Home » Software » Sistem Operasi » Andoid » 8 Cara Repost Foto, Video & Story Instagram Orang Lain

8 Cara Repost Foto, Video & Story Instagram Orang Lain

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Di tahun 2000’an awal saat teknologi internet mulai di gemari pengguna, di saat itu pula muncul beberapa situs media sosial yang memberikan layanan direct messages sehingga pengguna bisa berkomunikasi satu sama lain lewat akun yang di miliki.

Layanan media sosial di generasi awal lebih mengedepankan output berupa teks pada halaman situsnya. Hal ini tak lain dikarenakan keterbatasan teknologi saat itu dimana mayoritas ponsel saat itu menggunakan jaringan internet edge sehingga butuh waktu loading yang lama bila harus membuka halaman situs dengan penuh gambar.

Sebutlah beberapa media sosial yang populer saat itu seperti miRC, mig33 & twitter di mana ke semua media sosial tersebut lebih berfokus pada output berupa teks pada halaman situsnya, dimana tampilan gambar hanya di gunakan pada foto profil sehingga pengguna yang menggunakan Hp Java jaringan edge dapat mengakses situs dengan cepat.

Namun kini zaman sudah berubah, seiring dengan majunya dunia teknologi dan internet kini media sosial tidak hanya memiliki tampilan teks tapi juga menampilkan file multimedia lain seperti Foto, Gambar Bergerak (Gif), Game dan Video.

Hal ini tak lepas dari jaringan internet ponsel masa kini yang sudah mendukung teknologi 4G bahkan 5G. Selain itu kecanggihan smartphone masa kini beserta sistem operasi versi terbarunya (iOS & Android) membuat aplikasi media sosial mampu di buka dengan mudah dan cepat.

Salah satu Aplikasi media sosial yang paling mengedepankan output berupa gambar dan video adalah Instagram. Tidak seperti media sosial lain, di instagram kita tidak bisa mengupdate status berupa teks, tapi hanya bisa mengunggah file berupa gambar atau video. Fitur teks biasanya di gunakan pada layanan direct messages atau saat memberikan komentar di postingan.

Selain mengunggah gambar dan video, kita juga bisa melihat, mengomentari dan memberi like postingan gambar pengguna lain. Dan bila kita menyukai gambar orang lain kita juga bisa merepost gambar tersebut ke akun instagram kita. Sehingga nantinya gambar tersebut muncul di galeri instagram kita atau juga di insta story.

Namun tidak semua pengguna instagram mengetahui cara merepost gambar dan video milik orang lain. Untuk itu di sinilah kami akan menjelaskan cara merepost gambar instagram orang lain baik melalui fitur bawaan maupun menggunakan aplikasi pihak ke tiga. Sebelum itu pada kali ini kami akan membahas apa itu Instagram dan pengertian Repost.

Lalu Apa itu Instagram?

Instagram adalah Layanan media sosial berbasis web dan aplikasi yang di rilis perdana pada 6 Oktober 2010 oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger bersama perusahaan Burbn, Inc. Dengan Instagram pengguna bisa membagikan foto dan video yang dimiliki, mengambil foto dengan kamera instagram, menerapkan filter digital dan menshare foto di instagram ke facebook.

Salah satu fitur unik yang di miliki instagram adalah foto yang hendak di upload bisa otomatis di crop (potong) menjadi bentuk persegi layaknya hasil foto dari kamera Kodak Instamatic dan Polaroid. Hal ini tentu berbeda dengan hasil foto dari peranti bergerak yang umumnya memiliki ukuran dan aspek rasio 4:3 atau 16:9.

Sejarah Singkat Instagram

  1. Pada Tahun 2010 Perusahaan Burbn Inc yang di miliki oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger mendirikan layanan media sosial berbasis web bernama Instagram. Dimana penamaan Instagram berasal dari 2 kata, yakni Insta (yang berarti instant camera) dan Gram (yang bermakna telegram)
  2. Pada Februari 2011 Instagram mendapatkan modal investasi dari perusahaan Benchmark Capital dengan nilai $7 Juta
  3. Pada 9 April 2012 Instagram di Akuisisi oleh Facebook dengan nilai $1 Miliar dalam bentuk tunai dan saham
  4. Pada 11 Mei 2016 Instagram memperkenalkan icon dan desain baru
  5. Pada 20 Juni 2018 Instagram merilis fitur terbaru bernama IGTV dimana dengan fitur ini pengguna bisa mengunggah video lebih dari 1 menit
  6. Pada bulan maret 2021 Instagram merilis fitur baru di mana 4 orang pengguna instagram bisa meakukan live bareng secara bersamaan layaknya video teleconference

