Home » Tutorial » 8 Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening

8 Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Dunia perbankan di Indonesia mulai hadir pada tahun 1953 dengan di dirikannya Bank Indonesia. Namun saat itu masih jarang orang melakukan transaksi keuangan di bank, karena masyarakat tradisional masih menggunakan cara lama yaitu menyimpan uang di celengan.

Namun sejak dirilisnya mesin ATM pertama di Indonesia oleh Bank Niaga tahun 1987, maka pengguna layanan transaksi keuangan di Bank pun semakin tinggi karena kemudahan dan kecepatan fitur kartu dan mesin atm saat melakukan transaksi keuangan. Kartu ATM sendiri baru akan di berikan bila pengguna sudah menyelesaikan proses pembukaan rekening di bank.

Rekening bank ini merupakan nomor yang berfungsi sebagai alamat dan identitas pemilik akun bank. Dimana setiap nasabah memiliki nomor unik dan nama rekening yang berbeda. Selain itu setiap bank juga memiliki kode unik tersendiri pada nomor rekening.

Karena itu dalam setiap kali ingin transaksi terkadang nasabah ingin mengetahui nama bank pengguna lain yang ingin di transfer uang, apakah banknya sama atau tidak. Bila bank nya sama maka proses transfer uang tidak akan di kenakan biaya admin. Namun bila bank pengguna yang di tuju berbeda maka kita akan di kenakan biaya admin transfer antar bank. Sebelum kami menjelaskan cara mengetahui bank dari nomor rekening. Pada kali ini kami akan membahas apa itu rekening Bank dan jenis-jenis rekening Bank.

Lalu Apa itu Rekening Bank?

Rekening Bank adalah rekening keuangan yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan antara pelanggan dan bank yang biasanya mencatat aktiva, kewajiban, modal, pendapatan dan biaya transaksasi bank. Sehingga semua data yang menjadi dasar penyusunan laporan keuangan tercatat dengan valid oleh pihak bank.

Setiap pengguna yang ingin membuka rekening bank harus mengikuti aturan dan ketentuan setiap bank. Selain salinan berkas identitas diri yang harus di berikan ke pihak bank, kita juga di haruskan untuk melakukan setoran awal pada saat proses buka rekening telah selesai. Nominal setoran awalnya sendiri tergantung ketentuan bank yang bersangkutan biasanya berkisar antara Rp.200.000 -Rp.500.000. Selain itu kita juga diharuskan untuk mengendapkan uang dalam rekening tersebut dengan nominal minimal Rp.10.000-Rp.50.000.

Setelah kita mengetahui apa itu rekening bank. Pada kali ini kami akan menjelaskan jenis-jenis rekening bank yang bisa digunakan pengguna.

Jenis-Jenis Rekening Bank

  1. Rekening Giro. Adalah sebuah produk dari bank dalam rangka menghimpun dari pihak ketiga dan pencairannya dapat dilakukan oleh nasabah sewaktu-waktu dengan menggunakan media cek, bilyet giro dan internet banking
  2. Rekening Koran. Adalah ringkasan transaksi keuangan secara menyeluruh dari suatu rekening baik rekening individu maupun badan usaha
  3. Rekening Tabungan adalah produk yang di berikan oleh bank agar nasabah bisa menyimpan dana nya melalui tabungan di bank. Dana yang tersimpan bisa di di tarik oleh nasabah sewaktu-waktu baik melalui teller, cek, atau mesin ATM.
  4. Rekening Bersama. Adalah Rekening yang dibuat dan di miliki oleh lebih dari satu nasabah, yang biasanya telah terjalin kesepakatan antara ke dua belah pihak baik itu pasangan maupun mitra bisnis. Rekening bersama juga bisa di gunakan untuk menampung dana transaksi jual beli online

Setelah kita mengetahui jenis rekening yang bisa digunakan pengguna. Pada kali ini kami akan membahas cara mengetahui Bank dari nomor rekening. Hal ini penting dilakukan agar kita mengetahui nama bank tujuan yang ingin kita transfer uang apakah sama atau berbeda. Sehingga kita mengetahui biaya admin yang harus dikeluarkan saat transfer antara bank berbeda. Adapun cara mengetahui bank dari nomor rekening akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Melalui Jumlah Digit Nomor Rekening

Cara pertama yang akan kami jelaskan untuk mengetahui nama bank pengguna adalah melalui jumlah digit nomor rekening. Hal ini di karenakan setiap bank memiliki jumlah digit nomor rekening yang berbeda-beda sebagai penanda bank tersebut. Dengan begitu nasabah bisa menerka nama bank yang digunakan oleh nasabah lain. Adapun jumlah digit nomor rekening Bank di Indonesia seperti di bawah ini.

