Sponsors Link

4 Penyebab Tombol Keyboard Komputer tidak Berfungsi

Sponsors Link

Keyboard, merupakan salah satu perangkat keras komputer yang penting fungsinya sebagai input device. Pada dasarnya, perangkat keras komputer memiliki beberapa jenis. Berikut ini adalah beberapa jenis perangkat keras komputer:

Kategori Perangkat Keras Komputer

  • Processing Device

Processing device merupakan device atau perangkat komputer yang memiliki fungsi untuk melakukan pemrosesan data di dalam sistem komputer. Yang termasuk ke dalam processing device ini adalah processor, VGA Card, RAM, dan masih banyak lagi.

  • Input Device

Perangkat berikutnya adalah perangkat input atau input device. Sesuai dengan namanya, input device meniliki fungsi utama untuk memasukan atau meng – input perintah dari user ke dalam perangkat komputer. Contoh dari perangkat ini adalah keyboard dan juga mouse.

  • Output Device

Output device merupakan perangkat yang memiliki tujuan dan juga fungsi untuk menampilkan hasil output dari pemrosesan yang terjadi di dalam sistem komputer. Beberapa jenis output device biasanya berupa monitor, projector dan juga beberapa display output.

Fungsi Keyboard Komputer atau Laptop

Sebagai salah satu input device, maka sudah pasti keyboard memiliki fungsi utama untuk melakukan input karakter. Selain melakukan input karakter, ada beberapa fungsi lainnya yang bisa dilakukan oleh keyboard:

  • Melakukan input karakter, sepertu alfabet, numerik, tanda baca, dan banyak lagi
  • Sebagai shortcut pada komputer
  • Untuk menjalankan fungsi – fungsi tertentu pada komputer
  • Membantu mempermudah menggunakan aplikasi di dalam komputer
  • Itu adalah beberapa fungsi dari sebuah keyboard. Beberapa jenis keyboard lainnya bisa digunakan pula untuk keperluan khusus yang spesifik.

Baca juga : fungsi tombol pada keyboard

Kerusakan pada Keyboard Komputer

Sama seperti kebanyakan perangkat keras konputer lainnya, tentu saja keyboard juga dapat beresiko mengalami kerusakan. Meskipun beresiko mengalami kerusakan, namun demikian pada dasarnya keyboard cenderung jarang mengalami kerusakan yang fatal (Baca juga cara menjaga keyboard agar tidak cepat rusak). Kebanyakan kerusakan pada keyboard hanya berkutat pada kondisi tombol keyboard yang tidak bisa digunakan alias tidak berfungsi.

Gejala Tombol Keyboard Tidak Berfungsi

Pada dasarnya kondisi tombol keybiard yang tidak berfungsi teesebut merupakan hal yang wajar, karena keyboard sering digunakan. Namun demikian, biasanya tombol keyboard yang tidak berfungsi memang sering mengganggu dan juga menyebalkan, karena menghambat pekerjaan user.

Penyebab Tombol Keyboard Tidak Berfungsi

Ada beberapa hal yang menyebabkan tombol keyboard komputer tidak berfungsi. Apa saja? Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan tombol keyboard komputer tidak berfungsi:

Sponsors Link

1. Kerusakan pada Beberapa Bagian Tombol yang Sering Digunakan

Penyebab pertama adalah karena beberapa tombol pada keyboard memang mengalami kerusakan. Kerusakan ini biasanya terjadi karena beberapa tombil tersebut terlalu sering digunakan. Penggunaan keyboard komputer terutama untuk keperluan tertentu seperti gaming memang memaksa beberapa tombol keyboard harus rela terus menerus digunakan. Kondisi ini menyebabkan bagian switch keyboard ataupun bagian key dari keyboard mengalami kerusakan karena terlalu sering digunakan.

Saat kerusakan tersebut di dapat karena seringnya bermain game dengan menggunakan keyboard, tentunya akan memperpendek usia hardware berjenis input ini. Maka dari itu, user perlu mewaspadai bahaya main game online di laptop dengan menggunakan keyboard ini agar kerusakan yang terjadi tidak terlalu parah sebaiknya mengurangi bermain game dengan keyboard.

Bagaimana Mengatasinya?

Untuk memperbaiki keyboard yang rusak beberapa tombolnya akibat terlalu sering digunakan, maka anda bisa melakukan pengistirahatan tombol tersebut. Paling tidak, hindari penggunaan tombol tersebut untuk sementara waktu, agar tombol tersebut bisa “beristirahat”.

Apabila hal ini tidak berhasil, maka apa boleh buat, anda harus rela mengganti keyboard, karena kemungkinan kerusakan sudah menjadi sangat parah, dan sulit diatasi.

2. Kerusakan pada Kabel dan Socket Keyboard

Baik komputer desktop atau PC, serta laptop dan juga notebook, sama sama menggunakan kabel dan juga socket untuk menjalankan fungsi inputnya. Namun terkadang, seringkali terjadi kerusakan pada socket dan juga sistem perkabelan dari keyboard tersebut.

sponsored links

Ciri – ciri Kerusakan pada Babel dan Socket Keyboard

Biasanya, kerusakan pada socket dan juga kabel pada keyboard menimbulkan gejala dimana keseluruhan keyboard tidak dapat difungsikan sama sekali, meskipun keyboard sudah tersambung dengan benar.

Bagaimana Mengatasi Hal Ini?

Untuk mengatasi hal ini, anda bisa membawa keyboard anda kepada ahli maintance hardware komputer, untuk dilakukan penggantian pada bagian kabel dan juga socket keyboard anda.

3. Keyboard Terjatuh, Terbanting atau Terbentur Benda Keras

Penyebab lainnya dari tombol keyboard yang tidak dapat befungsi adalah karena keyboard komputer anda terjatuh, terbanting, ataupun terbentur benda keraa hingga parah. Hal ini biasanya cukup sulit untuk diperbaiki, karena kemungkinan keseluruha sistem komponen elektronik di dalam keyboard anda mengalami kerusakan total, sehinnga lebih direkomendasikan bagi anda untuk mengganti keyboard komputer tersebut

4. Kemasukkan Debu dan Benda Asing Lainnya

Ini merupakan penyebab tombol keyboard tidak berfungsi yang paling sering terjadi. Ya, terkadang kebersihan dari keyboard jarang sekali diperhatikan, sehingga kita sebagai user tidak menyadari, bahwa sebenarnya keyboard komputer kita sangat kotor oleh debu dan benda asing lain, seperti kerikil kecil dan bahkan remah – remah makanan.

Cara mengatasinya:

Untuk mengatasi hal ini ada dua cara yang bisa anda lakukan dengan mudah. Berikut ini adalah cara untuk mengatasi permasalahan tombol keyboard tidak berfungsi akibat debu dan benda asing lainnya :

Bersihkan keyboard anda dengan kuas dan juga mini vacuum cleaner. Hal ini sangat pas untuk dilakukan bagi anda yang tidak berani membongkar keyboard anda.

Cara kedua, anda bisa membongkar keyboard anda dan membersihkannya. Cara ini adalah cara yang paling efektif, karena benar benar dapat membersihkan keyboard laptop dan komputer anda secara tuntas.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 24th, September 2015 / 00:15 Oleh :
Kategori : Keyboard