Home » Software » Mobile Software » Inilah 6 Cara Mengatasi Whatsapp Disadap Orang dengan Mudah

Inilah 6 Cara Mengatasi Whatsapp Disadap Orang dengan Mudah

by Elang Hendy Subrata

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang banyak di gunakan masyarakat Indonesia sebagai media pengiriman pesan instan saat ini. kepopuleran Whatsapp sendiri membuat aplikasi ini menjadi salah satu standar komunikasi di indonesia. Maka dari itu, tidaklah mengherankan jika kepopuleran whatsapp begitu kencang saat ini.

Namun, Whatsapp pun tidak selamanya aman karena pada beberapa kesempatan, Whatsapp yang kita gunakan dapat disadap orang lain. Biasanya penyadapan ini terjadi karena keteledoran kita dalam menjaga privasi kita dalam menggunakan Whatsapp. Untuk bisa mengatasi Whatsapp yang telah disadap orang lain, berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan.

1. Tidak menggunakan Wifi yang sifatnya umum

Anda sering menggunakan Wifi di tempat umum? Sebaiknya kegiatan ini lebih sering dikurangi. Hal itu disebabkan penggunaan Wifi di tempat umum dapat berpotensi membocorkan semua data-data yang Anda lakukan. Data yang bisa didaptkan oleh para hacker pun bisa bermacam-macam. mulai dari transaksi keuangan sampai ke bagian chating yang sifatnya pribadi. Jika Anda ingin melakukan transaksi ataupun chatting yang sifatnya pribadi, sebaiknya gunakan jaringan pribadi seperti kuota.

Kalaupun Anda ingin menggunakan Wifi, pastikan tempat Wifi tersebut tidak banyak digunakan umum, seperti Wifi Kantor atau tempat Anda bekerja. Sebab, Wifi di tempat kerja sudah dirancang khusus agar tidak semua orang dapat menggunakan jaringan tersebut.

2. Tidak membuka aplikasi Whatsapp pada komputer umum

Seperti yang sudah diketahui bahwa Whatsapp dapat dibuka pada komputer atau laptop karena aplikasi Whatsapp dapat dibuka melalui web. Nah, jika Anda ingin menggunakan Whatsapp versi Web, sebaiknya gunakan pada komputer atau laptop yang sifatnya pribadi. Jika Anda sampai membuka Whatsapp versi Web di komputer atau laptop orang lain, maka kemungkinan akun Anda disadap semakin besar. Hal tersebut tentunya akan merugikan kita.

Meskipun Anda melakukan Logout, akan tetapi history Anda dapat terlacak pada komputer yang sifatnya random. Apalagi jika komputer tersebut banyak digunakan orang secara umum, maka peluang akun Anda disadap sangatlah besar.

3. Tidak mengunduh aplikasi di luar Play Store

Selanjutnya Anda pun jangan pernah mengunduh aplikasi Android di luar aplikasi resmi seperti Play Store atau Apple Store. Mengunduh aplikasi di luar aplikasi resmi sangat rentan terkena spyware atau pun penyadapan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, untuk instal aplikasi yang aman, akan jauh lebih baik unduh langsung dari aplikasi resmi seperti Play Store atau Apple Store.

4. Instal Aplikasi Anti Virus

Pemasangan Anti virus pada smartphone dapat membantu Anda dalam mengurangi kemungkinan adanya spyware pada smartphone Anda. Selain mencegah adanya spyware,  Antivirus ini juga mampu mencegah kemungkinan adanya virus yang bersemayam pada smartphone seperti jenis-jenis malware, trojan, dan lain-lain.

5. Selalu melakukan logout setelah menggunakan Whatsapp Web

Hal terpenting saat menggunakan Whatsapp versi Web adalah selalu logout meskipun menggunakan komputer atau laptop pribadi. Dengan sering melakukan logout, minimal, kita telah mengamankan data-data kita. Apalagi percakapan di dalam Whatsapp lebih bersifat pribadi.

Kalapun Anda lupa logout di komputer, Anda bisa logout melalui smartphone itu sendiri. Untuk caranya cukup mudah, pertama masuklah ke aplikasi Whatsapp. Selanjutnya tekan tombol tiga titik yang ada di bagian pojok kanan atas dan pilihlah Whatsapp Web. Jika akun Anda masih aktif, maka akan ada keterangan “Perangkat yang telah masuk” akun Anda masih aktif di web browser apa dan statusnya sekarang. Untuk keluar dai Whatsapp versi Web, Anda tinggal klik “keluar dari semua perangkat”. Dengan begitu, Anda dapat keluar dari versi web dengan aman.

6. Melakukan verfikasi dua langkah

Di dalam Whatsapp, terdapat sebuah fitur yang dapat mencegah akun user dapat disadap oleh akun asing, yakni menggunakan verifikasi dua langkah. Dengan menggunakan verifikasi dua langkah ini, maka sistem pengamanan dapat ditambahkan menjadi dua kali lipat. Langkah ini dapat menyulitkan hacker untuk menyadap akun Whatsapp Anda.Untuk mengaktifkannya, masuklah ke aplikasi Whatsapp lalu masuklah ke bagian setting. Selanjutnya, akun dan pilih verifikasi dua langkah, Di dalamnya, Anda tinggal mengaktifkannya sehingga nanti sistem akan meminta Anda untuk masukan Pin dan juga Email. Jika sudah, maka akun whatsapp Anda telah terverifikasi dengan baik.

Anda bisa pelajari lagi hal-hal yang jarang diketahui seperti fitur tersembunyi Whatsapp, cara mengetahui kontak whatsapp kita disimpan atau tidak, cara membuka whatsapp yang diblokir teman, cara memasang Whatsapp di laptop tanpa bluestack, dan masih banyak lagi lainnya. semoga bermanfaat.

You may also like