Fitur Instagram

  1. Pengikut. Dengan fitur ini pengguna instagram bisa mengikuti akun orang lain dan di ikuti oleh orang lain. Dimana pengikut nantinya bisa mengomentari dan memberi tanda love pada postingan orang yang di ikuti
  2. Unggah. Dengan fitur ini kita bisa menggungah foto dan video yang di miliki ke feed instagram kita
  3. Kamera. Dengan fitur ini kita bisa mengambil gambar langsung dari kamera instagram
  4. Filter. Dengan fitur ini kita bisa memberikan beberapa efek pada foto yang kita miliki sehingga foto jadi lebih artistic dan lebih bagus
  5. Geotagging. Dengan fitur ini maka aplikasi instagram secara otomatis akan mendeteksi lokasi di mana kita berada menggunakan sambungan GPS
  6. Jejaring Sosial. Dengan fitur ini kita bisa membagikan foto yang ada di instagram ke media sosial lain seperti facebok
  7. Suka & Comment. Dengan fitur ini kita bisa memberi tanda suka berupa love atau juga mengomentari postingan milik orang lain

Lalu Apa itu Repost Instagram?

Repost Instagram adalah sebuah tindakan menampilkan kembali gambar dan video yang telah di post oleh pengguna lain ke instagram milik pribadi. Hal ini di sebabkan pengguna tertarik dengan postingan tersebut baik karena gambarnya bagus atau di karenakan postingan tersebut merupakan gambar sang idola.

Setelah kita mengetahui apa itu repost instagram, pengertian instagram beserta fitur yang di miliki. Pada kali ini kami akan membahas cara merepost instagram baik melalui fitur bawaan maupun menggunakan aplikasi tambahan. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

8 Cara Repost Foto, Video dan Story Instagram Orang Lain

Menggunakan Aplikasi Repost For Instagram

Cara pertama yang akan kami jelaskan untuk merepost foto dan video instagram milik pengguna lain adalah dengan menggunakan aplikasi bernama repost for instagram. Aplikasi ini di kembangkan oleh Red Cactus dan dengan aplikasi ini kita bisa memposting ulang video dan foto favorit lalu memberi kredit ke pemilik postingan yang asli. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Repost Foto Instagram melalui Aplikasi Repost For Instagram

  1. Pertama-tama Download dan Instal Aplikasi Repost for Instagram melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.redcactus.repost
  2. Selanjutnya Buka Aplikasi Instagram di Hp Android
  3. Kemudian Cari Foto atau Video instagram pengguna lain yang ingin kita repost (posting ulang)
  4. Setelah ketemu Foto dan Video tersebut. Lalu Klik Tombol tiga titik vertical yang ada di kanan atas
  5. Kemudian kita Pilih Opsi Copy Share URL
  6. Setelah itu Buka Aplikasi Repost for Instagram yang telah di download tadi
  7. Kemudian Munculah Bar Nama Akun Instagram kita
  8. Lalu Tempel tautan yang kita salin tadi pada kolom yang ada. Kita juga bisa Mengubah Caption yang ada
  9. Langkah terakhir. Klik Tombol Repost
  10. Selesai. Kini Foto atau Video milik orang lain sudah muncul di Feed Instagram kita

Aplikasi Repost For Instagram memiliki nilai rating sebesar 3.2 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna di haruskan memiliki smartphone android versi 4.4 ke atas. Aplikasi Repost for Instagram memiliki ukuran file sebesar 3.9 MB dan telah di unduh oleh lebih 10 juta pengguna.

Menggunakan Aplikasi Regrann

Cara ke dua yang akan kami jelaskan untuk merepost foto dan video instagram milik orang lain adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Regrann. Aplikasi ini di kembangkan oleh perusahaan developer android asal mexico bernama JaredCo.

