Home » Gadget » Cara Mengaktifkan Data Roaming di Hp Android dan iPhone

Cara Mengaktifkan Data Roaming di Hp Android dan iPhone

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Tahun 2000’an awal apabila kita ingin mengakses jaringan internet kita harus menggunakan komputer. Entah menggunakan Komputer pribadi maupun menyewa komputer di Warnet. Namun seiring perkembangan zaman kini untuk mengakses jaringan internet bisa di lakukan di HP kita.

Agar kita bisa mendapatkan layanan internet pada Hp. Maka Kita harus mendaftar paket data internet ke layanan provider pada SIM yang kita gunakan dengan jenis paket yang bervariasi entah itu paket internet harian, mingguan, bulanan dengan jenis wilayah tertentu seperti Kuota lokal dan Kuota biasa.

Kuota Internet yang di tawarkan beberapa provider seluler bisa digunakan dengan mudah di dalam negeri selama sinyal jaringan seluler terdeteksi.

Namun Bagaimana bila kita berpergian ke Luar negeri seperti saat liburan atau melaksanakan ibadah umrah yang mana sinyal provider lokal tidak terjangkau?Untuk itulah disini kita perlu mengaktifkan roaming data pada kartu SIM di HP kita.

Lalu Apa itu Roaming Data?
Roaming Data adalah sebuah Pengaturan pada Kartu SIM Ponsel dari satu negara agar bisa beroperasi di jaringan seluler negara lain. Lalu provider lokal melakukan kerjasama dengan provider negara lain sehingga kita bisa mengakses jaringan seluler dengan beban biaya paket data roaming tertentu sesuai ketentuan provider masing masing.

Adapun Untuk melihat daftar paket roaming data provider seperti (XL, Axis, Tri, Telkomsel, Indosat, Smartfren dll) bisa dengan cara melihat di situs web provider masing-masing dan melalui menu dialup pada Hp. Bahkan tak jarang saat musim liburan seperti hari raya, akhir tahun dan musim haji para Provider seluler berlomba-berlomba mempromosikan daftar Paket Data Roaming di iklan televisi.

Setelah kita mengetahui pengertian tentang Roaming Data lalu apa fungsi dan manfaat bila kita mengaktifkan rooming data pada kartu sim kita? Apakah hanya sebatas bisa internetan di luar negeri saja? Tentu saja tidak. Karena dengan mengaktifkan roaming data maka kita juga bisa menggunakan layanan lainnya dari Provider yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Fungsi dan Manfaat Mengaktifkan Rooming data Pada Kartu SIM

  1. Mengirim dan Menerima SMS. Dengan roaming data kita tetap bisa mengirim dan menerima pesan sms (short message service) di negara lain
  2. Melakukan dan Menerima Panggilan. Dengan Roaming data pada SIM Hp, kita bisa melakukan panggilan sekaligus menerima panggilan telepon dengan biaya tertentu di negara lain
  3. Melakukan Video Call. Dengan mengaktifkan Rooming Data kita juga tetap bisa melakukan video call di negara lain
  4. Akses Media Sosial. Dengan mengaktifkan roaming data kita bisa mengakses media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan yang lainnya. Sehingga kita tetap bisa eksis di luar negeri dengan cara melakukan update status & story, upload foto & video maupun melakukan live streaming di media sosial.
  5. Mengakses Aplikasi Whatsapp. Dengan melakukan roaming data kita tetap bisa mengakses aplikasi whatsapp dengan berbagai keperluan seperti menghubungi kontak whatsapp orang lain (call or video call), mengupdate status whatsapp, membagikan pesan multimedia ke grup whatsapp dll.
  6. Browsing Internet. Bila kita kekurangan informasi tentang negara yang kita kunjungi seperti info daftar tempat wisata, tempat makan yang enak dan lainnya kita bisa mencarinya dengan browsing di internet (google) menggunakan paket data roaming.
  7. Google Map. Bila saat kita melakukan perjalanan ke luar negeri namun kita tak mengetahui rute jalan yang cepat dan tepat. Maka kita bisa membuka google map dengan menggunakan roaming data sehingga saat di luar negri kita tak akan tersesat.
  8. Menerima Panggilan di Pesawat. Saat kita berada di dalam pesawat menuju negara tujuan. Tentunya pada pengaturan HP diaktifkanlah mode pesawat. Saat ada panggilan masuk ke HP kita. Data panggilan akan masuk melalui voice mail menggunakan layanan roaming data

Setelah kita mengetahui apa fungsi dan manfaat mengaktifkan Roaming data saat di luar negeri. Lalu bagaimana cara mengaktifkan paket roaming data pada kartu SIM di HP kita? Cara mengaktifkannya akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Roaming Data di HP Android

  1. Pertama-tama kita buka Menu Pengaturan di HP Android kita
  2. Kemudian kita Pilih Menu Kartu SIM
  3. Setelah itu kita Pilih Menu Roaming Data
  4. Lalu Centang dan Pilih Aktikan Roaming Data
  5. Setelah selesai kita Restart Hp kita dengan cara Tekan Tombol Power lalu pilih Restart
  6. Setelah Hp kembali nyala. Hubungkan kembali ponsel dengan data internet dan Mode Roaming data pun otomatis aktif

Selain di Hp android kita juga bisa mengaktifkan Roaming Data Di ponsel iPhone yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Rooming Data Di ponsel iPhone

  1. Pertama-tama kita Buka Menu Pengaturan di ponsel iPhone kita
  2. Kemudian kita cari dan Pilih Menu Data Seluler
  3. Lalu kita Buka Menu Pengaturan Data Seluler
  4. Dan yang terakhir Aktifkan Roaming Data
  5. Selesai. Kini Layanan Roaming Data sudah aktif di ponsel iPhone kita.

