Sponsors Link

Sejarah Keyboard QWERTY

Sponsors Link

QWERTYKeyboard merupakan salah satu perangkat keras komputer yang tidak dapat terpisahkan. Bagaimana tidak, keyoboard sangat dibutuhkan untuk melakukan proses input perintah dari user ke dalam komputer, yang merupakan salah satu alat penting bagi user agar bisa berkomunikasi dengan komputernya.

ads

Sesuai dengan namanya, keyboard secara harafiah berarti sebuah papan yang terdiri atas sekumpulan tombola tau key yang bisa digunakan oleh usernya dalam memberikan perintah atau menginput data ke dalam sebuah komputer. Tidak ada komputer yang bisa maksimal penggunaannya tanpa menggunakan keyboard.

Jenis – Jenis Keyboard

Ada beberapa jenis-jenis dari keyboard. Berikut ini adalah beberapa jenis dari keyboard yang bisa digunakan:

  • Keyboard PC
  • Keyboard Laptop
  • Keyboard dengan port USB
  • Keyboard wireless
  • Keyboard lipat / silicon

Tidak hanya pada kompter, beberapa perangkat elektronik lainnya membutuhkan keyboard agar bisa beroperas, seperi hand phone, mesin ATM, mesin EDC, dan masih banyak lagi perangkat elektronik lainnya. Pada dasarnya, keyboard dibuat dengan menggukan papan PCB yang diberikan masing – masing chip untuk memberi perintah input kepada sebuah kompter. Jadi apabila chip tersebut bereaksi atas sebuah tekanan tombol, maka komputer akan memerintahkan sistemnya untuk memunculkan apa ang dipencet pada keyboard tersebut.

Fungsi Keyboard

Keayboard sendiri tentu saja memiliki banyak fungsi bagi user terhadap sebuah komputer. Berikut ini adalah beberapa fungsi keyboard pada sebuah komputer:

1. Menjadi Alat Input Karakter 

Fungsi keyboard yang pertama dapat menginput berbagai karakter dalam layar komputer seperti huruf, note, angka hingga beragam command atau perintah lainnya. Selain itu, dapat menulis hal-hal lainnya dalam microsoft word maupun program lainnya yang berfungsi untuk mengetik semua karakter yang anda butuhkan untuk mengetik bisa anda temukan dengan mudah pada keyboard anda.

2. Keyboard Berfungsi Sebagai Shortcut

Fungsi keyboard yang satu ini pastinya sudah sering anda gunakan, seperti menggunakan kombinasi shortcut Ctrl + Alt + Del untuk melakukan restart, Ctrl + C untuk melakukan Copy item, Alt + F4 untuk keluar dari software, dan masih banyak lagi shortcut.

Sejarah Keyboard

Apabila berbicara mengenai format dan juga standar dari keyboard saat ini, maka banyak pertanyaan muncul di benak anda, mengapa struktur format dari keyboard saat ini menggunakan format QWERTY, dan bukan menggunakan susunan alphabetic ABCDEF? Well, ada beberapa hal yang mendasari mengapa keyboard diciptakan dengan menggunakan susunan QWERTY. Berikut ini adalah beberapa proses perkembangan dan juga sejarah dari penggunaan format QWERTY pada keyboard.

Berawal dari Penggunaan Mesin Tik

Jauh sebelum sebuah komputer beserta perangkat kerasnya diciptakan dunia sudah mengenal apa yang disebut dengan nama mesin tik. Mesin tik pada masa kejayaannya merupakan salah satu primadona, dimana banyak orang bisa menulis dokumen dengan sangat mudah tanpa perlu menulis secara manual dengan tulisan tangan.

Pada tahun 1868, Cristopher Latham Sholes berhasil menemukan sebuah mesin yang dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia dalam membuat dokumen, yaitu mesin tik. Penciptaan mesin tik tentu saja menimbulkan euphoria bagi masyarakat, karena dapat membuat dokumen dengan sangat mudah.


