “Kemeja Kantor Merah Indonesia”, lalu Klik Tombol Search.

Setelah itu Munculah hasil pencarian produk yang ingin kita beli dengan jumlah yang lebih sedikit dan sesuai keinginan kita sehingga kita bisa memilih dengan lebih gampang dan tidak membuat kita bingung lagi. Selain itu dengan memfilter Negara asal supplier membuat kita bisa menghemat biaya shipping dan pajak import.

Mencari Item Berdasarkan Supplier

Bila cara di atas adalah cara mencari item berdasarkan jenis produk yang di tampilkan, maka pada kali ini kami akan menjelaskan cara mencari item berdasarkan supplier yang menjual barang tersebut. Caranya sendiri mudah, yaitu Ubah Menu Produk yang ada di sebelah kiri atas layar menjadi Menu Supplier dengan cara mengkliknya.

Cara ini khusus di gunakan bila kita telah sering bertansaksi di e-commerce Alibaba dan mengetahui supplier mana yang sering kita beli produknya. Sehingga pengguna tak perlu repot-repot lagi mencari supplier lain. Tentunya hal ini membuat buyer termasuk pengusaha menjadi lebih percaya dengan produk grosiran yang di jual pihak seller.

Selain itu buyer dan pengusaha bisa mencari Supplier berdasarkan Negara asal yang mampu menghemat biaya shipping dan juga melihat status supplier apakah terjamin atau tidak.

Alibaba sendiri memberi label supplier terbaik dengan nama Gold Supplier. Sedangkan supplier yang telah terverifikasi di sebut Verified Supplier. Semua status supplier bisa di lihat oleh pembeli di samping nama supplier / seller.

Cek Supplier Secara Online

Bila kita baru pertama kali menggunakan e-commerce alibaba dan masih ragu dengan seller dan supplier yang ada, maka kita bisa mengeceknya secara online untuk meminimalisir potensi penipuan.

Carilah secara online komen atau komplain terhadap supplier yang kita tuju dan kita juga bisa melihat referensi informasi kontak yang ada di profil alibaba mereka dengan google. Dan yang pasti hindari supplier yang mendaftarkan alamat email non bisnis seperti gmail dan yahoo pada produk-produk yang bersifat premium (mahal).

Selain itu kita juga bisa memilih supplier yang memiki gudang di Negara kita bila memang supplier tersebut merupakan perusahaan besar. Sehingga kita tak perlu lagi berurusan dengan pihak bea cukai. Di mana untuk urusan bea cukai alibaba sudah memiliki fitur bernama Alibaba’s Freight Logistics Resource.

Meminta Sample Produk dari Supplier

Bila kita baru pertama kali menggunakan e-commerce alibaba maka kita bisa meminta sample produk kepada supplier yang di tuju. Terlebih bila kita ingin membeli produk dalam jumlah besar dimana alibaba memang mengkhususkan diri dalam penjualan grosiran dengan harga grosir pula.

Dengan meminta sample produk maka kita bisa mengetahui tentang kualitas produk yang di jual, sehingga data informasi yang ada di alibaba dapat terverifikasi. Sehingga bila sudah mengetahui kualitasnya kita jadi merasa aman dan meminimalisir kerugian yang lebih besar.

Untuk mendapatkan sample produk yang ingin di beli kita bisa menghubungi terlebih dahulu supplier melalui kontak yang tersedia seperti nomor telepon, nama dan email. Selain itu kita bisa meminta sample produk lebih dari satu supplier sehingga kita mengetahui kualitas produk dari masing-masing supplier / seller yang bisa di jadikan sebagai pembanding.