Setelah kita mengaktifkan Roaming Data di HP kita. Nantinya kita akan di kenakan beban biaya layanan roaming data sesuai dengan ketentuan dari masing-masing provider. Untuk mengihindari membengkaknya biaya tagihan pulsa dan cepat habisnya kuota data roaming maka di perlukan langkah-langkah untuk mengantisipasinya yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara Mengantisipasi Membengkaknya Biaya Tagihan Roaming Data

  1. Matikan Data Internet. Dengan mematikan pengaturan Data internet di HP kita maka kuota data roaming akan awet. Dan aktifkanlah kembali Data Internet saat kita sedang membutuhkannya saja sehingga data roaming kita tidak tersedot pada hal yang sia-sia. Adapun cara cepat mematikan data internet adalah :
    • Gulir atau scroll saat sedang di layar utama (homescreen) hp Kita
    • Pilih dan Tap Icon Data seluler hingga tampilannya tampak mati
    • Selesai. Kini Data internet kita sudah tidak aktif
    • Bila kita ingin menyalakan Data internet lagi Klik Icon Data seluler itu kembali
  2. Matikan Fitur Push Notification. Dengan begitu semua notification entah itu dari media sosial, email, situs website, Aplikasi dan yang lainnya tidak akan muncul di Hp kita. Yang bisa menyedot kuota data roaming kita. Caranya adalah :
    • Buka Menu Pengaturan
    • Kemudian kita Pilih Notifikasi
    • Lalu Centang & Pilih Aplikasi apa saja yang ingin di nontaktikan termasuk juga Browser
    • Setelah itu Pilih Ok
    • Selesai. Kini notifikasi dari aplikasi & browser tak muncul lagi di Hp kita
  3. Memilih Paket Data Roaming hemat. Sebelum kita melakukan perjalanan ke luar negeri tentukan paket roaming data sesuai dengan kebutuhan baik itu dalam hal kapasitas kuota maupun masa aktif paket data roaming. Sehingga kita bisa menghemat biaya dan paket yang di aktifkan tidak terbuang sia-sia
  4. Gunakan Fitur Batas Penggunaan Data. Dengan membatasi penggunaan data melalui pengaturan di Hp kita maka kita bisa memantau berapa kuota data roaming yang telah di gunakan. Dan bila penggunaan sudah melewati batas maka Hp otomatis akan memberi notif peringatan. Sehingga kita tidak kebablasan saat menggunakan internet di luar negeri. Caranya adalah :
    • Kita Pilih Menu Pengaturan
    • Setelah itu kita Pilih Menu Data Usage
    • Pilih Operator yang kita gunakan Lalu Centang & Pilih Menu Set Mobile Data Limit
    • Kemudian Kita Pilih Ok
    • Lalu Munculah Sebuah Info Grafik dan Notifikasi Peringatan menandakan batas penggunaan data sudah terlewati.
    • Untuk mengatur Batas maksimal penggunaan data kita bisa geser garis yang ada pada info grafik dan tentukan periode waktu penggunan data di Menu Date
    • Nantinya Bila Batas Penggunaan Data terlampaui maka jaringan data internet di HP akan otomatis Di Matikan oleh Sistem
  5. Matikan Update Otomatis. Sebelum kita berangkat ke luar negeri. Matikan Update otomatis pada HP kita baik itu update sistem operasi maupun aplikasi. Karena Update pada HP kita sering tidak di sadari oleh pengguna sehingga dengan cepat menyedot kouta data roaming kita. Adapun Caranya adalah :
    1. Pertama-tama Buka Google Playstore di Hp kita
    2. Kemudian kita Gulir/Scroll ke bawah dan Pilih Menu Setelan
    3. Setelah itu Kita Pilih Menu Update Aplikasi Secara Otomatis
    4. Kemudian munculah beberapa pilihan seperti : Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis, Update Secara Otomatis Kapan Saja dan Update Aplikasi Otomatis Hanya Melalui Wifi
    5. Lalu kita Pilih Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis
    6. Selesai. Kini Aplikasi Di Hp android kita tak akan melakukan update otomatis lagi
  6. Gunakan Jaringan Wifi. Bila kita sedang di luar negeri dan mampir di sebuah restoran mintalah password wifi agar kita bisa internetan tanpa menghabiskan kuota roaming data. Selain itu di luar negeri juga banyak tempat-tempat publik yang memiliki akses jaringan wifi gratis yang bisa kita cek dan gunakan.
  7. Download Peta Offline. Sebelum kita berangkat keluar negeri ada baiknya kita mengunduh terlebih dahulu peta offline negara tujuan. Yang bisa di gunakan bila sewaktu-waktu di perlukan saat di sana. Karena bagaimanapun bila mengakses peta online saat di negara tujuan. Aplikasi peta online biasanya menyedot kuota data internet yang besar sehingga kuota roaming data kita akan cepat habis.

Demikianlah Penjelasan mengenai Apa itu Roaming Data, Fungsi Roaming Data, Cara mengaktifkan Roaming Data melalui Hp Android dan iPhone dan juga cara mengantisipasi membengkaknya biaya dan kuota roaming data di luar negeri.

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas tentunya kini kita paham tentang roaming data dan tak bingung lagi bila ingin mengakses internet di luar negeri. Selain itu dengan melakukan cara diatas kuota roaming data kita tak cepat habis. Dimana bila kita harus membeli kuota internet di luar negeri biayanya sangat mahal.

You may also like