Mengetik Cepat dengan Mesin Tik

Pada saat ditemukan, mesin tik pada dasarnya sudah mampu mengakomodir proses pengetikan cepat, bahkan konon katanya pengetikan dengan menggunakan mesin tik pada saat itu bisa jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan keyboard mesin tik pada jaman modern.

Mesin tik pada saat itu merupakan sebuah inovasi yang sangat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Mereka tidak perlu lagi menggunakan tulisan tangan untuk membuat laporan, dokumen ataupun surat. Sehingga akam lebih mempersingkat waktu untuk menulis apapun dengan menggunakan mesin tik.


Bukan QWERTY

Pada saat pertama kali diciptakan, ternyata mesin tik tersebut tidak menggunakan papan keyboard QWERTY. Penggunaannya masih menggunakan urutan alphabetic yang sedikit diacak, disesuaikan dengan karakter mana yang banyak ditulis. Dengan adanya keyboard macam ini, maka user bisa menulis dengan lebih cepat dan efisien.


Memiliki Kelemahan

Meskipun keyboard pada mesin tik yang pertama bukan menggunakan QWERTY, dan bisa membantu menulis dan mengetik menjadi lebih cepat, namun ternyata timbul masalah, dimana ketika penulis mengetik terlalu cepat, hal tersebut seringkali menyebabkan mekanisme di dalam mesin tik saling tumpang tindih dan nyangkut satu sama lain. Karena itu, Sholes pun mulai merubah dan mengacak susunan kata – kata dan juga karakter dari mesin tik itu sendiri.


Penggunaan Keyboard pada Saat Ini

ads
Saat ini, penggunaan keyboard menggunakan jenis keyboard yang sudah terstandarisasi oleh ISO (International Standardized Organization) dengan layout berupa QWERTY. QWERTY mengacu pada 5 huruf pertama yang berada pada sisi kiri keyboard anda. Karena merupakan jenis yang sudah distandarisasi secara internasional, maka hampir semua keyboard di dunia menggunakan format qwerty ini.

Penggunaan keyboard QWERTY terdiri banyak sekali tombol, mulai dari ke-26 tombol alphabet, 10 tombol numeric, 12 tombol fungsi, 4 tombol arrow, dan sisanya adalah tombol fungsi lainnya seperti Ctrl, Alt, Backspace, Esc, Home, dan masih banyak lagi. Itu adalah tombol-tombol standar pada sebuah keyboard QWERTY konvensional.

Pada beberapa jenis keyboard lainnya, seperti keyboard untuk gaming, terdapat banyak fungsi yang lebih kompleks lagi, yang mendukung keperluan gaming. Begitu pula dengan desain, diman keyboard design dan juga gaming sengaja dibuat khusus untuk mempermudah melakukan control bagi usernya.

Faktor Ffisiensi dari Proses Mengetik

Dari hasil kerja dan mengacak – acak karakter pada sebuah mesin tik tersebut, maka akhirnya didapatkanlah sebuah kombinasi acak yang dapat meningkatkan efisiendi dari penggunaan sebuah mesin tik. Hasil rombakan itula yang kita kenal saat ini dengan nama QWERTY. QWERTY memungkinkan penulis mengetik dengan cepat namun dapat megngurangi gangguan mekanisme dari mesin tik secara signifikan.

Pemilihan Tombol yang Paling Sering Digunakan

Penggunaan QWERTY pada saat diciptakan pada dasarnya mengacu pada perhitungan efisiensi waktu mengetik, dan juga tombol – tombol serta huruf mana saja yang sering digunakan, dan juga jarang digunakan. Hal ini membuat beberapa huruf yang sering digunakan dalam satu kata atau kalimat dibuat agar tidak bersebelahan atau berdekatan, sehingga dapat meminimalisir gangguan mekanisme mesin tik.

Begitupun sebaliknya, tombol yang merepresentasikan penggunaan huruf atau karakter yang jarang digunakan diletekan agak terpencil, terlihat dari peletakan huruf z dan juga x yang sulit dijangkau, karena memang huruf tersebut jarang digunakan.

