Home » Gadget » Cara Daftar dan Top Up DANA Dompet Digital

Cara Daftar dan Top Up DANA Dompet Digital

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Di zaman sebelum masehi saat uang belum ada. Umat manusia melakukan proses jual beli dengan cara barter (sistem pertukaran barang). Lalu beberapa ratus tahun kemudian sistem barter berkembang menjadi sistem komoditas, dimana barang yang di jadikan alat pertukaran adalah barang yang sangat di butuhkan seperti beras, rempah-rempah, hewan ternak dll.

Setelahnya uang primitif  yang terbuat dari cangkang kerang, logam, kulit hewan dan emas di jadikan alat pertukaran oleh manusia pada abad ke 3 sebelum masehi. Uang kertas sendiri pertama kali digunakan di swedia pada tahun 1661 setelah pabrik kertas pertama di  buat di spanyol tahun 1150.

Kini uang kertas masih di gunakan oleh masyarakat dunia dengan nilai tukar berbeda tiap negara. Namun seiring perkembangan zaman uang kini bertranformasi dari yang berbentuk fisik menjadi bentuk digital yang di simpan di sebuah layanan internet.

Untuk menggunakan uang digital kita harus mendaftar dahulu di sebuah layanan dompet digital. Salah satu penyedia layanan dompet digital di indonesia adalah DANA.

Apa itu DANA?
DANA adalah layanan dompet digital (e-wallet) Indonesia yang bisa di gunakan untuk pembayaran non tunai dan non kartu seperti membeli paket data pulsa, token listrik dan pembayaran di berbagai merchant DANA.

Lalu apa kelebihan fitur layanan DANA dibandingkan penyedia dompet digital lain?

Kelebihan Layanan Dompet Digital DANA

  1. Menggunakan kode QR. Dengan cukup menggunakan kode QR kita pun tak perlu repot repot mengantri dalam transaksi pembayaran di merchant DANA.
  2. Sistem pembayaran Online. Dengan sistem online pada pembayaran DANA membuat kita tak perlu lagi harus keluar rumah untuk membayar token listrik, paket data pulsa, bayar cicilan kendaraan, asuransi, bpjs, tv cable dll.
  3. Beragam Metode pembayaran. Dengan menggunakan DANA kita bisa memilih berbagai metode pembayaran seperti dengan kartu debit, saldo DANA dan ATM banking dll.
  4. Jaminan Keamanan. Memiliki jaminan keamanan karena dompet digital DANA sudah terdaftar resmi di Badan Pengawas pedagangan berjangka komoditi (Bappebti). 
  5. Promo menarik. Dalam beberapa kesempatan, dompet digital DANA mengeluarkan promo menarik yang bisa kita ikuti seperti diskon harga dan promo cashback (uang kembali) pada merchant dan program promo yang ada
  6. Belanja Online. Dengan menggunakan dompet digital DANA kita bisa membeli segala keperluan seperti peralatan elekronik di Bukalapak atau juga membeli tiket secara online di situs TIX ID
  7. Banyaknya Merchant. Dengan menggunakan dompet digital DANA kita bisa melakukan pembayaran di banyak merchant DANA seperti Bukalapak, Cinema XXI, Alfamart, BNI, BPJS, Maybank, TIX ID, Reservasi dll.
  8. Saldo Minimal. Dengan cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000 kita sudah dapat melakukan Top Up Saldo di dompet digital DANA. Kita juga bisa langsung mentransfer saldo DANA ke teman yang juga memiliki akun DANA.

Setelah kita tahu apa kelebihan dari layanan dompet digital DANA. Lalu bagaimana cara agar kita bisa melakukan Top Up di aplikasi dompet digital DANA?

Sebelum melakukan Top Up kita harus daftar dan registrasi terlebih dahulu di layanan Dompet Digital DANA. Caranya seperti dibawah ini.

Cara Daftar Layanan Dompet Digital DANA

  1. Download aplikasi DANA di Playstore
  2. Install aplikasi DANA
  3. Setelah diinstal buka aplikasi DANA
  4. Lalu masukan nomor handphone kita yang masih aktif
  5. Klik Lanjut
  6. Lalu masukan 4 digit kode OTP (One Time Password) yang dikirim oleh pihak layanan DANA melalui sms dari nomer hp kita yang di masukan tadi
  7. Kemudian akan muncul halaman promo.
  8. Bila tidak ada klik Lewati
  9. Kemudian masukan Nama Lengkap dan Nama Panggilan dan Foto Profil yang akan kita gunakan.
  10. Setelah itu klik Register (Daftar)
  11. Buat 4 digit PIN untuk keamanan
  12. Klik Lanjut
  13. Selesai. Akun DANA kita sudah jadi

Setelah akun DANA kita jadi, barulah kita bisa melakukan Top Up saldo DANA dengan beberapa perangkat seperti di bawah ini.

Cara Top Up dana mengunakan aplikasi M-BCA (BCA Mobile)

  1. Login ke aplikasi BCA Mobile (M-BCA)
  2. Pilih menu M-TRANSFER>BCA VIRTUAL ACCOUNT
  3. Masukan 3901 + nomor Hp yang terdaftar di akun DANA contoh : (3901472842xxx)
  4. Masukan Jumlah nominal Top Up yang ingin di bayar
  5. Masukan PIN mBCA kita
  6. Ikuti Intruksi hingga proses Top Up berhasil

Setelah kita melakukan Top UP lewat aplikasi mBCA kita juga bisa melakukan top up di minimarket seperti Indomaret caranya adalah di bawah ini.

Cara Top Up di Minimarket (Indomaret)

  1. Kunjungi gerai minimarket (Indomaret) yang di inginkan
  2. Jelaskan kepada kasir minimarket (Indomaret) bahwa kita ingin melakukan Top Up Dana
  3. Sebutkan nomer ponsel kita yang terdaftar di akun Dana
  4. Sebutkan nominal top up dengan minimum Top Up Rp. 50.000 dan kelipatan Rp. 50.000 – 500.000
  5. Lalu kasir pun melakukan proses verifikasi hingga saldo berhasil di top up di layanan DANA.

Demikianlah cara Daftar dan Top Up DANA dompet digital di aplikasi mBCA dan di minimarket (Indomaret). Dengan menyimpan sebagian uang kita di dompet digital. Kita pun tak perlu lagi khawatir uang kita hilang dan dicopet seperti saat membawa uang berbentuk fisik. Dengan banyaknya gerai merchant yang menyediakan layanan DANA juga membantu kita dalam hal pembayaran saat kita lupa membawa uang tunai.

You may also like