Home » Software » Sistem Operasi » Andoid » Cara Membaca dan Membeli Buku di Google Playbook

Cara Membaca dan Membeli Buku di Google Playbook

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Ada pepatah mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Pendapat itu tentunya memang benar karena dengan membaca buku kita bisa mengetahui tentang informasi dan ilmu yang berasal dari seluruh dunia.

Dan ilmu dari buku tak lekang oleh waktu. Baik buku yang ditulis di masa lampau maupun yang ditulis di masa sekarang. Semua buku sama sama memiliki manfaatnya. Bila berisi hal yang positif tentunya.

Namun trend membaca buku kini mengalami perubahan seiring majunya tekhnologi. Bila dulu kita membaca buku di perpustakaan atau di toko buku dengan media kertas.

Kini kita bisa membaca buku cukup deengan membuka aplikasi pada gadget masing masing. Contohnya adalah aplikasi google playbook.

Apa itu Google Playbook?

Google playbook adalah sebuah situs layanan aplikasi yang di kembangkan oleh google, berisi buku elektronik lintas platform dengan 5 juta buku elektronik yang tersedia dan memiliki format pdf dimana pengguna bisa mengunduh dan membeli buku melalui skema pembayaran yang di sediakan.

Lalu bagaimana sejarah terciptanya google playbook ini sehingga bisa di gunakan oleh pengguna di gadget masing-masing. Berikut di bawah ini akan kami jelaskan

Sejarah Google Playbook

  1. Pada 6 desember 2010 google merilis google ebooks
  2. Pada 23 mei 2011 google bermitra dengan lebih dari 7000 penerbit dengan lebih dari 2.5 juta unduhan oleh pengguna aplikasi mobile.
  3. Pada 16 juni 2011 google merilis program kerjasama afiliasi terbuka dengan para penerbit, penulis, peritel, blogger dan pemilik website dalam hal penjualan pada layanan google affiliate network dengan pembagian 6-10 % keuntungan dari hasil penjualan
  4. Pada 24 februari 2012 google merubah program afiliasi dari yang sifat terbuka menjadi bersifat inisiatif sendiri dan google ebook tidak lagi terdaftar sebagai pengiklan di google affiliate network.

Setelah kita tahu sejarah google playbook lalu apa kelebihan google play book dari aplikasi perpustakaan buku online lainnya

Kelebihan Google Playbook

  1. Koleksi buku di google playbook lebih lengkap dengan 5 juta buku tersedia
  2. Ada fitur pencarian buku pada menu search yang memudahkan pengguna
  3. Bisa digunakan sebagai media promosi bila kita menerbitkan buku baru
  4. Bisa menambah pengetahuan kita tentang buku karena buku berasal dari dalam dan luar negeri
  5. Mudah dalam metode pembayaran saat ingin membeli buku
  6. Google playbook memiliki fitur Night Light sehingga para pembaca nyaman membaca buku di google playbook saat malam hari

Cara Menggunakan Google Playbook

  1. Buka aplikasi google playbook di hp android
  2. Buka perpustakaan kita pada menu library
  3. Bila pada library tak ada buku, silahkan anda beli atau download terlebih dahulu
  4. Cari buku yang kalian ingin download pada menu search
  5. Setelah ketemu, Klik tanda titik 3 vertikal disisi kanan buku
  6. Klik download
  7. Tunggu proses download berjalan
  8. Setelah selesai buku dari google playbook pun bisa dibaca secara offline dengan format pdf

Setelah kita berhasil mendownload buku yang kita pilih, mungkin kita ingin menerjemahkan buku luar negeri dari bahasa inggris ke bahasa Indonesia agar mengerti dan nyaman namun bingung bagaimana caranya. Dibawah ini akan kami jelaskan.

Cara Menerjemahkan Buku di Google Playbook

  1. Pilih buku yang ingin kita terjemahkan
  2. Lalu sorot teks atau tulisan yang ingin kita terjemahkan
  3. Muncul jendela pop up pilih simbol google translate untuk menerjemahkan
  4. Buku pun berhasil di terjemahkan ke bahasa indonesia di bagian bawah menu

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian, sejarah, kelebihan, dan cara menggunakan google playbook. Dengan menggunakan situs aplikasi ini kini kita tak perlu lagi harus berpergian untuk membeli dan membaca buku. Cukup klik aplikasi pada gadget masing masing lalu buku pun bisa di baca. Dengan begitu kita bisa menghemat waktu dan tenaga.

You may also like