Sponsors Link

4 Penyebab Kerusakan RAM pada Laptop

Sponsors Link

RAM komputer merupakan salah satu perangkat keras komputer yang memiliki perasn dan juga fungsi yang vital dalam mempengaruhi kecepatan sebuah komputer. RAM, yang merupakan kependekan dari Random Access Memory memiliki fungsi sebagai pengakses memory secara acak dari komputer. Hal ini memungkinkan berbagai program danjuga aplikasi bisa berjalan dengan baik di dalam kompouter.

ads

Prinsip Kerja RAM

Pada dasarnya, prinsip kerja RAM sangatlah mudah. RAM akan mengakses data dari aplikasi yang akan dijalankan, lalu menyimpan data tersebut secara sementara, agar aplikasi tersebut bisa berjalan. Kapasitas RAM sangat menentukan kelancaran dari sebah aplikasi agar dapat berjalan.

Ketika aplikasi ditutup, maka secara otomatis, RAM akan mengosongkan data yang menyangkut program atau aplikasi yang kita jalankan tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda dapat membaca mengenai fungsi RAM.

Bagaimana Penyebab Kerusakan dari RAM?

Yap, pada dasarnya, RAM sebagai salah satu perangkat keras komputer, juga pasti rentan terhadap kerusakan. Kerusakan pada RAM akan menyebabkan komputer anda menjadi lemot, dan bisa jadi mengalami kegagalan dalam proses booting.

Berikut ini adalah beberapa ciri – ciri dari gejala kerusakan RAM komputer anda :

  1. Laptop menjadi terasa lemot (baca juga mengenai cara agar laptop tidak lemot)
  2. Sistem Operasi tidak berjalan dengan lancar
  3. Komputer mengalami restart sendiri
  4. Blue Screen
  5. Aplikasi atau software seringkali tidak bisa dijalankan
  6. Sering terjadi eror saat akan menginstall sebuah aplikasi
  7. Layar komputer tidak menampilkan display apa apa ( gelap )
  8. Muncul bunyi bip berkali kali dan juga panjang ketika komputer dinyalakan
  9. Komputer menjadi mudah panas

Dari beberapa gejala atau ciri – ciri dari kerusakan pada RAM tersebut, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada RAM. Berikut ini adalah beberapa penyebab dari kerusakan RAM ::

1. Tegangan listrik yang tidak stabil

Hampir sama seperti penyebab kerusakan harddsik ataupun processor, kerusakan pada RAM juga bisa saja disebabkan oleh tidak stabilnya tegangan listrik di rumah anda. Hal ini dapat menyerang laptop yang sering mengalami mati mendadak akibat tegangan listrik yang tidak stabil

Bagaimana Cara mencegahnya?

Untuk mencegahnya, anda disarankan menggunakan laptop dengan baterainya, sehingga voltase atau tegangan akan menjadi lebih stabil dan juga terkontrol. Apabila anda menggunakan laptop tanpa baterai, maka dikhawatirkan kondisi tegangan listrik yang tidak stabil dapat merusak kinerja dari RAM anda.

2. Slot RAM mengalami gangguan atau kerusakan

Sponsors Link

Penyebab kerusakan RAM berikutnya adalah ketika slot RAM yang tedapat pada motherboard mengalami gangguan. Gangguan yang terjadi pada slot kuningan RAM dapat menyebabkan RAM mengalami gangguan dan kegagalan dalam bekerja, sehingga berefek pada kerusakan RAM

Mengapa slot bisa mengalami masalah kerusakan?

Satu hal yang pasti, yang dapat menyebabkan kerusakan pada bagian slot RAM adalah karena slot RAM tertutup oleh debu atau lembab karena air. Hal ini terjadi karena mungkin anda meletakkan laptop pada lokasi yang berdebu dan lembab, sehingga dapat mempengaruhi slot RAM, yang kemudian mengalami kerusakan.

Mencegah Slot RAM yang bermasalah

Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada slot RAM, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, dan itu sangatlah mudah. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan :

  • Selalu jauhkan laptop dari lokasi yang berdebu dan juga lembab
  • Gunakan pelindung ketika terpaksa menggunakan laptop pada lokasi berdebu dan lembab
  • Jangan gunakan laptop langsung di atas kasur atau tempat tidur

3. Pemakaian yang berlebihan

Pemakaian yang berlebihan dari RAM juga dapat memicu kerusakan pada RAM. Contohnya dalah, RAM dengan kapasitas hanya 1 GB dipaksakan untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan kapasitas memory yang tinggi. Hal ini akan menyebabkan RAM dapat mengalami malfungsi dan kemudian mengalami kerusakan.

Bagaimana mencegah hal ini?

Untuk dapat mencegah hal tersebut, maka anda hanya perlu menjaga agar laptop anda tidak terinstall oleh aplikasi yang membutuhkan kapasitas RAM lebih besar dari kapasitas RAM yang anda gunakan pada laptop. Baca juga mengenai pengaruh RAM terhadap kerja komputer.

Cara lain untuk mencegahnya juga bisa dilakukan dengan cara melakukan upgrade kapasitas RAM, sehingga tidak akan mengalami over processing, dan mengalami kerusakan. Baca juga mengenai tips memilih RAM.

Sponsors Link

4. Kualitas RAM yang buruk

Satu lagi yang bisa menyebabkan RAM laptop menjadi rusak adalah karena kualitas RAM yang buruk. KUalitas RAM yang buruk bisa terjadi karena beberapa kemungkinan, seperti :

  • Cacat produksi dari pabrik
  • Quality control yang buruk
  • Material dan juga built quality yang buruk
  • Kondisi RAM second yang tidak terawatt, seperti pernah jatuh ataupun tidak disimpan dengan benar

Bagaimana menghindari penggunaan RAM yang memiliki kualitas buruk?

Untuk bisa menghindari kejadian kerusakan RAM akibat kualitas yang buruk dan kurang baik, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memilih RAM untuk laptop anda, seperti :

  • Pilih RAM dalam kondisi baru dengan merk yang sudah terpercaya
  • Belilah RAM yang mendukung garansi
  • Selalu cek fisik dari RAM di toko tempat anda membelinya
  • Cek juga dengan teliti seluruh kondisi RAM, mulai dari proses pemasangan, hingga kapasitas RAM
  • Apabila membeli RAM laptop second, pastikan kondisi RAM masih baik dan juga berfungsi normal.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 20th, September 2015 / 22:17 Oleh :
Kategori : Ram