Dengan aplikasi ini pengguna bisa merepost foto dan video favorit milik idola tanpa watermark. Selain itu kita juga bisa menyimpan foto dan video di instagram ke galeri ponsel kita. Adapun cara menggunakan aplikasi ini akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Repost Foto dan Video Instagram Melalui Aplikasi Regrann

  1. Pertama-tama Download dan Instal Aplikasi Regrann melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.jaredco.regrann
  2. Setelah itu Buka Aplikasi Instagram milik kita
  3. Kemudian Login menggunakan Akun kita
  4. Selanjutnya Cari foto dan video instagram favorit yang ingin di repost
  5. Setelah ketemu Buka Foto / video tersebut. Dan Klik Tombol titik tiga vertical yang ada di sebelah kanan atas postingan
  6. Kemudian kita Pilih Opsi Share Link
  7. Lalu Munculah beberapa pilihan Aplikasi. Dan kita Pilih Aplikasi Regrann
  8. Kemudian Aplikasi Regrann pun terbuka. Dan Klik Icon Instagran di Pojok Kiri atas layar
  9. Selanjutnya Muncul Halaman New Post. Di halaman ini kita bisa Menambahkan Caption baru beserta Lokasi pada foto yang kita repost. Selain itu di halaman ini kita juga bisa membagikan foto atau video yang di repost ke platform lain seperti Facebook, Twitter dan Tumblr
  10. Setelah semua data sudah di isi. Lalu kita Klik Tombol Share
  11. Selesai. Kini gambar dan video milik orang lain bisa kita repost ke instagram milik kita

Aplikasi Regrann memiliki nilai rating sebesar 4.7 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna di haruskan memiliki smartphone android versi 5.0 ke atas. Aplikasi Regrann memiliki ukuran file sebesar 24 MB dan telah di unduh oleh lebih 5 juta pengguna playstore.

Menggunakan Aplikasi Reposter for Instagram

Cara ketiga yang akan kami jelaskan untuk merepost foto, video dan story instagram milik orang lain adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Reposter for Instagram. Aplikasi Reposter for Instagram di kembangkan oleh developer android asal Rusia bernama Repost.

Dengan menggunakan aplikasi ini pengguna bisa mengunduh, menyimpan, dan memposting ulang foto dan video instagram favorit kita dari sang idola maupun orang lain. Adapun cara menggunakan aplikasi ini akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Repost Foto & Video Melalui Aplikasi Reposter For Instagram

  1. Pertama-tama Download dan Instal Aplikasi Reposter for Instagram melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.repost
  2. Selanjutnya Buka Aplikasi Instagram
  3. Kemudian Login menggunakan akun instagram kita
  4. Lalu Cari Foto / Video yang ingin kita posting ulang
  5. Setelah ketemu Buka foto / video tersebut dan Klik Tombol tiga titik vertical di samping foto
  6. Lalu kita Klik Opsi Copy Share URL
  7. Selanjutnya Buka Aplikasi Reposter dan Tempel (Paste) URL tadi ke kolom yang tersedia
  8. Setelah itu Munculah foto atau video yang ingin kita share
  9. Kemudian kita Klik Tombol Repost Now untuk langsung merepost postingan instagram orang lain. Namun bila kita ingin menunda tindakan repost, maka kita bisa Klik tombol Repost Later
  10. Selesai. Kini Postingan instagram orang lain bisa kita repost ke feed instagram milik kita
  11. Selain mencari foto di akun instagram kita, kita juga bisa mencari foto yang ingin di repost langsung dari aplikasi reposter dengan cara mengetikan nama orang atau hastag (#) pada kolom pencarian aplikasi reposter

Aplikasi Reposter for Instagram memiliki nilai rating sebesar 4.5 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna di haruskan memiliki smartphone android versi 4.0 ke atas. Aplikasi Reposter for Instagram memiliki ukuran file sebesar 14 MB dan telah di unduh oleh lebih 10 juta pengguna.

Menggunakan Aplikasi Reposta

Cara ke empat yang akan kami jelaskan untuk memposting ulang foto dan video favorit di feed instagram kita adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Reposta. Aplikasi Reposta di kembangkan oleh developers android asal India bernama Repost App.