Jumlah Digit Nomor Rekening Bank di Indonesia

  1. Bank Mandiri (13 Digit) & Bank Mandiri Syariah (10 Digit)
  2. Bank CINB Biaga (14 Digit) & Bank CINB Syariah (13 Digit)
  3. Bank BRI (15 Digit) & Bank BRI Syariah (10 Digit)
  4. Bank BTN (16 Digit) & Bank BTN Syariah (10 Digit)
  5. Bank Danamon (10 Digit) & Bank Danamon Syariah (10 Digit)
  6. Bank BNI (10 Digit) & Bank BNI Syariah (10 Digit)
  7. Bank Muamalat (10 Digit)
  8. Bank Sinarmas Syariah (10 Digit)
  9. Bank BCA (10 Digit)
  10. Maybank (10 Digit)

Melalui Kode Bank Pada Nomer Rekening

Cara ke dua yang akan kami jelaskan untuk mengetahui nama bank yang digunakan oleh pengguna lain adalah melalui kode bank. Kode bank ini merupakan 3 digit angka yang biasanya muncul di layar atm saat kita ingin melakukan transfer uang ke rekening yang dituju. Kode bank ini berfungsi untuk melakukan transfer rekening antar bank karena setiap bank memiliki kode bank yang berbeda-beda. Adapun beberapa kode bank yang terdapat pada nomor rekening bank di Indonesia seperti di bawah ini.

Kode Bank Pada Nomer Rekening Bank di Indonesia

  1. Bank Mandiri (008) & Bank Syariah Mandiri (451)
  2. Bank BRI (002) & Bank BRI Syariah (422)
  3. Bank BNI (009) & Bank BNI Syariah (427)
  4.  Bank BTN (200) & Bank BTN Syariah (200)
  5. Bank BCA (014) & Bank BCA Syariah (536)
  6. Bank BTPN (213) & Bank BTPN Syariah (547)
  7. Bank Bukopin (441) & Bank Bukopin Syariah (521)
  8. Bank Panin (019) & Bank Panin Dubai Syariah (517)
  9. Bank MayBank (016) & Bank Maybank Syariah Indonesia (016)
  10. Bank Mega (426) & Bank Mega Syariah (426)
  11. Bank Danamon (011)
  12. Bank Permata (013)
  13. Bank CIMB Niaga (022)

Melalui Mesin ATM

Cara ketiga yang akan kami jelaskan untuk mengetahui nama bank yang digunakan oleh orang lain adalah melalui mesin ATM.  Selain digunakan untuk melakukan transfer uang, tarik tunai dan cek saldo. Ternyata mesin ATM juga bisa di gunakan untuk melihat nama bank yang digunakan oleh orang lain. Cara nya sendiri ada dua yang akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengetahui Nama Bank Melalui Mesin ATM

Cara Pertama

  1. Pertama-tama kita Pergi menuju Mesin ATM terdekat
  2. Setelah sampai di depan mesin ATM. Lalu kita Masukan Kartu ATM ke Mesin ATM
  3. Setelah itu Masukan Pin ATM menggunakan Tombol pada mesin ATM
  4. Setelah berhasil masuk Ke Menu Transaksi. Lalu kita Pilih Opsi Cek Saldo pada Layar Mesin ATM
  5. Selesai. Kemudian Munculah nomor rekening yang kita miliki beserta kode bank yang kita gunakan

