7 Akibat Laptop Mati Total yang Berpengaruh Terhadap Komponennya

Komputer adalah salah satu barang yang mendekati barang primer saat ini. Sebab, apa yang dibutuhkan saat ini hampir bisa dilakukan hanya di depan layar komputer saja. Jika komputer seperti PC terlalu mahal, alternatif lainnya adalah membeli laptop. Kinerja laptop sendiri tidsk kalah bagus dengan sebuah PC. Dengan harga yang lebih terjangkau, laptop bahkan bisa mengungguli PC karena dapat di bawa ke mana pun.

ads

Hanya saja, akan sangat merepotkan jika laptop tiba-tiba mati total. Meskipun ada cara mengatasi laptop mati sendiri,akan tetapi janganlah terlalu berharap laptop akan sama seperti baru pertama kali dibeli. Bahkan ada resiko yang harus diambil ketika mendapatkan laptop yang pernah mati total. Berikut akibat laptop yang mati total.

1. Layar akan mudah blank

Akibat yang pertama dirasakan adalah layar pada laptop akan mudah blank. Blank di sini adalah benar-benar gelap total, tidak muncul gambar, bahkan tidak ada gambar redup sekalipun. Meskipun begitu, mesin komponennya masih bisa bekerja. Solusi jangka pendek dari kasus ini adalah mengganti layar laptop dengan yang baru. Usahakan jangan pakai yang bekas, tapi benar-benar masih baru.

2. Suara bising pada laptop

Saat kita sering memainkan laptop, biasanya tidak akan ada suara yang bising. Namun akan berbeda jika laptop sudah pernah mati total. Ketika laptop dinyalakan dan diidamkan beberapa saat, akan terdengar suara yang bising sekali. Suara bising tersebut bisa jadi ada dua penyebab, yakni dari kipas pendingin atau dari harddrive. Jika dari kipas pendingin, maka bisa jadi kipasnya tidak berputar sama sekali. Jika kipasnya masih berfungsi, maka bisa jadi itu dari putaran cakram harddisk.

3. Harddisk akan rusak

Nah, lanjutan dari suara bising yang disebabkan dari harddisk. Hal tersebut membuat harddisk akan cepat rusak. Kerusakan terjadi karena laptop yang pernah mengalami mati total. Oleh sebab itu, sebelum harddisknya mati, sebaiknya langsung backup semua data di hardisk. Backupnya bisa menggunakan harddisk eksternal jika punya, flashdisk, atau ke dalam CD.

4. Motherboard mudah bermasalah

Ketika laptop mengalami mati total, banyak komponen yang akan mengalami kerusakan. Salah satu komponen yang cukup parah adalah bagian motherboard. Mungkin awalnya masih baik-baik saja. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, komponen – komponen pada motherboard mulai bermasalah. Contohnya, pada bagian kipas pendingin tidak jalan, prosesor sulit merespon, dan sebagainya. Jika kerusakan terjadi pada motherboard, maka laptop sudah susah untuk diperbaiki lagi.

5. Masalah pada baterai laptop

Baterai laptop pun tidak luput dari kerusakan. Biasanya kerusakan pada baterai laptop adalah pada saat pengisian dan juga daya tahan baterai itu sendiri. Saat baterai dicas, pengisiannya terhitung lama. Jika biasanya baterai bisa penuh hanya dalam waktu 3 jam, sekarang pengisian baterai bisa lebih dari 3 jam atau bahkan lebih lama lagi. Akan tetapi pada saat digunakan, daya tahannya malah menurun. Biasanya baterai tahan selama 8 jam, sekarang malah hanya tahan selama 3 jam saja. Sangat terasa perbedaannya ketika masih baru sehingga hal tersebut merupakan pengaruh laptop yang mati total. Solusi dari bagian ini hanya mengganti baterai lama dengan baterai baru.

6. Keyboard tidak responsif

Komponen berikutnya yang juga terkena imbas adalah keyboard tidak responsif seperti dulu. Misalnya, saat kita mengetikan sesuatu, huruf atau angka malah tidak muncul. Begitu juga ketika kita menekan tombol CTRL + C untuk melakukan perintah salin. Ternyata setelah kita mencobanya malah tidak bisa.


Selain itu, ketika menekan huruf tertentu malah muncul huruf lain. Contohnya kita menekan tombol “B” untuk memasukan huruf B pada komputer. Ternyata yang keluar justru huruf “N” . Dari hal tersebut sudah jelas sekali penyebab tombol keyboard tidak berfungsi salah satunya dari laptop yang sempat mati. Solusi dari permasalahan ini adalah dengan menggati keyboard.

7. Kinerja laptop mulai lambat

Pernahkah kamu merasakan performa laptop mulai menurun? Contohnya saja, saat membuka aplikasi sering hang, saat proses booting terasa lebih lama dari biasanya, dan pada saat menggunakan aplikasi yang berhubungan dengan grafis maupun bermain game menjadi sangat lambat dan patah-patah. Padahal spesifikasinya sudah termasuk baik begitu juga dengan kartu grafis yang digunakan sudah memenuhi syarat untuk bermain game.

Jika sudah seperti itu, itu merupakan permasalahan yang bisa jadi disebabkan oleh laptop yang pernah mati total. Solusi dari ini cobalah ganti kartu garfisnya dengan yang masih bagus. Bagus di sini tidak harus benar-benar baru. Bekas pun tidak masalah asalkan bukan dari laptop atau komputer yang pernah bermasalah. Setelah itu, kamu bisa ikuti tips cara meningkatkan kinerja laptop yang lemot  agar performa laptop bisa kembali baik.

Itulah akibat laptop mati total yang berpengaruh terhadap komponennya. Jika dilihat dari akibat yang ditimbulkan, bisa dikatakan pengaruhnya sangat besar terhadap komponen-komponen di dalamnya. Jika keuangan kamu belum punya untuk membeli laptop baru,  Solusi jangka pendek adalah mengganti komponen – komponen yang dianggap penting oleh kamu. Untuk selanjutnya, kamu harus belajar cara menjaga laptop agar tidak cepat rusak atau bisa juga membeli stabilizer. Sebab fungsi stabilizer sangat dibutuhkan pada saat mati listrik.