Dengan aplikasi ini pengguna bisa merepost atau mengunduh foto dan video dari instagram milik sendiri maupun orang lain secara gratis tanpa login dan tanpa watermark. Adapun cara menggunakan aplikasi reposta untuk memposting ulang akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Repost Foto dan Video Menggunakan Aplikasi Reposta

  1. Pertama-tama Download dan Instal Aplikasi Reposta melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.repost.reposta
  2. Kemudian Buka dan Login ke Aplikasi Instagram kita
  3. Selanjutnya Cari dan Buka Foto atau Video yang ingin kita repost
  4. Lalu Klik Tombol tiga titik vertical yang ada di sebelah kanan atas postingan
  5. Selanjutnya kita Pilih Opsi Copy Share URL
  6. Selanjutnya kita Buka Aplikasi Reposta
  7. Pastekan URL yang tadi di salin pada Kolom yang tersedia. Lalu kita Klik Tombol Preview
  8. Kemudian Munculah foto atau video yang ingin kita repost. Dan di bawahnya terdapat 2 tombol. Yakni Tombol Repost dan Save
  9. Selanjutnya kita Klik Tombol Repost
  10. Selesai. Kini foto dan video favorit telah berhasil kita repost ke feed instagram milik kita

Aplikasi Reposta memiliki nilai rating sebesar 4.8 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna di haruskan memiliki smartphone android versi 4.1 ke atas. Aplikasi Reposta memiliki ukuran file sebesar 4.6 MB dan telah di unduh oleh lebih 1 juta pengguna.

Repost ke Story Instagram Kita

Cara ke lima yang akan kami jelaskan untuk merepost foto dan video favorit milik orang lain adalah dengan cara merepost postingan tersebut ke story instagram milik kita. Cara ini sendiri cukup mudah karena cukup menggunakan fitur bawaan instagram tanpa harus download aplikasi sehingga hemat kuota. Adapun caranya seperti di bawah ini.

Cara Repost Foto dan Video ke Story Instagram Kita

  1. Pertama-tama Buka Aplikasi Instagram di smartphone kita
  2. Kemudian Login ke Akun Instagram kita
  3. Selanjutnya Cari Foto atau Video yang ingin kita posting ulang
  4. Setelah ketemu Buka Foto & Video tersebut dan Klik Tombol Icon Direct yang menyerupai Pesawat Kertas yang ada di bawah postingan
  5. Selanjutnya Muncul beberapa Menu dan Kita Pilih Opsi Add Post to Your Story
  6. Proses Repost Foto ke Instastory milik kita pun berjalan hingga selesai
  7. Selesai. Kini Foto berhasil di repost bisa di lihat oleh kita dan pengguna lain di instastory

Repost ke Feed Instagram kita

Cara ke enam yang akan kami jelaskan untuk merepost foto atau video instaram milik orang lain adalah dengan cara merepost foto intagram tersebut ke feed instagram kita. Untuk bisa melakukan cara ini nantinya kita harus mengakses situs web bernama savefrom.net.

Situs save from net sendiri adalah sebuah situs yang memiliki layanan pengunduhan file multimedia seperti foto dan video yang berasal dari berbagai situs populer seperti Youtube, Dailymotion, Vimeo, Facebook, Instagram, Tiktok, Blibli dll. Adapun cara repost foto atau video melalui savefrom.net akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Repost ke Feed Instagram kita

  1. Pertama-tama Buka Aplikasi Instagram kita
  2. Kemudian Login menggunakan Akun Instagram kita
  3. Selanjutnya Cari Foto & Video yang ingin kita repost
  4. Setelah ketemu Buka Video atau Foto tersebut dan Klik Tombol tiga titik vertical di sebelah kanan atas postingan
  5. Selanjutya kita Pilih Opsi Salin Tautan
  6. Setelah itu kita Buka browser di Hp Android kita (Chrome)
  7. Kemudian Buka Alamat Situs https://id.savefrom.net/7/
  8. Setelah Halaman situs terbuka lalu kita Paste link pada kolom yang tersedia
  9. Kemudian kita Klik Tombol Tanda Panah ke arah Kanan
  10. Selanjutnya Munculah Tumbnail Video instagram yang ingin kita download. Lalu kita Pilih Jenis Format Video yang ada di bawah thumbnail video seperti format MP4 360 atau WebM 720
  11. Setelah format video di pilih selanjutnya kita Klik Tombol Unduh yang ada di sampingnya
  12. Proses Pengunduhan video instagram pun berjalan hingga selesai
  13. Setelah video berhasil di unduh. Lalu kita Buka Aplikasi Instagram kita dan Unggah video instagram yang telah di download tadi
  14. Selesai. Kini Video Instagram orang lain berhasil kita repost ke feed instagram milik kita