Pada saat jaman komputer sudah mulai banyak digunakan, keyboard mulai banyak diproduksi. Pada awa masa penggunananya, produksi dan juga penggunaan dari sebuah keyboard masih menggunakan kabel klasik, yaitu kabel dengan port Ps/2 (baca juga mengenai fungsi port pada komputer). Namun demikian, seiring dengan perkembangan masa, maka penggunaan keyboard mulai menggunakan port USB, bahkan ada beberapa keyboard yang saat ini bisa digunakan dengan cara wireless alias tanpa kabel.

Peresmian QWERTY oleh ISO

Pada akhirnya, keyboard hasil acak – mengacak ini pun diterima secara luas, dan mulai dipatenkan. Pada tahun 1973, format keyboard, dengan susunan huruf qwerty diakui oleh organisasi standarisasi dunia (ISO) menjadi format standar pada sebuah papan ketik atau keyboard.

Dengan diresmikan dan juga dipatenkannya QWERTY sebagai standar dari sebuah keyboard, maka hal ini pun berujung pada munculnya perangkat terutama mesin tik yang menggunakan keyboard degnan format QWETY. Pada tahun 1960 hingga 1970-an pun juga menjadi salah satu era berlembangnya komputer dan juga mulai banyak digunakannya komputer secara luas, berkat perkembangan dari jaringan komputer. Maka semakin populerlah keyboard dengan format QWERTY sebagai alat input pada komputer.

Sponsors Link

Meskipun memilki format yang sama, namun demikian, pastilah penggunaan keyboard pada mesin tik dan juga komputer memiliki perbedaan yang jauh, kaena fungsi dari keyboard komputer jauh lebih kompleks dan bisa digunakan untuk banyak kepentingan, tidak hanya untuk melakukan proses pengetikan semata.

Jenis Keyboard Lainnya

  1. DVORAK Keyboard

DVORAKDVORAK keyboard merupakan format keyboard lainnya yang digunakan hingga saat ini, namun demikian, penggunaannya terbatas pada mesin – mesin tertentu saja. DVORAK keyboard ini ditemukan oleh Dr. August Dvorak, pada tahun 1940-an. Saat ini DVORAK juga dikenal dengan nama lain American Simplified Keyboard atau ASK.

Penggunaan DVORAK keyboard sebenarnya dapat membantu user untuk mengetik lebih efisien, namun demikian, karena QWERTY sudah banyak digunakan, maka penggunaan DVORAK keyboard kalah pamor dengan QWERTY. Namun demikian, pada tahun 1970 – an, keyboard dengan format DVORAK ini distandarisasi oleh ANSI, sebagai salah satu standar alternated dari keyboard QWERTY di Amerika, sehingga saat ini juga dikenal dengan nama American Simplified Keyboard.

2. QWERTZ Keyboard

QWERTZQWERTZ merupakan pengembangan dari keyboard dengan basis QWERTY yang digunakan pada Negara Hungaria, Jerman, dan Swiss, dan juga beberapa Negara eropa lainnya. Hal ini disebabkan karena di Negara tersebut, penggunaan huruf Z banyak digunakan untuk bahasa, pelafalan dan juga nama orang, sehingga beberapa susunan huruf dalam keyboard dirubah.

Pada keyboard QWERTZ ini peletakan antara huruf Z dan Y memang di tukar karena masyarakat eropa ini memang lebih sering meggunakan huruf z dibanding huruf y.

3. AZERTY Keyboard

AZERTYSama seperty QWERTZ, AZERTY merupakan pengembangan lainnya dari keyboard QWERTY di Negara Prancis dan juga Belgia. Keyboar AZERTY ini umum digunakan pada Negara tersebut, karena memang kebutuhan akan huruf Z dan juga beberapa huruf lainnya yang berbeda dengan standar internasional.

Itulah sejarah mengenai penggunaan keyboard QWERTY, beserta contoh dari penggunaan keyboard di dunia.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 14th, September 2015 / 22:03 Oleh :
Kategori : Keyboard