Cara ke Dua

  1. Pertama-tama kita Pergi Menuju ATM tedekat
  2. Setelah sampai di depan mesin ATM. Kemudian kita Masukan Kartu ATM ke Mesin ATM
  3. Lalu kita Masukan Pin ATM kita menggunakan Tombol pada mesin ATM
  4. Setelah Berhasil masuk ke Menu Transaksi. Lalu kita Pilih Opsi Tarik Tunai dengan nominal sesuai yang dinginkan
  5. Setelah Proses Tarik Tunai selesai. Lalu Mesin ATM akan mengeluarkan Struk Kertas dari sisi kiri mesin ATM
  6. Selesai. Kini kita bisa melihat jumlah nominal tarik tunai, sisa saldo dan nomor rekening yang di miliki melalui Struk tersebut

Melalui Buku Tabungan

Cara ke empat yang akan kami jelaskan untuk mengetahui nama bank yang di gunakan oleh orang lain adalah melalui buku tabungan. Setiap orang yang memiliki rekening bank biasanya juga memiliki buku tabungan yang di berikan oleh pihak bank kepada nasabah saat pertama kali membuka rekening di bank.

Pada Buku Tabungan tesebut terdapat beberapa informasi terkait sang pemilik buku seperti Nomor Rekening, Nama Pemilik Buku Tabungan dan juga Nama Bank yang digunakan nasabah. Sehingga dengan melihat buku tabungan orang lain maka kita bisa mengetahui nama bank yang orang lain gunakan.

Andai pun kita tidak bisa melihat isi buku tabungan karena tidak di beri izin oleh pengguna (nasabah) dengan alasan privasi terkait data penting yang ada di dalamnya. Namun kita bisa melihat cover (sampul) buku tabungan dari dekat sehingga nama bank yang digunakan oleh orang lain di ketahui.

Melalui Layanan Internet Banking

Cara kelima yang akan kami jelaskan untuk mengetahui nama bank dari nomer rekening adalah melalui layanan Internet Banking. Internet Banking disini merupakan layanan berupa situs atau website perbankan yang dibuat untuk memudahkan proses transaksi nasabah secara online. Biasanya layanan internet banking di berikan pihak bank kepada nasabah pada saat pertama kali membuka rekening.

Layanan Internet Banking bisa di akses nasabah melalui perangkat elektronik secara online melalui browser pada laptop dan smartphone. Namun kita di haruskan untuk memiliki akun internet banking terlebih dahulu untuk mengunakan layanan ini. Bila belum punya akun atau lupa passwordnya maka kita bisa mengurusnya untuk melakukan registrasi ulang melalui kantor cabang bank terdekat. Adapun cara mengetahui nama bank nasabah melalui internet banking akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengetahui Nama Bank Melalui Layanan Internet Banking

  1. Pertama-tama kita Buka Situs Internet Banking yang kita gunakan melalui browser Laptop atau Smatphone kita (chrome)
  2. Setelah berhasil Masuk ke Halaman Situs. Lalu kita Masukan User ID (Nama Pengguna) beserta Password Internet Banking kita. Lalu Klik Tombol Login agar kita bisa Masuk ke Akun yang kita miliki
  3. Setelah berhasil Masuk ke Akun. Lalu kita Klik Menu Info Saldo
  4. Selesai. Setelah itu situs akan akan menampilkan saldo tabungan kita beserta nomor rekening yang dimiliki

Melalui Layanan Mobile Banking

Cara ke enam yang akan kami jelaskan untuk mengetahui nama bank nasabah dari nomor rekening adalah melalui layanan Mobile Banking. Layanan Mobile Banking ini juga biasanya di berikan pihak bank kepada nasabah yang baru saja membuka rekening baru.

Namun syaratnya nasabah yang baru saja membuka rekening baru tersebut memiliki smartphone android dengan versi 4.0 ke atas. Sehingga nantinya customer service bank akan menginstal aplikasi mobile banking pada smartphone nasabah hingga layanan mobile banking bisa digunakan.

