Sponsors Link

49 Contoh Sistem Operasi Komputer dan Penjelasannya

Sponsors Link

Ada empat kategori dari sistem operasi yang umum dan biasa digunakan sebagai sistem operasi di dalam sebuah komputer. Berikut ini adalah keempat kategori sistem operasi tersebut :

ads

Jenis Jenis Sistem Operasi Komputer

  • Sistem Operasi Stand Alone

Sesuai namanya, sistem operasi ini merupakan jenis sistem operasi yang dapat berdiri sendiri, dan bisa digunakan baik single user maupun multi user. Sistem operasi Stand Alone ini memiliki fitur – fitur tertentu tiap jenisnya, dan merupakan jenis dari kategori sistem operasi yang digunakan pada komputer – komputer yang biasa kita gunakan hingga saat ini.

  • Sistem Operasi Jaringan

Sesuai dengan namanya, sistem operasi jaringan adalah sebuah jenis sistem operasi yang dapat menggerakkan dan jga mengoperasikan komputer yang dibuat untuk kebutuhan sebuah jaringan. Itu berarti setiap komputer yang memilki sistem operasi jaringan, mampu mengoperasikan komputer sebagai sebuah server jaringan, ataupun sebagai sebuah workstation di dalam jaringan komputer.

  • Sistem Operasi Embedded

Sistem Operasi Embedded adalah versi dari beberapa jenis sistem operasi compute, terutama komputer desktop, yang diaplikasikan pada sebuah komputer yang lebih kecil lagi ukurannya. Sistem Operasi Embedded sangat erat kaitannya dengan sistem operasi komputer pada sebuah smartphone, baik merupakan pengembangan dari sistem operasi komputer sendiri, ataupun memang sengaja dibuat khusus hanya untuk sartphone saja.

  • Sistem Operasi Live Cd

Live CD merupakan jenis sistem operasi berikutnya, yang memungkinkan setiap user di dapat mengoperasikan komputernya dengan menggunakan sebuah CD, ataupun perangkan penyipanan kompak lainnya, seperti disket ataupun flash drive. Sistem Operasi Live CD biasanya memiliki kapasitas resources yang ringan, dan juga sangat mudah untuk digunakan, namun biasanya, sistem operasi live CD memiliki fitur – fitur yang terbatas, dan tidak selengkap fitur dari sistem operasi biasa.

Baca : Tujuan mempelajari sistem operasi komputer

Sistem Operasi Stand Alone

  1. Sistem Operasi DOS

Jenis sistem operasi pertama yang masuk ke dalam sistem operasi stand alone adalah sistem operasi DOS. DOS sendiri merupakan kependekan dari Disk Operating System, yang berarti merupakan sebuah sistem operasi yang menggunakan Disk untuk dapat bekerja. Disk yang dimaksud di sini adalah harddisk dari komputer itu sendiri. DOS merupakan salah satu sistem operasi komputer yang kuno, alias jadul.

DOS merupakan sistem operasi yang sifatnya single user, dan merupakan salah satu sistem operasi tanpa media grafis, sehingga user hanya dihadapkan pada sebuah tampilan layar hitam dengan tulisan putih. Penggunaan DOS awalnya digunakan pada komputer – komputer terbitan IBM, yang dikhususkan untuk penggunaan bisnis. DOS sendiri pada saat itu seperti dijajah oleh Microsoft, karena pada saat itu, Microsoft mengembangkan sistem DOS ini, sehingga kita mengenal nama sistem operas MS – DOS.

Cara kerja sistem operasi DOS

SIstem operasi DOS memilki cara kerja yang rumit dan juga kompleks. User yang menggunakan sistem operasi ini dituntut untuk mampu memahami perintah – perintah dan juga command dari sebuah komputer agar dapat mengoperasikan komputer. Tampilan dari sistem operasi ini yang tidak menggunakan gambar menambah kerumitan dari penggunaan sistem operasi DOS ini.

  1. Sistem Operasi Microsoft Windows

Setelah era DOS berakhir, maka muncullah berbagai sistem operasi lain, dimana banyak perusahaan teknologi berlomba – lomba untuk menciptakan sistem operasi yang user friendly dan mudah untuk digunakan. Salah satunya adalah sistem operasi Windows, yang ditelurkan oleh Microsoft Inc. Microsoft Windows saat ini merupakan salah satu sistem operasi yang sangat populer, dimana hampir lebih dari 90% user di dunia menggunakan sistem operasi ini. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1975, dan masih berkembang hingga saat ini, dalam menciptakan berbagai pembaruan dari sistem operasi mereka.

