Home » Software » Mobile Software » Inilah 7 Penyebab Line Tidak Bisa Telepon, Atasi dengan Mudah !

Inilah 7 Penyebab Line Tidak Bisa Telepon, Atasi dengan Mudah !

by Elang Hendy Subrata

Sejak diluncurkan beberapa tahun yang lalu, Line menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang banyak digunakan oleh para pengguna smartphone di dunia. Salah satu fitur andalan yang sering digunakan orang ketika menggunakan Line ini adalah stikernya. Namun,smaa halnya dengan aplikasi pada umumnya, terkadang ada gangguan yang sering dialami ketika menggunakan aplikasi Line. Salah satunya adalah tidak bisa menelepon menggunakan aplikasi Line. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ulasannya untuk Anda.

1. Terdapat Error pada aplikasi Line

Penyebab pertama Line tidak bisa menelepon adalah terdapat Error pada aplikasi Line itu sendiri. Hal tersebut bisa terjadi karena Anda membuka terlalu banyak aplikasi secara bersamaan. Hal tersebut merupakan hal yang wajar dan tidak akan menimbulkan masalah berarti karena termasuk permasalahan kecil yang bisa terjadi pada perangkat manapun.

Cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan force close atau memaksa aplikasi dihentikan secara paksa. Untuk aplikasi Line pada Android, Anda cukup tekan tombol home dan tutuplah aplikasi Line. Jika sudah ditutup, biarkan saja smartphonenya untuk diberikan waktu istirahat selama limat menit saja. Jika sudah lima menit, silakan jalankan kemabali aplikasi Line.

2. Masalah pada cache Aplikasi

Alasan selanjutnya adalah bisa jadi pada aplikasi cache yang mengalami masalah. Umumnya jika cache pada Line sudha penuh, maka secara otomatis HP akan mengalami perlambatan atau jika menggunakan istilah gaulnya adalah lemot. Oleh sebab itu, untuk dapat mengatasi hal ini, Anda tinggal menghapus cache aplikasi Line.

Caranya sendiri cukup mudah, pertama masuklah ke pengaturan atau setting pada smartphone Anda. Selanjutnya masuklah ke menu “Application Manager”. Di dalamnya, akan muncul tampilan aplikasi yang telah terinstal pada smartphone Anda.selanjutnya, Anda tinggal pilih aplikasi Line dan bukalah. Di sana Anda akan melihat jumlah cache aplikasi Line. Anda tinggal hapus saja cache-nya dengan mengeklik “Clear Cache”. Dengan begitu, semua cache pada aplikasi Line akan terhapus. Selanjutnya silakan buka kembali aplikasi Line-nya.

3. Permasalahan pada smartphone

Permasalahan lainnya bisa jadi karena smartphone yang digunakan mengalami masalah. Oleh sebab itu aplikasi Line berhenti dan tidak dapat digunakan untuk telepon. Biasanya hal ini terjadi pada smartphone keluaran lama atau menggunakan spesifikasi yang pas-pasan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda tinggal melakukan restart atau matikan smartphonenya saja. Selanjutnya, diamkanlah smartphonenya beberapa menit saja lalu nyalakan kembali. Apabila smartphone sudah menyala seperti semula, silakan buka kembali aplikasi Line.

4. Aplikasi tidak diupdate

Perlu Anda pahami jika setiap aplikasi yang terpasang pada smartphone akan selalu memiliki jadwal pembaharuan minimal satu kali dalam satu bulan. Begitu juga dengan aplikasi Line ini. jika Anda tidak melakukan update pada aplikasi Line, maka risiko Line mengalami kerusakan atau error sangat mungkin terjadi. Oleh karena itu, jika ada notifikasi pembaharuan pada Line, sebaiknya lakukan pembaharuan pada Play Store.

5. Aplikasi Line tidak dapat dijalankan

Katakanlah Anda sudah melalukan update pada aplikasi Line, akan tetapi aplikasinya masih tetap tidak bisa dibuka. Maka kejadian tersebut bisa jadi karena Aplikasi Line mengalami kerusakan. Kerusakan ini tidak bisa diselesaikan seperti poin pertama. Untuk cara mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan instal ulang aplikasinya. Hanya saja, risiko yang harus dirasakan dengan instal ulang adalah banyak pesan maupun history telepon yang mungkin akan terhapus. Akan tetapi, demi kelancaran kembali aplikasi Line, maka hal ini harus dilalui.

6. Jaringan Internet yang tidak stabil

Penyebab yang palig terlihat kenapa Line tidak dapat menelepon adalah jaringan internet yang digunakan tidak stabil. Seperti yang telah diketahui jika aplikasi Line sama halnya dengan aplikasi pesan instan lainnya, yakni sanagt berganung pada jaringan internet untuk melakukan komunikasi baik itu menggunakan telepon maupun menggunakan pesan. Cobalah cek jaringan pada smartphone Anda apakah dapa digunakan untuk menelepon atau tidak. Anda bisa coba ganti jaringan telepon dengan jaringan Wifi terdekat dan cobalah lakukan telepon seperti biasa. Apabila berhasil, maka permasalahan utama ada di bagian jaringan.

7. Memori yang terlalu penuh

Permasalahan selanjutnya yang bisa terjadi pada Line adalah memori yang digunakan sudah penuh. Biasanya ini terjadi jika kita memindahkan sebagian data Line pada memori SD Card. Perlu Anda pahami jika aplikasi seperti Line bisa dipindahan sebagian datanya ke memori SD meskipun tidak semua. Apabila memori card yang digunakan sudah terlalu penuh atau mengalami kerusakan, maka hal tersebut dapat berpengaruh pada kinerja Line itu sendiri. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya anda pindahkan semua memori dari SD card ke memori Internal. Untuk memori eksternalnya, Anda tinggal menggantinya dengan SD card yang baru.

Itulah penyebab Line tidak bisa telepon yang sering terjadi. Anda bisa baca-baca referensi lainnya seperti fitur Line yang jarang diketahui, keuntungan membuat Stiker Line, dan masih banyak lagi lainnya. semoga artikel ini dapat memberikan manfaat.  

You may also like