Sponsors Link

Kapasitas RAM Terbesar Saat Ini

Sponsors Link

Ram sudah pasti merupakan salah satu komponen penting bagi sebuah komputer. Selain processor, RAM merupakan salah satu penentu seberapa cepat komputer bisa membaca sebuah aplikasi dan kemudian memprosesnya. Semakin besar kapasitas RAM nya, maka sebuah komputer juga bisa membaca dan menjalankan satu aplikasi dengan sangat cepat. Begitu pun kebalikannya, dimana apabila suatu komputer memiliki kapasitas RAM yang terbatas, maka hal ini juga akan berpengaruh terhadap lemotnya kinerja dari sebuah komputer.

ads

Untuk saat ini, Ram secara umum menggunakan tipe RAM DDR 3. Namun demikian, sudah ada pengembangan baru dari tipe RAM ini, yaitu RAM bertipe DDR 4 dengan kapasitas yang jauh lebih besar, namun masih cukup jarang untuk bisa digunakan. Dari berbagai RAM DDR ini, user pelru mengetauhui bagaimana cara membedakan RAM DDR 1, DDR 2, DDR3, dan kini DDR 4 agar pada saat user ingin membeli perlengkapan hardware ataupun pengecekan spesifikasi yang tepat tidak tertukar antara RAM DDR satu ke RAM DDR lainnya.

Ukuran Kapasitas RAM Terbesar

Apabila menarik garis dari urutan munculnya RAM, maka sudah banyak sekali jenis RAM Komputer yang sudah pernah diciptakan, mulai dari ukuran terkecil hingga terbesar. Berikut ini adalah urutan kapasitas RAM terkecil hingga yang terbesar:

  1. Kapasitas dibawah 1 GB

Komputer dengan kapasitas RAM dibawah 1 GB memang merupakan suatu teknologi yang sudah usang dan kuno. Terdiri dari banyak kapasitas, mulai dari ukuran lebih kecil dari 512 KB hingga 512 MB. RAM dengan ukuran seperti ini digunakan pada personal komputer era tahun 90-an, dimana saat ini fungsi komputer masih terbatas hanya unutk office dan juga masih belum memiliki OS alias masih menggunakan command DOS untuk pengoperasiannya.

Tentu saja RAM ini sudah tidak digunakan lagi, mengingat processor yang ada saat ini sudah tidak mendukung, baik dari segi kecepatan maupun socket dari RAM tersebut.

  1. 1 GB

Beranjak ke kapasitas lebih besar lagi, 1 GB. RAM dengan kapasitas ini merupakan jenis RAM dengan tipe DDR 1, yang saat ini sepertinya juga sudah jarang digunakan lagi. Lebih banyak digunakan pada personal computer dengan processor Intel di bawah pentium 4 atau pentium 3. Penggunaannya pun juga masih terbatas pada office dan juga beberapa games ringan.

  1. 2 GB

Generasi berikutnya adalah jenis RAM DDR 2 dan DDR 3. RAM jenis DDR 2 dan DDR 3 ini memiliki kapasitas RAM sebesar 2 GB. Apabila digabungkan dengan processor yang memiliki dual slot memory, maka suatu komputer bisa mengadopsi kapasitas sebanyak 4 GB RAM.

Kapasitas RAM sebesar 4 GB sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan PC modern saat ini. Dengan RAM 2 GB, suatu PC atau laptop sudah bisa menjalankan multitasking dengan cukup baik, meskipun belum menyangkut multitasking pada program yang sangat berat. Namun untuk keperluan gaming, RAM dengan kapasitas 2 GB atau 2 x 2 GB sudah cukup dan pas.

Sponsors Link

  1. 4 GB

Merupakan RAM generasi DDR 3. Bagi PC atau laptop dengan dual slot, bisa menggunakan 2 x 4 GB hingga memiliki kapasitas RAM sebesar maksimal 8 GB. Saat ini hampir semua PC ataupun laptop menggunakan RAM berjenis DDR 3 baik itu dengan menggunakan kapasitas 2 ataupun 4 GB. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa paling tidak, kapasitas RAM maksimal pada PC ataupun laptop saat ini masih banyak berkutat pada angka 4 hingga 8 GB.

  1. 8 GB

Pengembangan baru dari sebuah RAM yaitu DDR 4. RAM Jenis DDR 4 sudah mendukung kapasitas sebesar 8 GB untuk satu kartu memorynya. Jadi, ketika user ingin menggabungkannya, bisa dengan memperoleh kapasitas RAM sebesar 16 GB. Kapasitas RAM sebesar itu sudah jauh lebih dari cukup untuk keperluan penggunaan PC dan juga laptop saat ini.

Semua game akan berjalan dengan sangat lancar dan juga cepat tanpa perlu merasakan apa yang namanya lemot. Seluruh aplikasi juga akan berjalan denga sangat maksimal, dan user pasti tidak akan pernah bisa beranjak dari kompter. Kapasitas RAM yang cukup tinggi juga merupakan salah satu cara agar laptop tidak lemot meski dengan berbagai aplikasi yang di buka dalam sekali running.

  1. 16 GB

Masih belum puas dengan kapasitas RAM 8 GB per kartu memory nya? RAM jenis DDR 4 juga menawarkan kapasitas yang lebih besar lagi, yaitu sebesar 16 GB per kartu memorynya. Sehingga ketika user menggabungkannya dengan processor yang mendukung dual slot memory, maka user akan memperoleh kapasitas RAM sebesar 32 GB.

Bagi user biasa maupun super user, RAM dengan kapasitas 32 GB pun masih terlalu besar kapasitasnya. Laptop dengan kapasitas RAM terbesar saat ini dipegang oleh Laptop keluaran DELL, dengan mengadopsi kapasitas RAM sebesar 32 GB ini, user bisa menjalankan lebih dari 10 aplikasi dalam sekali klik apabila menggunakan PC dengan kapasitas RAM sebesar ini.

Dari segi personal komputer dan juga laptop, kapasitas RAM 4 dan juga 8 GB masih juara, karena merupakan salah satu standar kapasitas RAM bagi laptop dan juga PC. Namun, kapasitas RAM tertinggi bagi laptop dan personal komputer adalah 32 GB.

Sponsors Link

Super Komputer RAM 300TB

Apabila user merasa bahwa Kapasitas RAM 32 GB terlalu besar untuk, maka hal ini belum sebanding dengan kapasitas RAM yang biasa digunakan pada super komputer yang berteknologi tinggi. Super komputer merupakan sebuah kompter yang diciptakan untuk keperluan tertentu, seperti:

  • Database bagi pemerintahan dan militer.
  • Database dan juga server bagi laboratorium penelitian.
  • Untuk kepentingan pendidikan teknologi.

Biasanya, super komputer memiliki kapasitas Harddisk yang sangat besar, dengan kecepatan processor yang luar biasa cepat untuk membantu mempercepat pekerjaan dari para militer dan juga ilmuwan dalam mengakses suatu informasi. Kapasitas RAM dari sebuah super komputer pun merupakan yang terbesar.

Sebuah super komputer yang berada di Liebniz, Jerman diketahui memiliki kapasitas RAM sebesar 300 TB, yang tentu saja akan sangat berguna bagi para peneliti dan juga akademisi dalam memperoleh informasi dan juga melakukan penelitian dan riset.

Itulah beberapa informasi mengenai kapasitas RAM terbesar saat ini. Semoga informasi ni dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan anda semua. Terima Kasih.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 11th, September 2015 / 03:57 Oleh :
Kategori : Ram