Daftar sistem operasi pengembangan Windows

Microsoft Windows sebenarnya bisa masuk ke dalam dua kategori sistem operasi, yaitu sistem operasi stand alone dan juga sistem operasi jaringan. Untuk kategori sistem operasi Stand alone, berikut ini adalah beberapa pengembangan dari sistem operasi yang populer tersebut :

  • Windows 1.0
  • Windows 2.0
  • Windows 3.0
  • Windows 3.1 (Janus)
  • Windows 95 (Chicago)
  • Windows 98 (Memphis
  • Windows Milenium Edition
  • Windows NT 3.1
  • Windows NT 3.5 (Daytona)
  • Windows 2000 (Windows NT 5.0)
  • Windows XP
  • Windows Vista
  • Windows 7
  • Windows 8
  • Windows 8.1
  • Windows 10

Itulah seluruh sistem operasi Stand alone yang sudah dikembangkan oleh Microsoft Windows, mulai dari awal hingga saat ini. Disebutkan bahwa Windows 10 adalah generasi terakhir dari sistem operasi Windows, yang diklaim memiliki banyak kelebihan dan juga memiliki banyak sekali fitur – fitur yang sangat menarik di dalamnya.

Kelebihan Microsoft Windows

Salah satu hal yang membuat sistem operasi miliki Microsoft Windows menjadi sangat populer adalah karena Windows merupakan salah satu sistem operasi yang cukup menarik dan mudah untuk dipelajari. Hal ini terbukti bahwa banyak sekali orang yang mengerti dan mampu melakukan troubleshooting terhadap sistem operasi windows ini.Selain itu, Windows juga memiliki user interface yang cukup menarik dan juga mudah untuk dipergunakan, ditambah lagi dengan dukungan berbagai macam aplikasi dan juga fitur, seperti game dan juga aplikasi dan software lainnya.

  1. Sistem Operasi Mac OS

Sistem operasi stand alone berikutnya adalah sistem operasi Mac OS. Mac OS atau Macintosh ini merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi pesaing dari Microsoft Corporation, yaitu Apple Inc. Merupakan sistem operasi yang ekslusif untuk digunakan pada produk keluaran Apple saja, seperti Mac Book dan juga berbagai komputer desktop lainnya yang dikeluarkan oleh Apple. Banyak orang yang juga menganggap bahwa Mac OS merupakan sabuah sistem Operasi yang masuk ke dalam keluarga sistem operasi UNIX.

Sistem operasri ini, diluncurkan pada bulan Januari tahun 1984, yang mana merupakan jangka waktu yang cukup jauh apabila dibandingkan dengan peluncuran dari sistem operasi Windows. Meski demikian, nyatanya saat ini Mac OS juga menjadi salah astu sistem operasi yang populer untuk digunakan, terlebih lagi karena nilai prestige dan juga ke ekslusifannya.

Daftar sistem Operasi pengembangan dari Mac OS :

  • Mac OS System 1
  • Mac OS System 2
  • Mac OS System 3
  • Mac OS System 4
  • Mac OS System 5
  • Mac – OS System 6
  • Mac OS System 7
  • Mac OS System 8
  • Mac OS System 9
  • Mac OS X (10)

Hingga saat ini, Mac OS X masih terus dikembangkan untuk produk – produk dari komputer yang dikeluarkan Apple Inc.

Kelebihan dari Sistem Operasi Mac OS

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh sistem operasi Mac OS adalah nilai ekslusifitas. Mac OS yang merupakan sistem operasi yang dibenamkan hanya apda komputer Apple saja, membuat nilai dari sistem operasi ini menjadi sangat ekslusif. Selain itu, Mac OS jga merupakan salah satu sistem operasi yang memilik fitur – fitur grafis yang menarik, dan juga sangat user friendly. Dukungan aplikasi dan juga software dari sistem operasi ini juga cukup banyak dan juga lengkap, sehingga Mac OS bisa menempel sisem operasi Windows dan menjadi salah satu sistem operasi komputer yang terbesar di dunia.

