Home » Jaringan Komputer » Internet » 3 Cara Download Lagu mp3 di Youtube

3 Cara Download Lagu mp3 di Youtube

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Dahulu untuk menonton video musik favorit, kita harus membeli CD di toko kaset. Atau bila kita ingin mendengarkan musik secara gratis kita cukup menyetel radio di rumah.

Namun zaman kini sudah berubah. Seiring dengan majunya perkembangan internet kini untuk melakukan itu semua kita bisa menontonnya di layanan video streaming. Salah satu layanan video streaming terpopuler di dunia adalah Youtube.

Dengan youtube kita bisa menonton video musik favorit kita seperti videoklip lagu sebuah band atau lagu dari penyanyi solo secara gratis. Pada beberapa kesempatan para musisi juga melakukan live streaming (siaran langsung) untuk menyapa penggemar.

Meski sudah sangat Populer, namun hingga kini masih ada beberapa pengguna yang hanya bisa memutar video musik di youtube tanpa bisa mengunduhnya (Download).

Dan andai pun pengguna bisa download video. Namun mereka tak tahu bahwa di youtube juga ternyata bisa untuk mendownload lagu. Untuk itu disini kami akan menjelaskan cara download lagu mp3 di youtube melalui beberapa perangkat.

Lalu Apa itu Youtube?
Youtube adalah adalah sebuah situs berbagi video yang didirikan oleh 3 mantan karyawan PayPal yaitu Jawed Karim, Chad Hurley, dan Steve Chen pada 14 februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah, menonton, dan berbagi video.

Kemudian apa manfaat situs berbagi youtube untuk kita?

Manfaat Youtube

  1. Sumber Informasi. Dengan menggunakan youtube kita bisa mendapatkan informasi penting seperti berita terbaru, video tutorial, video Pendidikan dll
  2. Sebagai media hiburan. Bila kita merasa bosan dengan acara di tv. Kita bisa membuka youtube karena di youtube ada banyak konten hiburan seperti Film, drama serial, video animasi, video musik dan lainnya. Semua konten itu tidak hanya dari satu negara lokal saja namun dari seluruh negara di dunia.
  3. Media Promosi. Tidak hanya untuk promo produk rumahan saja. Kini youtube mampu bersaing dengan iklan di tv sebagai alat marketing dari sebuah produk perusahaan besar. Tak jarang perusahaan bekerja sama dengan artis populer dengan biaya kerjasama (endorse) yang sangat mahal.
  4. Sumber penghasilan. Youtube kini menjadi ladang penghasilan bagi para konten kreator. Dari yang berpenghasilan jutaan hingga miliaran rupiah perbulannya dengan standard popularitas masing-masing.

Lalu fitur apa saja yang ada di youtube yang bisa di gunakan oleh para pengguna?

Fitur Utama Youtube

  1. Playback. Dengan fitur ini pengguna mampu memutar video pada situs youtube. Bila dahulu untuk memutar video youtube di komputer harus menggunakan plugin adobe flash player. Kini setelah peramban menggunakan kode HTML5 semua perangkat bisa memutar video secara langsung bahkan dari HP/gadget.
  2. Upload. Dengan fitur ini pengguna bisa menggungah video mereka dengan syarat harus memiliki akun youtube dengan cara daftar terlebih dahulu
  3. Codeq and Quality. Walau pertama awal di rintis video di youtube hanya memperbolehkan pengguna mengupload video kualitas rendah (Low Quality) dengan format .3gp. Namun seiring perkembangannya youtube pun kini memperbolehkan pengguna mengunggah video dengan kualitas tinggi (HQ), kualitas standard (SQ) dan High Definition (HD) dengan format seperti .mp4 .flv .mpeg
  4. Autoplay. Dengan fitur ini video selanjutnya yang berkaitan akan di putar otomatis bila video yang kita putar telah berhenti.
  5. Anotasi. Anotasi adalah kotak daftar video terkait yang muncul setelah video selesai di putar. Fitur ini bisa dibuat oleh pengguna sebagai media promosi tambahan.
  6. Download Video. Fitur ini di gunakan untuk mengunduh video yang sedang di putar. Fitur ini sudah dapat di gunakan secara langsung di smartphone /gadget kita dengan cara klik tanda panah ke bawah.

Pada kali ini kita akan membahas salah satu fitur yang ada pada situs youtube yaitu Download video. Selain dengan cara otomatis dari gadget. Fitur download video pada youtube juga ternyata ada beberapa cara yang akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Cara Download lagu dari youtube di PC

  1. Buka Situs youtube di browser PC kita (Mozilla)
  2. Cari video musik yang ingin di download
  3. Buka dan putar video musiknya
  4. Lalu pada url youtube tambahkan 2 huruf pp setelah kata youtube. Contoh https://www.youtubepp.com/watch?feature=youtu.be&v=PArB5b_QI2U
  5. Kemudian kita tekan enter
  6. Lalu kita akan dialihkan ke halaman situs https://www.y2mate.com beserta thumbnail dari video musik yang akan di download
  7. Lalu pada menu format video kita ganti menjadi format .mp3
  8. Kemudian kita klik tombol download yang ada di sebelah kanan video
  9. Lalu muncul tombol download (.mp3) klik tombol tersebut
  10. Proses pengunduhan pun berjalan hingga selesai
  11. Selesai. Kini musik (.mp3) bisa kita putar secara offline di komputer atau gadget kita

Selain dari pc/laptop, kita juga bisa mendownload lagu mp3 dari youtube di Hp android kita. Caranya akan kami jelaskan di bawah ini

Cara Download Lagu mp3 dari youtube di HP Android

  1. Buka browser hp android kita (Chrome)
  2. Lalu buka situs https://m.youtube.com di browser chrome
  3. Setelah kita berada di halaman utama youtube cari video musik yang di inginkan pada tombol search
  4. Setelah ketemu video musiknya copy url link video musik di atas layar
  5. Lalu buka situs https://www.flvto.biz
  6. Pada kolom url paste(tempel) url link tadi
  7. Setelah itu klik tombol Convert to mp3 pada sisi kanan kolom url
  8. Lalu situs tersebut melakukan preses convert dari video ke mp3
  9. Setelah proses converter selesai klik tombol Download
  10. Selesai. File musik (.mp3) pun sudah bisa di putar secara offline.

Selain dari PC dan HP android. Mendownload lagu youtube pun bisa dilakukan melalui Iphone caranya adalah

Cara Download Lagu mp3 dari Youtube di Iphone

  1. Download aplikasi Document by Readdles di Appstore
  2. Kemudian kita buka aplikasi youtube dan cari video musik yang akan di download
  3. Klik tombol share dan tap copy link (salin link)
  4. Lalu kita buka situs video2mp3.de
  5. Paste (tempel) Link yang sudah di copy pada kolom url di situs tersebut
  6. Kemudian kita klik tombol Convert to mp3
  7. Lalu klik tombol Convert
  8. Kemudian muncul notifikasi bahwa video youtube yang akan di jadikan mp3
  9. Klik Continou
  10. Kemudian kita klik Download
  11. Proses pengunduhan lagu pun berjalan hingga selesai
  12. Selesai kini lagu dari video youtube bisa di putar secara offline di perangkat Iphone kita.

Demikianlah penjelasan mengenai 3 cara download lagu mp3 dari youtube. Selain untuk memutar dan download Video, Youtube juga ternyata bisa di gunakan untuk mendowload lagu dengan format (.mp3)

Sehingga kita tak perlu repot lagi mencari situs penyedia lagu bila kita ingin mengunduh musik favorit yang ingin kita dengar. Semua bisa diunduh secara gratis.

You may also like