Home » Software » Mobile Software » Inilah 5 Penyebab Telegram Tidak Bisa Dibuka yang sering terjadi

Inilah 5 Penyebab Telegram Tidak Bisa Dibuka yang sering terjadi

by Elang Hendy Subrata

Mungkin bagi sebagian masyarakat Indonesia, Telegram masih asing ditelinga. Hal tersebut bisa dimaklumi karena Telegram kalah tenar dengan Whatsapp atau Line. Yup, Telegram merupakan contoh perangkat lunak aplikasi khusus untuk pesan instan yang telah disebutkan sebelumnya. Meskipun  dari sisi nama masih kalah, akan tetapi Telegram cukup banyak digunakan oleh sebagian kalangan.

Sama halnya dengan aplikasi lainnya, Telegram pun tidak luput dari error seperti tidak bisa dibuka saat kita mencoba menekannya. Beberapa penyebab hal tersebut bisa terjadi adalah sebagai berikut.

1. Terjadi error pada perangkat smartphone

Terkadang beberapa error yang terjadi pada suatu aplikasi tidak hanya disebabkan karena aplikasinya saja. bisa jadi masalah tersebut timbul karena smartphone yang digunakan. kejadian seperti ini biasanya terjadi pada smartphone yang spesifikasinya Low End meskipun terkadang smartphone kelas High End pun mengalami error.

Untuk mengatasi error seperti ini, kita cukup lakukan restart atau matikan sementara pada smartphone. Cara sederhana ini merupakan cara paling sederhana untuk memulihkan smartphone yang terkena error. Dengan mematikan smartphone, maka beberapa komponennya dapat disegarkan kembali. Untuk durasinya sendiri cukup sekitar lima sampai sepuluh menit saja. setelah dimatikan selama sepuluh menit, maka hidupkanlah kembali dan silakan buka kembali aplikasi Telegramnya.

2. Terlalu banyak cache data yang tidak dihapus

Cache memori merupakan sebuah data-data penyimpanan saat Anda menggunakan suatu aplikasi. Semakin sering Anda memakai aplikasi maka semakin banyak data cache yang akan digunakan. begitu juga dengan memori cache di Telegram ini. memori cache yang menumpuk dan tidak pernah dibersihkan dapat merusak aplikasi itu sendiri.

Untuk dapat menghapus cache data aplikasi Telegram, Anda tinggal masuk ke pengaturan atau setting pada smartphone. Selanjutnya, masuk ke “All App” dan pilihlah aplikasi Telegram. Di sana, Anda pilih saja tombol “Hapus Cache”. Nanti dengan sendirinya cache pada aplikasi Telegram akan terhapus. Jika sudah, silakan buka kembali aplikasi Telegram.

3. Masalah pada Aplikasi Telegram

Terkadang masalah yang terjadi beberapa aplikasi smartphone bisa terjadi karena adanya kesalahan pada aplikasi itu sendiri. Hal semacam itu bisa terjadi pada Telegram ini. Biasanya error semacam ini disebabkan adanya kesalahan saat penginstalan atau proses yang tidak selesai.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita harus menghapus semua data pada Telegram. Memang konsekuensinya sendiri adalah semua data akan terhapus seperti pesan-pesan, dan beberapa dokumen yang mungkin akan hilang. Namun, cara ini merupakan cara yang terbaik dilakukan agar aplikasi Telegram dapat digunakan kembali.

Jika menghapus data masih tetap tidak bisa membuka Telegram, maka cara yang kedua adalah dengan melakukan instal ulang aplikasi Telegram. Untuk dapat melakukan instal ulang, kita harus menghapus aplikasinya juga. Cara untuk melakukan penginstalan ulang adalah buka setting dan buka “All App”. Di sana Anda tinggal mencari aplikasi Telegram dan lakukan uninstal. Setelah uninstal, Anda pergi ke Play Store dan lakukan instal Telegram kembali.

4. Aplikasi Telegram belum pernah diupdate

Aplikasi yang belum pernah diupdate juga berpotensi mengalami masalah di kemudian hari. Salah satunya adalah sulit dibuka ataupun masalah lainnya. perlu Anda pahami jika pembaharuan pada sebuah aplikasi sagat diperlukan untuk menjaga kestabilan aplikasi agar tetap digunakan dengan baik. Ditambah lagi, terkadang ada beberapa fitur baru yang sengaja ditambahkan sebagai penyempurna ataupun penambah fasilitas aplikasi tersebut. Oleh sebab itu, pembaharuan aplikasi Telegram sangat penting.

Untuk melakukan update aplikasi, caranya pun cukup mudah. Silakan buka aplikasi Play Store dan pilihlah “My apps and game”. Di dalamnya Anda dapat melihat berbagai macam aplikasi yang belum diupdate dan beberapa aplikasi yang sudah diupdate. Jika Anda melihat ada aplikasi Telegram yang belum diperbaharui, silakan tekan tombol perbaharui dan tunggulah beberapa saat.

5. Smartphone telah dilakukan root

Melakukan root pada smartphone sejatinya merupakan perbuatan yang melanggar peraturan. Sebab, dengan melakukan Root, maka Anda secara tidak langsung “membongkar” sistem yang sudah dirancang dari pabrik tanpa izin. Oleh sebab itu, saat ada smartphone baru yang telah dilakukan Root garansinya akan hilang.

Tidak hanya berpengaruh terhadap garansi, smartphone yang telah dilakukan root pun berpengaruh terhadap kinerja aplikasi, salah satunya bisa jadi pada Telegram milik Anda. Memang beberapa aplikasi bisa menjadi error ketika ada smartphone yang telah diroot karena ketidakcocokan sistem ataupun karena beberapa faktor lainnya. Untuk dapat mengatasi masalah tersebut, Anda tinggal melakukan unroot saja. untuk tutorialnya sendiri bisa Anda cari di berbagai sumber terpercaya.

Dari ulasan di atas, kita bisa tarik kesimpulan jika rata-rata penyebab aplikasi Telegram mengalami masalah adalah karena faktor teknis . Untuk itu, sebagai pengguna smartphone yang baik kita harus bisa menjaga beberapa aplikasi yang penting seperti Telegram ini. Anda bisa baca lagi mengenai cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di Android dan cara mengatasi Play Store. Semoga bermanfaat.

You may also like