  1. Sistem Operasi Linux

ads
Sistem operasi komputer berikutnya adalah sistem operasi LINUX. Lineux merupakan salah satu sistem operasi yang cukup populer, dan juga cukup dikenal oleh banyak orang, namun demikian penggunaannya tidak sebanyak sistem operasi Windows dan juga Mac OS. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang sifatnya open source, alias terbuka. Maka dari itu, banyak sekali jenis – jenis sistem operasi yang dikembangkan, dengan menggunakan basis sistem operasi Linux ini.

Salah satu ciri khas dari sistem operasi LINUX ini adalah logonya yang simple dan juga lucu, yaitu seekor penguin bernama tux. Logo ini, meskipun sederhana, namun ternyata cukup menarik perhatian banyak orang untuk bertanya – Tanya, apa sih linux itu?

Linux sendiri, versi petamanya mulai diluncurkan pada era 1991, dan komponen dari sistem operasi LINUX ini diciptakan dan juga dikembangkan oleh projek GNU, yang merupakan salah satu proyek aplikasi atau software gratis (free software) yang cukup terkenal.

Berbeda dengan sistem operasi Windows dan juga Maco OS yang selalu memberikan pembaruan versi secara berkala, maka Linux berbeda. Linux memberikan kebebasan bagi para programmer untuk mengembangkan sistem operasinya sendiri, dengan basis LINUX, yang akhirnya terbagi menjadi beberapa jenis distro linux, yang bisa dikembangkan dalam menciptakan dan mengembangkan sistem operasi sendiri, yaitu :

  • Red Hat
  • Debian
  • Slackware
  • SuSE
  • Mandrake
  • WinLinx
  • Dan masih banyak lagi distro – ditro linux, sesuai dengan spesifikasinya

Kelebihan dan kekurangan dari Sistem Operasi Linux

Salah satu hal yan menyebabkan linux banyak dikenal adalah, karena linux merupakan sistem operas komputer yang bersifat open source. Open source, selain berarti sistem operasi, dan segala isinya bisa diperoleh dengan mudah dan juga hampir gratis, Linux juga dapat dimodifikasi dengan mudah. Source code nya yang terbukk adan free to edit, dapat digunakan oleh para programmer untuk mengutak – atik dan menciptakan serta mengembangkan sendiri sistem operasi yang mereka inginkan berbasis Linux. Karena itu, hingga saat ini sudah banyak sekali sistem operasi yang diciptakan dengan menggunakan basis Linux.

  1. Sistem Operasi UNIX

Meskipun sama – sama berakhiran ix, namun linux dan juga UNIX adalah sistem operasi yang berbeda. UNIX sendiri merupakan salah satu sistem operasi yang berfungsi sebagai kategori sistem operasi Stand Alone, maupun sistem operasi dalam jaringan. SIstem operasi UNIX ini pertama kali diciptakan oleh Ken Thompson dan juga Dennis Ritchie pada tahun 1969. Kemudian, Sistem operasi ini juga dikembangkan oleh perusahaan telekomunikasi yang besar di Amerika, yaitu AT&T Bell Labs. UNIX jarang kita temui sebagai salah satu sistem operasi yang digunakan oleh user komputer secara umum, karena kebanyakan sistem operasi UNIX digunakan untuk modifikasi dan pengembangan sistem operasi baru yang berbasi UNIX. Bahkan salah satu sistem operasi yang terkenal, seperti Macintosh merupakan salah satu sistem operasi yang masih dianggap masuk ke dalam keluarga berbasis UNIX. Hingga saat ini, sistem operasi UNIX banyak diaplikasikan sebagai sistem operasi yang sifatnya eksperimental, yang maa UNIX digunakan sebagai dasar untuk menciptakan dan mengembangkan OS atau sistem operasi yang baru.

Kelebihan dari UNIX

Sistem operasi UNIX sendiri diklaim memiliki sistem yang sangat kompatibel dan juga sangat mudah untuk dimodifikasi dan juga dkembangkan. Inilah yang kemudian membuat UNIX menjadi salah satu basis sistem operasi yang banyak dkembangkan di dunia.