Meminta Penawaran Ke Seller

Langkah selanjutnya saat kita ingin belanja online di Alibaba adalah dengan meminta penawaran (quotation) secara lengkap kepada seller mengenai produk yang ingin kita beli. Adapun cara meminta penawaran kepada seller akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Meminta Penawaran Produk ke Seller / Supplier

  1. Pertama-tama Buka Aplikasi Alibaba atau situs resmi nya di https://m.alibaba.com/?
  2. Selanjutnya Cari Produk yang ingin kita beli melalui kolom pencarian
  3. Setelah Ketemu Klik Produk Tersebut
  4. Setelah masuk ke Halaman Produk Muncul 2 Tombol Send Inquiry dan Chat Now. Maka kita Klik Tombol Send Inquiry
  5. Kemudian kita di Arahkan ke Halaman Contact Supplier. Pada Kolom Quantity Need kita Tulis Jumlah Produk yang ingin kita Beli. Dan Tulis Pesan Penawaran ke Supplier pada kolom yang ada di bawahnya berikut alamat email dan nomor kontak milik kita sehingga nantinya pihak supplier bisa menghubungi kita dan memberikan surat penawaran
  6. Setelah Semua data di Isi. Lalu kita Klik Tombol Send
  7. Selesai. Kini kita tinggal menunggu pesan balasan dari pihak supplier mengenai produk yang ingin kita beli

Negoisasi Harga Dengan Seller

Setelah Pihak Seller membaca pesan penawaran kita, otomatis pihak seller akan memberikan surat penawaran kepada kita terkait harga yang harus di bayar bila kita ingin membeli produk dengan jumlah yang di inginkan.

Namun bila kita rasa kurang cocok dengan harga yang di tetapkan oleh pihak seller atau kita ingin menawar harga agar bisa lebih murah maka kita bisa menegosiasikan dengan pihak seller secara online baik via telepon, pesan whatsapp, video call maupun email. Sehingga ke dua belah pihak sepakat dengan harga yang di sepakati.

Pembayaran (Term of Payment)

Setelah harga produk yang di tawarkan sudah di sepakati, maka langkah selanjutnya kita melakukan proses pembayaran barang yang ingin kita beli. Cara pembayaran yang di tetapkan oleh pihak seller di alibaba bermacam-macam seperti yang akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Metode Pembayaran di Alibaba

  1. Full Payment. Dengan cara ini kita di haruskan mengirim uang via transfer bank ke pihak seller secara penuh. Setelah uang selesai di transfer barulah pihak seller akan melakukan proses pengiriman (shipping)
  2. Down Payment. Dengan cara ini maka pihak seller membolehkan kita membayar uang muka terlebih dahulu di awal, sebelum akhirnya pihak seller mengirim produk yang kita beli
  3. Letter Of Credit. Dengan cara ini pembeli akan memberikan syarat-syarat tertentu yang harus di penuhi oleh pihak penjual (seller). Syarat tersebut di tuangkan dalam sebuah dokumen bernama Letter Of Credit atau biasa di sebut LC. Dimana LC sendiri di terbitkan oleh pihak Bank. Setelah semua syarat-syarat di penuhi barulah pihak seller (penjual) menerima uang dari hasil produk yang di jual

Alat Pembayaran

Setelah kita mengetahui metode pembayaran di alibaba, langkah selanjunya adalah memilih alat pembayaran di Alibaba. Alibaba sendiri memiliki beberapa alat pembayaran yang sudah terbukti aman di dunia international seperti alat pembayaran Visa, Master Card, T&T, Wester Union, Online Bank Payment dan Payment Letter.

Bila kita ingin menggunakan cara yang mudah untuk proses pembayaran produk maka kita bisa memilih alat pembayaran Western Union. Sehingga kita bisa membayar produk yang di beli di Alibaba menggunakan kurs rupiah. Selain itu kita juga bisa menggunakan jasa kantor pos, indomaret, pegadaian dan alfamart untuk membayar pesanan kita saat menggunakan alat pembayaran western union sehingga tentunya memudahkan pembeli.

Selain itu kita juga bisa menggunakan alat pembayaran resmi milik Alibaba bernama Alipay bila pembelian di atas 10.000 dollar AS. Dimana layanan Alipay akan menampung uang kita hingga barang yang kita beli telah sampai di rumah kita sehingga keamanan transaksi pembeli terjamin.

Memilih Jasa Pengiriman

Langkah selanjutnya yang harus di lakukan saat kita belanja di e-commerce Alibaba adalah memilih metode pengiriman barang yang kita beli. Alibaba sendiri memiliki beberapa jasa pengiriman barang ke luar negeri. Dan kita bisa memilih jasa pengiriman yang sudah populer dan memiliki nama yang kredibel seperti Jasa Pengiriman Fedex, DHL dan EMS dimana ke tiga jasa pengiriman tersebut sudah memiliki kantor cabang dan gudang penyimpanan di Indonesia.

