Home » Software » Sistem Operasi » Andoid » Cara Absen Online Di Google Classroom

Cara Absen Online Di Google Classroom

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Setelah di Indonesia terjadi wabah corona di bulan maret 2020. Kini semua kegiatan yang menimbulkan keramaian harus di lakukan di rumah demi mencegah bertambahnya penyebaran.

Termasuk kegiatan belajar mengajar kini para murid dan guru harus melakukannya di rumah secara online dengan metode virtual menggunakan aplikasi contohnya zoom.

Namun aplikasi zoom tidak selalu di gunakan setiap hari, biasanya zoom hanya di gunakan saat tatap muka membagikan tugas, pemberian materi oleh guru dan saat ujian interview. Sedangkan untuk absensi harian para murid bisa menggunakan aplikasi Google classroom

Apa itu Google classroom?

Google classroom adalah sebuah situs layanan gratis milik google yang di gunakan untuk memudahkan proses berbagi file antara guru dan siswa seperti membuat dan mengirim tugas sekolah dari siswa dan menilai tugas sekolah oleh guru tanpa harus bertatap muka (daring)

Sejarah Google Class Room

  1. Google classroom di rilis pada 6 Mei 2014. Tersedia terbatas hanya untuk beberapa anggota program Google Gsuite for education saja
  2. Google classroom baru dirilis kepada publik pada 12 Agustus 2014
  3. Tahun 2015 Google mengumumkan API (Application Programming Interface) kelas dan tombol (share) berbagi untuk situs web yang memungkinkan pengembang dan administrator sekolah lebih terlibat dalam google classroom
  4. Pada tahun 2015 google memasukan kalender dalam kelas untuk penugasan tenggat waktu, kunjungan lapangan (kunjungan industri) dan seminar kelas
  5. Pada Januari 2015 Aplikasi seluler di rilis ke publik
  6. Pada tahun 2017 Google membuka kelas untuk pengguna akun google tanpa persyaratan harus memiliki akun google apps for education
  7. Tahun 2018 Google melakukan penyegaran ruang kelas, meningkatkan sistem penilaian, menambahkan jenis kegiatan kelas dari kelas lain, dan menambahkan layanan bagi guru dalam mengelompokan tema dari setiap bahasan
  8. Tahun 2019 google merilis 78 tema baru dan pilihan untuk drag and drop topik dan tugas di bagian pekerjaan kelas
  9. Pada Januari 2020 Google classroom mengeluarkan Laporan orisinalitas (copyright) untuk melihat hasil karya sendiri dan melaporkan karya orang lain yang menjiplak

Setelah kita tahu tentang sejarah google classroom kini kita akan membahas Menu halaman apa saja yang ada di google classroom yang terdiri dari : Stream (Forum), Classwork (Tugas Kelas), People (Anggota) dan Grades (Nilai).

4 Menu halaman Pada Google Classroom

  • Stream (Forum). Sebuah menu halaman yang menampilkan aktifitas seperti pengumuman, pertanyaan diskusi, materi bahan pengajaran, dan tugas yang di berikan guru kepada murid. Di mana setiap interaksi masuk ke notifikasi email.
  • Grade Nilai. Pada menu halaman grade ini Para Guru dapat melihat dan memperbarui buku nilai (raport). Di menu ini juga guru bisa memasukan nilai, melihat tugas kiriman siswa, mengembalikan tugas siswa, dan memasukan nilai siswa.
  • Classwork (Tugas kelas). Adalah halaman yang di gunakan untuk membuat tugas dan membagi materi pengajaran oleh guru.
  • People (Anggota). Adalah jumlah peserta (siswa) yang hadir pada google class room.

Lalu Fitur Layanan apa saja yang di sediakan oleh google classroom untuk memudahkan interaksi antara murid dan siswa. Berikut Fiturnya di bawah ini.

Fitur Layanan Google Classroom

  1. Google Classroom menggunakan Google Drive, Google docs, sheet and slides dan gmail untuk membantu pengajaran secara daring (online)
  2. Google kalender di gunakan untuk menentukan tanggal batas waktu tugas di kumpulkan, kunjungan lapangan dan seminar kelas.
  3. Setiap kelas yang di buat, Google class room membuat folder terpisah dengan google drive masing masing peserta siswa.
  4. Siswa dapat diundang ke classroom melalui database institusi dan secara otomatis di impor dari domain sekolah.

Setelah kita tahu fitur fiturnya lalu bagaimana cara absen online di google classroom? Berikut akan kami jelaskan langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Absen Online di Google Classroom

  1. Buka aplikasi google playstore
  2. Cari dan download google classroom
  3. Buka aplikasi google classroom yang telah di download
  4. Buka salah satu kelas yang kamu ikuti
  5. Klik tab halaman tugas kelas
  6. Lalu cari tugas dengan nama absen yang di berikan oleh guru. Dan klik tugas tersebut.
  7. Klik kolom tambah komentar kelas untuk melakukan absen
  8. Klik kolom saya hadir atau apapun yang menandakan anda telah absen.
  9. Klik tombol kirim
  10. Komentar kamu akan terkirim ke guru dan guru telah menerima notifikasi absenmu.

Demikianlah penjelasan tentang aplikasi classroom dari mulai sejarah, fitur, menu halaman dan cara menggunakan absen kelas.

Bila normalnya saat belajar mengajar di kelas guru melakukan absensi kehadiran murid dengan cara memanggil satu persatu dan murid mengangkat tangan satu persatu.

Kini dengan perkembangan teknologi dan situasi yang sedang sulit maka dengan google classroom untuk absensi siswa cukup menekan tombol layanan pada gadget.

You may also like