Beberapa jenis UNIX

Ada beberapa jenis atau nama varian dari UNIX, yang merupakan sistem operasi hasil pengembangan dari basis UNIX, seperti :

  • A/UX, Doman/X, Darwin yang dikembangkan oleh Apple Computer yang merupakan basis dari sistem operasi Mac OS
  • CTIX dan Distrix, yang dikembangkan oleh Convergent technology
  • UniCOS, yang dikembangkan oleh Cray Research
  • DG/UX yang dikembangkan oleh Data General Corporation
  • Digital UNIX dan juga Ultrix, yang dikembangkan oleh Digital Equipment
  • HP/UX yang dikembangkan oleh Hewlett Packard
  • UNIX Ware yang dikembangkan oleh Novell Incorporated
  • SINIX, yang dikembangkan oleh Siemens Corporation
  • Solaris, yang dikembangkan oleh Sun Microsystem
  • Uniplus, yang dikembangkan oleh Unisoft Corporation
  • Linux, Free BSD, Open BSD, Next Step, Net BSD, dan masih banyak lagi varian dari hasil modifikasi sistem operasi UNIX.
  1. Sistem Operasi Amiga

Sistem operasi Amiga atau Amiga OS merupakan salah satu sistem operasi yang dibuat dan juga dikembangkan untuk kebutuhan komputer Amiga. Amiga meruakan komputer pribadi atau PC yang dikembangkan oleh Commodore International, dengan sistem operasi pertama yang diperkenalkan adalah Amiga 1000. Sistem operasi ini berjalan pada seri Motorola 68 K, dengan menggunakan processor 1 dan juga 32 bit. Amiga OS saat ini hak patennya dipegang oleh Amiga Inc, yang dibantu oleh Hyperion Entertainment dalam pengembangan Amiga OS 4.

Amiga memang merupakan sistem operasi yang kurang populer di kalangan masyarakat umum.

  1. Garuda OS

Merupakan salah satu sistem operasi yang dibuat dan dikembangkan di Negara kita sendiri, yaitu Indonesia. Garuda OS merupakan sistem operasi komputer berbasis Linux, yan g dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam memperoleh sistem operasi yang sifatnya freeware, namun tetap original dan juga memiliiki standar nasional Indonesia, atau SNI. Garuda OS secara spesifik berbasis PC Linux OS Fullmonty Edition, yang memilki banyak kelebihan. Namun sayang, sistem operasi Garuda OS ini juga masih kurang populer di kalangan user di Indonesia, karena penggalangan untuk menggunakan opensource dan juga freeware masih kurang optimal, sehingga banyak masyarakat yang tidak mengetahuinya.

  1. Sistem Operasi Google Chrome

Merupakan sistem operasi buatan Google Inc, yang menggunakan basis Linux sebagai sistem operasi pengembangannya. Google Chrome OS ini merupakan sistem operasi yang sifatnya open source, yang diluncurkan pada tahun 2009, tepatnya 7 Juli. Sistem operasi ini, sayangnya tidak berlaku universal, karena hanya bisa diterapkan pada komputer yang suah dirangcang khusus sehingga kompatibel dengan sistem operasi Google Chrome ini. Dengan menggunakan sistem operasi Google Chrome, maka usernya akan dapat menikmati pengalaman ereka dalam melakukan pencarian di dalam internet, dan lebih ditujukan bagi kebutuhan berinternet pada usernya.

  1. Sistem Operasi Be OS

Be OS merupakan sistem operasi untuk sebuah PC atau personal computer yang dikembangkan oleh B Inc. Be OS pada awalnya dibuat untuk berjalan dan befungsi pada perangkat keras keluaran Be, yaitu Be Box, yang mulai dikembangkan pada tahun 1991. Be Box mengandalkan multiptocessing Simetric, dan menggunakan bandwith modulae, serta memilik kemampuan untuk melakukan preemptive multitasking.

  1. Sun Solaris OS

Sun Solaris merupakan siste operasi yang dikembangkan oleh Sun Microsystem, salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Sun Solaris OS ini merupakan sistem operasi berbasis UNIX, yang dikembangkan pada tahun 1992 untuk mendukung sistem operasi sebelumnya, yaitu sistem operasi Sun. Sun Solaris ini terkenal akan kestabilannya, dan juga memiliki pilihan kpemilikan, yaitu lisensi pribadi, ataupun sistem operasi yang sifatnya terbuka atau open source. Untuk sistem operasi yang opensource, bernama open solaris.

