Home » Kuliah IT » Pemrograman » Pengertian Tag HTML dan Contohnya

Pengertian Tag HTML dan Contohnya

by Elang Hendy Subrata

Ketika kita membuat sebuah website, tentunya kita harus menguasai terlebih dahulu dasar-dasar HTML. Tanpa menguasainya, maka Anda akan kesulitan dalam membuat website. Salah satu perintah dasar HTML  yang sering digunakan adalah tag. Untuk Anda yang belum begitu kenal dengan tag pada HTML, maka simaklah pemaparannya berikut ini.

Pengertian Tag HTML

Pada saat kita membuat sebuah bahasa pemrograman agar dapat tampil di sebuah web browser, kita harus “memberitahukan” web browser ini dengan bahasa yang bisa dipahami. Contohnya saja, ketika ingin menampilkan sebuah teks harus dibuat dalam ukuran yang besar hingga kecil atau mengubah hurufnya  sesuai dengan perintah yang diberikan. Nah, istilah yang pas untuk menjabarkan perintah tersebut kata sebut dengan tag.

Pada dasarnya tag pada sebuah HTML ditulis secara berpasang-pasangan. Pasangan tag tersebut dinamakan tag pembuka dan juga tag penutup. Salah satu ciri khas dari tag ini adalah terdapat kurung siku “<” dan “>”. Contoh yang paling mudah adalah sebagai berikut.

<p> Heading 1</p>

Dari contoh diatas bisa kita jelaskan bahwa diatas adalah contoh untuk memunculkan sebuah teks “Heading 1”. Simbol “<p>” menunjukan tag pembuka yang objeknya adalah “p”. Kode “p” di sini merupakan sebuah tag untuk sebuah paragraf. Sedangkan tag terakhir, yakni “</p> ini adalah pasangan dari tag pembuka atau kita sebut sebagai tag penutup.

Tag penutup ini memiliki kesamaan dengan tag pembuka hanya saja dibelakang objek ditambahkan dengan garis miring “/”. Jika tag penutup ini tidak ditulis, maka web browser tidak dapat membacanya dan menganggap kita belum selesai memberi perintah. Oleh sebab itu, hal ini sangatlah penting. Jika kita uraikan dengan bahasa kita, maka maksud dari tag ini adalah web browser dapat menunjukan tulisan Heading pada halaman pertama.

Contoh dari Tag HTML

Contoh tag HTML sangatlah banyak dan jumlahnya bisa lebih dari ratusan. Akan tetapi ada tag HTML utama yang perlu Anda ketahui. Tag utama tersebut adalah sebagai berikut.

1. <!DOCTYPE>

Jenis tag pertama adalah <!DOCTYPE>. jenis tag HTML ini akan selalu ditempatkan pertama kali pada saat kita mulai melakukan koding. maksud dari tag ini adalah menentukan tipe dokumen yang akan dibuat. Maka dari itu, saat Anda pertama kali membuat sebuah website, jangan lupa untuk selalu membuat tag ini terlebih dahulu.

2. <html>

Tag yang berikutnya adalah HTML itu sendiri. Tag ini dibuat untuk Anda yang akan membuat sebuah halaman yang berbasis HTML. Hal ini bisa jadi berbeda jika Anda membuat dokumen dengan ekstensi yang lain. Contohnya, jika Anda ingin membuat sebuah dokumen PHP, maka kita ganti “<html>” dengan <?php?>. itupun memiliki perbedaan dengan tag HTML pada umumnya, Agar lebih jelas, sebaiknya Anda pelajari juga kode-kode PHP dan fungsinya.

3. <title>

Sesuai dengan arti dari kata-kata tersebut, yakni judul. Maksud dari tag tersebut adalah programmer membuat judul dari halaman yang sudah dibuat. Judul ini nantinya akan menjadi sebuah judul utama website yang akan dibuat. Oleh sebab itu, Anda harus memutuskan judulnya dengan tepat untuk website yang dibuat.

4. <body>

Tag ini sangatlah penting dalam pembuatan website. Tanpa tag <body> ini, maka website akan susah untuk diatur. Sama halnya dengan sebuah struktur pada manusia, tag ini digunakan untuk membentuk “badan” pada sebuah website. Dengan adanya tag ini, kita dapat mengetahui bagian mana yang ditempatkan di atas, bagian tengah, dan juga bagian bawah.

5. <head>

Setelah adanya badan pada poin sebelumnya, maka kita perlu membuat “kepalanya”. Tag ini selalu ditempatkan di atas atau biasanya dibawah <html>. Tag <head> ini digunakan untuk informasi pada bagian awal website. Contohnya saja seperti judul, gambar pembuka, dan berbagai macam informasi lainnya.

6. <br>

Ketika kita membuat paragraf yang panjang, pastinya kita perlu mengisi satu baris kosong. Jika kita menggunakan fungsi “Enter” saat menggunakan aplikasi Word, maka pada HTML, kita harus menggunakan tag <br>. Fungsi tag <br> sendiri memang sebagai pengganti enter saat kita mengetik kata-kata di dalam HTML. Cara menggunakannya pun cukup mudah, cukup tulis tag ini di akhir kata atau kalimat. Meskipun Anda terus menulis secara bersambung, namun saat terlihat di web browser, kata tadi akan diberikan space layaknya paragraf baru.

Itulah pengertian tag HTML dan beberapa contohnya yang perlu Anda pahami. Dari penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa tag pada sebuah html merupakan bagian yang sangat penting dalam pembuatan website. Tanpa adanya tag HTML, maka website tidak dapat dibuat sesuai dengan yang kita lihat selama ini. jika Anda sering melihat tampilan yang menarik dari sebuah website, hal tersebut tidak terlepas dari peran HTML. Semoga artikel ini bisa membuat pembaca semakin bertambah ilmunya.

You may also like