Sponsors Link

7 Kelebihan dan Kekurangan WooCommerce Yang Wajib Diketahui

WooCommerce merupakan salah satu aplikasi CMS yang sudah cukup populer dikalangan pengguna dan juga pemilik toko online di dunia. WooCommerce sendiri pada dasarnya bukan merupakan aplikasi yang berdiri sendiri, WooCommerce merupakan aplikasi CMS yang dibangun berdasarkan platform wordpress, dimana WooCommerce merupakan salah satu plugin yang terdapat pada wordpress. WordPress, yang merupakan salah astu situs yang sangat populer ini, tentu saja membuat WooCommerce menjadi salah satu aplikasi CMS yang banyak digunakan. Apa saja kelebihan dari aplikasi CMS WooCommerce ini? berikut ini adalah beberapa keleibahan dari aplikasi WooCommerce :

ads

Kelebihan WooCommerce

  1. Berjalan pada platform wordpress, yang merupakan salah satu CMS terbaik dengan berbagai macam fiturnya

Keunggulan dan juga kelebihan pertama dari WooCommerce adalah WooCommerce merupakan salah satu plugin yang berjalan pada platform wordpress. Seperti kita ketahui, wordpress merupakan salah satu bentuk CMS dan juga blog yang sangat terkenal dan sudah teruji kualitasnya dalam membangun sebuah website. Sudah banyak sekali situs – situs e-commerce yang menggunakan platform wordpress ini sebagai basis dari pembuatan toko online atau e-commerce yang dimilikinya. Karena itu, WooCommerce juga memilki banyak kelebihan, berkat aplikasinya yang berjalan pada platform wordpress.

(Baca juga : CMS Toko Online Paling Bagus – Manfaat Online Shop)

  1. Mudah untuk dikembangkan dan juga dikustomisasi

Pengembangan dari aplikasi CMS WooCommerce ini juga sangat mudah untuk dikembangkan. Anda bisa melakukan pengembangan tersendiri untuk dapat mengembangkan toko online anda dengan menggunakan aplikasi CMS WooCommerce ini sehingga toko online anda bisa menjadi salah satu toko online berbasis wordpress yang sangat menarik dan banyak dikunjungi.

  1. Memiliki banyak pilihan tema dan juga template yang cocok untuk kebutuhan toko online anda

Kelebihan lainnya dari aplikasi CMS WooCommerce yang berjalan pada platform wordpress ini adalah opsi atau pilihan untuk berbagai macam tema yang menarik dalam toko online anda. hal ini tentu saja akan sangat membant anda dalam memilih template e-commerce yang cocok bagi kebutuhan toko online anda. anda pun tidak perlu pusing dalam memilih, karena anda dapat memilih sesuai dengan selera anda, dan tentu saja banyak sekali pilihan template yang bisa anda gunakan untuk membangun toko online atau bisnis e-commerce anda sendiri.


  1. Memilki dukungan forum yang banyak

WordPress merupakan salah satu penyedia jasa blog, website dan juga e-commerce yang sudah memiliki reputasi baik dan juga tinggi pada dunia website amatir, maupun berbayar. Karena itu, sudah banyak sekali expert dan juga ahli yang memahami seluk beluk mengenai wordpress. Apabila anda mengalami kesulitan, maka anda tidak perlu khawatir, karena anda pasti akan memperoleh banyak jawaban dan juga banyak masukan dari pengguna wordpress, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Hal ini tentu saja akan sangat membantu anda apabila anda menemui masalah yang mengganggu anda dalam mengembangkan toko online anda.

(Baca juga : Perbedaan E-commerce dan E-Business)

  1. Memiliki banyak tambahan plugin untuk kebutuhan toko online anda

Selain WooCommerce, wordpress juga menyediakan berbagai macam pilihan plugin lainnya yang isa berjalan beriringan dengan WooCommerce itu sendiri. Hal ini tentu saja akan menambah nilai dari toko online atau bisnis e-commerce anda, sehingga toko online anda akan menjadi sangat fungsional, dan memiliki banyak sekali fitur – fitur yang memudahkan para pengunjung dalam mencari barang yang mereka butuhkan di dalam toko online anda.

Kekurangan WooCommerce

Memilki banyak kelebihan, bukan berarti WooCommerce adalah aplikasi CMS yang sempurna. Masih ada beberap akekurangan yang dimiliki oleh aplikasi CMS yang satu ini. apa saja? Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari aplikasi WooCommerce :

  1. Bukan merupakan aplikasi sendiri, merupakan bagian dari plugin yang terdapat pada wordpress

Salah astu kekurangan atau kelemahan dari WooCommerce ini adalah karena WooCommerce bukanlah merupakan aplikasi yang berdiri sendiri. WooCommerce merupakan aplikasi yang merupakan plugin dari sebuah situs blog yaitu wordpress. Jadi, untuk dapat menggunakan WooCommerce ini, maka terlebih dahulu anda harus memahami mengani sistem dan juga cara kerja dari wordpress, mulai dari pembuatan alamat, hingga penggunaan tool – tool yang terdapat di dalam sistem wordpress ini, sehingga anda dapat mengoptimalkan penggunaan WooCommerce ini. apabila anda tidak memahami mengenai wordpress, maka plugin WooCommerce ini akan menjadi sia – sia dan tidak akan berjalan dengan optimal.


  1. Proses upload atau update konten hanya bisa dilakukan satu per satu, sehingga kurang cocok bagi toko online yang memiliki banyak konten

Merupakan aslah astu kelemahan yagn dimiliki oleh WooCommerce itu sendiri. Ya, proses upload konten yang dilakukan melalui plgin WooCommerce in hanya bias dilakukan secara manual, dan satu per satu. Tidak ada script untuk melakukan bulk upload, seperti CMS lainnya yang sudah pernah dibahas. Hal ini membuat WooCommerce menjadi kurang cocok bagi anda yang akan membangun toko online alias bisnis e-commerce yang memilki banyak sekali konten, karena hal ini tentu saja akan sangat merepotkan anda dalam melakukan proses upload katalog ataupun upload konten anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 14th, September 2016 / 09:52 Oleh :
Kategori : Web