  1. Sistem Operasi Blank On

Merupakan sistem operasi berbasis Linux lainnya yang dikembangkan oleh para pecinta Linux di tanah air. Blank On ini dikembangkan oleh YPLI, dan merupakan sistem operasi berabsis Linuc yang sengaja dikembangkan untuk mendukung kebutuhan sistem operasi dari para pengguna komputer pada umumnya, terutama dalam bidang pendidikan, perkantoran dan juga pemerintahan. Namun demikian, tetap saja, sistem operasi ini masih kalah pamor dibandingkan dengan siste operasi populer, seperti Windows dan juga Mac OS.

Contoh Kategori Sistem Operasi jaringan

  1. Novell NetWare

Sistem operasi jaringan yang pertama adalah sistem operasai Novell NetWare. Sesuai dengan namanya, sistem operasi ini memang khusus dibuat dan juga dkembangkan untuk kepentingan Net atau jaringan. Novell NetWare ini merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh IBM, sebagai salah satu perusahaan teknolog yang sangat besar. Novell Netware ini bekerja dengan menggunakan protokl jaringan dari Xerox XNS. Novell Netware mulai dikembangkan pada era 1983, dimana pada saat ini sisitem jaringna komputer sudah mulai berkembang dan banyak digunakan.

Seri dan perkembangan varian dari Novell Netware

Dari pertama kali dikembangkan hingga saat ini, Novell Netware sudah mengalami banyak pembaruan dan juga pengembangan, yang dapat dilihat dari beberapa versi dari Novell NetWare tersebut, yaitu :

  • Netware 286 2.X
  • Netware 3.X
  • Netware 4.X
  • Netware for OS/2
  • Netware 4.1.X
  • Netware 5.X
  • Netware 6.0
  • Netware 6.5
  1. Windows Server

Salah satu sistem operasi yang populer di kalangan user di dunia, yait Microsoft Windows juga mendukung kebutuhan usernya di bidang jaringan komputer. Hal ini dibuktikan dari penggunaan Microsoft Windows Server yang banyak dan juga cukup populer untuk digunakan sebagai salah satu sistem operasi yang menjalankan sebuah koputer server. Untuk lebih jelasnya megnenai Windows Server ini, maka berikut ini adalah beberapa generasi dan juga versi dari Windows Server yang sudah dikembangkan :

  • Windows Server 2003, yang menggunakan platform Windows XP, dengan nama Whistler Server, XP Server, dan .NET Server
  • Windows Home Server, merupakan pengembangan dari Windows Home Server
  • Windows Server 2008, merupakan Windows Server yang dikembangkan dengan basis Windows Vista
  • Windows Server 2008 R2, dengan basis Windows 7 dan bernama Windows 7 Server
  • Windows Server 2012, dengan basis Windows 8
  • Windows Server 2012 R2, dengan basis Windows 8.1
Sponsors Link

  1. UNIX

Seperti penjelasan sebelumnya, UNIX merupakan sebuah sistme operasi yang sifatnya mudah untuk dikembangkan dan juga dimodifikasi. Banyak pengembang yang membuat sistem operasi berbasai UNIX menjadi sebuah sistem operasi untuk server. UNIX sendiri pada dasarnya juga sudah mumpuni dan memiliki fitur sebagai sistem operasi yang digunakan pada sebuah server komputer.

  1. Linux

Linux memiliki ciri khas berupa distro – distronya, yang merupakan hasil pengembangan dari sistem operasi yang sifatnya open source ini. beberapa sistem operasi Linux, seperti Debian, Mandrake dan juga Redhat adalah tiga distro linux yang paling sering digunakan sebagai sistem operasi pada sebuah server jaringan komputer.

  1. Sun Solaris

Selain sebagai sistem operasi yang sifatnya stand alone dan digunakan sebagai workstation, Sun Solaris juga memiliki kemampuan untuk menjadi sistem operasi yang dapat mengoperesaikan sebuah komputer server. Ini merupakan kelebihan dari sistem operasi Solaris, yang mampu bekerja baik sebagai komputer user, ataupun komputer server.

