Home » Software » Mobile Software » 7 Keuntungan Profil Bisnis Instagram yang cukup Menggiurkan

7 Keuntungan Profil Bisnis Instagram yang cukup Menggiurkan

by Elang Hendy Subrata

Perkembangan jaringan komputer saat ini memudahkan siapapun dapat mengembangkan jaringannya secara lebih luas. Maka dari itu, istilah digital marketing sangat populer saat ini. Salah satu contoh mudah dalam pengembangan digital marketing adalah menggunakan profil bisnis pada Instagram. Seperti yang telah diketahui bahwa Instagram merupakan salah satu sosial media populer di tengah masyarakat saat ini. Dengan banyaknya pengguna tersebut membuat aun bisnis dapat menguntungkan kita. Jika Anda penasaran dengan apa saja keuntungan membuat profil bisnis di Instagram, berikut ulasannya.

1. Mendapatkan data statistik yang lebih detail

Jika Anda melakukan penjualan atau penawaran barang maupun jasa menggunakan akun pribadi, maka Anda akan kesulitan melihat sejauh mana penawaran yang Anda posting. Nah, jika Anda berjualan menggunakan akun bisnis, maka Anda dapat melihat data statisitik yang cukup lengkap mengenai postingan yang Anda lakukan. Misalnya saja data mengenai interaksi, data penayangan, rata-rata umur yang melihat, lokasi yang terjangkau, jenis kelamin yang melihat postingan yang Anda buat, dan masih banyak lagi.

Dengan mengetahui data-data tersebut, Anda dapat memahami seperti apa pasar potensial yang bisa kita incar ketika konten telah disebar. Hal ini dapat membuat kita memahami konten seperti apa yang lebih banyak disukai dan tidak sehingga kita dapat fokus pada konten yang meraik perhatian saja.

2. Memisahkan postingan pribadi dan postigan untuk bisnis

Tekadang saat kita membuat postingan pada Instagram ada yang bertujuan untuk melihat hal-hal yang sedang terjadi saat ini. Namun di sisi lain, kita juga ingin menjual konten yang sifatnya bisnis. Nah, dengan adanya akun profil untuk bisnis, kita dapat memilah mana postingan yang khusus untuk berjualan dan mana akun profil untuk postingan pribadi. Dengan begitu, kita dapat fokus berdasarkan fungsi dari akun-akun tersebut.

3. Memudahkan interaksi antara Anda dan calon pembeli

Apabila ada salah satu calon konsumen yang ingin menghubungi Anda, maka menggunakan akun profil bisnis lebih mudah dibandingkan dengan akun pribadi. Ketika Anda membuat profil bisnis ada tiga cara untuk berkomunikasi. Pertama menggunakan telepon, kedua menggunakan email, dan juga nomor kontak pesan instan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kita dapat fokus untuk mengelola bisnis kita dengan menggunakan akun bisnis. Dengan begitu, interaksi kita dengan calon pembeli pun jauh lebih mudah,

4. Mengetahui waktu paling tepat untuk posting

Seperti yang sudah disebutkan pada poin pertama bahwa dengan mengetahui data-data statistik yang dilihat pada akun bisnis, kita dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memosting konten. Hal ini berkaitan dengan jumlah penonton yang dapat melihat postingan Anda nantinya. Jika waktunya kurang pas, maka bisa jadi postingan Anda akan terlewatkan.

5. Memudahkan calon pembeli menemukan bisnis Anda

Dengan menggunakan akun bisnis ini, calon pembeli dapat dipermudah untuk menemukan “Toko” Anda sendiri. Di dalam akun bisnis ini, terdapat kategori bisnis untuk petunjuk user dalam menemukan calon konsumen sehingga user dapat mengetahui identitas bisnis tersebut. Kategori di dalam akun bisnis Instagram ini cukup banyak. Mulai dari kategori desain, keuangan, perjalanan, fashion, dan masih banyak lagi. Dengan adanya fitur kategori ini, maka calon konsumen dapat mengetahui lebih cepat tentang kebutuhan mereka.

6. Dapat ditambahkan lokasi melalui Google Map

Jika Anda memiliki toko sendiri dan ingin memasarkannya melalui media sosial, maka menggunakan profil bisnis di Instagram ini bisa menjadi solusi terbaik. Salah satu keunggulan lainnya dalam menggunakan akun bisnis tersebut adalah dapat menambahkan lokasi toko jika Anda memiliki toko sendiri. Dengan adanya fitur tersebut, calon konsumen dapat mendatangi langsung lokasi toko Anda melalui Google Map yang telah disediakan.

7. Dapat diubah menjadi Akun personal

Perlu Anda ketahui bahwa akun bisnis pada Instagram tidak bersifat permanen. Artinya, kita dapat mengubah akun bisnis tersebut menjadi akun personal seperti akun biasa pada umumnya. Hanya saja, ketika hal ini dilakukan, maka banyak fitur-fitur sebelumnya yang ada di dalam akun bisnis akan hilang. Contohnya saja, fitur data statistik akan akan hilang. Tidak hanya itu saja, bahkan semua kontak dengan calon pelanggan pun akan hilang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda perlu memikirkannya dengan matang-matang.

Itulah keuntungan profil bisnis Instagram yang cukup menggiurkan. Dari ulasan di atas, kita bisatarik kesimpulan bahwa adanya akun bisnis pada Instagram dibuat untuk membantu user dalam mengembangkan bisnisnya melalui jejaring media sosial. Untuk itu, jika Anda memiliki rencana ingin berbisnis tetapi tidak memiliki tempat untuk berdagang, maka akun bisnis Instagram ini bisa menjadi jalan terbaik.

You may also like