Repost Insta Story Orang Lain

Cara ke tujuh yang akan kami jelaskan adalah cara merepost insta story orang lain ke insta story milik kita. Cara ini khusus di gunakan bagi kita yang pernah di mention (di sebut namanya) oleh pengguna lain di instastory. Sehingga kita dengan mudah merepost instastory tersebut. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Repost Instastory Orang Lain

  1. Pertama-tama Pastikan Aplikasi Instagran yang kita punya merupakan versi terbaru. Bila belum silahkan update terlebih dahulu di Playstore
  2. Selanjutnya Buka Aplikasi Instagram kita
  3. Kemudian Login ke Akun Instagram milik kita
  4. Setelah berhasil masuk ke beranda. Lalu kita Klik Tombol Direct Messages (menyerupai icon pesawat kertas) yang ada di pojok kanan atas layar
  5. Setelah berada di halaman direct messages kita bisa melihat daftar story IG yang pernah memention nama kita beserta tulisan berwarna biru “Add This to Your Story”
  6. Kemudian kita Klik Tulisan “Add This to Your Story” tersebut dan selanjutnya bisa kita Edit story tersebut sebelum di posting
  7. Setelah proses pengeditan story selesai. Lalu kita Posting Story tersebut
  8. Selesai. Kini Instastory milik orang lain berhasil kita repost ke story instagram milik kita

Menggunakan Aplikasi Repost it!

Cara ke delapan yang akan kami jelaskan untuk merepost foto dan video orang lain adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Repost it!. Aplikasi Repost it! Di kembangkan oleh perusahaan asal Puerto Rico bernama DIGISET LLC.

Dengan aplikasi ini pengguna bisa merepost foto, video dan story instagram orang lain ke feed atau cerita milik kita. Namun salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah kita bisa merepost postingan orang lain melalui beberapa cara dari fitur yang di miliki. Adapun beberapa fitur yang di maksud akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Fitur Aplikasi Repost it!

  1. Stories. Dengan fitur ini kita bisa merepost instastory milik orang lain ke feed atau instastory milik kita
  2. My Timeline. Dengan fitur ini kita bisa merepost foto dan video yang muncul di timeline atau beranda instagram milik kita
  3. My Posts. Dengan fitur ini kita bisa menyimpan dan merepost foto, video dan story instagram milik kita sendiri yang telah lama tersimpan
  4. Post I’ve Liked. Dengan fitur ini kita bisa menjelajahi setiap postingan instagram orang lain yang di sukai dan selanjutnya merepost postingan tersebut ke instagram kita
  5. Repost by Username. Dengan fitur ini kita bisa mencari nama pengguna yang ingin di repost postingannya
  6. Repost by URL. Dengan fitur ini kita bisa merepost foto dan video orang lain dengan cara menyalin tautan postingan tersebut yang selanjutnya aplikasi secara otomatis akan melakukan repost
  7. Watermark. Dengan fitur ini kita bisa menambahkan watermark pribadi pada foto atau video yang kita repost

Aplikasi Repos it! Memiliki nilai rating sebesar 4.3 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna harus memiliki smartphone android versi 5.0 ke atas. Aplikasi Reposit! Memiliki ukuran file sebesar 26 MB dan telah di unduh oleh lebih 1 juta pengguna. Adapun bagi pengguna yang ingin menginstal aplikasi ini bisa mendownload nya melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.digiset.getinstagramfollowers.app

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu instagram, sejarah instagram beserta fitur yang di miliki. Selain itu di jelaskan pula beberapa cara untuk merepost foto, video dan story instagram milik orang lain seperti dengan aplikasi Repost for Instagram, Regrann, Reposter for Instagram, Reposta, Repost ke Story Instagram, Repost ke Feed Instagram , Repost Instastory orang lain dan menggunakan aplikasi Repost It!

Dengan membaca penjelasan di atas tentu kini kita jadi lebih tahu apa itu aplikasi instagram beserta fitur yang di miliki. Selain itu dengan membaca beberapa penjelasan di atas kini kita tidak bingung lagi bila ingin merepost foto, video dan cerita instagram milik idola atau orang lain. Cukup dengan menerapkan beberapa cara di atas maka postingan instagram orang lain pun bisa kita repost.

You may also like