Sponsors Link

13 Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Saat Main Game Paling Mudah

Bermain game adalah sesuatu yang mungkin telah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Akan tetapi pengalaman bermain game tentu hanya bisa dinikmati apabila kamu bisa bermain dengan nyaman. Salah satunya adalah ketika suhu laptopmu masih berada pada kondisi normal alias tidak terlalu panas bahkan sampai overheat. Oleh karena itu pada artikel ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi laptop cepat panas saat main game dengan singkat, jelas dan padat sehingga kamu dapat menerapkannya secara mandiri di rumah ketika kamu ingin bermain game.

ads

Baca juga:

Jadi apa saja cara mengatasi laptop cepat panas saat main game itu? Simak di bawah ini ya!

1. Selalu gunakan kipas tambahan apabila kamu ingin bermain dalam waktu yang relatif lama

Cooling pad atau kipas tambahan yang biasanya dipakai di bawah laptop dapat membantu mengurangi overheat pada laptop, dengan cara mengalirkan udara segar melalui bagian bawah laptop, sehingga sirkulasi udara menjadi lancar. Akan tetapi kamu harus hati-hati karena jika salah dalam menggunakannya kipas tambahan justru bisa membawa debu masuk ke dalam laptop. Oleh karena itu bersihkan cooling pad yang kamu miliki sebelum menggunakannya pada laptopmu dari debu-debu yang terlihat ataupun tidak terlihat.

Namun menggunakan cooling pad kurang efektif apabila desain perangkat laptop yang kamu miliki dibuat sirkulasi udaranya di bawah monitor. Apabila desainnya seperti itu, maka sebaiknya tidak perlu menggunakan cooling pad karena karena tidak akan begitu berguna. Sebab udara hanya berputar-putar saja disitu.

Apabila kamu ingin menggunakan cooling pad, sangat direkomendasikan untuk memilih coolpad yang memiliki tiga kipas, karena memiliki tingkat redam suhu yang relatif lebih baik apabila dibandingkan dengan cooling pad yang hanya memilki dua kipas saja.

2. Melakukan pembersihan total

Langkah kedua untuk mengatasi laptop cepat panas saat main game adalah dengan cara membongkar atau membuka total laptopmu, kemudian bersihkan komponen hardware terutama fan dari debu dan kotoran yang dapat menyumbat sirkulasi udara di dalam laptop.

Sedikit tips ketika kamu ingin membongkar laptop, pastikan kamu menggunakan sarung tangan untuk menghindari listrik statis. Selain itu pelajari dulu arsitektur laptop yang kamu miliki agar kamu tidak merusak beberapa bagian laptop ketika berusaha untuk membukanya.

Baca juga:

3. Perhatikan kondisi thermal paste

Ada banyak komponen di dalam laptopmu, salah satunya adalah processor. Processor adalah salah satu komponen yang cepat panas dan oleh karenanya biasanya pabrik akan memberikan semacam gel atau thermal paste dalam proses produksinya. Pemberian thermal paste ini digunakan untuk membantu mempercepat pemindahan energi panas dari processor, atau dengan kata lain mereduksi atau mengurangi panas yang dihasilkan oleh processor.


Thermal paste adalah salah satu komponen yang penting di dalam laptop, tetapi jarang diperhatikan. Apabila laptop masih baru, biasanya tidak ada masalah pada thermal paste, akan tetapi tetapi setelah digunakan bertahun-tahun, lama-kelamaan thermal paste akan mengering. Oleh karena itu ketika kamu membongkar laptopmu dan menemukan bahwa thermal paste berada dalam kondisi kering atau sudah mau habis, kamu dapat menggantinya dengan thermal paste yang baru.

Apabila kondisi thermal paste tidak kamu perhatikan, bisa jadi thermal paste sudah mengering dan membuat processormu mengalami overheat ketika bermain game. Pada kondisi yang paling parah, laptopmu bisa mati dengan sendirinya.

Baca juga:

4. Istirahatkan laptop

Apabila kamu sudah bermain lebih dari 8 jam (asumsinya laptop modern), maka seharusnya kamu memberikan kesempatan bagi laptopmu untuk beristirahat kurang lebih selama 30 menit dalam kondisi mati. Hal itu perlu dilakukan untuk menjaga agar komponen laptop memiliki umur yang lebih panjang karena tingkat panas dikurangi sehingga komponen tersebut dapat beristirahat dengan baik.

Baca juga:

5. Perhatikan tempatmu meletakan laptop

Tempat meletakkan laptop sangat penting untuk diperhatikan. Hal itu disebabkan karena penempatan laptop dapat mempengaruhi sirkulasi udara yang dimiliki oleh laptopmu sehingga secara langsung mempengaruhi tingkat penyerapan atau tingkat keefektifan pendinginan laptop. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa penempatan laptop adalah sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan.

Sangat disarankan untuk meletakan laptopmu pada bidang yang datar. Jangan menempatkan laptop pada kasur, atau bahkan dipangku karena hal itu akan membuat arus panas sulit dialirkan sementara memangku laptop dapat membahayakan diri sendiri karena laptop mengandung engeri listrik, radiasi, dan suhu panas yang berbahaya bagi tubuh.

Apabila kamu meletakan laptop pada kasur yang empuk, hal itu membuat laptop menjadi sangat cepat panas. Kejadian itu dapat terjadi karena alas kasur akan menyerap panas laptop, yang berarti laptop berada pada alas yang panas. Oleh karena itu menggunakan laptop pada kasur dalam jangka waktu yang lama sangat tidak disarankan karena sangat tinggi risiko menyebabkan komponen laptop mengalami kerusakan.

Apabila kamu punya uang lebih, kamu dapat membeli meja khusus untuk menggunakan laptop.

Selain lima cara di atas, berikut ini cara-cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi laptop yang cepat panas saat main game. Penasaran kan? Berikut listnya. 


  1. Membuat ruang atau celah di bawah bidang tempat laptop berada untuk sirkulasi udara
  2. Membatasi aktivitas bermain game dengan jam-jam tertentu
  3. Mengatur brightness agar tidak terlalu tinggi
  4. Tempatkan pada meja atau alas yang dingin bila tidak menggunakan cooling pad
  5. Memastikan kipas berfungsi dengan normal
  6. Melihat pengaturan BIOS untuk mensetting kecepatan kipas dan pendinginan yang lain pada umumnya
  7. Jangan memainkan game yang memiliki spesifikasi di atas laptopmu karena akan memicu kerja yang sangat berat dan melebihi beban komponen hardware laptopmu
  8. Kalau bisa, bermainlah di ruangan ber-AC

Itulah beberapa cara mengatasi laptop cepat panas saat main game khususnya untuk mengantisipasi pada laptop yang sudah sangat berumur alias tua dan memiliki spesifikasi yang terbatas. Pada prinsipnya laptop dibuat dengan spesifikasi masing-masing, oleh karena itu laptop akan selalu memiliki keterbatasan tertentu baik dari segi kecepatan ataupun fitur-fitur tertentu. Apabila kamu ingin menggunakan laptopmu untuk bermain game, maka idealnya kamu juga harus memiliki laptop yang memiliki hardware yang mendukung. Tetapi tentu saja hal itu bisa jadi terkendala pada budget yang kamu miliki. Tetapi tentu saja, tidak ada yang tidak bisa dengan kerja keras. Apabila kamu ingin mendapatkan laptop untuk bermain game, maka rencanakanlah keuanganmu dan bekerjalah lebih keras untuk itu.

Selamat bermain game dan pantau terus DosenIT untuk artikel-artikel menarik berikutnya ya!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 29th, September 2017 / 13:43 Oleh :