  1. Mac OS Server

Sama seperti Microsoft Windows, Mac OS selain menyediakan kebutuhan sistem oeprasi yang sifatnya stand alone dan digunakan sebagai single user, juga menyediakan kebutuhan sistem operasi untuk penggunaan jaringan. Ada beberapa versi dari Sistem operasi Mac OS untuk jaringan atau Mac OS Server, yaitu :

  • Mac OS X Server 1.0
  • Mac OS X Server 10.1
  • Mac OS X Server 10.2
  • Mac OS X Server 10.3
  • Mac OS X Server 10.4

Baca : Perbedaan komputer server dengan komputer client biasa

Contoh Sistem Operasi Embedded

1. Windows Mobile / Windows Phone

Merupakan versi Embedded dari Sistem operasi Windows, yaitu windows mobile, atau yang juga sering kta kenal dengan nama Windows Phone / WP. Windows Phone diikembangkan dengan nama Windows Pocket PC pada tahun 2000 untuk memenuhi kebutuhan para user yang sifatnya mobile, dan sering menggunakan smartphone. Saat ini, sistem operasi Windows Mobile sudah banyak terdapat pada beberapa smartphone yang populer di kalangan masyarakat dunia.

2. Palm OS

Palm merupakan salah satu sistem operasi pada smartphone atau PDA Phone yang hanya booming sebentar saja. Saat ini Palm sudah sangat tidak populer, karena sudah kalah bersaing dengan sistem operasi lainnya.

Palm dikembangkan oleh Palm, Inc. sebuah perusahaan telekomunikasi asal Amerika Serikat, yang mengembangkan smartphone Palm Treo 680.

3. Embedded Linux

Merupakan sistem operasi versi embedded dari sistem operasi Linux. Sistem opereasi Embedded Linux ini memang kurang populer dan juga penjelasan serta fitur – fitur utama dari sistem operas ini pun masih kurang begitu lengkap.

4. Sistem Operasi Symbian

Symbian merupakan sistem operasi dari sebuah smartphone, yang pertama kali diperkenalkan pada perangkat mobile milik Nokia. Symbian merupakan sistem operasi yang memungkinkan setiap usernya memiliki sebuah smartphone yang pintar, namun tetap dengan spesifikasi yang standar, dan tidak terlalu besar.

5. Android OS

Merupakan sistem operasi yang sangat populer saat ini. Android OS merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh google, dengan modifikasi dan juga pengenmbagan dari sistem operasi LINUX. Saat ini, android sudah menjadi salah satu sistem operasi standar yang banyak digunakan pada berbagai macam smartphone di seluruh dunia.

6. iOS

Merupakan sistem oeprasi Embedded milik Apple. Sistem operasi ini emrupakan sebuah sistem operasi yang dikhususkan secara ekslusif bagi seluruh smartphone yang dikeliarkan oleh Apple Inc, seperti iPhone, iPod, dan juga iPad. Sistem operasi ini hanya bisa digunakan pada perangkat Apple, dan juga masih merupakan pengembangan dari sistem operasi Mac OS.

Kategori Sistem Operasi Live CD

1. Microsoft Windows Mini PE

Merupakan versi Live CD dari sistem operasi Microsoft Windows, yang memiliki fitur yang cukup lengkap. Saat ini memang sistem operasi Live CD sudah tidak populer, mengingat komputer dengan spesifikasi yang rendah sekalipun sudah mamp untuk menjalakan sistem operasi milik Microsoft Windows.

2. Ubuntu

Merupakan sistem operasi Live CD yang merupakan pengembangan dari sistem operasi Linux. UBUNTU merupakan sistem operasi yang brbasis Debian Linux, dan meruapakan salah satu sistem operasi Linux yang mungkin banyak dikenal oleh banyak user.

3. Knoppix

Knoppix juga merupakan salah satu sistem operasi Live CD yang dikembangkan dari modifikasi opensource milik Linux, tepatnya adalah distro Debian – Linux.

Nah itulah beberapa contoh sistem operasi saat ini berdasarkan kategorinya yang telah dipakai di berbagai bidang teknologi untuk mendukung pesatnya perkembangan teknologi informasi

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 01st, December 2015 / 05:28 Oleh :
Kategori : Sistem Operasi