Sponsors Link

5 Fungsi LAN Card Pada Komputer

Sponsors Link

fungsi LAN cardSaat ini, teknologi informasi sudah berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan dari teknologi informasi yang sangat pesat ini ditunjukkan dengan munculnya berbabagi macam jenis komputer, baik itu komputer dengan sifat yang personal seperti PC, laptop dan juga notebook.

Berbabagi jenis komputer yang berupa chip-chip yang ditanamkan pada mesin, untuk membantu kinerja dari mesin agar menjadi lebih baik lagi. Berbicara mengenai sistem komputer, komputer memiliki banyak sekali bagian-bagian yang harus diperhatikan dalam perakitannya, karena apabila terjadi suatu kesalahan, maka komputer tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Salah satu bagian atau part yang memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan dan juga mengoptimalkan fungsi dari jaringan suatu komputer adalah LAN card. LAN atau Local Area Network merupakan suatu jaringan tak kasat mata, yang memiliki radius lokal, yang biasanya mencakup satu rumah, kantor, sekolah ataupun suatu ruangan tertentu. LAN card sendiri memilki bentuk seperti socket untuk jaringan telepon kabel, namun memiliki jumlah pin yang lebih banyak, dengan bentuk yang cenderung lebih pipih.

Jenis – jenis dari LAN Card

LAN Card sendiri, seiring dengan berkembangnya teknologi informasi saat ini telah mengalami banyak perubahan. Perkembangan dari LAN Card tersebut terlihat dari perubahan pada LAN Card, yang saat ini memilki dua jenis utama, yaitu:

  • LAN Card Kabel

LAN Card dengan koneksi kabel merupakan salah satu jenis LAN Card klasik yang masih digunakan hingga saat ini. LAN Card dengan koneksi kabel dapat menggunakan kabel untuk saling menghubungkan satu komputer dengan jaringan LAN atau jaringan lokalnya. Penggunaan LAN dengan koneksi kabel saat ini masih banyak digunakan, karena dinilai memilki biaya yang lebih efisien. LAN Card dengan koneksi kabel ini sendiri masih terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. LAN ISA

Merupakan salah satu jenis LAN Card yang paling awal ditemukan dan diaplikasikan dalam PC dan juga komputer.

2. LAN PCI

Diproduksi sekitar tahun 1992, LAN PCI merupakan penerus dari generasi LAN ISA yang saat ini masih dipergunakan pada komputer dan juga laptop.

3. LAN USB

Merupakan LAN card yang menggunakan teknologi USB sebagai konektivitasnya. Merupakan salah satu jenis LAN Card yang paling simple dan mudah untuk digunakan, karena bisa dilepas dan juga dibawa kemana – mana dengan mudah dan juga praktis.

Sponsors Link

4. LAN Card Wireless

Sesuai dengan namanya, jenis LAN card yang satu ini merupakan penerus dari LAN Card kabel biasa, dimana konektivitas dari LAN card menggunakan teknologi wireless alias tanpa kabel. LAN Card jenis ini menggunakan anterna sebagai penangkap dan juga pelepas sinyal secara lokal. Keunggulan dari LAN card jenis ini adalah tanpa menggunakan kabel, sehingga mudah untuk melakukan instalasi dan juga mudah untuk digunakan sehari – hari.

Fungsi dari LAN Card pada Komputer

LAN Card pada komputer sendiri memiliki banyak sekali fungsi. Fungsi utama dari LAN card adalah untuk mendukung fungsi jaringan koneksi antar komputer atau PC di dalam suatu ruangan, seperti kelas, kantor, sekolah, serta rumah. Dengan adanya koneksi antar PC dan juga server di dalam suatu ruangan dengan menggunakan LAN card, maka komunikasi akan semakin mudah. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari LAN Card yang bisa kita nikmati karena koneksi lokal antar PC:

1. Bermain Game Multiplayer

Bagi user yang senang bermain game, pasti sudah tidak asing dengan penggunaan LAN Card dalam bermain multiplayer alias lebih dari 1 pemain dalam satu permainan. Beberapa permainan, seperti permainan tembak – tembakan bisa kita mainkan dengan teman di satu ruangan atau gedung dengan cara menggunakan akses LAN atau local area network tanpa perlu menggunakan koneksi Internet.

2. Chatting Antar Instansi dalam Satu Gedung

Bagi yang bekerja pada suatu perusahaan yang terletak pada gedung yang cukup luas dan besar, dimana komunikasi sulit untuk dilakukan dengan cara bertatap muka maka LAN Card akan sangat membantu anda. Jaringan lokal di dalam suatu gedung memungkinkan anda untuk berkomunikasi dengan rekan kerja yang berada di dalam satu gedung, yang terkoneksi dengan jaringan LAN tanpa perlu menggunakan Internet.

3. Membagi Koneksi Jaringan Internet dalam Suatu Ruangan

Bagi yang berada di lokasi sekolah dan juga universitas ataupun perkantoran, biasanya setiap PC yang ada pada lokasi tempat bekerja sudah terhubung dengan koneksi internet. Disinilah LAN Card memegang teguh fungsinya dengan baik. LAN Card dapat membantu membagikan koneksi internet kepada PC yang sudah saling terhubung. Hanya membutuhkan satu server saja, maka koneksi internet pun bisa dinikmati oleh seluruh jaringan PC dalam satu ruangan.

sponsored links

4. Membagikan File atau Dokumen Tanpa Koneksi Internet

Saat ini kegiatan share dan juga pembagian file dapat dilakukan dengan menggunakan tenologi internet. Namun demikian, dalam satu ruangan atau kantor yang sudah terhubung dengan LAN tidak membutuhkan internet. Anda dapat dengan mudah meng-copy file atau dokumen yang ingin di berikan tanpa harus menunggu koneksi internet yang mungkin sering mengalami gangguan.

5. Dimanfaatkan untuk Warnet

Bagi anda yang berjiwa bisnis, LAN Card sangat bermanfaat terutama untuk pembuatan sistem jaringan di Warnet alias warung internet. Dengan menggunakan LAN Card, maka seluruh komputer yang ada pada warnet akan ikut terkoneksi dengan internet, dengan menggunakan satu server saja. Karena itu, fungsi dari LAN card sangatlah penting, dan tidak bisa kita anggap remeh.

Demikianlah artikel mengenai fungsi LAN Card pada komputer. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Friday 28th, August 2015 / 09:34 Oleh :
Kategori : Hardware Jaringan