Layanan Mobile Banking ini biasanya diberikan oleh customer service setelah proses internet banking sudah jadi. Karena untuk mengaktifkan mobile banking nantinya pada saat registrasi kita di haruskan memasukan kode OTP (One Time Password) yang dibuat pada saat proses pembuatan akun internet banking sebelumnya. Adapun cara mengetahui nama bank melalui nomor rekening pada layanan mobile banking akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengetahui Nama Bank Melalui Mobile Banking

  1. Pertama-tama kita Download dan Instal Aplikasi Mobile Banking pada smartphone kita melalui aplikasi Google Playstore
  2. Setelah Aplikasi Terinstal. Lalu kita Buka Aplikasi Mobile Banking Pada Smartphone android kita
  3. Setelah Aplikasi Terbuka. Lalu kita Login Dengan User ID dan Password Mobile Banking Kita
  4. Setelah berhasil Masuk Akun. Lalu kita Klik Menu Informasi Akun
  5. Selesai. Kini data Informasi Akun Mobile Banking kita pun dapat diketahui. Mulai dari Nama Nasabah, Sisa Saldo, Nomor Rekening beserta Nama Bank yang kita gunakan

Melalui Call Center

Cara ke tujuh yang akan kami jelaskan untuk mengetahui nama bank melalui nomor rekening adalah dengan menggunakan layanan call center. Layanan ini sendiri sengaja di buat oleh pihak bank untuk melayani setiap pertanyaan nasabah terkait proses transaksi perbankan melalui sambungan telepon.

Adapun layanan yang di berikan seperti saat nasabah ingin memblokir atm karena hilang, menanyakan kartu kredit, menanyakan suku bunga, dan juga tentunya menanyakan sisa saldo dan nomor rekening bila kita lupa.

Untuk menggunakan layanan call center pastikan pulsa panggilan kita cukup karena dengan menggunakan layanan call center maka kita akan menelpon call center bank secara resmi dengan biaya telepon premium sehingga akan banyak menyedot pulsa telepon kita. Adapun beberapa nomor call center bank di Indonesia yang bisa di hubungi pengguna untuk menanyakan nomor rekening dan juga transaksi lainnya seperti di bawah ini.

Nomor Call Center Bank di Indonesia

  1. Halo BCA (1500888)
  2. Mandiri Call (14000)
  3. BNI Call ( 1500046)
  4. Call BRI ( 14017)
  5. OCBC NISP (1500-999)
  6. BTN Contact Center (1500 286)
  7. CIMB Niaga (14041)
  8. Hallo Danamon (1-500-090)
  9. Customer Care Maybank (69811)
  10. Bank Permata (1500111)
  11. SalaMuamalat (1500016)
  12. BTPN Call (1500300)
  13. Bank Mega (60010)
  14. citiPhone (69999)

Melalui Rekening Koran

Cara ke delapan yang akan kami jelaskan untuk mengetahui nama bank nasabah melalui nomor rekening adalah menggunakan media rekening Koran. Rekening Koran sendiri berisi sebuah ringkasan transaksi keuangan yang terdapat pada rekening nasabah secara tertulis. Untuk menggunakan layanan ini kita bisa menuju kantor cabang bank terdekat dan menuju bagian teller atau customer service.

Selanjutnya kita bilang keperluan kita kepada customer service dan selanjutnya akan mencetak rekening setelah data nasabah di ketahui. Pada rekening koran yang di cetak tersebut kita bisa melihat nomor rekening yang terdapat di bagian atas rekening koran.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu rekening bank, jenis- jenis rekening bank dan beberapa cara yang dilakukan agar kita mengetahui nama bank nasabah dari nomor rekening seperti melalui jumlah digit nomor rekening, kode bank di nomor rekening, mesin ATM, buku tabungan, layanan situs internet banking, aplikasi mobile banking, call center dan juga melalui rekening koran.

Dengan membaca penjelasan di atas tentunya kini kita lebih mengenal apa itu rekening bank beserta jenis-jenis rekening bank yang bisa di gunakan pengguna. Selain itu kita juga kini bisa mengetahui nama bank yang di gunakan nasabah melalui beberapa cara di atas. Sehingga kita bisa mengetahui apakah bank nasabah lain sama dengan kita atau tidak. Sehingga kita bisa mengukur biaya admin yang harus di keluarkan saat melakukan proses transaksi antara bank.

You may also like