Cek dan Bayar Biaya Shipping

Cara selanjutnya yang akan kita jelaskan untuk belanja online di alibaba adalah dengan mengecek ongkos kirim (pengapalan). Hal ini lumrah di lakukan bila kita membeli produk di luar negeri dengan jumlah yang besar (grosiran).

Biasanya agar lebih ekonomis pengguna akan menggunakan jasa pengiriman menggunakan kapal laut di bandingkan pesawat bila produk yang di beli adalah barang bukan makanan. Adapun cara mengecek biaya ongkos kirim (pengapalan) di alibaba seperti di bawah ini.

Cara Cek Ongkos Kirim (Shipping) di Alibaba

  1. Pertama-tama Buka Situs https://m.alibaba.com/?
  2. Kemudian Cari Produk Grosiran yang ingin kita beli melalui Kolom pencarian
  3. Setelah ketemu lalu Klik Produk tersebut
  4. Setelah berada di halaman produk kita Klik Tombol Get Shipping Quote
  5. Selanjutnya Isikan data informasi yang di perlukan seperti Shipment Type, Select Origin (daerah asal), Select Destination (tujuan pengiriman), Enter Gross Weight (berat total produk), Ship Date (tanggal pengiriman) dll
  6. Setelah semua data di isi lalu kita Klik Tombol Get Quote
  7. Selesai. Kini halaman alibaba menampilkan perkiraan biaya ongkos kirim shipping

Tracking & Monitoring Shipment

Langkah selanjutnya setelah semua proses transaksi sudah di sepakati dan barang sudah dalam perjalanan di kapal adalah melakukan tracking & monitoring shipment. Hal ini bertujuan agar kita bisa terus memantau status dan lokasi produk yang kita beli sudah sampai mana.

Untuk melakukan tracking dan monitoring kita bisa mengeceknya melalui trakcing system yang biasanya tersedia pada website alibaba maupun website perusahaan ekspedisi pelayaran yang sedang mengangkut barang kita. Dimana pada barang kita biasanya sudah tertera kode QR, nomer order, nomer container, nomer bill of lading yang bisa di gunakan pengguna untuk melakukan tracking monitoring barang dengan cara memasukan data tersebut ke dalam tool website. Adapun untuk mengakses website tracking Alibaba bisa melalui link berikut ini https://www.ship24.com/shops/alibaba-tracking

Menunggu Barang Pesanan Sampai

Setelah selesai melakukan tracking dan mengetahui status barang kita sudah sampai mana. Maka langkah terakhir yang bisa kita lakukan adalah menunggu pesanan sampai. Pesanan barang dari luar negeri sendiri biasanya sampai dalam waktu 2 minggu bila menggunakan kapal laut.

Bila lebih dari 2 minggu barang yang kita pesan belum sampai juga, maka kita bisa mengecek ke kantor imigrasi Bea cukai. Karena mungkin saja barang yang kita pesan tertahan di sana karena masalah pembayaran pajak. Untuk mengatasinya kita bisa membayar pajak yang di tetapkan pihak beacukai sehingga barang yang kita beli bisa kita bawa pulang.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu Alibaba beserta sejarah di dirikannya perusahaan Alibaba hingga bisa populer seperti sekarang. Selain itu di jelaskan pula cara belanja online di alibaba dengan rupiah seperti membuat akun alibaba, mencari produk, filter pencarian, mencari produk berdasarkan supplier, cek supplier secara online, meminta sample produk, meminta penawaran (rfk), negosiasi harga, metode pembayaran, cek dan bayar pengiriman (shipping), tracking & monitoring (shipment) dan terakhir menunggu barang pesanan sampai.

Setelah membaca penjelasan di atas tentu kini kita jadi lebih tahu apa itu situs layanan e-commerce alibaba beserta fitur yang di miliki. Selain itu dengan membaca penjelasan di atas kini kita jadi tahu bagaimana caranya membeli produk di luar negeri dengan jumlah yang besar di e-commerce Alibaba. Sehingga produk yang di beli bisa sampai dan bisnis yang kita jalani terus berjalan dan berkembang.

You may also like